ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

GOLL..ABORASI Ngajak Online 2022 Inovasi Kreatif Bisnis

Jumat, 22 Juli 2022

jne ngajak online 2022

Kembali lagi Ngajak Online 2022 GOLL..ABORASI yang diadakan oleh JNE. Tujuannya untuk menambah wawasan serta ilmu bisnis UKM melalui sharing pengalaman dari UKM Sorong yang sudah berpengalaman. Videonya bisa ditonton di channel JNE ID.

Tema kali ini cukup menarik yaitu bagaimana menjadikan bisnis online semakin meningkat. Terutama buat UKM yang sedang mengalami stuck. Baik dari omsetnya maupun dari penjualan produknya. Nah, obrolan kali ini cukup menarik, UKM dari Kota Sorong ini enggak tanggung-tanggung membeberkan apa saja inovasi yang dilakukan agar bisnis online-nya semakin melejit.

Sebagai informasi, narasumber acara GOLL..ABORASI yang diadakan secara daring ini ada Pak Fredi Luhukay yang merupakan Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari owner dari Nami Craft dan Pak Teguh Hidayat Iskandar owner dari CMO Mooipapua.

Ngajak Online 2022 Bahas Tuntas Inovasi Kreatif Bisnis Online

Pandemi beberapa waktu lalu membuat masyarakat Indonesia dituntut untuk terbiasa serba online. Karena itu, pertumbuhan bisnis online sekitar tahun 2020 hingga saat ini masih terus bertumbuh secara positif. Namun, karena semakin banyak dan beragam produk yang dijual secara online, ada satu kendala yang sering dihadapi dan dikeluhkan pegiat UKM Bisnis Online. Yaitu, cara agar produk mereka bisa bersaing secara sportif.

Pengalaman pertama dibagikan oleh pak Teguh yang merupakan owner dari CMO Mooipapua. Apa sih sebenarnya bisnis yang dijalani oleh pak Teguh ini? Ternyata Mooipapua adalah produk lokal yang bergerak di bidang skincare dengan bahan dari tumbuhan yang berasal dari tanah Papua.

Apa alasan yang menjadi landasan pak Teguh menjalankan bisnis di bidang skincare ini? Rupanya, berawal dari problem yang dihadapi oleh anaknya pak Teguh. Anak yang sedang beranjak remaja ini memiliki kulit yang super sensitif. Sehingga membutuhkan produk skincare yang tetap aman bagi kulit remaja. Namun, juga nyaman digunakan untuk mereka yang kulitnya sensitif.

Karena itu, pak Teguh berusaha membuat formula skincare dengan bahan yang alami. Seperti ada kandungan buah Hera sampai VCO yang berasal dari tanah Papua. Saat mencobanya langsung pada anaknya, pak Teguh akhirnya yakin kalau produk racikan ini bisa dipasarkan.

Sharing berikutnya dari Nami Craft yang merupakan bisnis milik Mbak Ratna Sari. Beliau berbagi kisahnya saat harus struggle ketika pandemi. Kenapa bisa begitu? Sebab, produk Nami Craft yang bergerak di bidang kerajinan tangan ini sempat turun peminatnya. Wajar, karena pada saat itu acara-acara seperti wisuda, ulang tahun atau acara offline lainnya sedang dibatasi.

Sehingga, kondisi ini berdampak cukup besar bagi keberlangsungan Nami Craft. Namun, Ratna Sari enggak langsung patah semangat. Ternyata, justru ketika pandemi itulah ia menemukan ide baru untuk membuat buket yang berisi apa saja sesuai keinginan customer.

Buket ini rupanya bisa digunakan sebagai hiburan di kala pandemi yang bisa dikirim ke semua tempat di Indonesia. Jadi, ide memberikan hadiah bagi orang tersayang meskipun jarak membentang. Justru tak lagi menjadi tantangan, sebab Nami Craft yang membantu pelanggan Connecting Happiness bersama orang yang disayangi melalui kegiatan bertukar hampers.

Hampers yang dibuat Nami Craft ini juga unik, sebab isinya yang bisa dicustom. Banyak pelanggan mengirimkan hadiah berupa vitamin sampai masker untuk teman, kerabat hingga saudara yang jauh di mata namun tetap di hati.



Cara Menemukan Inovasi Yang Sesuai Dengan Bisnis Online

Terus, bagaimana sih caranya agar bisa seperti Nami Craft dan Mooipapua yang masih tetap bertahan bahkan melejit bisnisnya di masa pandemi? Salah satunya adalah dengan berani berinovasi dengan produk ataupun bisnis yang ditekuni saat ini.

Untuk yang penasaran apa saja yang bisa dilakukan supaya bisa menemukan inovasi yang sesuai dengan bisnis online yang dijalani? Simak ya artikel ini sampai selesai.

1. Kenali Problem Dan Berikan Solusi

Bagi UKM yang sudah memiliki produk yang siap dipasarkan. Akan lebih mudah untuk menemukan target market pasar yang benar-benar segmented. Contohnya seperti Mooipapua, segmentasi pasarnya benar-benar sudah terlihat jelas, yaitu produk skincare untuk kulit sensitif dimana produk ini dikhususkan juga untuk remaja dengan kandungan herbal dari tumbuhan yang hanya ada di tanah Papua. 

Nah, Mooipapua sudah mengetahui problem dari target market-nya yaitu remaja yang kesulitan menemukan skincare untuk kulitnya yang sensitif. Selain itu, remaja ini juga butuh produk yang minim bahan kimia dan memerlukan produk yang herbal dari alam. 

Setelah mengetahui problemnya, baru bisa berikan solusi pada target market berupa produk yang dijual UKM. Kalau Anda belum memiliki produk untuk usaha, sebaiknya cari lebih banyak problem apa saja yang ada di bidang bisnis online yang ingin ditekuni.

Semisalnya, ingin menekuni bidang fashion, bisa langsung mencari tahu masalah apa saja yang masih banyak dibutuhkan solusinya di pasar? 

2. Tes Produk 

Ini penting dan bukan hanya untuk produk di bidang kecantikan, makanan atau minuman saja. Tapi, di semua bidang seperti Nami Craft yang langsung tes kelayakan produk yang dipasarkan apakah ada produk yang entah itu cacat atau kurang diminati. Bisa juga dengan mengkombinasikan produk satu dengan yang lainnya untuk melihat apakah target market Anda ini tertarik atau tidak.

3. Evaluasi

Setelah menemukan solusi yang benar-benar tepat hingga sudah mengetahui strategi marketing yang tepat. Saatnya untuk langsung mengevaluasi produk yang sudah beredar di pasaran. Jangan sampai menunggu produknya mulai turun peminat baru mengadakan evaluasi. 

Akan lebih baik jika evaluasi ini dilakukan secara bertahap. Entah itu seminggu sekali atau sebulan sekali. Dengan melakukan evaluasi rutin, maka produk yang sudah dipasarkan akan bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Tentunya ini akan meningkatkan bisnis UKM juga seperti UKM Kota Sorong yang semakin melejit omsetnya.


Jne UKM Sorong

Agar Mudah Mendapat Ide Untuk Inovasi Bisnis

Cara paling mudah untuk bisa mendapatkan banyak ide untuk inovasi produk bisnis online Anda. Mudah banget.

Pertama, ikut event seperti Ngajak Online 2022 GOLL..ABORASI seperti ini. Sebab, dari acara daring yang membahas tuntas mengenai bisnis online, Anda bisa mendapatkan banyak ide untuk ditambahkan pada produk Anda.

Kedua, catat semua ide yang bermunculan, jangan sampai terlewat. Karena itu, bawalah terus buku catatan kecil agar Anda bisa lebih mudah menuliskannya saat ide itu datang.

Ketiga, perluas pertemanan dengan ikut bersama komunitas UKM di daerah tempat Anda menjalankan usaha. Dengan menjalin relasi, bisa menambah insight baru melalui pengalaman teman-teman pebisnis lainnya. Tentunya, juga bisa menjadi ide tambahan untuk inovasi produk Anda selanjutnya.


Jujur pembahasan bersama JNE dan UKM Sorong mengenai inovasi ini sangat menarik. Apalagi enggak cuma teori tapi berdasarkan pengalaman para pemilik UKM dari Kota Sorong ini. Sehingga, bisa juga dipraktekkan untuk bisnis online UKM di seluruh Indonesia. Karena, ilmunya mudah banget dipraktekkan, yaitu memberikan inovasi agar produknya berbeda dari yang lain.


Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik ya. Untuk komentar dimoderasi ya.