Cara Membuat Splash Color Foto Melalui Smartphone

splash photo colors apps

Olah Digital dalam dunia fotografi itu termasuk hal yang masih mengundang pro dan kontra, namun tidak begitu sepanas dunia politik. Pro dan kontra dalam fotografi ini masih dalam taraf yang bisa dipikir secara logis. Ada beberapa kubu dalam fotografer yang setuju dengan penggunaan olah digital ada juga yang sama sekali kurang setuju dengan hal ini. Namun, jalan tengah dari pro dan kontra ini masih bisa diambil selama olah digital dilakukan tidak berlebihan.

Fotografi itu sendiri merupakan bagian dari seni. Karenanya, olah digital pun dilakukan demi menonjolkan seni itu sendiri. Sehingga foto yang tampil tidak ala kadarnya atau justru tampak berbeda. Salah satu teknik yang sudah beberapa kali dijadikan tema dalam komunitas fotografi adalah Splash Color. Teknik yang satu ini merupakan cara untuk menonjolkan objek tertentu dengan memberikannya warna asli, namun latar atau aksesoris penunjang tampak berwarna abu-abu.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari perbedaan pada foto di bawah ini.

splash color foto

Jika ingin membuat foto dengan cara seperti ini, bisa menggunakan aplikasi pada smartphone Anda. Dan ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini :


Unduh aplikasi Pixlr di Playstore untuk pengguna Android


1. Kemudian jalankan aplikasi Pixlr. Pilih menu Photos jika foto yang ingin diolah sudah tersedia di perangkat Anda

Tutorial splash foto


Jika foto masih belum tersedia di perangkat Anda, bisa gunakan menu Camera. Tapi, saya tetap menyarankan untuk memotret menggunakan aplikasi Camera bawaan handphone.


2. Setelah memilih menu Photos dan memilih foto yang ingin diedit kemudian pilih icon seperti di bawah ini :

splash foto easy

Pada menu di bawah foto itu pilihan untuk menampilkan warna tertentu pada foto. Tolerance ini yang paling mudah, kita cukup mengaturnya melalui slider di bawahnya. Kalau menu Tint ini untuk memberikan warna pada objek tertentu. Kalau saya lebih rekomendasikan menggunakan Tolerance, namun jika penasaran bisa juga mencoba menu Tint.

3. Setelah selesai jangan lupa klik tombol centang di layar kanan bawah

Untuk menyimpan foto, klik tulisan Done kemudian pilih Save Image. Foto akan otomatis tersimpan dalam berkas khusus Pixlr.

Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Pixlr

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam aplikasi ini dibandingkan aplikasi Splash Color lainnya, seperti :

Kekurangan : Pada menu Tolerance, latar warna akan ikut tersapu sehingga tidak hanya bagian objek saja yang tampak. Untuk menu Tint, diperlukan beberapa kali olah digital agar hanya tampak beberapa objek saja yang menonjol warnanya.

Kelebihan : Tentunya, lebih mudah hanya dengan menggunakan slider bar, tanpa harus menggosok-gosok layar seperti aplikasi lain. Dimana jika menggunakan aplikasi tersebut cukup menguras tenaga, terlebih jempol saya yang cukup besar, sering mengakibatkan area yang tidak seharusnya tersapu justru ikut menonjol warnanya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang penasaran ingin juga memiliki foto dengan tampilan Splash Color. [Ipeh Alena]


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik ya. Untuk komentar dimoderasi ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *