Begini Cara Mengubah Word ke PDF dengan Mudah

word ke pdf

Dokumen dalam bentuk word dan PDF adalah dua format yang berbeda. Meskipun berbeda, Anda bisa mengubah dokumen-dokumen dalam format Word menjadi dokumen dalam format PDF dengan relatif cukup mudah. Cara mengubah word ke pdf ini dapat dilakukan dengan mudah baik secara online maupun offline langsung pada perangkat laptop yang Anda miliki.


5 Cara Mengubah File Word ke PDF 


Cara mengubah file word ke PDF dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Ada cara offline maupun juga secara online yang membutuhkan koneksi internet. Apabila Anda memiliki file dokumen dalam bentuk Word dan ingin mengubahnya ke dalam format PDF, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda praktekkan.


1. Memanfaatkan Fitur Save As Pada Word

Apabila Anda menggunakan Ms Office versi 2010 ke atas, maka Ms Word akan langsung dibekali dengan fitur untuk menyimpan dokumen dalam bentuk format PDF. Anda bisa langsung membuka dokumen yang akan diubah ke format PDF, lalu silakan klik File kemudian Save As dan silakan pilih format penyimpanan berupa PDF.



word ke pdf


Maka secara otomatis file Word tersebut akan berubah menjadi file PDF. Namun perlu diingat bahwa hal ini hanya berlaku untuk Ms Office 2010 ke atas. Jika Anda masih menggunakan Word versi 2007 maka terlebih dahulu harus menginstal add on microsoft save as pdf or xps terlebih dahulu lalu mengikuti cara seperti yang telah disampaikan di atas.


2. Menggunakan Fitur Export Pada Word


Pilihan berikutnya yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengubah word ke pdf  adalah dengan memanfaatkan fitur export yang ada pada Ms Word. Namun sekali lagi perlu diingat bahwa fitur ini ada di Ms Word versi 2010 ke atas. Dan Anda tidak akan bisa menjumpai fitur ini pada Ms Word generasi yang lebih lama.


Untuk mengubah file Word ke PDF melalui fitur export maka Anda bisa melakukan klik pada menu File kemudian silahkan pilih Export dan selanjutnya pilih Create PDF/XPS Document. Dengan cara yang sederhana ini, maka Anda sudah bisa mengubah file Word ke PDF dengan mudah.


3. Menggunakan Perangkat Lunak Untuk Mengubah Word ke PDF


Selain dengan memanfaatkan fitur langsung yang ada di Word, Anda pun bisa juga menggunakan perangkat lunak eksternal untuk mengubah file word ke PDF dengan mudah. Salah satu perangkat lunak yang bisa Anda gunakan adalah Nitro PDF yang bisa kamu unduh secara gratis.


Cara mengubah file word ke PDF menggunakan Nitro PDF ini relatif cukup mudah. Setelah Anda meng-install Nitro PDF pada laptop Anda, maka silahkan buka dan kemudian klik menu Create PDF. Kemudian silahkan pilih dan unggah file Word yang akan diubah. Lalu silahkan atur sesuai dengan yang diperlukan dan kemudian klik tombol Create.



4. Mengubah Word ke PDF Secara Online Menggunakan Google Drive


Cara Mengubah file Word ke PDF bisa juga dilakukan secara online menggunakan Google Drive. Tentu cara ini membutuhkan koneksi internet agar bisa berfungsi. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunggah dokumen word tersebut ke Google Drive. Kemudian silahkan buka dokumen tersebut dengan menggunakan Google Documents.

Jika sudah, silakan klik File kemudian klik Download dan silakan pilih format dokumen berupa PDF. Dengan cara yang sederhana ini, Anda sudah bisa mengubah file word yang Anda miliki menjadi file dalam bentuk dokumen PDF.


5. Mengubah File Word ke PDF Menggunakan Situs Online


Selain Google Drive, banyak juga situs-situs online lainnya yang dapat digunakan untuk mengubah file word ke dokumen PDF. Anda dapat menemukan cukup banyak situs-situs online yang dapat digunakan untuk mengubah file word ke PDF. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu meng-upload filenya lalu konversikan ke pdf dan silahkan unduh kembali hasilnya.

Demikianlah beberapa cara mengubah word ke pdf yang bisa Anda coba. Silahkan Anda bisa memilih cara yang sesuai baik itu melalui cara offline ataupun juga mengubah dengan cara online.


Ipeh Alena
Blogger Bekasi - Amatir Fotografer - Content Writer For more information visit : here

Related Posts