Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Film Muatan Budaya Batak Ngeri-ngeri Sedap di Netflix

Beberapa kali cuplikan film Ngeri-ngeri Sedap ini lewat di beranda tiktok. Membuatku yang awalnya hanya senyam-senyum saja menyaksikan tayangan singkat tersebut. Hingga akhirnya, penasaran sampai titik tertinggi. Bersyukur sekali, karena tak lama setelah penayangan di bioskop selesai. Film Ngeri-ngeri Sedap ini muncul di Netflix. Langsung saja saya putuskan untuk menontonnya saat melihat film yang mengangkat budaya batak ini berada di urutan pertama rekomendasi dari Netflix. Berhubungan Dengan Suku Batak Sejak Kecil Saat menonton tayangan ini, saya termasuk yang beberapa kali menyaksikan youtube channel Adik Abang yang dulu saya kenal sebagai Agak Laen. Gara-gara muncul lagu Agak Laen yang memang benar lain kali lah lagu ini, hehe. Sejak kecil saya sudah dekat dengan orang-orang dari suku batak. Bukan apa-apa, kalau pernah dengar nama daerah Rawa Lumbu, mungkin akan tahu kalau di Jembatan 13 sampai Jembatan 14 itu banyak sekali suku bataknya di sini. Bermula dari issue mengenai pemind

An Ordinary Man Movie (2017)

 

An ordinary man

Berkisah tentang penjahat perang yang menjadi buronan. Dia dilindungi oleh beberapa orang terdekatnya agar tidak tertangkap. Banyak dari para penjahat tersebut telah ditangkap dan diadili, hanya ada satu yang tersisa..

Diperankan oleh Ben Kingsley, seorang Jendral yang terbukti bersalah bisa lolos dari pengejaran. Bukan tanpa usaha yang keras, justru dirinya dilindungi dengan sangat ketat oleh orang-orang yang ada di dekatnya. Tempat tinggalnya selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Menghuni apartemen yang tampak tidak layak huni.

An Ordinary Man Review

Karena kehidupannya yang berada dalam pengejaran, serta sejarah mencatat ada banyak kejahatan yang ditorehkan. Membuat sang Jendral harus menghindari jalanan umum, bersembunyi saat orang melihatnya. Dalam hal ini, kebebasannya telah dipenjara meski dirinya tampak bebas menjalani hidup bukan di dalam jeruji.

Beberapa orang yang memang ditugaskan menjaganya, seperti sang Supir Miro, juga Tanja seorang pembantu yang saat masuk ke dalam ruangan apartemen sang Jendral, dirinya ditodong senjata. Sang Jendral memang mengidap ketakutan yang lumayan besar, karena pengalaman hidupnya yang dalam pengejaran. Otomatis membuatnya waspada hingga mencurigai Tanja.

Tanja ada seorang gadis berusia 26 tahun yang tidak memiliki pacar, tidak memiliki kawan, tidak memiliki orangtua, dia seorang gadis yang senang dengan kesendiriannya. Sementara itu berbeda dengan si Jendral yang selalu berusaha untuk bergaul dengan banyak orang dan berusaha menjadi lelaki yang normal.

Meski sudah diberikan peringatan bahwasannya terlalu berbahaya jika sang Jendral berkeliaran. Namun, tetap saja tidak digubris olehnya. Dia tetap pada pendiriannya bahwa dirinya tak takut. Hanya saja, orang yang melindunginya tak ingin dirinya ditangkap. Ketika bersama dengan Miro, supir sekaligus pilotnya, dia sering ditarik secara paksa untuk menjauh dari keramaian.

Tapi, bersama Tanja, dia mengeksplorasi kehidupan yang berbeda. Meski tidak seperti hubungan dalam pacaran seperti yang dibayangkan atau ditunjukkan dalam film-film romansa. Namun, keberadaan Tanja membuat sang Jendral ingin menunjukkan padanya sesuatu tentang kehidupan. Dia menjadi lebih sering terbayang-bayang oleh masa lalunya dan ingin mengajak Tanja pergi ke tempat-tempat yang membuatnya terkenang.


Jendral Juga Manusia

Dia mengajari Tanja seperti apa rasanya bergabung dengan sebuah komunitas, mengajaknya berdansa dan berjalan-jalan ke sebuah tempat yang lumayan jauh. Bahkan dalam perjalanan tersebut memaksa Tanja untuk mencuri mobil. Sebuah kondisi yang membuat keduanya saling terikat dalam bentuk persahabatan.

Bersama dengan Tanja, membuat sang Jendral sering bercerita dan terkenang dengan anaknya. Dia tampak merindukan sang anak yang tak lagi mampu dijangkau olehnya. Terlebih dengan statusnya yang masih buron, serta banyak hal tentang ikatan antara seorang ayah dan anak perempuannya yang tiba-tiba saja menjadi sangat buruk.

Film Tahun 2017

Film ini termasuk film ringan meski menampilkan tokoh buronan dengan kondisi harus bersembunyi dari dunia luar. Beberapa adegan memang terasa mendebarkan, tapi hanya sedikit, sisanya kita dijejali dengan hal-hal terkait kondisi sang Jendral dan pemikiran-pemikirannya tentang kehidupan. Serta cerita masa lalunya yang dia tuturkan pada Tanja.

