Pengalaman Mendaftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Untuk Proses Pengajuan Klaim

Pengalaman Mendaftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Untuk Proses Pengajuan Klaim


BPJSTKU



Sedang mencari tahu bagaimana cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki? Dahulu, layanan ini dikenal dengan nama Jamsostek yang kemudian diganti menjadi BPJSTK. Bagi para pekerja, memiliki jaminan selama bekerja itu adalah hal yang lumrah. Hitung-hitung sebagai tabungan untuk hari tua. Nah, kali ini saya ingin menyeritakan pengalaman saya, yang lumayan memusingkan, saat harus mendaftarkan diri di Antrian Online BPJSTKU.

Jadi, pencairan uang di BPJSTKU saat ini, bisa melalui dua cara yaitu datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau mencairkannya melalui aplikasi BPJSTKU. Tapi, menurut pengalaman banyak orang, pencairan dengan datang langsung ke kantornya lebih cepat. Memakan waktu satu minggu jika tidak ada kesalahan dalam data Anda. Kalau ada kendala, tentunya bisa menghabiskan waktu lebih dari seminggu atau bisa jadi sebulan.

Beberapa kendala yang saya tuliskan di bawah ini berdasarkan pengalaman orang-orang yang berada di sekita saya saat mengurus BPJS-TKU.

  • Belum mendaftar Antrian Secara Online. Sebelum Anda bisa mengurus pengajuan klaim dengan datang langsung ke kantor BPJS-TKU di daerah terdekat, Anda memang harus sudah terdaftar dalam Antrian Online yang bisa diakses di https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/. 
  • Status keanggotaan masih AKTIF walaupun sudah mendapat surat keluar atau PHK atau pensiun dari kantor. Namun, selama pihak kantor Anda belum mengurus keanggotaan Anda dan mengubahnya menjadi NonAktif, percayalah, pengajuan proses klaim akan tetap mengalami kendala dan Anda juga tetap akan diminta untuk mengurusnya ke kantor Anda yang lama.
  • Nama yang tertera dengan nama di KTP atau KK berbeda. Ini akan mendapatkan dampak yang cukup besar, karena perbedaan atau kesalahan penulisan nama tetap tidak akan membuat Anda bisa langsung mengurus pengajuan klaim. Yang ada Anda justru akan diminta mengurusnya terlebih dahulu.


BPJSTKU


Kali ini saya tidak sedang ingin membahas bagaimana cara menghadapi dan menangani kendala yang Anda hadapi. Tapi, saya hanya ingin bercerita pengalaman saya saat mendaftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan. Baiklah saya memulainya dengan dua kata : PUTUS ASA.

Sewaktu mencari informasi terkait cara pengajuan klaim BPJS-TKU, saya mendapati ada beberapa informasi mengenai Antrian Online ini. Dimana setiap peserta yang ingin mengajukan klaim harus dan wajib mengambil antrian secara online. Ini adalah program yang sudah dijalankan oleh pihak BPJS demi mengurangi penumpukan antrian di kantor-kantor cabang di berbagai daerah. Namun, ada banyak hal yang membuat saya akhirnya menyerah. Saat hendak mendaftar di website Antrian Online, berkali-kali saya mendapat informasi bahwa antrian penuh.

Bahkan ketika saya mencoba satu persatu tanggal di bulan Agustus pun informasinya tetap : Antrian Penuh. Hingga saya mencoba ke daerah lain yaitu Karawang, juga sama hasilnya : Penuh. Terus saya coba lagi dan lagi hingga akhirnya saya menyerah dan memutuskan untuk nekat langsung datang ke kantor BPJS-TKU. Tapi, seperti yang Anda tahu, saya ditolak dan tetap diminta untuk mencoba mendaftar kembali di website tersebut.

Kemudian, seorang bapak yang baik hati, memberitahu kepada saya resepnya yang setelah saya coba akhirnya berhasil.



Cara Mendaftar Antrian Secara Online Untuk Pengajuan Klaim BPJS-TK



1. Pastikan Anda meluangkan waktu sekitar pukul 12 malam sampai 3 dini hari untuk melakukan pendaftaran secara online. Kenapa? Karena, di waktu-waktu seperti ini orang yang mengakses website BPJS-TKU tidak banyak, sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan kuota untuk mendaftar.

2. Buka Website Antrian Online di tautan ini https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ .

3. Isi formulir lengkap dengan data diri Anda. Jangan sampai ada yang salah isi.

4. Jika tanggal yang Anda pilih sudah penuh, coba lagi memilih tanggal hingga seminggu ke depan.

5. Jika sudah berhasil, simpan bukti pendaftaran dan cetak. Karena nanti saat datang ke kantor BPJS-TKU, Anda akan ditanya oleh pihak keamanan bukti antrian online-nya. Nantinya di sana Anda akan diminta untuk mengisi formulir.


***


Bagi Anda yang enggan untuk mengantri dan ribet mendaftarkan di website Antrian Online, bisa juga dengan cara mengaktifkan akun Anda di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs . Jika Anda belum memiliki akun, bisa langsung mendaftarkan di website ini pada pilihan Buat Akun. Ini khusus bagi Anda yang memang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS-TKU, ya. Kalau ingin membuat kartu BPJS-TK sendiri, silakan langsung datang ke kantor BPJS-TKU terdekat.

Setelah membuat akun di website tersebut, Anda bisa langsung gunakan fasilitas E-Claim pada menu utama. Kemudian isi sesuai dengan pilihan. Jika sudah selesai, Anda tinggal menunggu proses klaim disetujui. Memang mengajukan proses klaim secara online itu mudah, tapi seperti yang sudah saya singgung di atas, memakan waktu yang lebih lama dari proses pengajuan klaim langsung datang ke kantor.

Dari banyaknya fasilitas dan servis dari pemerintah yang saya gunakan dan saya urus sendiri beberapa hal yang sesuai kebutuhan saya, mengurus BPJS-TKU ini bagi saya yang paling menyulitkan. Serius. Tidak adanya notifikasi apakah antrian selama seminggu itu sudah penuh atau belum, sehingga saya mengira websitenya sedang rusak. Sampai tidak adanya informasi bahwa mengambil Antrian Online itu wajib sebelum datang ke kantor BPJS-TKU terdekat. Kemudian, kuota antrian yang kalau dicoba di siang hari tidak bisa digunakan dengan lancar, justru harus menunggu hingga dini hari baru lancar. Serius deh, hanya untuk mendaftar Antrian Online saja sampai begini sulitnya, bagaimana kalau orang-orang yang tidak mengerti aka para pensiunan yang masih belum terbiasa dengan sistem ini? Kasihan kan jadinya.


Menurut Anda bagaimana? Adakah pelayanan publik yang menurut Anda terlalu bertele-tele, masih belum bagus sistemnya dan masih kurang informasinya? Silakan berbagi di kolom komentar. Siapa tahu saya bisa bersiap-siap jika suatu hari harus mengurus sesuatu di kantor pelayanan publik.


Semoga artikel ini ada manfaatnya :). [Ipeh Alena]

134 comments:

  1. iya betul. berkali kali saya coba untuk daftar antri online smua kantor cabang slalu penuh. Padahal saya belum memilih tanggal kedatangan. Saya belum coba untuk daftar di jam2 dini hari tersebut. Terima kasih mas atas resep nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa berhasil, karena belakangan ini banyak yang mengeluh tetap tidak bisa daftar.

      Thanks

      Delete
    2. Iyah saya jga udh sempet putus asa..lewat bank juga sudah terus saya datang langsung juga ditolak karena tidak pakai antrian online,terus buka webnya juga untuk antrian online penuh terus disemua daerah saya coba..dan juga katanya webnya juga sedang maintenance..sangat membingungkan..tapi saya mau coba yg dini hari..makasih banyak ya infonya..

      Delete
  2. Replies
    1. Iya, waktu itu aja saya sampai benar-benar kebingungan harus bagaimana lagi.

      Thanks

      Delete
  3. Bneran ribet bgt,,, sy gak ngeh awalnya sm email dr bpjstk karena yg sy baca di artikel jg gak seperti itu, yg sy ngeh cm smpe 7 hari kerja tau nya di bawah lg ada kterangan nya abaikan keterangan 7 hari kerja di bikin jadwal tgl 19 february 2019....wow sue bgt hrs nggu smpe thn depan donk...intinya kecewa bgt 😠

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya gmna bang ?

      Delete
    2. Saya juga gitu mba, trus gimana ya? Bisa ganti kantor cabang ga sih?

      Delete
    3. Saya juga gitu mba, trus gimana ya?
      Bisa ganti kantor cabang lain ga sih?

      Delete
    4. Jd nya nunggu sampe tahun depan taw lgsg k kantor bpjstk nya
      Soalnya sya juga sama 19 feb tahun depan

      Delete
    5. Hoalahh.. Aku malah gak ngeh sm tanggal disitu.. Aku dpt jadwal 25/10/18 lagi.. Udah kelewat.. Aku bingung, kirain kalo ngajuinnya harus di karawang, yaudah di karawang, gak usah ke cikampek..

      Delete
    6. Iya betul..saya juga begitu. Saya di jadwalkan datang tanggal 9 januari 2019. Masih 2 bulan lagi. Saya mengajukan di BPJS cabang bogor kota tapi disuruh ke bank Bni

      Delete
  4. Aplikasi dbuat utk mmpermudah, tp kli ini aplikasi dibuat utk mmpersulit mengambil hak uang pribadi.. Aneh tp it lah kenytaanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena banyak orang belum terbiasa dengan sistem Antrian Online ini, namun belakangan sudah banyak diterapkan di beberapa tempat pelayanan publik.

      Thanks

      Delete
  5. Sangat sangat sangat MENYULITKAN, aplikasi sampah kurang informatif dan kurang inovasi interaktif, masih mending aplikasi belanja online atau ojek online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aplikasinya sih, enggak ada masalah dan bukan termasuk aplikasi sampah. Karena sistem antrian online tidak pakai aplikasi.

      Delete
  6. kasian orang susah yg hidupnya udah susah yg cuma ngandelin uang hak pribadi nya malah dibikin susah gini.. niat mau praktis malah mempersulit. capek deh ah... sedih kalo diceritain.. skrg adalah dimana jaman mau ngambil hak uang pribadi pake ngemis ngemis, giliran orang ditagih hutang galakan yang ngutang.. wkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, bisa jadi kalau masalah hutang, setiap pribadi melakukannya. Entah menjadi yang terhutang atau yang menghutang dan bisa jadi setiap pribadi yang merasa disakiti pernah menyakiti.

      Delete
  7. Mbaaaambaaaa. .makasih pake banget sarannya, aku bener buka jam 12an malem, dan antrian kebuka. . semoga proses pencairan ku berjalan lancar juga. . . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius bisa mba? Soalnya setiap saya daftar antrian selalu penuh :(

      Delete
    2. Mba kalau udah daftar gitu ada pemberitahuannya engga?

      Delete
    3. Allhamdulillah, selamat ya, Mba. Semoga berkah dan lancar. Jika sudah berhasil daftar nanti ada notifikasi masuk ke email bukti pendaftaran antrian onlinenya.

      Delete
  8. Sama gan saya juga mau cairin BPJSTK saya. Saya datang langsung selalu tidak dapet kouta dan disuruh coba untuk antrian online. Tapi selalu penuh sampai saya penasaran coba dikantor cabang yg bukan wilayah saya penuh juga. Sebenrnya yg rusak siapa? Houman error atau memang benar penuh.

    ReplyDelete
  9. Makasi infonya. Sudah kuduga. Heran ya kenapa pelayanan dari pemerintah selalu menyulitkan.
    Kesell. Gimana masyarakat ga konsumtif, kita akses aplikasi/web swasta gampang, tapi untuk pelayan seperti ini sulitnya minta ampun!!!

    ReplyDelete
  10. 1kata "RUMIT", mau pake e-claim dr apkikasi BPJSTKU proses verifikasi 2sampe 3hari, atau mau pake cara antri online yg pendaftarannya dibatasi wkt dr jam.18 s/d 23.59 (utk wilayahku akses ke www.sijempolyes.com) sudah 3hari berturut2 selalu jawabannya "antrian sudah penuh", lalu....gmn cara terbaik utk ambil hak saya? Udh gk ada pemasukan dana krn tdk bekerja lalu dibuat rumit, pliss....

    ReplyDelete
  11. Mau ambil uang sendiri aja susahnya minta ampun, gw udah 4x balik msh dikata Salah pdhl kartu ada verklaring jg ada, ktp & syaratnya sdh lengkap masih disuruh ke kantor cabang. Bangsat

    ReplyDelete
  12. Sistem yg ga jelas, tiap hari tiap jam penuh mulu. Slogan nya aja yg manis katnya MEMPERMUDAH dan PRAKTIS nyatanya ngeribetin. Yg jelas yg bikin sistem ini ga niat mempermudah malah niat mempermudah pihak bpjs itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Kalau sudah muncul tulisan antrian penuh ketika memilih cabang yg di tuju bagaimana ? Saya belum menentukan kapan nya baru memilih cabang saja sudah ada notifikasi antrian penuh :(

    ReplyDelete
  14. Saya belom coba untuk buka tiket antrian online pada jam 12 malem.. Mkasih infonya ka.. Setiap hari standby jam 6 pagi ambil tiket online kuota Penuh terus..

    ReplyDelete
  15. Pantes saya coba selalu penuhhh.. Mau coba nanti malam semoga berhasil. .Hahaha. .Perjuangan nya lebih2 ya. . seperti mau rebutan belanja online kalo lagi flash sale. . semangatttt. .

    ReplyDelete
  16. Betul....
    Sy sdh coba daftar antrian on line,tp untuk area jabotabek sdh full semua ( maaf antrian sdh penuh )

    ReplyDelete
  17. Saya sudah coba tapi masih antrian penuh terus udh dua minggu sy coba gimn ini cb mlm mlm jg sdh tp pke hp apa hrs pke wifi atau laptop klu hrs pke itu dy nggak punya laptop juga wifi tolong gimn lagi ya cara nya ke kntor bpjs juga udh dua kli blng nya srh daftar mlm tp nggak bisa antrian penuh terus 😢😢😢

    ReplyDelete
  18. Sebel banget ihhhh,mau dapet no antrian aja pake penuh,hufh kasian kalau yg udah tua dan ga ngerti cara2 beginian,ga mikir ya,ini kan duit gajian kita dipotong tiap bulan,apa mrk paham ya? *ngelus dada bgt sama fasilitas online2 pemerintah yg cenderung lamban,,,kecewa intinya deh

    ReplyDelete
  19. Udh 2 minggu berturut2 saya Coba penuh terus, mudah2an Kali ini berhasil. Terimakasih sarannya Mba....

    ReplyDelete
  20. Pengalaman kita sama, at jg udah seminggu ini sudah banget untuk dftr antrian online selalu aja keterangan nya antrian penuh.... terimakasih infonya...akan sy cb mlm ini semoga bisa...aamiin

    ReplyDelete
  21. sptnya pemerintah ga mau hak karyawan di ambil

    ReplyDelete
  22. Kalo gk bisa di akses saya coba akses dgn cara hp di balik......

    #Saya mah gitu orangnya....

    ReplyDelete
  23. menurut saya mendingan sister seperti duly.....biarpun ngantri tapi Cepet pencairan dana bpjs_nya....tidak seperti Sekarang

    ReplyDelete
  24. Baru bnget nyoba daftar lagi setelah sekian hari nyoba antrian full mulu...sekalinya dah gk full di suruh pilih tanggal kedatangan....ya ampuuun satu tgl pun gk ada yg bisa di klik....begini amat klaim uang sendiri....:'(

    ReplyDelete
  25. Baru bnget nyoba daftar lagi setelah sekian hari nyoba antrian full mulu...sekalinya dah gk full di suruh pilih tanggal kedatangan....ya ampuuun satu tgl pun gk ada yg bisa di klik....begini amat klaim uang sendiri....:'(

    ReplyDelete
  26. Baru bnget nyoba daftar lagi setelah sekian hari nyoba antrian full mulu...sekalinya dah gk full di suruh pilih tanggal kedatangan....ya ampuuun satu tgl pun gk ada yg bisa di klik....begini amat klaim uang sendiri....:'(

    ReplyDelete
  27. Iya apa apa di Indonesia tuh di bikin ribet sekarang mah, mau bikin ini di ribetin, mau bikin/pencairan itu dll selalu di ribetin, gimana warga indonesia ga pada males atuh ya, kalau mau ngapa ngapain selalu ribet, apa harus ada orang dalem, apa harus di sogok dulu pake uang biar semua tuh di permudah.

    ReplyDelete
  28. Iya apa apa di Indonesia tuh di bikin ribet sekarang mah, mau bikin ini di ribetin, mau bikin/pencairan itu dll selalu di ribetin, gimana warga indonesia ga pada males atuh ya, kalau mau ngapa ngapain selalu ribet, apa harus ada orang dalem, apa harus di sogok dulu pake uang biar semua tuh di permudah.

    ReplyDelete
  29. Susah bner .antrian penuh trus gmana ini

    ReplyDelete
  30. terimakasih sharingnya. akan saya coba sarannya. semoga makin banyak penulis yang menuliskan hal bermanfaat lainnya.

    ReplyDelete
  31. Semua cara udh di coba sampe bela2in bgadang, tpi ttp aj penuh trus, skarang di coba lg eror trus

    ReplyDelete
  32. Udah jam 1.27 g bisa ke buka :( gimana ya ???

    ReplyDelete
  33. Semakin ribet dan tidak efisien..ingin klaim uang hak kita sendiri jdi di persulit..save bpjs

    ReplyDelete
  34. Aku udah coba ambil antrian dari jam 12 malem sampe jam 3 jam 4 pun masih penuh.
    Bingung euuy

    ReplyDelete
  35. saya dari jam 12 tadi udah buka dan bisa pilih kantor cabang. tapi masalahnya pilih tanggal yg gabisa !! mohon pencerahannya dong

    ReplyDelete
  36. Saya dari jam 00.00 tadi 13 Nopember 2018 coba daftar antrian online. Tdk spt siang hari sih, dapet kantor cabang. Tapi masalahnya gabisa pilih tanggal !! sama sekali ngga bisa, tgl berapapun !!
    Mohon pencerahannya dong

    ReplyDelete
  37. Dengan antrian online malah tambah susah.ada aja kendala nya klo mw daftar.udh penuh di tambah ga bsa di utak atik di halaman' tertentu nya.online bknn ya tmbh simpel malah tmbh rumit.mw ngambil uang sndri aja ko di bikin susah.

    ReplyDelete
  38. Dengan antrian online malah tambah susah.ada aja kendala nya klo mw daftar.udh penuh di tambah ga bsa di utak atik di halaman' tertentu nya.online bknn ya tmbh simpel malah tmbh rumit.mw ngambil uang sndri aja ko di bikin susah.

    ReplyDelete
  39. udah 2 bulanan kali stiap mau daftar antrian penuh trus. coba ntar tak coba daftar jam 12 - 3 malam.

    ReplyDelete
  40. Memang gak jelas BPJS ketenagakerjaan.uang kita yg notabene nya hak kita malah dipersulit untuk dicairkan..sangat aneh.coba kalau diputar dlu uangnya ,pantas aja pejabat bpjs gak ada yg susah..pelayanan juga buruk.membuat orang susah makin susah saja jadinya.gak tau nasib karyawan dan semua instansi bpjs di akhirat nanti yah.kalau semua pesertanya dizholimi seperti ini.

    ReplyDelete
  41. Jam dan tgl gabisa di pilih ,ga jelas bikin sulit bukan mempermudah

    ReplyDelete
  42. BPJS TK. Pengalaman Selama Ikut Antrian Online (Susah Ditembus Dan Di Coba Berulang Ulang.) Skali Dapat No Antrian. Bag Claimnya Ky Polantas, Mencari Kesalahan Atau Kekurangan Data Atau Kelengkapan. Jangan Harap Bisa Dibantu Mereka. Trlalu Bertele tele. Uang Orang Koq. Giliran Diminta Balik Uangnya koq Dipersulit. Oh Indonesia..

    ReplyDelete
  43. Ka mau tanya . Pas udah dtg ke kantor cabang bpjs sesuai antrian online ,brp lama dana akan cair apakah hari H langsung cair atau harys nunggu beberapa hari lg . Tolong jawab ya ka kirim email ke daxacwogokiel10@gmail.com . Terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
  44. saya udah 2 bulan blm juga bisa cair2 sudah wara wiri buka rekening bank rekanan, ke kantor cabang terdekat sampe akhir2nya disuruh ke kantor cabang daan mogot, udh cape diwaktu & tenaga tp disitu uang saya selama kerja bertahun2, istighfar aja buat sistem yg dzalim ini

    ReplyDelete
  45. makasih artikelnya mpok ipeh, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  46. Bener banget nih, saya sudah mencoba puluhan kali untuk daftar antrian online tapi tidak membuahkan hasil, insyaallah saya akan coba malam ini untuk submit kembali

    Semoga kali ini bisa dan lancar.terimakasih infonya

    ReplyDelete
  47. Cobain ah barangkali ada kemudahan

    ReplyDelete
  48. ribet banget ya,, klo lewat calo kira kira,,masih bisa ga ya gpp lah kluar uang gede juga ,, tapi ga bertele tele,,

    ReplyDelete
  49. klo saran saya sih,,baik nya di siyapkan bagiyan informasi kusus untuk menjelaskan apa saya persaratan yg harus di siyapkan untuk para castamer yg mau mencairkan uangnya karna sulit sekali untuk mendapat informasi yg detil dan jelas karna hanya di bantu oleh pihak scuriti dan informasi yg di dapat sgt terbatas sementar taler yg bertugas sudah sibuk dengan castamer yg sudah antri.
    pengalaman saya di kantor BOGOR,saya mau mencairkan BPJS istri saya sampe 3x saya boking antrian BPJS dan selalu di persulit dengan macam" persatan yg harus nya bisa selesai klo saya dapet info ya jelas dari pihak kantor BPJS BOGOR
    karna memang kartu BPJS istri saya hilang dan saya sudah buat surat kehilangan di kantor polisi
    pihak BPJS minta lagih keteragan kehilangan dari kantor istri saya
    akirnya saya meminta surat keteragan kehilangan dari kantor istri saya dan menugu lagih sampe 7 hari
    sampe saya ke kantor BPJS masih belum bisa juga dengan alasan ket nya tidak ada cap dari perusahan
    sementara istri saya sdh dapet paklaring dari kantor masih di persulit juga
    saya sdh nugu kurang lebih 2 bulan sampe hari ini saya menulis ini belum bisa cair juga.
    DAN SKRG SAYA SDH KESULITAN UNTUK ANTRI ONLINE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaaaa
      Gw jga dah menyerah. Dah gtu scuritynya gk mau infoin. Cuman nunjukin tuh baca aja prosedurnya. Klik aja. Hadeuh.... cape sumpeh

      Delete
  50. Kalo sudah dapet jadwal d antrean onlen. Nnti pas dateng k kntor bkalan langsung cair ga

    ReplyDelete
  51. Aku dah nyoba tadi malem jam 12an terus jam 2an tapi tetap penuh, itu kenapa yaa? Pdhl blm milih tanggalnya

    ReplyDelete
  52. Saya coba untuk daerah domisili penuh semua, apakah bisa diluar provinsi tertera di KTP?

    ReplyDelete
  53. Susah banget....ada gk sih yg layanan mudah dan semua orang bisa....ngisi tgl kedatangan dan jam kedatangan gagal terus...sistem sibuk atau lg oror sih...

    ReplyDelete
  54. Saya coba ajukan e-klaim dan kaget bgt waktu dapet email balasan ternyata diminta datang tgl 5 maret 2019, mau ambil hak sendiri aja susahnya minta ampun

    ReplyDelete
  55. Makasih mba infonya bener bngt ambil uang sendiri aj susah mending KY dulu ah antri di kantor dari pada online bedini malah jadi ribet ribet deh

    ReplyDelete
  56. Belom coba yg dini hari, pantes coba d waktu" biasa selalu full

    ReplyDelete
  57. Kalau udah dapat tanggal dipengajuan online apakah harus daftar antrian online juga? Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yg sama mohon dijawab untuk yg tau..

      Delete
    2. Kalau yang dimaksud adalah pengajuan pencairan online melalui website. Berarti tinggal tunggu cair dan tidak perlu datang lagi ke kantor BPJS.

      Delete
  58. Pengalaman ogut :
    1. Awalnya sulit masuk antrian online (penuh terus)
    2. Setelah dapat diakses dan telah mengisi NIK, Nomor kartu, Nama & nomor telfon. Kena lagi kendala ketika memilih tanggal, sudah dipencat pencet ratusan kali tetap tidak bisa.
    3. Mohon dibantu infonya bila ada yg pernah mengalami kendala seperti ogut (nomor 2).

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama mas tgl selalu gak bs d klik, mungkin karena penuh, dan sekarang juga saya daftar online jam 12 mlm ampe mau subuh saya coba penuh terus juga ,jadi harus jam berapa sy coba n yg a daftar online? ?

      Delete
    2. Sama ka saya cuma masalah di tanggal gak bisa mulu aku udah tanya ke satpamnya bpjs yg di sumedang jawaban nya nanti juga ada itu karna pemilihan tanggal nya tanggal merah padahal jelas jelas bukan tanggal merah...

      Delete
    3. Sama kasusnya kayak aku 😥

      Delete
    4. Tidak penuh.. sepertinya ada kesengajaan... Saya coba ke tanggal di tahun 2020,2021.,2025 pun .... Tetep ngak bisa di klik..... Apa mungkin 2025 penuh??? Weleeh.... Semoga kita di golongkan orang2 yg sabar...

      Delete
    5. Tidak penuh.. sepertinya ada kesengajaan... Saya coba ke tanggal di tahun 2020,2021.,2025 pun .... Tetep ngak bisa di klik..... Apa mungkin 2025 penuh??? Weleeh.... Semoga kita di golongkan orang2 yg sabar...

      Delete
    6. Tidak penuh.. sepertinya ada kesengajaan... Saya coba ke tanggal di tahun 2020,2021.,2025 pun .... Tetep ngak bisa di klik..... Apa mungkin 2025 penuh??? Weleeh.... Semoga kita di golongkan orang2 yg sabar...

      Delete
    7. Sma sya jga.. Tanggalnya nggk mau di klik.. Sdh di cba drii jam 12 smpai subuh ttp nggk bisa.. Dan sya lakukan stiap harii.. Kira2 ap kendalanya yaa.. Krna dtang ke kntor bpjs cma di sruh daftar online it ajha.. Mskipun dtangnya pagi buta..

      Delete
  59. Susah banget, saya buka dari jam 12 malam ampe jam 3 pagi baru klik kantor cabang udh timbul kata2 kuota penuh. Gimana yah.. Tolong kalo ada saran lain

    ReplyDelete
  60. Ngambil hak kita sendiri aj di persulit apalagi minta yg lain..

    ReplyDelete
  61. Jemboot jamsostek mau ambil duit sendiri kaya gembel di negri sendiri ... Ruwet....

    ReplyDelete
  62. istri saya bekerja disalahsatu Rumah sakit dibogor, bahkan menurut istri saya proses klaim tunggakan BPJS pasien pihak rumah sakit harus menunggu lama pencairan dananya. gmn pasien bpjs gk dibuat ribet sm Rmh sakit. tunggakannya ampe M'M man. rumah sakit bukan dinas sosial, karyawannya juga butuh gajih buat mkn

    ReplyDelete
  63. Tanggal semua dipilih gk bisa .itu bagaimana yah gan .tolong bantu

    ReplyDelete
  64. Tolong di perbaiki ini gimana sih saya ga bisa bisa masukin wilayah nya dan kantor cabang... saya pikir hp saya eror ternyata aplikasinya yg kurang joss.....

    ReplyDelete
  65. sama seperti saya bang
    saya juga sedang mencari solusi knapa tanggal nya ga bisa di sentuh
    tolong info nya dng

    ReplyDelete
  66. iya sama seperti saya bang
    saya juga sedang mencari solusi kenapa tanggal nya gak bisa dibuka
    ada yg tauu kah??

    ReplyDelete
  67. Kalau daftar online di weekend bisa? Saya coba kok tanggalnya ga keluar..

    ReplyDelete
  68. Kalau daftar online di weekend bisa? Saya coba daftar tp tanggal gabisa diisi..

    ReplyDelete
  69. Saat ini sayapun sedang kesulitan hal yang sama,bujannya memudahkan malah menyulitkan,system yang saya anggap gagal.

    ReplyDelete
  70. Gmn ya klw dapat antrian online nya minggu depan, trus email pemberitahuan udh kelewat 7 hari kerja gmn apa bisa di terima oleh pihak bpjs atau mesti daftar lg. Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  71. kalau sudah mengajukan e claim di app BPJSTKU, apakah harus mendaftar ke antrian online lagi atau gimana??

    ReplyDelete
  72. Hadooooooh hese pisan nyaa an ieumah..bikin pusing... Balangsak..,,,,,

    ReplyDelete
  73. Pusingg nyaa an... Inimah bikin stresss di coba smua tanggal gk bisa.. apa karena tutup buku bulan desember..

    ReplyDelete
  74. Nuiba ah ntar malem jam 12...

    ReplyDelete
  75. Saya juga sdh mengajukan e claim dari beberapa hari yg lalu tapi pas cek statusnya masih blm diproses. Pas nyoba daftar antrian online tanggal yg tertera ga bisa di klik terus. Gimana ya kak caranya biar bisa daftar antrian online nya lancar. Apa kita bisa langsung ke kantor bpjsnya tanpa antri online? Mohon dibantu jawab barangkali kakak tahu ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti, kak. Sebelum ke kantor, harus sudah ada bukti antrian online. Kalau sudah mengajukan melalui E-Claim sebenarnya sudah bisa, tanpa datang ke kantor. Tapi, memang harus menunggu cukup lama untuk prosesnya.

      Delete
  76. Ini seperti pisau bermata dua, Di mana ditujukan untk kebaikan tpi ng pernah liat seberapa efektif nya..
    Kasian yg masih gaptek, dan lgi pas membutuhkan hak nya malah di persulit. Mohon perhatiannya pda bpjs, sistem nya di perbaiki dlu biar maksimal hasilnya..

    ReplyDelete
  77. Ini seperti pisau bermata dua, Di mana ditujukan untk kebaikan tpi ng pernah liat seberapa efektif nya..
    Kasian yg masih gaptek, dan lgi pas membutuhkan hak nya malah di persulit. Mohon perhatiannya pda bpjs, sistem nya di perbaiki dlu biar maksimal hasilnya..

    ReplyDelete
  78. Percuma antri online toh juga dipanggilnya sesuai dg yg terdaftar di sana..walaupun datang langsung ambil juga sama saja..kecuali ada pelayanan antrian online itu baru ada plus.nya..
    Pengalaman saya hari ini..
    Nomer antrian saya dipanggil wakti saya ke kamar mandi..lalu saya konfirmasi ke satpam..katanya sudah di selipkan di cs tapi saya tunggu hingga 11 nomer antrian setelah saya itu nomer saya juga tak kunjung di panggil..saya tanya lagi ke satpam katanya ditunggu aja..ditunggu sampai kapan ? JAWABAN SATPAM YA DITUNGGU AJA
    Sampai jam 4 sore apa ? JAWABAN SATPAM MENG IYAKAN..apa baik seperti itu
    Gak jelas blas pelayanan g baik (Bpjs Ketenagakerjaan Cabang MALANG)

    ReplyDelete
  79. Knaph sy ga bisa" klau mau daftar antrian online..

    ReplyDelete
  80. Saya berkali-kali coba masuk ke antrian online bpjs sampai jam 4 pagi (subuh) juga masih gagal, notifikasi antrian penuh khususnya di kantor bpjs area kota bekasi. Disaat berusaha login ke aplikasi bpjstku ada notifikasi email saya tidak terdaftar, sedangkan saat mencoba registrasi akun kembali ada notifikasi email saya sudah terdaftar. Saya berharap bpjs bisa menyelesaikan masalah ini , semoga ini menjadi input yang bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tinggal di bekasi, tp kerja di jakarta. Alhamdulillah kemarin antrian online buka jam 3 pagi bisa, dan alhamdulillah di cabang yg saya mau, di jakarta cabang menara jamsostek. Katanya di menara jamsostek pencairannya lebih cepat, 3 hari setelah verifikasi data sesuai. Kalau di bekasi, wah ampun2 deh, pencairan dana nya pun bisa 2 bulan. Kalau boleh saya saran, coba aja yg di jakarta pencairannya, trus buka antrian sekitar jam 2 an atau jam 12 an lah.

      Delete
    2. Betul Kak, di kantor cabang bekasi ini lumayan banyak yang numpuk. Beberapa kali mampir, banyak yang belum terbiasa dengan pengumuman mengenai antrian online.


      Thanks

      Delete
  81. Sue bangat ini urusan, daftar online kirain mudah, malah susah. lebih baik antri 3 hari 3 malam di kantor biar ketahuan bahwa pegawai atau karyawannya atau prasarananya kurang dari pada online online bulsyit. kekurangan kekurangannya jadi tidak ketahuan. jaman edan, mau ambil uang sendiri kok malah dipersulit dan dipersusah. jaman edan. dimana nih para pengawas bpjs ? adakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu ada pilihan untuk pencairan online. Dimana Anda tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS-Tku, hanya saja waktu pencairannya cukup memakan waktu.

      Thanks

      Delete
  82. Semua komentar diatas terbantahkan saya daftar jam 10 siang tgl 07/01/19 jam 13:00 langsung dapet email dan disetujui....mungkin kantor juga ngaruh karena saya KTP Bogor (Cibinong jabar)tapi saya pilih kantor Purwokerto Jateng...sambil main juga gpp yg penting ga antri dan langsung sukses dalam hitungan jam daftar antrianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas kalo saya tinggal di bogor,, pilih kantor cabang nya bisa dimana aja gitu?? Ga selalu di cabang bogor?

      Delete
    2. Bisa, di kantor cabang mana saja. Tidak harus selalu sesuai di tempat domisili atau sesuai tempat pembukaan.

      Delete
  83. Permisi mau tanya, kalau gak bisa klik tanggal gimana yah? Sudah coba ganti tempat sampai wilayah dari Dki ke Depok tetap aja gak bisa.

    Mohon pencerahannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanggal tidak bisa diklik berarti sudah penuh, kak. Bisa coba ke semua tempat selain jabodetabek untuk coba. Beberapa ada yang berhasil daftar tapi di luar daerah.

      Thanks

      Delete
  84. Kenapa ya kok saya mau daftar online,tanggalnya gak bisa di ketik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena, sudah penuh kuotanya. Dicoba di tanggal lain yang bisa diketik. Di bulan agustus atau september mungkin.

      Delete
  85. Iya bener. Systemnya nya menyusahkan. Untuk cabang makassar saja. Sudah penuh kuota onlinenya. Trus susah amat bikin akun bpjstku selalu error network. Dan hanya bisa 2x no hp di pakai dlm sehari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba di jaringan yang stabil, kak. Kalau tempat kakak susah sinyal, coba cari tempat yang bagus penerimaan sinyalnya.

      Delete
  86. ko ngetik tanggalnya gak bisa apa itu artinya nomer antrian penuh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuota antriannya sudah penuh, kak. Coba di tempat lain mungkin bisa.

      Delete
  87. kenapa ga bisa isi tgl ya padahal tinggal pilih tgl aja tapi ttp ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kuota sudah penuh, kak.

      Delete
    2. Dicoba ganti hp atau laptop lain buat buka webnya.. soalny saya jg gtu. Dr hp saya selalu penuh tiap isi tgl dan tempat. Tpi saya coba pake hp lain bukany bisa

      Delete
  88. Walah..tinggal isi jadwal kedatanganya saja ko susah ya...

    ReplyDelete
  89. Saya sudah tidak bekerja lagi tp kenapa bpjs saya masih aktif. Di tanya ke perusahaan yg mendaftarkan bpjs saya malah gk tau.. payah banget niih perusahaan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menonaktifkan BPJSTKU hanya bisa dilakukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Dicoba lagi saja, kak, minta tolong dinonaktifkan.

      Delete
    2. Biasa nya jangka waktu nya 1 bulan sesudah tidak bekerja baru nanti tidak aktif .
      Saya juga sama seperti itu udah bisa

      Delete
    3. Kemarin saya sampai 3 bulan belum dinonaktifkan. Jika kondisinya seperti yang saya alami, memang harus langsung diurus ke HRD-nya.

      Delete
  90. Mgkn bpjs mengira bhw masyarakat itu gatek ya, cara pendaftaran online itu sdh di lock system oleh bpjs shg nggak mgkn lagi akan dapat no antrian online,krn sdh di proses semua dgn eklaim, keanehan ini :
    1. Sdh mengajukan klaim dgn online dan upload dokumen
    2. Dapat balasan email suruh dtg 1 bln kmdn dgn membawa semua berkas2 asli dan copy.
    3. Verifikasi petugas
    4. Menunggu hingga cair 10 hr kmdn
    Jadi butuh waktu 2 bln kan ?
    Mengapa prosedurnya bukan spt ini :
    1. Peserta daftar melalui no antrian
    2. Peserta dtg sesuai antrian yg didapat dgn membawa semua dokumen utk verifikasi.
    3. Peserta nunggu pencairan
    Simple kan ?
    Jadi tdk perlu menunggu cair diatas 1 bln
    Cara bpjs yg dilakukan skrg itu adalah gaya jadul berbalut IT
    Atau mmg benar bhw dana bpjs dipakai utk membiayai proyek mercusuar pencitraan,shg butuh waktu lama utk pencairan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lebih berbelit, ya, prosesnya. Pun saya juga sama. Cairnya cukup lama.

      Delete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.