ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

5 Aplikasi Wajib di Android

Rabu, 13 April 2022

aplikasi android


Kalau habis reset factory handphone atau baru saja ganti device. Biasanya saya akan mengunduh beberapa aplikasi yang memang harus ada di handphone. Aplikasi-aplikasi ini kadang sudah tersedia di gawai yang akan saya gunakan. Kadang juga ada tersedia tapi bukan aplikasi yang sesuai dengan selera saya. Tapi, sering juga belum tersedia.

Yang biasanya sudah tersedia otomatis itu seperti Facebook, Instagram, Twitter sampai Tiktok. Tapi, pernah juga ganti device karena bukan gawai kekinian alias terbaru. Otomatis harus diunduh sendiri. Karena itu, beberapa aplikasi di bawah ini buatku wajib banget harus ada di handphone. Terutama aplikasi nomor tiga. 

Aplikasi Ini Wajib Ada Di Handphone

1. Anti Virus


Seberapa penting anti virus terpasang di perangkat milik saya? Kalau bagi saya, sangat penting. Selain membantu dalam mengamankan berkas-berkas yang ada di perangkat atau kartu memori. Juga bermanfaat dalam membersihkan Cache pada aplikasi yang sering membuat handphone melambat. Apalagi saat ini aplikasi Anti virus yang saya pakai sudah include untuk membersihkan Cache juga, jadi tidak perlu lagi instal aplikasi lain.

Pengalaman membantu saya agar berhati-hati, sehingga memasang Anti Virus merupakan pilihan utama ketika mengganti perangkat. Karena saya sering memasang aplikasi dari sumber yang tidak valid. Seperti aplikasi kloningan yang terkadang tanpa disadari sering membawa serta virus. Atau, berkas yang terlihat biasa, bisa jadi terkena virus akibat memasang usb pada komputer yang tidak terpasang anti virus. 

Jadi, dengan anti virus ini, performa perangkat milik saya bisa tetap optimal. Serta menjaga agar virus tidak mudah lolos.


2. Instagram


Kenapa Instagram? Karena saya senang sekali melihat foto. Melalui foto-foto atau gambar yang diunggah ke Instagram, saya sering mendapat ide untuk menulis di blog. Atau, sekadar melihat gambar pemandangan yang diambil oleh seorang fotografer handal, bisa membuat imajinasi saya melanglang buana, seakan ikut serta berjalan-jalan keliling dunia. Tapi, tidak hanya itu, malah saya sering menyimpan beberapa tempat yang menurut saya patut saya kunjungi jika suatu saat nanti saya pergi ke tempat tersebut.

Seperti beberapa tempat di Malang, yang sering diunggah oleh teman-teman sesama instagrammer. Tempat makan, tempat wisata atau tempat memotret yang instagramable. Maksudnya bisa menghasilkan foto yang gampang disukai oleh pengguna instagram lainnya. Karena pemandangannya yang cukup menarik. Belum lagi, saya juga tertarik ingin mengunjungi rumah Hobit, yang pernah di bagikan gambarnya oleh teman saya.

Jadi, memiliki apliasi android Instagram saat ini seperti keharusan, karena saya bisa merelaksasi mata dengan melihat gambar-gambar pemandangan yang teduh atau membuat mata nyaman.


aplikasi rekomendasi

3. Al-Quran


Iya, karena saya orangnya suka pelupa. Jadi, bagi saya ini wajib. Meski terkadang lebih nyaman membawa Mushaf, tapi tentu saja kalau sedang terburu-buru, aplikasi ini bisa membantu saya. Selain itu, dengan aplikasi ini memudahkan saya untuk tilawah ketika di perjalanan, membantu hapalan saya agar tidak cepat lupa, mudah digunakan sehingga ketika mencari satu ayat bisa segera muncul dengan menggunakan fitur pencarian.

Dengan begitu, saya bisa memanfaatkan waktu luang sehingga bisa bermanfaat.

4. Aplikasi Mobile Banking


Sebagai nasabah beberapa bank, saya sangat merasakan keperluan yang urgent pada kebutuhan aplikasi android ini. Karena, saya tidak perlu lagi mengantri hanya untuk melakukan transaksi perbank-an selain tarik tunai. Membeli pulsa, transfer saldo, bayar tagihan listrik dan segala macam transaksi bisa saya lakukan dengan menggunakan SMS Banking saja.

Sekarang sudah ada aplikasi mobile banking yang fiturnya juga tak kalah komplit. Cukup dengan menggunakan jaringan internet sudah bisa melakukan banyak transaksi. Jadi saya tidak perlu lagi bingung mencari ATM kalau-kalau sedang bepergian.

5. Aplikasi Waze / Map


Kebiasaan nyasar itu seakan-akan menjadi hal yang lumrah, karena baik teman maupun keluarga saya sering sekali menghadapi problem nyasar, jika bepergian bersama saya. Karena itu, Aplikasi Waze menjadi hal yang HARUS dipasang di perangkat saya. Menggunakan GPS plus internet, tak hanya bisa menunjukkan jalan agar tak tersesat. Tapi juga bisa membantu untuk mengetahui apakah jalan yang akan kita lewati macet atau tidak. Terkadang saya terbantu, karena sering diberitahu jalan-jalan yang tidak macet, sampai jalan tikus yang sempit pernah saya lalui dengan menggunakan aplikasi ini.

Apalagi kalau sedang menuju tempat yang tidak pernah saya singgahi, aplikasi ini harus saya gunakan. Agar tidak memakan waktu hanya untuk berputar-putar karena nyasar. Maklum, saya juga sering lupa jalan, apalagi kalau malam.

Aplikasi Android Yang Selalu Aku Gunakan Secara Rutin

Nah, 5 aplikasi di atas yang merupakan aplikasi wajib ada di perangkat saya, bisa jadi ada juga di perangkat Anda. Kalau Anda, aplikasi apa yang wajib ada di perangkatnya? Silakan berbagi di kolom komentar :). Terima kasih