Pentingnya Data Center Indonesia Dalam Dunia Bisnis dan IT

Posting Komentar

ulasan data acenter
Server racks with telecommunication equipment in server room


Pernah mendengar mengenai data center? Data center atau pusat data, merupakan sebuah fasilitas yang didesain sedemikian rupa guna menempatkan perangkat jaringan dan server komputer yang terhubung ke jaringan internet. Data center Indonesia rupanya berperan penting bagi bisnis dan infrastruktur IT, apa saja kegunaannya?


Pentingnya Data Center Indonesia Dalam Bisnis


Jika berbicara mengenai pengoperasian bisnis, data center menjadi salah satu hal krusial yang tak dapat dilewatkan. Lantas apa peran data center dalam bisnis?


  • Data Center Sebagai Parameter Bisnis

Dalam dunia bisnis, data center tak hanya sebagai fasilitas eksternal yang mampu menyimpan model atau informasi operasi bisnis saja. Namun, pusat data ini telah menjadi suatu parameter bisnis yang menjadi salah satu prioritas utama. 



  • Data Center Sebagai Fungsi Vital

Data center juga menjadi suatu fungsi vital dalam proses pengoperasian bisnis, terlebih perusahaan dengan bisnis skala besar. Karena itulah jika terdapat masalah pada sistem pengoperasian data center, dapat berdampak pada jalannya bisnis dan bukan tak mungkin bisnis akan mengalami penurunan cukup drastis. 


  • Data Center Sebagai Jantung Bisnis

Bisnis memerlukan data center untuk menyimpan, memproses, serta menyebarkan data dalam skala besar. Suatu bisnis akan bergantung pada data-data yang tersimpan dalam data center, tak heran jika data center dapat dikatakan sebagai jantung bisnis. 



Pentingnya Data Center Indonesia Dalam Infrastruktur IT


Data center Indonesia dalam infrastruktur IT berperan sebagai principalrepositories dimana mencakup banyak kebutuhan, mulai dari router, server, networkingswitches, firewall, dan lain-lain.


  • Data Center Sebagai Security

Pusat data tentu memerlukan securityatau keamanan tingkat tinggi dalam melindungi data. Seluruh akses dapat dikontrol dengan baik, begitu pula dengan identitas yang dapat dikonfirmasi melalui biometrik. 


  • Data Center Memiliki Sumber Daya Listrik yang Stabil

Data center memiliki sumber daya listrik yang baik. Ketika suatu saat terjadi kegagalan daya, bank baterai umumnya akan mengirimkan data ke inputgenerator diesel. Selain menghindari gangguan pada sumber listrik, server pun dapat uptimelebih lama.





  • Data Center untuk Kebutuhan Bandwith

Seiring dengan berkembangnya bisnis online, kebutuhan akan bandwithpun semakin meningkat drastis. Untuk itulah pusat data menjadi solusi tepat memenuhi kebutuhan ini, mulai dari pemasaran berbasis website, konferensi audio, iklan video, kolaborasi video, dan lain sebagainya.



  • Data Center Sebagai Penyedia Banyak IP Provider

Dengan data center Anda akan memiliki banyak alamat IP provider, sehingga berguna untuk meningkatkan kecepatan internet. Memiliki internet berkecepatan tinggi tentu menguntungkan terlebih bagi e-commerce. Selain itu dengan memiliki banyak alamat IP, Anda juga dapat menjangkau segala keperluan bisnis dengan mudah.



Kriteria Data Center yang Baik


  • Karena data center merupakan pusat penyimpanan data, maka lokasi pusat data tentu harus berada di lingkungan yang aman. Baik aman dari longsor, banjir, gempa bumi, gangguan demo, dan lain sebagainya.
  • Data center juga harus memiliki fleksibilitas dalam hal melayani pelanggan, misalnya kemudahan untuk mengatur penggunaan server. Sehingga hal ini harus dibarengi dengan struktur design pusat data yang mampu memberikan efisiensi dan mendukung fleksibilitas. 
  • Yang tak kalah penting, data center juga harus handal dalam pengaksesan data para pelanggannya, misalnya kecepatan jaringan internet fiber optik. Semua hal diatas dapat Anda temukan di NEX Data Center.


Demikianlah pentingnya data center Indonesia dalam dunia bisnis dan infrastuktur IT. Percayakan layanan data center di NEX Data Center, yang telah terbukti berpengalaman lebih dari 10 tahun.


Ipeh Alena
Blogger Bekasi - Amatir Fotografer - Content Writer For more information visit : here

Related Posts

Posting Komentar