Meski ending film ini cukup membuat terkejut, tapi tetap tidak membuat penonton kelelahan akibat kejar-kejaran dan persembunyian, seperti yang umum dirasakan saat menonton film tentang pelarian atau buronan. Inilah alasan kenapa saya mengatakan film ini ringan. Namun, tetap memiliki unsur yang bagus sebagai pemikiran, dengan meminjam beragam sudut pandang yang bisa kita mainkan sebagai penonton tentang tokoh-tokoh dalam film ini.

Lokasi film ini di Serbia, dimana kita akan diajak masuk ke gang-gang kecil nan sepi, kemudian jalan lagi menuju tempat terbuka yang membuat mata ini merasakan sejuknya udara di sana. Juga kehadiran beberapa penduduk yang mengenakan hijab, bahkan ada di salah satu adegan menampilkan seorang Ibu tua berdoa selepas solat.

Beberapa orang mengatakan sulit untuk masuk ke dalam cerita pada film ini, menurut saya itu akibat dari story-line yang cenderung cepat. Kedua orang ini, bisa tiba-tiba saja berada dalam situasi menyenangkan, kemudian tidak lama menegangkan akibat si Jendral sering izin untuk pergi menepi sesaat. Sulit memang untuk membangun keterikatan dan emosi dengan percepatan cerita, tapi jika dinikmati lagi sambil duduk santai, sebenarnya tidak akan menjadi masalah.

Penutup

Saya memberikan penilaian pada film ini cukup lumayan 7/10 apalagi karena ada Ben Kingsley di sini. Tapi, hal lain yang membuat saya tertarik adalah film ini termasuk dalam film yang menyerahkan hasil akhir cerita pada penonton. Kita dibiarkan bebas mengambil keputusan seperti apa film akan berakhir. Tidak menggantung, karena sudah jelas diselesaikan dengan beberapa kode. Apalagi film ini baru akan tayang di USA sekitar bulan Maret 2018. Namun sudah tayang pertama kali di Itali pada tahun 2017 lalu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama Nana Anime Series (2006)

Nana Anime Series : Dua Nana Satu Tempat Kos Berbeda Takdir. Akhirnya bisa dapat serial anime lagi setelah berkali-kali nontonin judul yang itu lagi-itu lagi. Saking setianya, sampai bingung mau pilih anime mana lagi. Dulu, masih bergantung sama rekomendasi dari Youtube. Berharap bisa dapet anime keren dadakan, seperti waktu nonton Kamisama Hajimemasita.  Tapi, belakangan ini malah nggak sesuai dengan selera. Akhirnya, beberapa hari lalu coba cari lagi di website Myanimelist. Ketemu sama satu judul yang sedikit mencurigakan. NANA. Itu judulnya, iya, nama orang. Kenapa milih judul ini? Karena, masuk kategori Shoujo, biasanya selalu ada karakter cowo-cowo anime yang ganteng. Dan romance, yang tandanya akan ada kisah percintaan. Pas ditonton, wow, ini khusus 21+ ya teman-teman. Tapi, kalau penasaran seperti apa sih serial anime ini. Saya akan ceritain banyak di sini, meski sepertinya sulit kalau disuruh menyeritakan ulang dari A sampai Z. Beberapa hal yang memang saya suka aja dari anime

Intip Peralatan Naik Gunung yang Wajib Anda Miliki

source : https://pixabay.com/id/photos/pendaki-gunung-pegunungan-jejak-5649828/ Mendaki gunung adalah hobi yang menantang tapi memberikan kesenangan tersendiri kepada pelakunya. Untuk Anda yang menyukai hobi satu ini, ada pinjaman bank yang bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan naik gunung yang diperlukan. Berbicara soal peralatan naik gunung, memilihnya tidak boleh sembarangan. Anda tidak mau peralatan naik gunung Anda rusak di perjalanan, bukan? selain akan merepotkan, Anda pula jadi harus membeli peralatan yang baru. agar tidak salah pilih, simak informasi berikut ini. Tips Memilih Perlengkapan Naik Gunung yang Tepat Yang paling penting dari peralatan naik gunung adalah memiliki aman dan daya tahannya tinggi. pasalnya medan gunung itu terbilang ekstrem dan bahaya. Maka dari itu, diperlukan peralatan yang bisa menopang beban berat dan aman saat dibawa oleh pendaki. Agar tidak salah memilih peralatan naik gunung, simak tips berikut ini.   Beli Karena Kebutuhan Selain mengutamakan

GOLL..ABORASI Ngajak Online 2022 Inovasi Kreatif Bisnis

Kembali lagi Ngajak Online 2022 GOLL..ABORASI yang diadakan oleh JNE. Tujuannya untuk menambah wawasan serta ilmu bisnis UKM melalui sharing pengalaman dari UKM Sorong yang sudah berpengalaman. Videonya bisa ditonton di channel JNE ID. Tema kali ini cukup menarik yaitu bagaimana menjadikan bisnis online semakin meningkat. Terutama buat UKM yang sedang mengalami stuck. Baik dari omsetnya maupun dari penjualan produknya. Nah, obrolan kali ini cukup menarik, UKM dari Kota Sorong ini enggak tanggung-tanggung membeberkan apa saja inovasi yang dilakukan agar bisnis online-nya semakin melejit. Sebagai informasi, narasumber acara GOLL..ABORASI yang diadakan secara daring ini ada Pak Fredi Luhukay yang merupakan Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari owner dari Nami Craft dan Pak Teguh Hidayat Iskandar owner dari CMO Mooipapua. Ngajak Online 2022 Bahas Tuntas Inovasi Kreatif Bisnis Online Pandemi beberapa waktu lalu membuat masyarakat Indonesia dituntut untuk terbiasa serba online. Karena