Pendaftaran Online Pasien BPJS Dan Jamkesda Di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur

Pendaftaran Online Pasien BPJS Dan Jamkesda Di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur


Daftar Online Pasien BPJS Jamkesda


Ada yang ingin berobat ke dokter spesialis di Rumah Sakit Mitra dengan menggunakan Kartu Sehat Bekasi? Kalau ada, Anda harus membaca tulisan ini sampai tuntas. Kenapa? Karena, kalau prosedurnya tidak tepat, Anda akan diminta untuk pulang dan kembali lagi sampai prosedurnya sesuai dan benar.

Tanggal 12 Maret 2018, pihak Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur mengumumkan perubahan alur pendaftaran pasien ke dokter spesialis khusus bagi pengguna BPJS dan Kartu Sehat Bekasi. Prosedur ini dibuat untuk mencegah terjadinya penumpukan serta ketidak-seimbangan antara jumlah pasien BPJS/JAMKESDA dengan pasien umum/asuransi lainnya.

Bagi saya, hal ini sangat wajar sekali mengingat beberapa rumah sakit yang menerima pasien BPJS akan mengalami penumpukan hingga antriannya bisa mencapai sekitar 200 pasien. Nah, untuk mencegah penumpukan serta penyebaran pasien ke rumah sakit-rumah sakit lain yang bekerjasama dengan BPJS/Jamkesda, prosedur antrian secara online ini mulai diterapkan.

Walaupun sebenarnya memang cukup meresahkan bagi mereka yang memang memiliki kondisi darurat dan harus bertemu dengan dokter spesialis. Karena antrian online yang diterapkan pihak Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur ini, menjadualkan pasien secara rata. Bisa saja, jika Anda mendaftar hari ini kemudian baru bisa mendapat jadual bertemu dokter tiga hari berikutnya.

Antrian online ini pun diterapkan bagi pasien untuk mendaftar SEHARI SEBELUMNYA. Itupun harus datang sesuai jadual yang diberikan dan sudah tiba 1 jam sebelumnya. Karena, meski sudah mendaftar secara online, untuk proses pendataan pasien pun harus antri juga di Rumah Sakitnya. Karena, banyak pula pasien lain yang mengantri untuk ke dokter umum atau UGD.

Oiya, sekadar informasi, antrian online ini hanya berlaku jika Anda berniat mendaftar ke dokter spesialis atau poli. Namun, jika Anda hendak berobat ke dokter umum atau UGD tidak perlu mendaftar antrian online, bisa langsung datang ke Rumah Sakit.


Ini caranya mendaftar Antrian Online bagi Anda yang ingin berobat ke Poli atau Dokter Spesialis di Rumah Sakit Mitra Bekasi Timur dengan menggunakan BPKS/Jamkesda (Kartu Sehat).




1. Daftar ke nomor Whatsapp 08118 4444 62. Pendaftaran hanya menggunakan Whatsapp ke nomor ini, pendaftaran melalui sms atau telpon tidak dilayani.

2. Format pendaftarannya :

Nomor kartu sehat (NIK)#Nomor KTP(KK)#Poli atau Spesialis yang dituju#Nama Pasien#Tanggal lahir (dd/mm/yyyy)

Contoh:

123456#1234567891#Spesialis Anak#Tukinem#01/01/2017


Format Daftar Appointment Dokter


3. Jadual temu ke dokter spesialis yang dituju akan segera diinformasikan melalui balasan Whatsapp dari nomor yang sama.

4. Pada hari yang ditentuian, DATANGLAH 1 JAM SEBELUM WAKTU TEMU. Kemudian, silakan tunjukkan informasi pendaftaran online di Poliklinik Amarylis.

5. Jangan lupa bawa berkas persyaratan bagi pengguna BPJS/Jamkesda.

BPJS : KTP + Kartu BPJS + Surat rujukan dari FKTP / Surat ketetangan DPJP

Jamkesda : KTP + KK + Kartu Sehat + Surat Rujukan untuk pasien maternity (optional) + Surat Kontrol (optional).



***

Banyak pasien yang masih belum tahu bagaimana prosedur pendaftaran di Rumah Sakit Mitra Keluarga dengan menggunakan BPJS/Jamkesda ini. Alhasil, beberapa pasien masih ada yang harus pulang kembali karena belum memiliki bukti pendaftaran online. Tampaknya sosialisasi ini harus disebar-luaskan, agar banyak pasien yang sudah mempersiapkan berkas serta sudah sesuai menerapkan prosedurnya.

Dan, tampaknya penerapan antrian online ini tidak hanya berlaku pada pembuatan paspor, pengurusan BPJS Ketenagakerjaan saja, tapi juga sudah diberlakukan pada antrian rumah sakit. Semoga saja sosialisasinya cukup merata agar semua penduduk bisa mendapat informasi yang sesuai.

Sejauh ini, pelayanan di Mitra Keluarga masih tetap bagus. Tidak ada penurunan kualitas pelayanan meski menerima pasien Jamkesda dan BPJS. Tidak seperti rumah sakit lain yang pernah saya kunjungi, dimana penurunan kualitas pelayanannya sangat drastis.

Semoga tulisan ini bermanfaat. [Ipeh Alena]

No comments:

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.