Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Film Muatan Budaya Batak Ngeri-ngeri Sedap di Netflix

Beberapa kali cuplikan film Ngeri-ngeri Sedap ini lewat di beranda tiktok. Membuatku yang awalnya hanya senyam-senyum saja menyaksikan tayangan singkat tersebut. Hingga akhirnya, penasaran sampai titik tertinggi. Bersyukur sekali, karena tak lama setelah penayangan di bioskop selesai. Film Ngeri-ngeri Sedap ini muncul di Netflix. Langsung saja saya putuskan untuk menontonnya saat melihat film yang mengangkat budaya batak ini berada di urutan pertama rekomendasi dari Netflix. Berhubungan Dengan Suku Batak Sejak Kecil Saat menonton tayangan ini, saya termasuk yang beberapa kali menyaksikan youtube channel Adik Abang yang dulu saya kenal sebagai Agak Laen. Gara-gara muncul lagu Agak Laen yang memang benar lain kali lah lagu ini, hehe. Sejak kecil saya sudah dekat dengan orang-orang dari suku batak. Bukan apa-apa, kalau pernah dengar nama daerah Rawa Lumbu, mungkin akan tahu kalau di Jembatan 13 sampai Jembatan 14 itu banyak sekali suku bataknya di sini. Bermula dari issue mengenai pemind

Bersih-bersih Rumah Paska Bencana Banjir

Rumah banjir



Hal yang paling melelahkan saat menghadapi bencana banjir adalah bersih-bersih sesudah surut. Tapi, bukan saja lelah memikirkan untuk bebenah. 

Beberapa orang yang mengalami bencana ini, bahkan menghadapi trauma tersendiri. Trauma ketika mendengar suara hujan. Atau trauma untuk tidur di malam hari. 

Seperti kakak saya yang tinggal di Vila Nusa Indah. Saat hujan deras yang turun sejak tanggal 31 Desember 2019 sampai tanggal 1 Januari 2020. Tidak ada penampakan banjir. 

Tapi, justru banjir menghadang saat mendapat kiriman. Tanggul Katulampa kepenuhan hingga mengirimkan air beserta lumpur ke wilayah yang dilewati banjir ini. 

Air kiriman ini akhirnya mampir ke rumah Kakak. Disertai lumpur yang masuk hingga hampir memenuhi lantai satu. Meninggalkan noda lumpur tebal di setiap barang. 

Begitu pula dengan nasib di perumahan saya. Usai air surut, kemudian timbul tugas yang sungguh menguras energi, yaitu beres-beres. 



Beres-beres Paska Banjir


Setelah banjir surut, hal yang paling dinanti adalah kondisi rumah bisa lekas pulih. Sayangnya, apa yang dibayangkan tak semudah ketika harus dipraktekkan. 

Tubuh sudah terasa lelah akibat terburu-buru meringkas barang yang bisa diselamatkan. Itu kalau bisa diselamatkan. Kalau enggak? Otomatis tinggal pasrah saja. 

Belum lagi rasa lelah dan tak berdaya saat harus mendekam di tempat tinggal. Menanti banjir surut. Ada yang sampai kekurangan makan. Bingung mau buang air karena mati lampu. Sampai kurang minum. 

Akhirnya, tubuh seolah sudah menurun ketangkasannya. Tapi, ada yang masih belum diselesaikan yaitu merapikan rumah setelah banjir. 

Dari pengalaman saya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses bersih-bersih. 

Ini tips yang saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi. Dibaca sampai habis, ya. 




Siapkan Perlengkapan Tempur



Toko selain tempat jual makanan yang paling banyak diserbu warga paska banjir. Adalah toko plastik dan penyedia peralatan rumah tangga. 

Karena, pasti akan membutuhkan beberapa barang di bawah ini, seperti :


  • Serokan Karet
  • Sikat Yang Ada Gagangnya
  • Alat Pel
  • Plastik untuk sampah
  • Sapu lidi


Pastikan Kondisi Air Cukup



Bersih-bersih rumah dari lumpur atau bekas banjir bukan hal mudah. Dibutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak. 

Jadi, jangan dulu bersih-bersih kalau ternyata persediaan air sangat sedikit. Lebih baik gunakan untuk keperluan pribadi dulu. 

Bersihin rumah masih bisa menunggu sampai air tersedia dalam jumlah yang cukup. 



Bersihkan Satu Ruangan


Namanya ingin buru-buru rumah bersih dan rapi. Karena, bayangan ingin segera istirahat sudah membuncah. 

Otomatis sering membuat kita terburu-buru. Hingga membuat pekerjaan bersih-bersih jadi cenderung lama. Karena itu, saya bagikan tips yang saya lakukan sendiri saat bebersih rumah. 


Pertama, bersihkan satu ruangan yang lokasinya agak menjorok ke dalam. Atau justru posisinya agak lebih tinggi. 

Kenapa? Biar ketika satu ruangan sudah bersih. Maka bisa digunakan untuk meletakkan dan menyimpan barang-barang yang sudah dicuci. 


Kedua, pasang kain tebal di batas antar ruangan. Agar membedakan antara ruangan bersih dan belum bersih. Serta, mencegah air yang kita gunakan untuk bebersih masuk ke ruangan yang bersih. 


Ketiga, pisahkan barang yang sudah hancur atau rusak. Dengan barang yang masih bisa digunakan. Tempatkan di tempat terpisah. Kalau bisa, masukkan ke dalam plastik terpisah. 


Keempat, pakai sandal jika hendak mengeluarkan lemari kayu. Agar terhindar dari paku-paku yang tak terlihat. Sehingga mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan. 


Kelima, membersihkan rumah dari satu ruangan ke ruangan lain. Jadi, misalnya mau menjadikan kamar depan sebagai tempat penyimpanan. 



Maka bersihkan dan keluarkan barang yang basah dari kamar tersebut agar kosong dan mudah untuk dirapikan. Bersihkan sampai benar-benar bersih. 

Kalau sudah bersih, barulah ke ruangan lain misalnya dapur. Angkat dan keluarkan semua barang dari dapur sebelum dibersihkan. 

Terus begitu sampai seisi ruangan di rumah bersih. Barulah mulai membersihkan perabotan yang masih ada di luar. 



Tetap Makan Dan Minum




Saking inginnya lekas selesai. Sampai lupa makan dan minum. Nah ini, yang sering terjadi saat bebersih rumah paska banjir. 

Akhirnya membuat tubuh semakin menurun kondisinya. Alih-alih bisa lekas istirahat malah justru menambah masalah. 

Jadi, pastikan tubuh Anda mendapat haknya seperti istirahat sejenak saat terasa tubuh mulai pegal. Makan dan minum agar nutrisi tubuh terpenuhi. 



Penutup



Namanya keinginan untuk segera bisa selonjoran dalam kondisi rumah yang bersih. Tetap harus diingat agar membersihkannya dengan pelan-pelan. 

Kalau terburu-buru, takut ada bagian yang belum bersih. Apalagi kalau sampai nantinya membahayakan kita. 

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan, ya. Namanya banjir pasti ada banyak kotoran yang terbawa. Biar tubuh tetap sehat harus dijaga juga, ya. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Dan semoga yang sedang menghadapi musibah banjir dilapangkan hatinya dan disehatkan tubuhnya. Aamiin. 


Postingan populer dari blog ini

Review Drama Nana Anime Series (2006)

Nana Anime Series : Dua Nana Satu Tempat Kos Berbeda Takdir. Akhirnya bisa dapat serial anime lagi setelah berkali-kali nontonin judul yang itu lagi-itu lagi. Saking setianya, sampai bingung mau pilih anime mana lagi. Dulu, masih bergantung sama rekomendasi dari Youtube. Berharap bisa dapet anime keren dadakan, seperti waktu nonton Kamisama Hajimemasita.  Tapi, belakangan ini malah nggak sesuai dengan selera. Akhirnya, beberapa hari lalu coba cari lagi di website Myanimelist. Ketemu sama satu judul yang sedikit mencurigakan. NANA. Itu judulnya, iya, nama orang. Kenapa milih judul ini? Karena, masuk kategori Shoujo, biasanya selalu ada karakter cowo-cowo anime yang ganteng. Dan romance, yang tandanya akan ada kisah percintaan. Pas ditonton, wow, ini khusus 21+ ya teman-teman. Tapi, kalau penasaran seperti apa sih serial anime ini. Saya akan ceritain banyak di sini, meski sepertinya sulit kalau disuruh menyeritakan ulang dari A sampai Z. Beberapa hal yang memang saya suka aja dari anime

Intip Peralatan Naik Gunung yang Wajib Anda Miliki

source : https://pixabay.com/id/photos/pendaki-gunung-pegunungan-jejak-5649828/ Mendaki gunung adalah hobi yang menantang tapi memberikan kesenangan tersendiri kepada pelakunya. Untuk Anda yang menyukai hobi satu ini, ada pinjaman bank yang bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan naik gunung yang diperlukan. Berbicara soal peralatan naik gunung, memilihnya tidak boleh sembarangan. Anda tidak mau peralatan naik gunung Anda rusak di perjalanan, bukan? selain akan merepotkan, Anda pula jadi harus membeli peralatan yang baru. agar tidak salah pilih, simak informasi berikut ini. Tips Memilih Perlengkapan Naik Gunung yang Tepat Yang paling penting dari peralatan naik gunung adalah memiliki aman dan daya tahannya tinggi. pasalnya medan gunung itu terbilang ekstrem dan bahaya. Maka dari itu, diperlukan peralatan yang bisa menopang beban berat dan aman saat dibawa oleh pendaki. Agar tidak salah memilih peralatan naik gunung, simak tips berikut ini.   Beli Karena Kebutuhan Selain mengutamakan

GOLL..ABORASI Ngajak Online 2022 Inovasi Kreatif Bisnis

Kembali lagi Ngajak Online 2022 GOLL..ABORASI yang diadakan oleh JNE. Tujuannya untuk menambah wawasan serta ilmu bisnis UKM melalui sharing pengalaman dari UKM Sorong yang sudah berpengalaman. Videonya bisa ditonton di channel JNE ID. Tema kali ini cukup menarik yaitu bagaimana menjadikan bisnis online semakin meningkat. Terutama buat UKM yang sedang mengalami stuck. Baik dari omsetnya maupun dari penjualan produknya. Nah, obrolan kali ini cukup menarik, UKM dari Kota Sorong ini enggak tanggung-tanggung membeberkan apa saja inovasi yang dilakukan agar bisnis online-nya semakin melejit. Sebagai informasi, narasumber acara GOLL..ABORASI yang diadakan secara daring ini ada Pak Fredi Luhukay yang merupakan Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari owner dari Nami Craft dan Pak Teguh Hidayat Iskandar owner dari CMO Mooipapua. Ngajak Online 2022 Bahas Tuntas Inovasi Kreatif Bisnis Online Pandemi beberapa waktu lalu membuat masyarakat Indonesia dituntut untuk terbiasa serba online. Karena