Anime Shoujo School Romance Kaichou Wa Maid Sama

Akhirnya, nonton Kaichou Wa Maid Sama lagi setelah beberapa kali ke skip. Dan sekarang, saatnya menuliskan kenapa saya senang sekali dengan anime ini. 

Seperti biasa, sesuai dengan genre favorit saya, Kaichou Wa Maid Sama, bergenre school romance, komedi dan slice of life. Didominasi kehidupan Ketua Osis di sekolah dan tempat kerja yang cukup berbeda.

Dan sebelum ada yang bertanya, saya tidak bisa merekomendasikan tempat nonton anime ini secara legal. Silakan dicari sendiri ya. Untuk pembaca, tulisan ini juga mengandung spoiler serta plot cerita utama.

anime school romance


Review Anime Kaichou Wa Maid Sama

Anime Kaichou Wa Maid Sama ini merupakan adaptasi dari manga yang berjudul Maid Sama. Berkisah tentang seorang gadis SMA bernama Misaki yang mengenyam pendidikan di sekolah khusus lelaki. Meski sekolah ini khusus lelaki, tapi tetap menerima perempuan untuk bersekolah di sini. Namun, namanya didominasi untuk lelaki, tentunya banyak gadis yang sekolah di sini merasa risih dan takut dengan cowok-cowok.

Ketika Misaki masuk ke sekolah Seika High School ini dan menjadi ketua OSIS. Ia mulai mengubah banyak hal yang ada di sekolah. Mulai dari kebersihan, kerapihan hingga perilaku cowok-cowok di Seika. Ketegasan Misaki ini membuatnya dijuluki Devil President alias ketua iblis. Jangan ditanya berapa kali Misaki harus berhadapan dengan cowok-cowok yang membangkang dengan peraturan yang telah ia buat.

Namun, ada satu keunggulan yang dimiliki Misaki selain ketegasan dan kedisiplinannya. Dia memiliki ilmu bela diri dan sangat kuat. Dengan kekuatan dan kemampuan bela dirinya inilah ia banyak menundukkan siswa cowok yang membangkang. Bahkan tak jarang Misaki menjadi sosok yang melindungi siswa perempuan lainnya. Sehingga, kenyamanan siswi perempuan di Seika mulai tercipta.

Peraturan yang diterapkan oleh Misaki memang sebenarnya masuk akal. Seperti, dilarang membawa majalah porno, dilarang menggunakan anting, berpakaian harus rapi, jadwal piket harus seimbang antara siswa cowok dan siswa cewek, dilarang mengganggu apalagi membully siswa cewek, menjaga kebersihan kelas dan sekolah (karena sebelum ada Misaki, sekolah Seika ini tampak jorok) sampai tidak boleh terlambat masuk ke kelas.

Namun, di satu sisi terkadang memang ada perilaku Misaki yang berlebihan sehingga membuat cowok-cowok ini merasa tak nyaman. Misalnya, dia menarik telinga seorang siswa yang menolak menaati peraturan sampai berdarah. Gara-gara siswa cowok ini menolak dilepas antingnya. Karena kejadian sampai berdarah inilah geng siswa yang ditarik telinganya berkomplot untuk menyakiti Misaki.

Kemudian, Misaki juga jadi mencampuri urusan pribadi murid-murid cowok ini. Seperti saat Uzuki menolak ungkapan cinta dari siswa perempuan. Misaki mengomentari Usui dengan kalimat yang menjurus bahwa semua ini kesalahan Usui, padahal ya memang Usui Takumi enggak suka sama gadis itu. Bahkan, saat obrolan ketika istirahat yang sedikit menjurus ke pembicaraan sedikit jorok, Misaki langsung menyela dan membuat mereka tak nyaman. 

Dari kelebihan aksi Misaki inilah banyak juga siswa cowok yang tak menyukainya. Kemudian, Usui Takumi yang di kemudian hari menjadi penyeimbang bagi Misaki terutama dalam penerapan kedisiplinan sampai keamanan Misaki. Dengan cara yang sering membuat Misaki kaget, terkejut, kesal dan marah. Usui berhasil membuat Misaki bisa melihat apa saja hal yang sebenarnya tak perlu dikendalikan karena menyangkut urusan pribadi. Dan mana saja yang boleh diatur.

