ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Aplikasi Image Converter Konversi Dari PNG Ke Webp

Kamis, 31 Maret 2022
aplikasi image converter


Belakangan ini, di kelas-kelas blogging sering banget disebutkan kalau ekstensi gambar yang diunggah ke blog itu lebih baik yang ekstensinya webp. Konon, ekstensi Webp ini bisa mengkompres ukuran gambar menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambarnya. Terus, bisa membuat blog kita lebih cepat loadingnya.

Bahkan, jika dibandingkan dengan ekstensi PNG, si Webp ini bisa mengurangi ukuran penyimpanan sampai 26%. Dan ini pula yang bikin beberapa blog yang sudah dioptimasi menjadi lebih cepat saat dicek di website seperti pagespeed insight.

Teruntuk blogger yang ingin ikutan kelas-kelas optimasi blog. Tapi, belum kesampaian. Bisa nih untuk mulai merapikan blog kita, terutama postingan lama yang sudah ke index. Dengan mengupdate konten sekaligus mengubah ekstensi foto yang ada. Siapa tau, nantinya bisa jadi penyumbang trafik yang cukup lumayan, iya kan?

Image Converter Buat Pengguna Android

Jadi, kali ini saya mau rekomendasiin aplikasi di Android khusus buat blogger yang sering ngeblog dari handphone. Saya juga soalnya, lebih sering menulis dan publikasikan artikel dari handphone.

Biasanya, saya akan membuat gambar di canva dan diunduh dengan format ekstensi PNG. Agar gambar tetap bagus walaupun diunggah di blog. Tapi, sekarang, sejak tau informasi mengenai Webp ini. Alhasil putar otak, bagaimana caranya bisa mengubah gambar dari PNG ke Webp?

Jawabannya dengan menggunakan aplikasi Image Converter.

convert to webp

Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui playstore. Dan termasuk aplikasi yang ringan banget meskipun ada iklannya. Udah gitu, proses konversi dari PNG ke Webp juga enggak lama. 

Gambar yang sudah berhasil dikonversi akan masuk ke folder khusus. Jadi, enggak perlu bingung yang mana gambar yang sudah dikonversi sama yang belum. Soalnya, kalau dilihat, dua-duanya sama persis kualitasnya. Cuma beda ukuran gambarnya sama ekstensinya aja.

Pengalamanku selama menggunakan Image Converter ini, enggak ada kendala apapun. Paling harus sabar kalau-kalau ada iklan yang muncul. Selain itu, kalau kita sudah rename atau menamai ulang file gambar PNG kita. 

Kita enggak perlu menamai ulang. Sebab udah otomatis sama namanya tanpa embel-embel tulisan ‘copy’ atau penomoran di nama filenya. Jadi, lebih praktis.

Sudah gitu, kalau diunggah ke Instagram juga masih bisa. Kupikir akan ditolak sama IG karena ekstensi filenya Webp. Tapi, justru malah support dan enggak mengurangi kualitas gambar juga. 

Di aplikasi Image Converter ini enggak cuma konversi gambar ke Webp aja. Tapi, bisa konversi gambar ke PDF juga. Bisa juga dari ekstensi gambar lain ke ekstensi JPG atau PNG. Lumayan komplit, terutama yang konversi ke PDF ini.

Menunya juga simple banget. Engga ada pilihan lain, cuma satu tampilan aja. Seperti tombol buat unggah gambar sama tombol pilihan jenis ekstensi terus tombol Convert di satu layar.

Tips buat yang ingin mengkonversi gambar dengan mode gratisan alias enggak masalah ada iklannya. Aplikasi ini cuma mau nerima satu gambar aja. Maksudnya, konversinya satu - satu. Enggak bisa pilih gambar sekaligus buat di convert.

Jadi, kalau terburu-buru pun tetap harus bersabar ya. Dan enggak perlu ragu karena memang proses konversinya enggak lama sama sekali. Cuma ya itu aja sih, harus mau satu-satu.

Penutup

Selama kegiatan ngeblog dari handphone. Kendala yang beberapa kali saya rasakan itu, waktu harus convert image dari PNG ke Webp. Saat itu cuma tau website Convertio aja. Belum tau kalau ada aplikasi Image Converter ini. Jadi, terasa cukup lama untuk proses publikasi artikel.

Tapi, sejak pakai aplikasi Image Converter, kegiatan ngeblog jadi lebih mudah dan cepat. Enggak ribet karena proses konversinya cepet. Oiya, saya kurang tau ya kalau aplikasi ini ada di ios atau enggak. Soalnya, saya pengguna Android.

Ada rekomendasi aplikasi lain yang bisa mendukung blogger yang ngeblog dari handphone? Siapa tau bisa bermanfaat juga untuk blogger lain.