Komunitas Fotografi Di Instagram


Komunitas fotografi

Komunitas Fotografi Di Instagram - Belakangan ini dunia fotografi tengah dibanjiri banyak peminat, ya. Sudah banyak orang-orang yang memanfaatkan kamera ponsel mereka untuk mengabadikan beragam hal yang sesuai dengan minat. Bahkan ada juga yang sampai membeli beberapa property untuk mendukung foto agar tampak lebih bagus dan enak dilihat. Misalnya, properti seperti alas foto, pernak-pernik yang bisa membuat foto tampak cerah dan ceria sampai properti seperti artificial light bahkan ada juga yang berniat membuat mini studio!

Selain itu, untuk komunitas-komunitas fotografi juga semakin banyak. Ada yang mengkhususkan diri mereka sebagai food fotografer, book fotografer sampai travel fotografer. Sesuai dengan minat mereka masing-masing. Bahkan, untuk workshop tentang fotografi ini sudah banyak tersedia, tidak sesusah beberapa tahun sebelumnya.

Nah, bagi yang ingin berlatih memotret dengan beragam tema, saya ada rekomendasi komunitas fotografi yang selalu menuntut anggotanya agar terus berlatih dan berkreasi. Sejujurnya, sejak saya bergabung, belum pernah foto saya masuk ke kategori pilihan. Tapi... saya tidak pernah merasa terbebani. Malah semakin semangat untuk belajar dan belajar lagi.

Ini dia nih, semangat yang ditulari dari tiap anggota, menjadi manfaat yang membuat saya betah dengan beberapa komunitas fotografi ini. Ingin juga ikutan gabung biar sama-sama belajar dan berlatih? Silakan disimak.


5 Komunitas Fotografi Di Instagram

1. Upload Kompakan

UK memang sudah populer banget. Apalagi anggotanya sudah sangat banyak dan bejibun. Malahan sudah terbagi menjadi beberapa bagian kecil sesuai kota atau wilayah tempat tinggal. Jadi, bisa ikutan kopdar atau kadang bisa belajar bareng.

Untuk yang ingin ikut serta menjadi bagian dari UK, bisa follow terlebih dahulu akun instagram @uploadkompakan , yang perlu diketahui, kalau proses approval-nya ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, kalau selama 3 hari belum diapprove, jangan bersedih hati, karena memang tugas adminnya banyak sekali. Bersabar saja, ya.

Setelah diapprove, tinggal ikuti tema yang berlaku dan jangan lupa untuk baca peraturan yang berlaku agar tidak kena semprit dan tidak menyusahkan adminnya.


2. Cekrek Asyik

Nah, kalau CA ini termasuk mudah, karena tidak perlu menunggu proses approval yang lama. Tapi, tetap saja harus follow @cekrek.asyik terlebih dahulu sebelum ikutan setoran foto sesuai tema.


3. Jepret Indah

Sama peraturannya, untuk bergabung dengan komunitas ini, kita diharuskan untuk follow akun instagram @jepret.indah terlebih dahulu. Biar adminnya bisa cek dan ricek sesuai keanggotaannya.


4. Bukan Asal Jepret

Kalau akun ini, sama seperti UK, harus menunggu proses approval terlebih dahulu setelah mengajukan follow sebagai tanda keikutsertaan. Tapi, tidak memakan waktu yang lama kok. Follow saja dulu akun @newbukan_asal_jepret .


5. Graffity

Akun ini juga di private, jadi untuk mendaftar sebagai anggota setelah follow @graffi_ty kita harus menunggu sampai proses approval. Sabar, karena memang tidak terlalu lama kok.

Jadi, siap untuk mengikuti komunitas fotografi untuk mengasah keterampilan? Langsung saja meluncur ke beberapa akun di atas dan ikut serta dalam tema harian. Jangan pernah takut fotonya jelek atau tidak. Karena nantinya, kita pasti akan terbiasa dan malah bisa belajar bareng.

Hal yang saya rasakan sejak bergabung di komunitas tersebut, saya jadi rajin untuk cek tema harian, kemudian berusaha untuk belajar dari sudut pengambilan gambar, lighting sampai belajar juga beberapa teori tentang fotografi. Manfaatnya banyak bahkan kita juga tidak diminta iuran keanggotaan kok, kecuali mungkin untuk kopdar.


Selain itu ada beberapa hal juga yang harus disimak ketika ikut serta dengan komunitas ini. Simak dulu ya...

  •  Baca aturan sebelum posting foto. Karena kebanyakan dari komunitas tersebut melarang untuk menampilkan bagian-bagian wajah atau tubuh manusia kecuali tangan. Bahkan ada juga yang melarang penampilan kartun, boneka dan lain-lain.
  • Jangan lupa untuk perhatikan hestek harian dan tema hariannya. Biar bisa masuk dalam hitungan.
  • Ini nih yang penting, JANGAN PERNAH POSTING FOTO YANG BUKAN MILIK SENDIRI. Pasti nanti kena semprit dan berujung diblock oleh akun instagram komunitas. Jangan salah, mereka memiliki tim sendiri yang khusus untuk memeriksa apakah foto yang kita upload benar-benar original milik sendiri atau tidak.

Dengan membiasakan diri membaca peraturan dan melihat bagaimana cara kerja di sebuah komunitas. Rasanya, ini akan memberi kemudahan untuk kita juga untuk para admin yang bertugas. Selain itu, kalau sudah sering posting foto sesuai tema setiap hari, tapi belum juga bisa masuk 'grid' jangan menyerah. Ingat, manfaat yang bisa kita dapat dengan bergabung bersama komunitas ini. Itu saja dulu kita syukuri.

Jadi, sudah kepo-in akun komunitas-komunitas ini? Selamat berusaha dan praktek ya, semoga foto-fotonya semakin bagus dan keren. Siapa tahu dapat tawaran endorse #eh. Atau buat yang butuh informasi Smartphone Baru Rilis Kekinian, langsung aja meluncur ke blognya kak Bayu Fitri.

Kalau Pembaca, kira-kira suka enggak lihat foto-foto keren di Instagram? Biasanya lihat foto kerennya di IG komunitas atau akun siapa?

Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya, terima kasih sudah membaca blog post saya.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik ya. Untuk komentar dimoderasi ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *