Dark Series Original Thriller Netflix

Dark series


Penasaran sama Serial Dark ini karena menyeritakan kisah anak-anak yang hilang secara misterius. Lokasi cerita berada di kota kecil negara German, Waiden. 

Serial ini konon termasuk series pertama yang diproduseri oleh Netflix. Enggak heran kalau bahasanya pakai bahasa German. Tapi, aktingnya keren. 

Namanya kota kecil, semua rahasia sampai hal terbaru yang terjadi di sana. Bisa tersebar dengan cepat dan mudah. Tapi, pasti aneh ketika ada berita anak hilang dan enggak terselesaikan kasusnya. 

Kemana anak-anak yang hilang ini? Apa yang menimpa mereka? 


Detil Informasi


Judul : Dark

Sutradara : Baran bo Odar

Penulis Script :Ronny Schalk, Jantje Friese 

Genre : Thriller, Drama, Science fiction, Mystery, Supernatural

Episode Pertama : December 1, 2017 

Episode Terakhir : June 27, 2020


Dark Series Berawal Dari Surat Rahasia


Awal mula kisah dibuka dengan sosok lelaki. Yang baru saja selesai menulis sebuah surat. Kemudian, melakukan sesuatu yang membuat nyawanya menghilang. Iya, dia bunuh diri. Karena itu, serial ini khusus untuk 18 tahun ke atas.

Setelah itu, kisah kehilangan pertama. Seorang anak yang berada di satu sekolah dengan Jonas. Ayahnya sudah melaporkan kejadian tersebut dan masih menanti hingga hampir dua minggu lebih. Namun, pihak kepolisian masih belum memberikan kabar pasti. 

Ulrich Nielsen, kepala kepolisian, memberikan pendapat bahwa bisa saja anak itu kabur. Banyak anak yang memang ingin lepas dari Waiden. Namun, tetap saja, karena Waiden adalah kampung halaman mereka. Akhirnya mereka memutuskan untuk menetap. 

Waiden, kota kecil yang bahkan sebagian besar dari mereka. Tinggal di rumah yang sama di rumah peninggalan orangtua mereka. Semua tempat, lokasi rumah, rumah sakit, kantor polisi. Semua masih sama dengan kondisi di tiga puluh tahun lalu.

Lalu, kejadian seorang lelaki bunuh diri ini. Membawa perubahan pada seorang anak bernama Jonas. Di tengah pertanyaan, kemana anak tersebut yang menghilang? Jonas harus menghadapi trauma dan kesedihan yang mendalam akibat kematian bapaknya.

Surat yang ditinggalkan oleh bapaknya Jonas, hanya boleh dibuka setelah tanggal 4 November pada tengah malam. Namun, ternyata surat tersebut disimpan oleh sang nenek. Yang setelah kematian bapaknya Jonas, menolak untuk menerima kontak dari menantu dan cucunya. 


Anak Hilang Kedua


Sambil memendam rasa penasaran dengan apa isi surat tersebut? Kejadian menghebohkan kembali menyeruak. Kali ini, berita kehilangan anak dari Kepala Kepolisian, Mikkel Nielsen. 

Jejaknya terakhir yaitu di dalam hutan. Saat bersama kedua kakaknya, Bartosz dan Jonas. Mereka hendak mencari narkoba milik temannya yang hilang itu. Namun, tiba-tiba ada suara menggema dari dalam gua tempat mereka mencari barang tersebut. 

Seketika saja, semua orang berlari ketakutan. Sayangnya, ketika Jonas berlari menggandeng Mikkel, keduanya terperosok. Dan akhirnya Jonas kehilangan jejak Mikkel namun masih terus berusaha berlari menyelamatkan diri. Karena, ia pikir Mikkel sudah meninggalkannya. 

Namun, Mikkel justru tidak ada di tempat kakaknya berada. Mereka kemudian mencarinya kembali dan melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Ulrich seketika kalang kabut. Ia tak lagi menganggap berita anak hilang ini sebagai sesuatu yang enteng. 

Apalagi ketika beberapa hari kemudian. Ditemukan sosok mayat seorang anak dengan kondisi tidak layak. Area di sekitar matanya terdapat luka bakar. Sementara itu telinganya rusak. 

Menurut dokter forensik. Kerusakan pada telinga korban dikarenakan putaran yang melebihi gravitasi. Kepala detektif, rekan kerja Ulrich, merasakan adanya De Ja Vu. Persis seperti kejadian beberapa puluh tahun lalu. Ketika banyak burung mati secara mendadak tanpa diketahui penyebabnya. Namun, burung tersebut juga tampak kehilangan salah satu organ di telinga mereka. 

Hilangnya Mikkel membuat Ulrich dan keluarganya hancur. Kedua anaknya yang lain merasa tak diacuhkan. Apalagi sang ibu yang harus memendam rasa sakit akibat dikhianati oleh suaminya. 


Perselingkuhan Karena Cinta Masa Lalu


Karena semua penduduk asli Waiden masih menetap hingga beranak cucu. Jadi, hubungan mereka semua seperti keluarga. 

Namun, itu berarti ada cinta lama yang masih tumbuh dan bersemi. Seperti perselingkuhan Ulrich dengan Ibunya Jonas. 

Semua berawal dari rasa cinta Ibunya Jonas sejak masa sekolah. Dan cinta itu tak menghilang begitu saja meski keduanya sudah menikah dengan pasangan mereka masing-masing. 

Di hari sebelum Mikkel menghilang. Istrinya Ulrich mencium sebuah tanda yang tak beres dengan hubungan mereka. Hingga ketika Mikkel menghilang, semua bukti perselingkuhan pun terungkap. 


Anak Hilang Tiga Puluh Tahun Lalu


Saat Ulrich mengatakan kalau hilangnya seorang anak yang usianya sama dengan Magnus, anaknya, enggak ada kaitannya dengan saudaranya. 

Jadi, ternyata adiknya Ulrich bernama Mad Nielsen hilang dan belum ditemukan sama sekali. Ayah dan Ibunya masih berharap bahwa Mad akan ditemukan. Sayangnya, hingga tiga puluh tahun berlalu, keberadaan Mad masih belum tampak jejaknya. Ia hilang begitu saja secara misterius

Tapi, saat pertama Ulrich mencari jejak anak hilang. Demi bisa melihat pola pelakunya agar anaknya bisa ditemukan. Namun, ternyata ia menemukan fakta. Bahwa, penemuan mayat seorang anak di tengah hutan itu adalah mayat Mad. 

Ketika ia bertanya pada dokter forensik. Sang dokter justru mengatakan kalau jenazah tersebut dari perkiraan kematiannya yaitu 10 jam. Ada kejanggalan di sini yang membingungkan. Tapi, apa dan bagaimana jenazah tiga puluh tahun lalu masih utuh dan baru berusia 10 jam? 


Mikkel Masih Hidup


Di season satu ini, menjelang pertengahan. Semuanya menjadi tampak sedikit terlihat hubungannya. Mikkel ternyata masih hidup, dia melewati perjalanan waktu ke tahun 1986.

Ia berada di rumah sakit dan kebingungan dengan kondisi saat ini. Ia bingung karena ketika mencoba pulang ke rumahnya, justru yang ia temui adalah Ulrich yang masih sekolah. 

Kebingungan itu membuatnya pasrah. Mengikuti jalan takdir dengan menjadi anak angkat dari Suster Inez. Ia adalah suster di rumah sakit yang menolong Mikkel. Setelah itu, Mikkel pun menjalani kehidupan di tahun 1986 tanpa tahu bagaimana caranya kembali ke tahun sebelum ia hilang. 


Anak Hilang Ketiga


Kembali lagi berita muncul, di tengah kekalutan semua tokohnya. Seorang anak yang merupakan teman anaknya Charlotte bernama Yasin. Ia hilang saat melintasi hutan untuk berangkat ke sekolah. 

Hutan adalah jalan pintas yang cukup dekat jika ingin pergi ke sekolah. Karena itu, ketika Yasin hilang dan Mikkel pun belum ditemukan. Ada banyak kejanggalan yang ditemukan. 

Anaknya Charlotte bertemu dengan Noah. Ia memberikan jam tersebut untuk Charlotte. Sementara itu, jejak siapa pelaku pembunuhannya masih belum ditemukan. 


Semua Orang Ingin Mengubah Masa Lalu


Ternyata ada banyak orang yang menemukan gerbang lorong waktu yang tersembunyi di dalam gua. Seperti Ulrich, Jonas dan Claudia. Ketiganya berusaha untuk menghentikan siklus yang terus berputar dan mengorbankan anak-anak. 

Namun, ada juga yang memutar waktu demi menyelamatkan orang-orang yang tercinta. Mereka berusaha menemukan cara agar siklus perputaran tidak terus terjadi. 

Terutama, ketika kehidupan harus dihadapkan pada kematian dan perpisahan yang tragis. Meski semua berjibaku menghentikan segala yang berkaitan dengan kehidupan dan kematian. Tetap saja, itu semua bagai takdir yang diatur dan tak dapat diabaikan waktunya. 


Penutup


Season satu ditutup dengan fakta mengenai surat dari Ayahnya Jonas. Di mana hal tersebut mengungkap kenyataan mengenai di mana Mikkel di masa saat Jonas ada. Siapa Mikkel dan apa hubungannya dengan Jonas? 

Fakta yang diungkap sangat mencengangkan memang. Dan misteri terus berlanjut. Mengenai sosok Helge yang mencurigakan. Hingga bagaimana kabar Ulrich usai menemukan pintu gerbang waktu? 

Perputaran di sini sangat membingungkan memang. Tapi, biar enggak ribet, sebenarnya hanya empat keluarga yang berhubungan satu sama lain di Waiden. Tapi, ya itu tadi, saling memengaruhi satu sama lain. 

Yang sedikit aneh, ketika para tokoh ini melanglang buana ke mesin waktu. Saat tiba di tempat yang jauh berada di masa lampau. Enggak ada yang aneh dan bingung mengenai gaya berpakaian mereka. Jadi, kayak gaya pakaian orang Waiden dari tahun ke tahun sama aja. Meski sebenarnya enggak juga.

Terus, sosok si Jonas ini. Ampun deh, dia termasuk tokoh utama yang lemah banget. Enggak punya kekuatan dan tampak lemah. It's all because of him. Intinya gitu. 

Baiklah, mari dilanjut hingga Season dua. Semoga aja di sini bagian terakhirnya. Jangan sampai ber-season-season kayak sinetron Tersanjung, gitu. 

Ipeh Alena
Blogger Bekasi - Amatir Fotografer - Content Writer For more information visit : here

Related Posts