Opening Ceremony Asian Para Games 2018

Opening Ceremony Asian Para Games 2018



asian para games 2018


Siapa yang masih terbawa suasana haru dari Opening Ceremony Asian Para Games 2018? Sini saya temani. Karena, saya masih merasa terombang-ambing bersama penampilan teatrikal yang membuat saya rasanya tidak bisa berkata-kata lagi. Bagi saya, pembukaan kali ini benar-benar terasa Indonesia sekali. Sedari awal saya menonton hingga akhir, meski lagu khusus yang dibuat untuk menyambut perhelatan olahraga bagi para difabel se-Asean ini ada yang dibuat dengan bahasa Inggris. Tapi, rasa dari musiknya tetap INDONESIA BANGET.

Dua Opening Ceremonyi di tahun 2018 ini sukses membuat dada saya seolah membuncah dan penuh dengan hal-hal baik. Saking terlalu lamanya wara-wiri pembicaraan yang sering membuat sesak dada, pada akhirnya ada juga hal yang membuat hati ini kembali terharu dengan aura positif yang benar-benar bisa terasa meski saya menyaksikannya melalui layar televisi.

6 Oktober 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, menjadi saksi kembali sebuah acara yang membuat saya menitikkan air mata karena haru. Ada banyak hal yang saya sukai dari acara Opening Ceremony Asian Para Games 2018 ini dari awal hingga akhir. Tentunya, semua ini tidak akan terwujud kalau tidak didukung dengan tim-tim yang bekerja dan berusaha dengan maksimal.

Oiya, kalau tidak ada informasi tentang Asian Para Games 2018 yang bertebaran di linimasa Twitter, kemungkinan besar, saya tidak akan pernah tahu bahwa ada perhelatan olahraga bagi para difabel ini. Serius! Saya baru tahu tahun ini, di saat penutupan Asian Games 2018, ketika iklan dari akun twitter Asian Para Games 2018 ini muncul. Jadi, saya ingin menuliskan apa saja yang membuat saya tidak ingin melupakan keseruan dari Asean Para Games 2018.


asian para games 2018

1. Opening Ceremony Yang Membangkitkan Semangat Para Atlet



Dari dua Opening Ceremony, baik itu Asean Games 2018 maupun Asean Para Games 2018, saya melihat sesuatu yang membuat saya paham. Mengapa acara pembukaan pentas olahraga ini dibuat semegah dan sehebat serta terniat seperti ini. Ternyata, energi positif yang disalurkan melalui penampilan demi penampilan serta musik yang disajikan, tidak hanya terasa oleh para penonton. Tapi, juga bagi para atlet.

Beberapa kali saya melihat komentar beberapa atlit yang merasa bahwa apa yang akan mereka lakukan, sangat-sangat dihargai. Mereka merasa dihargai, merasa istimewa, sehingga semangat itu menular dan membuat para atlit semakin bertekad untuk berkompetisi secara sehat dan yakin untuk meraih kemenangan. Begitu pula ketika saya melihat wajah-wajah ceria para atlit Asean Para Games ini. Semuanya menampakkan wajah bahagia dan merasa dihargai serta diistimewakan.


2. Konsep ABILITY Untuk Mendobrak Stigma Tentang Difabel


Meski sebenarnya Asean Para Games ini sudah ada sejak tahun 2010, dan negara yang pertama kali menjadi penyelenggaranya adalah Cina. Namun, keberadaan dari Asean Para Games ini baru saya ketahui tahun 2018, sungguh memang saya ini kudet. Tapi, ternyata dari acara pembuka dan juga betapa giatnya para buzzer untuk mengenalkan tentang pentas olahraga ini cukup membantu. Sehingga warga Indonesia yang kudet seperti saya ini bisa mengetahui adanya olahraga se-Asean untuk kaum difabel.

asian para games 2018


Pada penampilan semalam, usai Presiden Jokowi melepaskan anak panah. Muncul beberapa tulisan yang sebelumnya sudah ditunjukkan ada di dalam kotak yang dikumpulkan dari beberapa penyandang disabilitas yang memiliki profesi sebagai fotografer, penyelam, motivator dan beberapa anak-anak yang juga menyumbangkan huruf demi huruf yang kemudian ketika ditampilkan merupakan kumpulan huruf untuk satu kata yaitu :

ABILITY


Ide yang diangkat pada pembukaan ini cukup menarik. Terutama untuk mendobrak stigma yang masih bercokol turun-temurun terkait para difabel. Tentang disabilitas yang membuat mereka selalu dikotak-kotakkan seolah mereka tidak memiliki kemampuan dan menjadi parasit bagi orang lain. Di Asean Para Games inilah, semua mata akan dibukakan, semua impian dari setiap orang akan tampak menyala terang. Bahwa, keterbatasan bukanlah sebuah halangan untuk menggapai semua impian dan harapan.

KUPERCAYA AKU BISA



3. Theme Song Yang Dibuat Dengan Totalitas Dari Para Musisi Indonesia



Terima kasih untuk deretan penyanyi dan musisi serta semua yang berada di balik kerennya lagu-lagu yang disuguhkan untuk mendukung Asean Para Games ini. Ketika pertama kali saya mendengar lagu Song of Victory yang didendangkan di akhir acara pembukaan ini membuat saya tertarik untuk mencari tahu. Ternyata semua lagunya keren!! Baik lagu Song of Victory yang juga dinyanyikan dalam bahasa Jepang, juga lagu dengan judul Manusia Kuat yang dinyanyikan oleh Tulus juga sangat keren dan enak didengar.

Liriknya yang benar-benar sesuai serta membangkitkan semangat. Ini yang membuat saya semakin bangga, sangat bangga, bahwa Indonesia bisa dan pasti bisa. Apalagi dari lagunya Tulus yang Manusia Kuat, saya sampai menitikkan air mata karena haru, padahal cuma dengar lagunya saja, ya.


Manusia-manusia kuat...itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat...itu kita




4. Keragaman Indonesia Lebih Ditonjolkan



Bagian ini, banyak yang mengakui merupakan bagian paling haru. Kenapa? Karena, agama-agama di Indonesia ditampilkan dalam bentuk teatrikal tarian. Selain itu, penampilan beberapa tarian daerah juga ikut menyemarakkan penampilan di malam yang cukup cerah. Dari sini, saya melihat bahwa keberagaman di Indonesia sangat menarik dan unik. Semoga, keragaman ini tidak kembali menjadi perdebatan yang tak pernah usai. Sudahlah, kita terlahir berbeda, kenapa tidak bisa menghargai perbedaan?


asian para games 2018




5. Bulan di Sini Pak Jokowi di Mana?


Ini kalimat yang membuat saya selalu terngiang-ngiang. Karena sebelum Bulan mengatakan hal ini, ada video yang menampilkan beberapa penyandang disabilitas dengan pekerjaan mereka. Salah satunya seorang fotografer! Saya langsung meneteskan air mata dan merasa lemah. Kenapa? Karena, saya sering merasa malas dan juga tidak semangat dalam mengeksplorasi sesuatu yang merupakan hobi yang sedang saya tekuni. Ah, terima kasih buat siapapun yang membuat video ini, membuat saya terharu bukan main dan kembali semangat.

Oiya, selain video ini, saya juga sempat terkejut dengan kehadiran Komodo yang besar sekali. Astaga!! Saya baru sadar, iya ya, kenapa Pulau Komodo sering terlupakan. Namun, semalam, akhirnya Tuan Komodo hadir dan diusung oleh para penari yang benar-benar totalitas. Kalian keren!!


***


Buat kalian yang ingin mendukung semua atlit di setiap cabang olahraga. Kalian bisa membeli tiketnya melalui website https://asianparagames2018.loket.com/ . Caranya juga cukup mudah serta tidak ribet. Ada sekitar 8 cabang olahraga yang tiketnya bisa dibeli di website. Harga tiketnya juga cukup murah, sangat murah malahan. Jadi, jangan sampai ketinggalan menonton atlit kita bertanding di pentas olahraga yang menginspirasi ini, ya!

Hal yang membuat saya sangat menyayangkan adalah penjualan tiketnya tidak bekerjasama dengan e-commerce seperti Asian Games. Tapi, tak mengapa, semoga saja akan tetap banyak penonton yang menyaksikan dan mendukung semua atlit di Asean Para Games ini.

Untuk semua tim yang ikut menyukseskan Opening Ceremony Asean Para Games 2018, saya ucapkan TERIMA KASIH!!! KALIAN HEBAT!!! Dan, untuk semua atlit yang bertanding, semoga kalian tetap semangat dan bisa meraih kemenangan! GANBATTE!!! [Ipeh Alena]



No comments:

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.