Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Film Muatan Budaya Batak Ngeri-ngeri Sedap di Netflix

Beberapa kali cuplikan film Ngeri-ngeri Sedap ini lewat di beranda tiktok. Membuatku yang awalnya hanya senyam-senyum saja menyaksikan tayangan singkat tersebut. Hingga akhirnya, penasaran sampai titik tertinggi. Bersyukur sekali, karena tak lama setelah penayangan di bioskop selesai. Film Ngeri-ngeri Sedap ini muncul di Netflix. Langsung saja saya putuskan untuk menontonnya saat melihat film yang mengangkat budaya batak ini berada di urutan pertama rekomendasi dari Netflix. Berhubungan Dengan Suku Batak Sejak Kecil Saat menonton tayangan ini, saya termasuk yang beberapa kali menyaksikan youtube channel Adik Abang yang dulu saya kenal sebagai Agak Laen. Gara-gara muncul lagu Agak Laen yang memang benar lain kali lah lagu ini, hehe. Sejak kecil saya sudah dekat dengan orang-orang dari suku batak. Bukan apa-apa, kalau pernah dengar nama daerah Rawa Lumbu, mungkin akan tahu kalau di Jembatan 13 sampai Jembatan 14 itu banyak sekali suku bataknya di sini. Bermula dari issue mengenai pemind

Review Serial Anime Tonari no Konbutsukun My Little Monsters

Ini nih anime favourite saya yang lain. Masih bertema romansa sekolah. Judul bahasa inggrisnya My Little Monster tapi kalau versi Jepang Tonari no Kaibutsu-kun.

Anime yang saya tahu karena ketidaksengajaan pas setel saluran tv Anime di tv kabel. Pas lihat, kok seru dan lucu ya? Apalagi waktu enggak sengaja nonton tuh pas bagian Mizutani Shizuku ngelempar tempat minum ke kepalanya Yoshida Haru.

Pas lihat keduanya seperti kucing dan anjing tapi dalam balutan romansa. Duh, rasanya sayang kalau dilewatkan. Apalagi, karakter ceweknya tuh mandiri, pinter dan enggak bergantung sama cowok. Terus, sering ingin berkompetisi adu pintar sama Haru, makin cinta sama anime ini jadinya.

Anime series
Natsume - Shizuku - Haru - Sasayan

Anime Romantis Sekolah Tonari No Kaibutsu-Kun

Hal yang menarik dari anime series ini selain cerita dan karakternya adalah original soundtracknya. Opening song dibawakan Haruka Tomatsu berjudul Q&A Recital. Lagunya ceria dan menggambarkan masa sekolah dan cerita yang full dengan canda, tawa dan kehangatan persahabatan juga percintaan.

Nah, untuk end song setiap episodenya dinyanyikan oleh 9Nine berjudul White Wishes. Penutupnya juga terdengar menenangkan, kalem, manis dan menampilkan momen-momen Yoshida Haru, Mizutani Shizuku dan teman-temannya. 

Yang paling manis, heartwarming dan bikin nagih adalah musik pengiring berupa alunan suara piano yang lembut berjudul Tetsukazu no Kanjou. Ini tuh candu banget sampai enak buat dijadiin suara pengiring pas mau tidur. Buat yang suka instrumen piano tanpa lagu, bisa coba dengerin Tetsukazu no Kanjou.


Sinopsis Tonari no Kaibutsu-kun

Mizutani Shizuku apatis terhadap teman-teman sekelasnya, ia hanya peduli pada nilai-nilai pelajaran sekolahnya.  Namun, pandangan hidupnya yang dingin mulai berubah ketika dia bertemu Yoshida Haru, seorang pembuat onar yang kejam. Ia dihukum dengan tidak boleh menghadiri kelas setelah terlibat perkelahian di awal tahun ajaran.  Haru tidak jauh berbeda dengan Shizuku—keduanya mengerti sedikit tentang sifat manusia dan sama-sama tidak punya teman.  Haru mengejutkan Shizuku, Haru menyatakan bahwa dia akan menjadi temannya dan segera mengungkapkan perasaannya padanya setelah bertemu Shizuku.

Karena kurang teman dan interaksi sosial, Shizuku kesulitan memahami hubungannya dengan Haru.  Tapi perlahan, persahabatan mereka mulai berkembang, dan dia menemukan bahwa Haru lebih dari sekadar cowok kejam yang jarang belajar.  Shizuku mulai memahami perasaannya untuk Haru, tetapi tidak yakin jenis perasaan seperti apa yang dia alami.  Bersama-sama, Shizuku dan Haru mengeksplorasi perasaan sebenarnya dari hubungan mereka.

Review anime
Haru-kun sedang cemburu


Karakter Tonari no Kaibutsu-kun

  • Mizutani Shizuku

Cewek berambut panjang yang gemar mengepang rambutnya. Dia sangat pintar dan punya prinsip hidup agar nilai sekolahnya bagus juga sempurna. Shizuku tidak peduli apakah ia punya teman atau tidak, selama dia bisa belajar dan menguasai kalkulus, ia akan merasa senang. Orangtua Shizuku baik-baik saja, ayahnya menjalankan usaha berjualan buah. Dan ibunya bekerja di luar kota, sehingga mereka jarang berkumpul. Sementara adiknya, hampir sama seperti Shizuku, dingin dan jarang berbicara. Hanya ayahnya Shizuku yang tampak berbeda, ceria dan sedikit ceroboh.

  • Yoshida Haru

Cowok ini dikenal kejam karena mudah sekali meninju atau memukul temannya. Sebenarnya, Haru tidak asal memukul orang, dia akan melakukan kekerasan saat melihat ada orang yang diperlakukan dengan kejam seperti dibully, dipalak dan diperlakukan tidak adil. Haru tinggal bersama sepupunya sejak kecil. Ayahnya tinggal bersama kakaknya. Sejak diasuh oleh bibinya, Haru jarang masuk sekolah. Ketika itulah ia banyak belajar otodidak. Karena tidak punya kegiatan akhirnya Haru justru menguasai semua pelajarannya saat SMP bahkan dia mempelajari dan menguasai pelajaran SMA saat masih duduk di bangku SMP. Itulah alasan dia tidak pernah belajar karena sudah dikuasai sejak Haru diurus oleh bibinya.

  • Natsume Asako

Dia ini adalah teman cewek Shizuku yang pertama, solnya Natsume juga sama enggak punya teman. Kedekatan mereka selain karena satu kelas juga gara-gara Natsume harus memperbaiki nilai ujian. Untuk mempersiapkan ujian remedial, akhirnya Natsume meminta pada Shizuku agar membantunya belajar biar nilainya bagus. Nyatanya, Natsume memang agak kurang bagus di nilai akademis. Tapi, di pelajaran olahraga Natsume cukup atletis. 

  • Yamaguchi Kenji

Temannya Haru yang kenal dari tempat main milik sepupunya Haru. Awal kedekatan mereka sebenarnya enggak mulus, bahkan sempat berantem. Tapi, justru Yamaguchi inilah yang banyak menyadarkan Haru kalau dia harus serius sama Shizuku. Kelemahan Yamaguchi adalah dia sering salah arah atau bisa dibilang enggak tahu arah kalau jalan sendiri. Selebihnya, dia anak orang kaya yang sekolah di sekolah khusus anak-anak mapan dan punya otak yang lumayan encer.

  • Sasahara Souhei

Karakter dia ini gampang ngeblend sama teman lainnya meskipun baru kenal. Dia adalah teman Haru dari SMP dan berakhir satu kelas bareng Shizuku, Haru dan Natsume. Dia termasuk tim bisbol sekolah yang punya rasa peduli tinggi terhadap teman. Perasaannya Sasahara-kun juga cukup sensitif, dia sering menyelamatkan temannya yang tampak kesepian padahal orang lain tidak peduli.

  • Misawa Mitsuyoshi

Sepupunya Haru yang usianya terpaut jauh sama Haru. Sekitar 20 tahunan lebih. Dia mengelola tempat main yang sudah menjadi sumber utama untuk nafkah hidupnya. Misawa ini sangat peduli sama Haru bahkan dia senang melihat perkembangan Haru yang akhirnya punya teman. Tapi, termasuk cowok yang enggak peka sama perasaan cewek.

  • Chizuru Ooshima

Cewek yang ditolong sama Haru sehingga Haru terlibat perkelahian lagi. Dia sosok cewek yang suka dan jatuh hati sama Haru dengan tulus. Termasuk pendiam di kelasnya tapi punya posisi sebagai ketua kelas.

  • Yuu Miyama

Yuu ini satu-satunya sahabat Ooshima. Tapi, mereka berbeda sekolah. Karakter Yuu ini unik, enggak banyak omong tapi sering observasi dan sedikit aneh. Tapi, setia dan juga perhatian.

  • Yoshida Yuuzan

Nah, ini dia, orang yang bisa bikin Haru meledak-ledak. Soalnya dia ini kakaknya Haru yang parasnya mirip, sama gantengnya tapi lebih doyan makan. Yuuzan sebenarnya sayang banget sama adiknya, tapi keadaan yang membuat dia harus saklek sama Haru.


Informasi Anime Tonari No Kaibutsu-Kun

Judul : Tonari no Kaibutsu - kun (Jepang)

My Little Monsters (Inggris)

Sumber : Manga

Penulis : Robico

Penerbit : Kondasha

Tipe : Serial TV

Episode : 13

Durasi : 24 menit per episode

Status : Selesai

Tayang : 2 Oktober 2012 - 25 Desember 2012

Studio : Brain's Base


Anime romance
Yamaguchi dan Shizuku

Pertemuan Pertama Shizuku chan dan Haru kun

Haru mendapat sanksi tidak boleh masuk sekolah saat tahun ajaran baru. Dia mendapat hukuman setelah terlibat perkelahian yang membuatnya tidak hadir untuk pidato pembukaan ajaran baru.

Setelah sanksi hukuman Haru sudah selesai. Justru Haru tampak enggan untuk ke sekolah. Dia menolak karena tak mau lagi melihat kekerasan yang membuatnya tak tahan untuk tidak ikut campur.

Karena ajakan dari wali kelasnya Haru diabaikan. Akhirnya, bu guru minta Shizuku untuk mengantarkan copyan tugas. Di tempat sasana game milik Misawa inilah, Shizuku bertemu Haru yang kabur lewat jendela setelah melihat Shizuku.

Di taman dekat tempat tinggal Haru. Ia membuat Shizuku ketakutan dengan kesan pertamanya terhadap Haru. Namun, saat itu Shizuku masih tidak peduli. 

Pada kunjungan berikutnya, Haru mulai menganggap Shizuku adalah temannya. Kemudian, menanyakan mengenai sekolah, apakah menyenangkan atau tidak. Tak lama, keduanya terlibat konflik yang membuat Haru menumpahkan air ke kepala Shizuku dan dibalas Shizuku melempar tempat minum ke kepala Haru, jujur aja bagian ini selalu bikin saya ketawa.

Setelah konflik tersebut, Shizuku tetap datang ke sasana permainan untuk mengingatkan bahwa masa hukuman Haru sudah selesai. Dia akan dikeluarkan kalau tidak masuk sekolah. Di sinilah akhirnya Haru melihat sisi lain dari Shizuku. Yang membuat Haru mengutarakan perasaannya pada gadis berkepang dua itu. 

Hari itu adalah hari pertama Shizuku menerima pernyataan suka dari cowok. Sejak saat itu, dia mengenal satu perasaan yang baru baginya. Begitu juga dengan Haru yang sama-sama baru mengenal perasaan yang ia rasakan saat bersama Shizuku.


Ulasan anime
Pertama kali Haru dan Shizuku bertemu


Haru kun Masuk Sekolah dan Hari-hari Shizuku yang Berbeda

Sejak Haru masuk sekolah dan duduk di sebelah Shizuku. Gadis itu merasakan hari-hari sekolah yang berbeda. Haru selalu berada di dekatnya, dengan tingkahnya yang aneh bin ajaib.

Tak hanya itu, untuk pertama kalinya juga Shizuku memenuhi keinginan Haru untuk makan Monja. Dan ketika berada di perjalanan, Haru dengan nekatnya mencium bibir gadis itu. Dia ingin memastikan apakah jantungnya berdebar seperti yang tertulis di buku yang ia terima dari wali kelasnya.

Gara-gara itu, Shizuku mulai sedikit oleng. Pikirannya jadi terbagi antara memikirkan Haru hingga pelajaran dan kehidupannya. Semua berubah dan terasa berbeda. Sebab hal ini adalah pengalaman pertama bagi Shizuku.

Konflik meruncing saat kakaknya Haru muncul. Kehadiran Yuuzan bagai nightmare bagi Haru. Di sinilah, sedikit demi sedikit sisi kehidupan Haru terungkap. Mulai dari dia tidak pernah masuk sekolah saat SMP jadi menghabiskan waktunya buat belajar sendiri. Sampai, keinginan ayahnya yang membuat Yuuzan meminta bantuan pada Shizuku.

Nonton anime
Yuuzan dan Shizuku


Perkembangan Hubungan Pertemanan

Baik Shizuku maupun Haru, keduanya sama-sama belajar memahami bagaimana caranya berteman. Tapi, perbedaannya adalah Yoshida Haru sangat antusiasme dengan pertemanan. Sementara, Shizuku tidak tertarik dengan hubungan persahabatan.

Sejak kejadian di sasana game yang membuat Haru tertarik pada Shizuku. Dia jadi semakin luwes berteman dengan siapa saja di sekolah. Meski sempat terlibat perkelahian lagi, tapi teman-temannya mulai menerima Haru. Terutama Yamaguchi dan gengnya.

Sementara Shizuku, yang merasa kehidupannya terlalu banyak berubah. Dan dia jadi merasa tidak nyaman, soalnya harus keluar dari zona nyamannya. Justru sempat mengalami kemunduran dalam pertemanannya dengan Natsume. Perkataan jujur Shizuku justru menyakiti Natsume, namun setelah diberi nasihat akhirnya Shizuku mau memperbaiki hubungan mereka.


Review Anime My Little Monsters

Banyak hal yang kusuka dari serial anime ini. Mulai dari sosok Shizuku yang mandiri, pintar dan enggak banyak drama. Sampai, bagaimana hubungan Haru dan Shizuku ini perkembangannya cukup baik dan menjadi perubahan baik bagi keduanya.

Terus, lucu karena di tiap bagian ada aja ulah Haru yang aneh. Atau saat Haru dan Shizuku berantem, ini tuh kocak dan cuma bisa totalitas di anime. Kalau di live action belum nonton sih, cuma  tau juga apa akan sebrutal di anime berantemnya, hehe.

Bisa dibilang anime ini tuh ide ceritanya sederhana. Tapi, alurnya sama plotnya yang bikin berbeda. Apalagi Haru sama hewan tuh selalu ada aja ceritanya. Mulai dari pengakuan penemuan anjing liar. Kemudian, memelihara ayam di pekarangan sekolah. Sampai, mancing pas musim dingin dan pencarian kunang-kunang yang membuat heboh.

Enggak cuma itu, meski Haru ini ampun ya tingkah lakunya. Kesabarannya setipis sehelai tissue. Tapi, dia ini penyayang, peduli teman, ganteng (of course) dan pintar. Jadi, seperti paket komplit yang manusiawi gitu.

Buat yang ingin nonton anime My Little Monsters ini. Silakan cari aja ya, soalnya di Netflix udah enggak tayang lagi. Sebelumnya sempat setahun kayaknya ada di Netflix. Kalau penasaran, bebas aja mau nonton dimana, saya enggak bisa kasih saran tempat streaming-nya ya.








Komentar

Postingan Populer