Bahkan, Usui juga menyadarkan Misaki untuk tidak terlalu overproud terhadap keahlian dan kehebatannya dalam bela diri. Di sisi inilah, Misaki memang punya kecondongan sombong dengan kemampuannya sehingga dia tidak waspada dengan lingkungan sekitarnya. Perilakunya ini membuat Usui sering harus diam-diam melindungi dan mengamati lingkungan sekitar tempat Misaki berada.

Apalagi ada satu kehidupan Misaki di luar kehidupannya sebagai ketua osis di sekolah. Dia adalah pegawai di Maid Cafe. Sebuah kafe yang berkonsep menjadikan pelanggan adalah raja dan pegawainya adalah pelayan. Di Maid Cafe ini sering meminta pegawainya mengenakan pakaian pelayan dan bersikap dengan sangat manis serta girly agar pelanggan tidak kecewa.

Kehidupan berbeda yang juga berlawanan dengan kepribadian Misaki yang tomboy ini awalnya tidak ada yang mengetahui. Hingga suatu hari, orang pertama di sekolah Seika yang mengetahui persona lain Misaki saat bekerja di Maid Cafe adalah Usui Takumi. Gara-gara melihat sisi lain dari Misaki inilah Usui menjadi pelanggan tetap dan sering mampir ke Maid Cafe terutama saat jadwal Misaki bekerja.

Selain Usui tak lama ada juga tiga orang siswa Seika yang tanpa sengaja mengetahui sisi lain Misaki. Tiga siswa cowok ini tak lain adalah geng yang pernah dimarahi Misaki dan ditarik telinganya sampai berdarah. Awalnya, memang mereka punya niat buruk pada Misaki. Namun, setelah diajak berunding oleh Usui yang tanpa sengaja mengetahui niat mereka, akhirnya justru tiga cowok ini menjadi pelanggan tetap dan menjadi fans berat Misaki. Kehebatan dari tiga cowok pelanggan Maid Cafe dari Seika ini adalah mereka enggak pernah membocorkan rahasia Misaki di sekolah dan menyimpannya untuk mereka sendiri.


maid sama


Fokus Pada Kehidupan Misaki dan Romansa Sederhananya Dengan Usui

Dari awal, penonton sudah bisa mengetahui ada rasa yang tersimpan dalam diri Usui sehingga dia tampak terobsesi dengan Misaki. Selalu ada disetiap situasi ketika Misaki membutuhkan bantuan. Selalu mampir ke Maid Cafe dan mendapatkan stamp royalty pelanggan setia. Bahkan, membantu tim Maid Cafe ketika chef yang bekerja di sana sedang libur. Juga menjadi tameng saat Misaki tanpa sadar berhadapan dengan lelaki yang mengincarnya.

Selain kisah percintaan sekolah yang sangat simple namun juga manis. Ada pula diungkap kisah kehidupan Misaki di rumah. Yang ternyata dia tinggal bersama adiknya dan Ibunya. Ibunya pekerja keras demi menyekolahkan anak-anaknya. Dan Misaki juga membantu keuangan keluarga mereka sebab ayahnya meninggalkan mereka tanpa uang bahkan membuat mereka harus membayar hutangnya. Sementara adiknya Misaki ini penggila diskonan dan hadiah gratisan. Semua dia lakukan demi mencukupi kebutuhan di rumah. 

Namun, yang unik dari serial anime Kaichou Wa Maid Sama ini adalah kesulitan ekonomi Misaki tidak dikemas dalam bentuk menyedihkan. Malah dibuat seperti hal yang biasa sehingga penonton yang baru menyaksikan anime ini tidak merasa iba. Walaupun kalau ditonton berulang, tentunya ada rasa mengganjal sebab humor yang disajikan untuk menutupi kesulitan hidup Misaki dan keluarganya terasa seperti dark jokes.

