Pentingnya memilih tempat duduk saat memesan tiket kereta

Pentingnya memilih tempat duduk saat memesan tiket kereta




Senyaman apapun sebuah kendaraan, perjalanan panjang tetaplah melelahkan. Hal ini juga berlaku untuk kereta api. Sekalipun kita sudah memesan tiket kereta eksekutif yang paling mahal, perjalanan yang panjang tetaplah rentan membuat seseorang merasa jenuh, lelah hingga mengalami pegal-pegal atau bahkan sakit. Oleh karena itu, kemampuan untuk memilih tempat duduk saat memesan tiket kereta merupakan hal yang tidak bisa diremehkan terlebih untuk perjalanan jauh yang memakan waktu cukup lama. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kenapa memilih tempat duduk saat memesan tiket kereta bisa jadi hal yang cukup penting.


Samping jendela vs dekat lorong


Pada saat memesan tiket kereta secara mandiri, kemungkinan besar calon penumpang akan dihadapkan dengan situasi seperti ini, yaitu memilih antara tempat duduk disamping jendela atau tempat duduk di dekat lorong kereta. Sederhananya, kita bisa saja langsung memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela dengan harapan bisa melihat pemandangan indah pada saat perjalanan. Akan tetapi terkadang tidak sesederhana itu.

Untuk perjalanan panjang yang memakan waktu lebih dari lima jam ditambah dengan kondisi bepergian sendiri, hal ini bisa jadi sedikit merepotkan. Di antaranya ketika kita harus beberapa kali berdiri dan keluar dari tempat duduk, baik itu untuk pergi ke toilet atau ke kereta makan untuk memesan sesuatu. Dalam kondisi kereta penuh dengan penumpang, berdiri keluar dan kembali lagi ke tempat duduk hingga beberapa kali bisa jadi akan membuat penumpang di sebelah terganggu.

Ditambah lagi penumpang yang duduk di dekat lorong juga memiliki sedikit kekurangan yaitu berpotensi terganggu, terutama ketika sedang beristirahat, ketika penumpang di sebelahnya sering pergi dari tempat duduknya. Juga ketika lorong kereta sering dilewati oleh orang-orang, mulai dari penumpang yang lain, kondektur kereta, pramugari kereta, keamanan kereta, kebersihan kereta dan lain-lain. Semuanya secara langsung atau tidak langsung bisa mempengaruhi kenyamanan pada saat perjalanan.

Dekat pintu atau ke tengah kereta


Ini juga termasuk di antara hal penting ketika memesan tiket kereta yang cukup berpengaruh untuk perjalanan jauh. Tempat duduk yang agak ke tengah kereta mungkin termasuk pilihan yang relatif aman. Tempat duduk di kereta yang dekat pintu bisa jadi kurang begitu nyaman ketika pintu kereta tersebut sering dibuka dan ditutup plus jika pintu tersebut mengeluarkan bunyi yang cukup keras. Sedangkan di antara kelebihan tempat duduk dekat dengan pintu kereta adalah terdapat beberapa nomor tempat duduk yang memiliki ruangan sedikit lebih luas dibandingkan dengan tempat duduk yang lebih ke arah tengah kereta.

Di antara kekurangan lain dari tempat duduk yang dekat dengan pintu adalah, ketika pada sisi dekat pintu tersebut juga terdapat toilet kereta. Sehingga bisa dipastikan bahwa lorong itu akan sering dilewati oleh penumpang lain dan membuka menutup pintu. Pada kasus yang lebih tidak menyenangkan lagi, terkadang pintu kereta dibiarkan terbuka baik oleh penumpang kereta maupun oleh petugas di dalam kereta. Hal ini menyebabkan pendingin ruangan menjadi tidak bisa optimal bekerja dan juga suara dari luar kereta akan terdengar lebih keras karena langsung masuk ke dalam kereta tanpa ada peredam.

Apabila kita memesan tiket kereta tanpa memilih tempat duduk, maka kemungkinan besar sistem akan menempatkan kita secara acak. Hal inilah yang seringkali menyebabkan kita mendapatkan tempat duduk yang kurang nyaman untuk kasus perjalanan kereta jarak jauh. Disinilah pentingnya untuk bisa memilih tempat duduk pada saat memesan tiket kereta. Di Bukalapak, kita bisa memesan tiket kereta api dengan keleluasaan untuk memilih tempat duduk yang masih tersedia sekaligus. Hal ini untuk memastikan bahwa pada saat perjalanan nanti kita bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan kereta api.

5 comments:

  1. Pengalaman membuktikan naik kereta dekat pintu bikin saya tidak bisa tidur dengan nyenyak karena pintu kereta nggak tertutup rapat. Petugas dan penumpang keluar masuk. Dan saya merasa salah pesen tempat duduk saja. Pengennya bisa tetap duduk berdekatan dengan anggota keluarga jadi dipaksakan pilih tempat yang ada. Huhu..

    ReplyDelete
  2. jadi inget aku pesen tiket bbrp waktu lalu hehe udah ngebayangin bakal duduk deket jendela ngadep depan..ehh pas naik udah ada nenek2 yg duduk dr rute perjalanan sbelumnya..ya udah duduk deket jendela tapi ngadep ke arh belakang kereta.. yang harusnya duduk di tempatku geser juga..

    ReplyDelete
  3. samping jendela dooooong biar bisa melihat pemandangan di luar :))

    ReplyDelete
  4. pernah duduk dekat pintu dan emang gak enak. Saat ini paling favorit dekat jendela

    ReplyDelete
  5. Kalo di kereta enakan deket jendela. Klo di pswt deket lorong :)

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.