15 July, 2018

Cara Mengubah Keanggotaan BPJS Dari BPJS Perusahaan Ke BPJS Perorangan Dengan Mudah

Cara Mengubah Keanggotaan BPJS Dari BPJS Perusahaan Ke BPJS Perorangan Dengan Mudah


Pindah BPJS Perusahaan Ke BPJS Perorangan



Ipehalena.com - Ada yang kartu BPJS-nya dibuat dan iuran perbulannya dibayar oleh perusahaan? Tentunya enak karena tidak perlu memikirkan keterlambatan pembayaran sampai tidak perlu mengantri membuat kartu BPJS karena sudah dikordinasi oleh perusahaan. Tapi, bagaimana kalau kondisinya Anda sudah tak lagi bekerja di perusahaan tersebut dan perusahaan yang baru justru memberikan jaminan kesehatannya dengan memberikan uang tunai? Jadi, mau tidak mau untuk pembayaran iuran BPJS harus dibayar oleh kita sendiri.

Masalahnya bukan karena harus membayar tunai, tapi ternyata ada lagi yang harus diurus yaitu perpindahan dari BPJS perusahaan ke BPJS perorangan. Kenapa begitu? Entah bagaimana pihak perusahaan yang baru ini memang tidak bisa langsung mengurus perpindahannya, jadi mau tidak mau setiap karyawannya harus membuat dan mendaftar sendiri layanan BPJS-nya. Kalau sudah begini, mau tidak mau harus segera mengurus perpindahan dari BPJS Perusahaan ke BPJS Perorangan.

Ribet enggak sih ngurusnya? Tenang, beberapa hari yang lalu, saya menyempatkan diri untuk mengurus perpindahan kartu BPJS saya agar menjadi perorangan. Alasannya agar tidak ribet lagi, apalagi sudah ada 'jatah' dari perusahaan namun harus dibayar sendiri. Setelah dipikir-pikir, toh tidak ada salahnya juga mengubah fasilitas ini. Lagipula, sekarang ini semua fasilitas pelayanan publik tidak lagi menyulitkan prosesnya, selama mau mencari tahu sebelum datang ke kantor pelayanan publik terdekat.


Syarat Yang Harus Dibawa Untuk Mengubah BPJS Perusahaan Ke BPJS Perorangan



Sebelum datang ke kantor pelayanan publik, saya mencari tahu dulu di Google, kira-kira apa saja yang harus saya siapkan untuk mengurus perpindahan ini. Kebetulan, waktu itu saya baru bisa berangkat usai solat Zuhur. Saat itu tidak banyak berharap, minimal bisa datang ke kantor BPJS Bekasi di dekat alun-alun kota Bekasi, sambil bertanya-tanya apakah syarat yang saya bawa ini benar dan lengkap atau tidak. Bahkan saya tidak berharap akan bisa mendapat antrian hari itu juga.

Ternyata saya salah....

Ketika saya tiba di kantor BPJS Kesehatan, ternyata petugas keamanan justru meminta kami langsung untuk mengisi formulir permohonan perpindahan layanan. Setelah diisi dengan seksama formulir yang bisa langsung didapat di kantor BPJS, saya langsung mengambil nomor antrian. Nanti di tempat pengambilan nomor antrian, formulir Anda akan dicek terlebih dahulu oleh petugas yang ada di situ. Untuk memastikan agar proses pelayanan di Customer Servicenya tidak memakan waktu yang lama. 


Beberapa dokumen yang dicek itu sebagai berikut :
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Kartu Identitas
  • Kartu BPJS Dari Perusahaan
  • Fotocopy Surat Paklaring
  • Formulir yang sudah diisi sesuai data 

Kalau syarat-syarat di atas sudah disiapkan, selanjutnya Anda bisa langsung menunggu hingga nomor Anda dipanggil. Tenang, prosesnya tidak memakan waktu yang lama, kok. Bisa ditunggu dan satu hari jadi, asal persyaratannya sudah dipenuhi. 


Alur Perpindahan Layanan BPJS Perusahaan Ke BPJS Perorangan



Untuk lebih lengkapnya saya jabarkan sedikit di sini. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan sehingga tidak bisa mengurusnya dengan datang langsung ke kantor BPJS silakan hubungi kantor BPJS Cabang Bekasi di nomor (021) 8847071, siapa tahu mereka bisa membantu, ini diutamakan bagi Anda yang memiliki keterbatasan sehingga kondisi ini membuat Anda tidak bisa berkunjung ke kantor cabang.


  1. Silakan kunjungi kantor BPJS Cabang Bekasi di Jalan Veteran No. 62, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bks, Jawa Barat 17141.
  2. Mintalah formulir kepada petugas keamanan di bagian resepsionis untuk diisi. 
  3. Segera isi formulir sebelum mengambil antrian.
  4. Siapkan dokumen yang harus dibawa dan pisahkan ke dalam map atau tempat khusus agar mudah saat dicek.
  5. Ambil nomor antrian, siapkan juga dokumen yang Anda bawa karena akan diperiksa oleh petugas sebelum diberikan nomor. Sampaikan juga keperluan Anda bahwa Anda ingin mengubah status BPJS dari perusahaan ke perorangan.
  6. Tunggulah nomor antrian Anda akan dipanggil. Jika sudah dipanggil, serahkan semua dokumennya. 
  7. Jika sudah selesai di bagian Customer Service, tunggu kembali hingga dipanggil karena data Anda sedang diproses.
  8. Jika Anda sudah dipanggil kedua kalinya, ini terkait status keanggotaan Anda di BPJS, maka Anda akan dijelaskan nantinya apakah prosesnya berhasil atau tidak.
  9. Kemarin, saya diminta untuk membayar langsung tagihan bulan Juli ini segera sebagai proses aktivasi.
  10. Untuk pembayarannya Anda akan diberikan informasi virtual account yang bisa Anda gunakan untuk membayar tagihan BPJS secara online.

***

Bagi Anda yang masih belum memiliki aplikasi Mobile JKN, segera unduh dan pasang aplikasi ini di smartphone Anda. Karena fasilitasnya banyak dan sangat membantu. Terutama bagi yang masih bingung ingin membayar BPJS dimana dan bagaimana. Di aplikasi ini juga diinformasikan beberapa metode pembayaran yang memudahkan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. 

Khusus bagi Anda yang bingung membayar premi BPJS melalui online, bisa juga dengan membayarnya di Indomar*t terdekat, di beberapa kota sudah bisa melayani pembayaran untuk BPJS ini. Atau di kantor pos juga bisa.

Dan bagi Anda yang masih belum memiliki keanggotaan di BPJS bisa loh membuatnya secara online melalui aplikasi Mobile JKN ini. Jadi, lebih memudahkan Anda yang mungkin saja tidak bisa datang langsung ke kantornya. Selain itu, bagi Anda yang sudah memiliki keanggotaan di BPJS, jika ingin menambah anggota baru, seperti mendaftarkan anak Anda yang baru lahir, bisa juga didaftarkan melalui aplikasi Mobile JKN ini. 

Sekarang, semuanya sudah dipermudah, tinggal bagaimana kita mengikuti prosedurnya. Baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu syarat dan ketentuannya agar nantinya tidak menghadapi kendala yang membuat Anda kerepotan. 


Sudah punya kartu BPJS? Sudah pernah berobat menggunakan BPJS? Menurut Anda bagaimana pelayanan fasilitas publik saat ini? Silakan berbagi pendapat Anda di kolom komentar. 







1 comment:

  1. Aku punya bpjs yg iuran perbulan, lumayan membantu kok kl lagi dibutuhkan untuk berobat.. Fasilitasnya juga oke

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih