ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

SEO Moms Community Perempuan Juga Paham SEO

Kamis, 24 Maret 2022
seo mom community

Kalau pembaca yang mampir ke tulisan ini berharap akan mendapatkan ilmu terkait SEO secara lengkap. Saya sampaikan permohonan maaf sebelumnya, sebab artikel ini hanya akan berisi teknik SEO dasar yang saya campur dengan kisah pribadi. Bisa dibilang, mungkin nanti porsi membahas SEO hanya sekitar 20% sementara sisanya berisi curahan hati selama belajar di SEO Moms Community.

Mengikuti kelas SEO Moms Community atau yang disingkat menjadi SEMOC sebenarnya bisa dikatakan sebagai doa yang terkabul. Saya sempat berdoa dan mengadu pada MAHA PEMILIK ILMU agar saya bisa naik kelas sebagai blogger. Enggak jalan ditempat dan itu-itu saja ilmu yang saya dapat.

Walaupun saya punya pilihan untuk belajar otodidak dari internet. Tapi, sayangnya, saya tipe yang kalau belajar harus ada mentornya baru bisa paham. Karena itu, bertahun-tahun mencari informasi dari internet, tetap saja masih belum bisa membuat saya paham betul terutama penerapan SEO.

SEO sendiri buatku memang ilmu yang masih sering diperdebatkan. Punya mazhab yang berbeda-beda dan teknik penerapannya pun sering menyebabkan adu pendapat. Persis seperti topik pembahasan musik yang tidak ada habisnya kalau mau diikuti. Tapi, karena sebagai blogger yang ingin juga naik kelas, tentunya belajar SEO menjadi keharusan.

SEO Moms Community Belajar SEO Yang Ramah Untuk Ibu-ibu


Jawaban saya akan keinginan untuk belajar mengenai blogging terjawab ketika status seorang blogger lewat di berandaku. Blogger ini menyeritakan kalau bang QBenk sedang mengajar di kelas khusus cara menerapkan SEO. Dan saat itu ada penawaran pendaftaran bagi yang ingin ikut belajar juga.

Tanpa berpikir panjang, saya langsung mengajukan diri agar bisa masuk ke kelasnya. Sayangnya, saya datang terlambat. Kelas sudah mulai masuk ke pembahasan SEO Off Page sementara saya belum paham terkait SEO On Page. Tapi, saya tetap berusaha mengikuti sambil sesekali menyimak pembahasan di grup. Yang alhamdulillah nya sering mengulang materi-materi sebelumnya yaitu SEO On Page. Sehingga, saya bisa sedikit demi sedikit mengerti sampai akhirnya bisa mengikuti dan menerapkannya di blog saya.

Bentuk Rasa Terima Kasih QBenk Untuk Ibunda


Kelas tentang SEO ini hadir setelah ibunda mas QBenk meninggal dunia. Keinginannya untuk membuka kelas ini, karena rasa rindu pada sang ibu. Kebaikan yang dilakukan oleh mas Q, begitu kerap beliau dipanggil, ditujukan untuk sang Bunda. Dengan harapan pahala kebaikan dari ilmu yang bermanfaat ini bisa terus mengalir untuk beliau juga. 

Semoga allah merahmati ibunda mas Q dan melapangkan kuburnya. Aamiin.

Bisa dibilang, sejak awal kami mulai masuk kelas sampai beberapa kali diadakan kelas khusus pendampingan lomba SEO. Berangsur saya merasakan kenyamanan tersendiri. Sebab, mas QBenk sering mengatakan kalau dirinya senantiasa mengingat sang ibu setiap berbincang dengan kami. Maklum, kebanyakan di grup SEMOC ini adalah ibu-ibu. 

Dengan segala kerempongan mengurus rumah. Sambil memusatkan fokus juga agar bisa menerapkan ilmu SEO. Bahu membahu, emak blogger yang ada di SEMOC saling membantu jika ada kendala saat praktek. Waktu belajar dan prakteknya juga termasuk lumayan longgar. Namun, tetap ditentukan tenggat waktu agar materi tidak begitu tertinggal jauh.

Kebersamaan di grup SEMOC dengan dasar ilmu yang masih sama levelnya. Membuat mom blogger ini semakin bersemangat. Apalagi ketika bersama-sama saling mendukung ketika ada lomba SEO. Sampai-sampai, saking antusiasnya, ada peserta lomba yang terkenal juga sebagai praktisi SEO, bersedia membantu SEMOC memberikan backlink ke blog kami.

Sungguh, banyak sekali kebaikan yang pada akhirnya saya rasakan usai bergabung di SEMOC ini. Dan tanpa disadari ternyata SEMOC sudah memasuki usia 2 tahun di tanggal 25 Januari kemarin. Rasanya time flies so fast, ya.


SEO On Page Ala Mas QBenk

Di kelas yang berlangsung, mas QBenk menyarankan kami untuk mengubah struktur blog sampai hal yang terkait penampilan blog dengan menggunakan tools ekstensi SEO Meta in 1 Click.

Oiya, sebelum berlanjut jadi ada dua bagian dari SEO On Page ini. Pertama, penerapan SEO untuk tampilan utama blog. Kedua, nanti akan berlanjut ke bagian dalam postingan blog. 

Pengalaman pertamaku ketika menggunakan ekstensi ini, ada beberapa bagian yang harus diperbaiki. 

seo on page

1 Judul Blog


Disarankan panjang judul sekitar 30 sampai 65 kata. Sementara milik saya masih kurang banyak sekali sehingga saya harus menambahkan beberapa kata agar indikasinya berubah warna hijau.

2 Deskripsi Blog


Seharusnya panjang deskripsi pada blog berkisar 120 - 320 karakter saja. Tapi, karena waktu itu saya masih belum paham. Ternyata deskripsi blog saya terlalu panjang sehingga harus saya pangkas agar sesuai dengan indikator dari SM1C ini.

3. Keywords


Nah, seharusnya saya memasukkan keyword untuk blog saya. Karena saya pengguna blogspot, jadi meta keyword yang harus saya masukkan, ditambahkan melalui code editor pada menu Edit HTML Template. Di bagian bawah kode <head> saya harus menambahkan kode meta keyword beserta isian keyword yang sesuai.

 4. Meta Robots


Ini juga merupakan bagian penting yang ternyata bisa memengaruhi apakah tulisan kita di blog bisa terindeks dengan baik atau tidak. Jadi, waktu awal dicek ternyata pengaturan bawaan untuk blog saya, memberikan status NoFollow dan Noindex yang akhirnya menjawab keresahan hati kenapa banyak artikel yang enggak bisa terindeks di mesin pencari.

Sebaiknya meta robots juga disematkan agar memudahkan mesin pencari merambahi blog kita. Serta bisa membuat tulisan kita masuk ke mesin pencari. Untuk pengguna blogspot, bisa tambahkan kode meta robots pada code editor yang sama seperti tadi menempatkan meta keyword. Bisa sematkan kodenya di bawah meta keyword, asalkan masih berada di dalam kode <head>.

5. Author dan Publisher


Di bagian ini, kita bisa memasukkan informasi mengenai siapa penulis blog kita pada bagian Author. Bisa dicari juga kode meta author di google. Penyematannya juga sama seperti meta robots dan keyword. 

Untuk publisher, sebenarnya ini adalah cara kita mengenalkan brand yang ingin kita publikasikan. Bisa ditambahkan dengan meta publisher yang letaknya juga sama dan bisa ditaruh kodenya di bawah meta author.


Penerapan SEO Bagi Pengguna Blogspot


Sebelumnya, saya pernah pindah layanan dari blogspot ke hosting pribadi. Namun, karena ada sesuatu dan lain hal yang membuat saya berpikir dengan cukup serius. Akhirnya, saya putuskan untuk kembali lagi ke blogspot.

Menerapkan SEO On Page untuk tampilan blog, memang banyak dilakukan pada code editor yang ada di menu Edit HTML Template. Jadi, kita mengutak-atik coding html dan css yang ada di editor ini.

Jangan sedih buat pengguna blogspot karena banyak harus menerapkan full coding untuk memperbaiki tampilan blognya. Kalau enggak sempat sama sekali, bisa minta bantuan blogger lain, ada loh yang membuka jasa edit template. Atau kalau mau meluangkan waktu, bisa juga edit sendiri. Tenang saja, selama masih bisa googling, enggak usah khawatir. Sebab jawabannya ada di google semuanya.

Untuk perbaikan blog agar sesuai dengan indikator SEO perlu proses yang enggak sebentar. Seperti waktu di kelas, khusus untuk perbaikan halaman muka blog saja, bisa sampai seminggu. Ini belum perbaikan khusus untuk struktur di konten blog post. Yang juga masih harus dicek satu per satu apakah sudah sesuai atau belum.

Karena itu, saat pembelajaran SEMOC, kunjungi https://seomoc.my.id/, kemarin di tema SEO On Page, membutuhkan waktu yang enggak sebentar. Terutama buat pengguna blogspot yang masih harus tertatih memperbaiki blognya.


SEO On Page Untuk Blog Post


Kalau penerapan ilmu ini banyak juga didapat sambil praktek mengikuti lomba SEO. Merasa tertantang juga ikut lomba sambil belajar langsung ilmu ini. Apalagi, banyak trik dan strategi yang cukup membuat melongo. Beruntungnya, untuk strategi ini diatur langsung oleh mas QBenk. Jadi, kami tinggal mengikuti perintah mas Q saja.

Ada beberapa hal yang saya catat terkait penerapan SEO untuk postingan blog kita.


1 Heading


Ini penting banget memang. Apalagi buat blog yang bawaan dari templatenya membuat Heading utama alias judul tulisan justru di-setting bukan sebagai <h1>. Padahal untuk judul wajib banget diset <h1>. 

Di tulisan kita juga harus dicek lagi. Untuk pengguna blogspot, heading ini bisa kita gunakan dengan cara yang sesuai dengan penerapan SEO.


Judul Tulisan <h1> = Major Heading (ini harusnya sudah otomatis dari coding template)
Header <h2> = Heading (biasanya ini digunakan untuk ide utama dari tulisan. Bisa digunakan berkali-kali di dalam tulisan asalkan strukturnya berurutan)
Sub-Heading <h3> = Subheading (digunakan sebagai poin pokok pembahasan dari h2 atau heading)
Sub-sub-heading <h4> = Minor Heading (jarang digunakan tapi kalau digunakan sebagai poin pembahasan dari sub heading)

Untuk lebih jelas secara struktur bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


2. Keywords


Selain susunan struktur, bang Q juga mengajarkan bagaimana agar kami dibiasakan untuk melakukan riset kata kunci sebelum mempublikasikan tulisan. Dengan penambahan keyword tertentu pada tulisan, tulisan kita bisa lebih mudah terdeteksi oleh google. Apalagi kalau bisa riset keyword tertentu sehingga bisa membuat tulisan kita tampil di halaman utama Google Search Engine. 

Keywords ini sendiri harus ada pada judul, di 100 kata pertama bagian pembuka tulisan, sampai disebar di beberapa paragraf lain dan disematkan juga pada gambar dan link tautan.

3. Internal Link 


Ini juga bagian penting dari penerapan SEO pada tulisan di blog kita. Dengan memasukkan internal link di beberapa kata kunci terkait, yang mengarah ke tulisan yang relevan dengan kata kunci. 

Internal link itu adalah link atau tautan postingan kita yang biasanya digunakan sebagai referensi dari tulisan kita. Misal saya menyematkan internal link pembahasan SEO ini ke tulisan tentang tips agar tulisan kita lebih bertenaga. Yang pastinya sesuai banget dengan pembahasan kita mengenai tulisan di blog. Jadi, seperti materi pendukung setelah menerapkan SEO ini, bisa sambil belajar membuat tulisan agar lebih baik.

SEO Itu Penting Dan Paling Penting Adalah Rutin Menulis


Selama mengikuti kelas di SEMOC ini, ada banyak banget hal yang baru saya pelajari. Ini saja tulisannya baru membahas sedikit tentang SEO On Page. Belum membahas tentang SEO Off Page yang jujur buatku masih agak ribet kalau dituliskan. Jadi, silakan mencari referensi dari google.

Pengalaman setelah mengikuti kelas Bang Q ini, saya jadi membuat daftar checklist yang selalu saya jadikan pegangan setiap mau publikasikan tulisan. Biar artikel saya ini bisa masuk ke search engine, apalagi kalau dapat bonus ramai pengunjung.

Biar tulisan-tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca dan bisa jadi amal jariyah yang mudah-mudahan membawa kebaikan juga bagi bang QBenk.

Teruntuk teman-teman yang juga sedang belajar SEO, saran saya cuma satu. Ikuti dan terapkan apa kata mentor. Jadi, ilmu SEO sebenarnya masih ada yang diperdebatkan. Enggak semuanya sepakat terhadap A dan B. Tapi, untuk dasarnya masih sama, enggak ada perbedaan.

Nah, kalau suatu waktu ikut di kelas SEO, sebaiknya ikuti saja apa kata mentornya. Toh, saya yakin itu untuk hal yang baik bagi keberlangsungan blog kita. Kalau berbeda dari ilmu yang kita dapat dari mentor lain, sebaiknya kita simpan saja untuk diri sendiri. Kan lumayan buat pertimbangan pribadi, bukan untuk dijadikan kontra ke mentor kita.

Semangat buat para pencari ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk mendekatkan diri ke YANG MAHA PEMILIK ILMU, biar makin bermanfaat dan berkah.