Contoh saking miskinnya keluar Misaki sampai lantai rumahnya yang terbuat dari kayu bolong. Dan hanya ditambal menggunakan kertas dengan tujuan agar tidak ada yang menginjak lubang tersebut. Kemudian, pagar rumah Misaki juga ambrol namun tetap dipasang seperti biasa seolah tidak ada masalah. Sampai kehidupan Misaki yang hanya berpusat pada sekolah, prestasi hingga pekerjaan inilah yang membuatnya seperti tidak ada kehidupan layaknya gadis SMA lainnya. Tak hanya itu, adiknya Misaki juga sama, sampai membuat klub yang isinya teman-temannya yang mau membantu dia mendapatkan produk gratisan.

Selain disiplin, pekerja keras dan tegas. Misaki ini termasuk siswa pintar loh. Tapi, tidak pernah bisa menang bersaing melawan Usui Takumi. Dalam nilai akademis, Misaki memang benar-benar sangat sengit mencoba melawan Usui yang selalu berada di peringkat pertama dalam penilaian seluruh kelas di angkatan mereka. Sementara Misaki selalu menduduki posisi kedua. Persaingan sengit ini sering membuat Misaki greget dengan Usui karena selain nilai akademis yang bagus, Usui ini multitalent banget. Olahraga oke, semua bisa, fisik mantap, ganteng, bisa masak sampai satu nih yang bikin mupeng yaitu dia berasal dari keluarga kaya yang uangnya enggak habis-habis.

Dengan perbedaan nasib secara ekonomi ini, tidak membuat Usui mengasihani atau membuat Misaki tak nyaman dengan kehidupannya. Bahkan, Takumi tidak pernah memperlakukan Misaki seperti orang miskin yang butuh disokong dengan uangnya. Tapi, perhatian Takumi pada Misaki berupa perlindungan dan bantuan ketika ia menghadapi siswa cowok yang semena-mena. Act of service yang sederhana tapi membuat anime ini menjadi manis dan uwu sekali.


Info Detil Anime Kaichou Wa Maid Sama

Judul : Kaichou Wa Maid Sama

Episode : 26

Jenis : Serial TV

Pertama Tayang : 2 April 2010

Produser : Geneon Universal Entertainment, TBS, Hakusensha, Half H.P Studio

Studio : J.C.Staff

Sumber : Manga Maid Sama!

Status : Selesai

anime series


Anime Sekolah Romantis Yang Manis : Maid Sama

Kaichou wa maid sama ini termasuk anime yang tak bosan ditonton ulang. Dengan jumlah episode 24 dan termasuk anime yang sudah full tayang. Membuat saya sering menjadikan anime ini mood booster saat butuh tayangan yang bisa menghibur. 

Pertama kali tayang di bulan April 2010, membuat grafik anime ini masih menggunakan 2 dimensi yang seperti anime Sailor Moon dan Saint Seiya. Penggambaran wajah karakternya masih sederhana dan latar suasananya memang masih ciri khas kualitas anime pada waktu itu. Seperti juga anime Yamato Nadeshiko dan anime Nana series serta anime dari Studio Ghibli.               

Kalau butuh anime yang gambarnya sudah sedikit modern, bisa menonton anime Horimiya, Mieruko-Chan dan yang paling realistis seperti Weathering with you dan serta Flavour of youth. Ketiga anime terakhir ini memanjakan mata banget saat menontonnya.

Buat yang butuh anime romansa, coba deh nonton anime ini. Selain bisa membuat tertawa puas, sesekali tersadar tentang kehidupan juga bisa menikmati romansa yang enggak berlebihan dan konflik yang tidak begitu berat. Sehingga, saat menonton justru bisa terhibur.

Karena masih bulan puasa, belum ada rencana nonton anime. Tapi, setelah puasa kepengen banget nonton anime Suzume yang lagi trend dan banyak berseliweran trailernya di Instagram serta tiktok. Jadi makin penasaran. Ada yang sudah nonton?


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik ya. Untuk komentar dimoderasi ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *