ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Olahraga Polo Air Syarat Dan Istilah

Jumat, 12 Agustus 2022

Polo air atlet

Waktu memutuskan menonton anime Re-Main. Ada satu hal yang sebenarnya baru saya ketahui, yaitu olahraga Polo Air. Kali ini saya akan menulis tentang olahraganya, untuk ulasannya nanti akan saya tulis di artikel terpisah.

Olahraga Polo Air ini merupakan olahraga yang aktivitasnya berada di dalam kolam berisi air. Olahraga ini mirip sekali dengan sepak bola dimana ada pemain dan kiper yang menjaga gawang. Perbedaannya, jika sepak bola menggunakan kaki untuk mengoper bola. Sementara polo air menggunakan tangan untuk mengoper-nya.

Agak mirip voli kalau dilihat dari cara mengoper bola. Namun, permainan ini lebih mirip dengan sepak bola dari sistem dan cara bermainnya.


Syarat Olahraga Polo Air

Karena kegiatan olah fisik ini dilakukan di kolam renang. Dengan kedalaman minimal 1,8 meter atau setara dengan 6 kaki. Maka tentu pemain polo air juga harus bisa olahraga renang.

Untuk ukuran gawangnya, diukur dari atas rata-rata air setinggi 90 cm dan lebar 90 cm juga.

Bentuk bola polo air ini termasuk eye catching. Berwarna kuning dengan berat yang bervariasi antara polo air untuk junior, wanita ataupun pria.

Pemain polo air terdiri dari 7 orang dengan pemain cadangan berjumlah 4 orang. Dari tujuh orang tersebut sudah termasuk 1 pemain sebagai penjaga gawang.

Rata-rata permainan polo air ini berlangsung sekitar 8 menit dengan jumlah permainan sebanyak 4 babak.


Polo air syarat

Syarat Pemain Polo Air

Sebelumnya sudah saya sebutkan kalau olahraga ini dilakukan full di dalam kolam renang yang cukup dalam. Karena itu, setiap pemain polo air diwajibkan bisa berenang.

Dari anime yang saya tonton, ada banyak sekali gerakan dasar renang yang harus dikuasai. Diantaranya mengapung dan melompat di dalam air.

Bayangkan saja, bagaimana caranya bisa melompat tanpa permukaan yang solid seperti di atas tanah. Pasti cukup berat jika harus melompat dengan melawan massa air.

Ditambah, saat latihan pemain di anime Re-Main ini. Para atlet wajib berlatih memegang beban yang beragam dari paling ringan hingga berat. Sambil mengapung di air.

Ini dimaksudkan agar saat mengambil bola yang masuk ke dalam air bisa cepat langsung ditangkap dan di oper ke pemain tim. 

Latihan yang dilakukan oleh atlet polo air ini banyak memfokuskan pada ketahanan tangan dan kaki. Sebab, mereka harus bertahan berada di dalam air, mengapung dan hanya bertumpu pada kekuatan kaki mereka.

Sementara tangan, kekuatannya ini untuk mengoper bola jarak jauh agar terhindar dari lawan. Dan ini juga yang membuat permainan polo air hampir sama dengan olahraga basket.

Ada satu lagi yang menjadi kelebihan bagi pemain polo air. Yaitu jika bisa berenang dengan cepat. Sebab, perebutan bola sering diiringi dengan renang cepat demi mendapatkan bola yang masuk ke area kosong. Karena itu, adalah nilai tambah jika pemain polo air juga bisa berenang dengan sangat cepat.


Istilah Dalam Permainan Polo Air

Attempt : data tembakan pemain ke arah gawang.

Assist : umpan ke rekan satu tim yang tujuannya untuk mencetak gol.

Attack Zone : area ini berbentuk belah ketupat dan berada di depan gawang lawan digunakan untuk menyerang.

Backstroke : gaya berenang pemain dengan posisi terlentang.

Cap Number : nomor khusus peserta yang berada di topi khusus pemain.

Captain : ini adalah pemimpin dalam tim yang memiliki izin untuk menjawab pertanyaan dari wasit.

Dry Pass : gerakan mengoper bola tanpa tersentuh air.


Setelah membaca beberapa hal mengenai polo air ini. Saya jadi makin penasaran dengan olahraga yang satu ini. Soalnya termasuk jarang saya ketahui.

Bahkan, saya mencari tahu mengenai pertandingan-pertandingannya. Karena tampaknya seru aja gitu bermain bola tapi di dalam air. Tentu berat bagi yang belum terbiasa. Dan berat juga buat saya soalnya ada sedikit rasa takut sama air jadi suka ngap-ngap-an pas lihat mereka berenang.



Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik ya. Untuk komentar dimoderasi ya.