Aplikasi Kesehatan Digital SehatQ



Aplikasi kesehatan digital


Ada nggak yang pernah merasakan. Saat sedang sakit, saking lemasnya hingga tak mampu untuk bangun dan pergi berobat ke dokter? Saya pernah. Beberapa kali. Dan, saat itu rasanya ingin sekali ada dokter yang bisa dipanggil ke rumah. Tujuannya biar segera dapat informasi mengenai penyakit dan obat apa saja yang bisa dikonsumsi.

Ketika sakit, apalagi dalam kondisi sendirian dan tak memungkinkan meminta bantuan. Rasanya, lebih membutuhkan sesuatu yang memudahkan pasien. Terutama yang kesulitan untuk menggerakkan tubuh untuk bepergian jauh ke rumah sakit. Bahkan yang terdekat sekalipun. Apalagi, bayangan mengantri saat mendaftar, kemudian menunggu antrian sebelum bertemu dokternya hingga kembali mengantri saat hendak mengambil obat. Ini menjadi bayangan yang sudah melelahkan bagi pasien.

Dari kondisi inilah, lahir teknologi yang memang dibuat untuk memberi kemudahan. Tentunya, bukan berarti membuat seseorang menjadi malas. Tapi, membantu mereka yang memiliki keterbatasan kondisi saat itu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang mumpuni. Karena itulah, SehatQ hadir untuk memberikan solusi kesehatan bagi keluarga sehat.

SehatQ Untuk Generasi Milenial Yang Butuh Pelayanan Kesehatan Digital

Generasi milenial sering dicondongkan pada kesan negatif. Yaitu, generasi yang terlalu terpapar teknologi hingga generasi yang banyak kurangnya. Padahal, jika diteliti lebih lanjut. Generasi masa kini ini, merupakan generasi yang banyak mencari informasi saat mereka menghadapi sesuatu. 

Sebagai contoh, mereka sering mencari tahu gejala-gejala tertentu yang terjadi dalam tubuh mereka. Misalnya, batuk kering yang tidak disertai panas ataupun flu. Kondisi ini membuat mereka membutuhkan informasi yang valid. Agar bisa memahami apa yang terjadi pada tubuh. Orang-orang masa kini lebih sering mencari informasi terlebih dahulu dibandingkan langsung berangkat ke rumah sakit. Apalagi, kalau dokter yang menangani kita tampak tidak mau memberikan banyak informasi.

Jangan salah. Ada juga dokter yang sedikit memberikan informasi ke pasiennya. Bukan salah mereka juga. Siapa tahu memang mereka lelah atau hanya ingin mengatakan pasien akan lekas sehat. Tapi, pasien saat ini lebih menginginkan informasi yang cukup dan informatif. Itulah sebabnya, sumber yang valid sangat dibutuhkan.

SehatQ memberikan solusi untuk masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai kesehatan. Dengan memberikan wadah yang dikelola oleh tenaga medis profesional. Bekerjasama juga dengan para penulis konten. Yang mampu menuliskan berita mengenai kesehatan dengan bahasa yang mudah dicerna. Sehingga, informasi yang disediakan bisa dimengerti oleh orang awam sekalipun. 

Di websitenya, SehatQ menyediakan sekitar 2000 artikel mengenai kesehatan. Dan, 1200 Ensiklopedia mengenai obat-obatan serta penyakit. Jadi, bagi kalian yang ingin tahu, kira-kira obat apa dan kegunaannya untuk apa yang diterima dari dokter. Bisa dicek di website ini. Soalnya, dikelola oleh dokter-dokter profesional.

Bisa Mudah Konsultasi Kesehatan Secara Live

Seperti yang sudah saya singgung tadi. Ada kalanya pasien tidak bisa langsung menuju rumah sakit. Karena, keterbatasan energi. Bisa juga, saat itu tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk bantu mengantar ke rumah sakit. Karena itu, kehadiran teknologi yang bisa memberi kemudahan pada mereka yang punya keterbatasan sangat dibutuhkan.

Jadi, saat kondisi terbatas pun seorang pasien bisa langsung berkonsultasi dengan dokter melalui handphone mereka. Dengan begitu, apa yang tengah mereka rasakan saat itu, bisa langsung mendapat pertolongan pertama. Setidaknya ini mencegah semakin parahnya penyakit si pasien. 

Setelah menerima informasi dan saran obat yang bisa dikonsumsi. Diharapkan, kondisi pasien bisa sedikit membaik. Dengan begitu, bisa berangkat ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Apalagi, sebagai asisten kesehatan berbasis digital, SehatQ juga menyediakan pelayanan pendaftaran ke rumah sakit terdekat.

Dengan begitu, pasien yang ingin berobat dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Tidak perlu menghabiskan waktunya mengantri saat mendaftar. Sungguh, mengantri adalah pekerjaan yang terasa berat kala tubuh sedang tidak sehat. Saya pernah merasakannya, saat sakit cacar setahun kemarin.

Sebab itu, kehadiran asisten kesehatan berbasis digital ini sangat memberi keuntungan yang lebih baik pasien yang memiliki keterbatasan kondisi. Tapi, membutuhkan pertolongan tenaga medis. 

Kemudahan Teknologi Dalam Mencari Informasi Penyedia Layanan Kesehatan

Seringkali, kita tidak begitu paham. Klinik atau Rumah sakit apa saja yang berada dekat dengan lokasi kita. Apalagi buat kita yang baru pindah rumah. Jadi, harap dimaklumi jika saat ada kondisi darurat masalah kesehatan. Tidak bisa langsung cepat tanggap memilih tempat untuk berobat. 

Kelebihan dari SehatQ ini, kita diberikan banyak pilihan Klinik, Rumah sakit hingga Puskesmas yang lokasinya dekat dengan kita. Disertai pula informasi jadwal beroperasinya. Hingga terkait dokter spesialis yang tersedia di tempat tersebut.

Setelah kita menemukan lokasi rumah sakit terdekat. Kita bisa langsung memilih dokter spesialis yang kita butuhkan. Kemudian, langsung pilih tanggal dan jam kita akan berobat. Lalu, masukkan informasi pribadi kita saat mendaftar. Jika sudah mendaftar, kita tinggal Masuk sebagai pengguna.

Semudah itu ketika ingin mendaftar berobat ke rumah sakit tertentu.

Penutup

Saya pernah mengalami ketidak-nyamanan saat harus berobat ke rumah sakit. Yaitu, saat saya sedang cacar air. Rasanya bukan saja tidak enak karena tubuh saya lemas. Badan panas. Dan terasa nyeri seluruh tubuh. Tapi, juga saat itu, saya tidak nyaman karena dilirik oleh banyak orang. Siapa pula yang tidak takut saat ada orang terkena cacar? Otomatis, banyak yang akan menjauh sehingga rasanya ingin sekali saya mengenakan balon pelindung agar tidak membuat orang lain takut.

Berbekal pengalaman yang tidak menyenangkan seperti ini. Saya lantas berpikir, apakah ada pelayanan kesehatan yang tak mengharuskan pasiennya untuk langsung datang. Mungkin, diberi waktu konsultasi dan bisa mengonsumsi obat tertentu dulu. Baru bisa ke rumah sakit kalau kondisinya memang diharuskan demikian. 

Ternyata, asisten kesehatan digital sudah ada saat ini. Dan, ini benar-benar memberi kemudahan bagi pasien yang mengalami keterbatasan. Atau yang butuh informasi penunjang saat tubuh sedang tidak sehat. Dengan kehadiran pelayanan kesehatan digital seperti ini. Saya juga bisa mengetahui rekaman medis yang nantinya bisa berguna saat saya harus pindah rumah sakit. 


Informasi Tambahan

SehatQ
Instagram: @sehatq_id
Twitter: @sehatq
Facebook: SehatQ


Menurut pembaca, apa keuntungan dan kekurangan dari pelayanan kesehatan berbasis digital seperti ini? Silakan dibagikan opininya di kolom komentar.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik ya. Untuk komentar dimoderasi ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *