ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Olahraga Futsal Dengan Olahraga Sepak Bola Apa Perbedaannya?

Minggu, 26 Juni 2022

olahraga futsal

Olahraga Futsal memang tampak serupa dengan Sepak Bola. Namun, keduanya yang merupakan ‘saudara kandung’ ini punya banyak perbedaan. Bukan saja dari segi suporter yang membedakan tapi dari banyak hal. Mulai dari peraturan sampai tempat diadakan pertandingannya.

Perbedaan Antara Sepak Bola Dan Futsal Biar Enggak Salah Paham

Tempat Dan Perlengkapan

Olahraga Futsal sering diadakan di lapangan tertutup, sementara untuk olahraga Sepak Bola diadakan di lapangan terbuka. Sementara untuk ukuran lapangannya, berdasarkan ukuran standar non internasional. Lapangan futsal memiliki panjang 25-42 meter dan lebar : 15-25 meter. Dan ukuran lapangan sepak bola dengan standar nasioolahranal, panjangnya 90-120 meter dengan lebar 45-90 m.

Selain ukuran lapangan, perbedaan lainnya yaitu pada ukuran dan berat bola yang dipakai dalam olahraga ini. Dimana pada olahraga futsal, bola yang dipakai lingkaran sebesar 62-64 cm. Dengan berat sebesar 390-430 gram.

Sedangkan pada olahraga Sepak Bola, ukuran bola yang dipakai memiliki ukuran lingkaran 68 hingga 70 cm dengan berat 410 - 450 gram. Ukuran berat ini berdasarkan standar FIFA.

Ada lagi yang membuat kedua olahraga ini berbeda, yaitu pada ukuran gawang. Pada olahraga futsal gawang berukuran tinggi dua meter dengan lebar sepanjang tiga meter dan dilengkapi jaring. Sementara pada olahraga Sepak Bola ukuran gawang lebih besar pada lebarnya yang mencapai 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter juga dilengkapi jaring.


Pemain 

Pada olahraga futsal, tim pemain terdiri dari 5 orang dan sudah termasuk kiper. Sementara olahraga sepak bola terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawangnya. Untuk durasi permainan, olahraga futsal setiap satu babak berdurasi 20 menit, sementara sepak bola durasinya 45 menit.

Untuk pergantian pemain pada olahraga Futsal bisa langsung diganti dengan cepat. Bahkan, bisa langsung ikut bermain tanpa menghentikan permainan. Sementara pada sepak bola untuk pergantian pemain harus melalui izin dari wasit.

Proses pergantian pemain inipun benar-benar ketat dijaga oleh wasit, terjadi di batas garis yang sudah ditetapkan dan tidak boleh dilanggar. Dan keputusan wasit mencangkup hingga apakah pemain pengganti layak untuk bertanding atau tidak.

Kemudian, lama waktu kiper memegang bola pada futsal, hanya boleh maksimal 4 detik. Setelah itu harus langsung segera dimainkan dalam pertandingan. Dan pada olahraga sepak bola, kiper diberi waktu maksimal 6 detik untuk mempertahankan bola setelah itu harus langsung dioper untuk dimainkan kembali.


Tentang Futsal

Konon, istilah futsal berasal dari bahasa Spanyol yaitu Futbol yang artinya sepak bola dan Sala yang artinya ruangan. Jadi, futsal berarti sepak bola yang dimainkan di dalam ruangan. Permainan futsal pertama kali diperkenalkan di negara Uruguay pada tahun 1930. Yang memperkenalkan permainan ini adalah seorang pelatih sepak bola yang berasal dari Argentina yaitu Juan Carlos Ceriani.

Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. 

Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pada 1965, kompetisi internasional futsal digelar untuk pertama kalinya, dengan Paraguay menjadi juara pertama. Lalu, di tahun 1971, diadakan pertemuan perwakilan futsal dari berbagai negara. 

Pertemuan itu dilaksanakan di kota Sao Paulo untuk membentuk organisasi internasional permainan futsal, yakni International Futsal Federation (FIFUSA). Setelah FIFUSA didirikan, pada 1989 organisasi tersebut bergabung dengan FIFA. Pada tahun yang sama kejuaraan dunia futsal FIFA diselenggarakan pertama kali di Belanda.



Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar di artikel ini :).