ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Solitaire Game Permainan Jadul Era 90an

Sabtu, 06 November 2021


Game solitaire

Gim apa yang banyak dimainkan sepanjang masa? Jawabannya Game Solitaire. Awalnya sih orang mengenalnya dalam bentuk permainan kartu fisik. Terus, di tahun 1990 mulailah berkembang diadaptasi menjadi permainan komputer. Ketika dijadikan gim di komputer pun enggak cuma buat main-main biasa, loh. Nyatanya, gim seperti Solitaire yang ada di komputer ditujukan agar pengguna komputer yang baru, terbiasa menggunakan mouse.

Kok bisa sih? Kalau mengikuti jejak perkembangan sejarah komputer. Generasi Y udah kenyang banget pastinya, menggunakan komputer sejak masih dalam bentuk DOS. Mau ngetik panjang aja pakai kode-kode aneh. Mau bikin bentuk begini dan begitu, pakai perintah ini dan itu. Sayangnya saya enggak ngalamin. Tapi, kalau komputer yang sudah ada mouse sampai ada gim Solitaire nya saya ngalamin.


Solitaire Gim Sejuta Umat

Dikarenakan tujuan adanya game Solitaire ini di komputer pada masa itu untuk membiasakan pengguna komputer jadul menggunakan mouse. Alhasil, keberadaan permainan ini justru bukan saja bisa menjadi stimulus buat pengguna mouse komputer. Tapi, juga menjadi penghibur bagi mereka yang letih dan jenuh dengan pekerjaannya.

Gim yang sudah menginjak usia 30 tahun ini, keberadaannya emang menjadi ‘kawan’ di waktu senggang maupun sempit. Terutama saat itu untuk permainan elektronik baru mengenal Solitaire. Karena, game macam nintendo ini mahal. Jadilah Solitaire dan teman-temannya ini menjadi pilihan.

Selain jadi teman di waktu senggang. Ternyata, si Solitaire versi klasik ini juga jadi media buat anak-anak belajar mengurutkan angka, loh. Melalui angka-angka yang tertera di kartunya. Anak-anak jadi bisa belajar sambil bermain. Nah, mengingatkan kembali juga, cara bermain gim yang versi klasiknya.


Play Classic Online Solitaire

Buat yang penasaran main gim gratisnya dimana. Ini saya mainnya di sini ya https://www.solitaire.org/ . Pada laman pertama, di layar paling atas. Permainan Solitaire Collection versi klasiknya terdapat di sini. Cara memainkannya mudah banget. Cukup mengurutkan kartu dari King, Queen, Jack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1. Tapi, syaratnya adalah harus beda-beda warna atau selang seling warnanya.

Jika kartu King berwarna merah. Maka kartu Queen untuk pasangannya harus berwarna hitam. Kita tinggal tarik kartu yang mau kita pasangkan. Letakkan di bawah kartu yang mau diurut. Terus seperti itu. Kalau butuh kartu baru, bisa klik gambar kartu di pojok kanan. Klik aja terus sampai dapat kartu yang memang dibutuhkan.

Jika kondisinya mentok banget, bisa sih minta redraw gitu. Jadi, tinggal kita klik tulisan NEW di bagian atas. Nantinya kartu yang tersedia akan benar-benar baru. Mainan kartu ini tuh kayak butuh strategi. Bayangin aja, buat ngebuka kartu yang ada di balik kartu yang sudah terbuka. Itu harus dipindahin dulu ke tempat kosong. Nah, gimana kalau semua tempat udah terisi? Di sinilah letak kehati-hatian kita sebagai pemain. Untuk kartu AS bisa banget menempati kotak kosong pada bagian atas. Tapi, gimana dengan kartu lain? Ayo...ayooo bisa dicari jalan keluarnya.


Free Online Hidden Objects Game

Selain bisa main Solitaire. Di website ini juga bisa main Hidden Objects Game. Ada banyak permainan yang jadi favoritku di gim ini. Ada apa saja permainannya?


China Temple

Lokasi dan barang-barang display yang ada di game ini menggunakan Kuil Cina. Serta perlengkapan khas orang Cina. Meskipun level satu, tapi permainan ini tingkat kesulitannya cukup tinggi juga. Beberapa barang yang sembunyi, bener-bener bikin mata melotot. Harus tenang banget untuk nemuin Hidden Objects nya. Apalagi di level selanjutnya, yang muncul justru bukan barang. Tapi angka! Bayangin aja kita kudu nyari angka di antara barang-barang yang saling bertumpuk. Mantep deh ini game bikin melek banget.


Garden Secrets Hidden Objects

Di permainan ini, suka nya tuh karena lokasinya berada di taman. Di setiap levelnya tamannya berganti dan bikin fresh banget. Tapi, yang namanya taman, pasti banyak rerumputan sampai semak-semak kan ya. Nah, semak dan rumput serta pohonnya inilah yang bikin objects yang dicari makin sulit. Mata tuh dipaksa buat benar-benar tajam gitu untuk mencari peralatan yang harus ditemukan. Tapi, musiknya mendukung banget sih. Kayak bener-bener lagi main di taman. Alunannya enak didengar.


Hidden Kitchen

Buatku ini TOP banget gimnya. Latarnya berada di dapur entah restoran atau hotel. Dimana ini banyak banget barangnya. Sampai mata harus benar-benar dipicingin biar nemu barang yang dicari. Meskipun bisa kita zoom, tetep aja ukuran barang yang dicari ini lebih kecil bentuknya. Udah gitu bersembunyi di balik perintilan macam sendok sayur yang gede-gede. Kayaknya abis main gim ini mataku langsung kayak punya kekuatan super. Bisa lihat hal yang paling kecil di antara tumpukan barang gede, hehe.


Hidden Princess

Untuk permainan yang satu ini sedikit beda. Bedanya, kalau di gim sebelumnya barang yang harus dicari akan muncul sebagai clue di bagian bawah. Tapi, kalau di Hidden Princess justru cuma dikasih clue jumlah crown atau sepatu atau angka yang harus ditemukan. Jadi, kalau ketemu, tinggal klik cepet-cepet, soalnya waktunya juga enggak banyak. Nanti akan kelihatan di skor sebelah kanan, seberapa banyak crown yang sudah didapat. Sudah memenuhi nilai maksimal atau belum, nanti ketawan di situ. Cukup seru, meskipun sekali lagi ini barangnya bisa sampai kecil banget.


Medieval Castle

Musik latar di gim ini enak banget. Berasa lagi petualangan gitu, enak didenger. Tapi, sayangnya di level satu udah disuruh nyari nomor yang tertera di bagian bawah. Meskipun enggak harus urut, ya. Tetep aja, mataku yang rasanya sudah melotot ini masih kurang fokus. Soalnya, masih beberapa kali kena game over karena waktunya habis, huhuhu.


Solitaire hidden object


The Palace Hotel

Yang paling bikin betah sama gim ini adalah musik pengiring yang bikin jadi kayak Sherlock Holmes. Latar berada di pelataran hotel untuk level satu. Dan barang yang dicari enggak begitu sulit juga. Masih bisa ditemukan tanpa harus memicingkan mata sampai macam kayak superman. Dan overall suka juga karena barangnya enggak begitu susah ditemukan.


Pirates and Treasures

Untuk tampilan latarnya memang enak, dominasi warna coklatnya bikin mata tenang. Untuk tampilan game ini mirip dengan beberapa gim di atas. Barang yang dicari cukup besar, enggak kecil banget. Gampang ditemukan untuk di level satu. Di level dua cukup menantang memang. Tapi, masih asik diikutin.

Penutup

Overall dari 7 gim hidden objects yang ada di laman Solitaire ini. Ada tiga yang benar-benar level satunya aja cukup sulit buatku. Yaitu Secret Garden, Hidden Kitchen sama Medieval Castle. Entah kenapa benar-benar menantang banget main ketiga game ini. Mulai dari waktu yang enggak lama, terus objek yang harus ditemukan pun bentuknya kecil dan walaupun besar bisa samar banget dengan latar atau dengan objek di depannya. 

Main gim hidden objects emang bikin enggak terasa. Soalnya ini jenis game yang memang saya suka. Enggak begitu banyak mikir seperti game Puzzles yang ada juga di sini. Pas pertama mau coba game Puzzle, itu aja udah langsung nyerah di game awal. Tapi, kalau suka sama permainan yang bikin mikir, kayaknya cocok juga game puzzle nya. 

Tapi, karena saya malas mikir, akhirnya milih yang memang menjadi keahlianku yaitu mencari barang. Siapa tau abis main game ini langsung makin jago kalau mencari barang di selipan-selipan sudut rumah.


Ada game favorit yang suka bikin betah pas mainnya enggak?


Share This :
Ipeh Alena

Blogger Bekasi - Amatir Fotografer - Content Writer For more information visit : here

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik ya. Untuk komentar dimoderasi ya.