Pengalaman Chatting Mengesankan Dengan Google Allo

Pengalaman Chatting Mengesankan Dengan Google Allo


Google Allo


Ada sudah tahu tentang Google Allo belum? Atau mungkin sudah pakai? Jadi, awalnya sih coba-coba, saat lihat aplikasi yang sudah terpasang 'dari sananya' di gawai yang saya pakai saat ini. Waktu saya jalankan aplikasinya, aplikasi ini meminta saya memasukkan nomor telpon. Saya berpikir enggak masalah, ini aplikasi Google soalnya. Saya menyangka kalau ini aplikasi untuk mengirim pesan dan untuk menampilkan semua pesan dari platform berbeda, duh kecanggihan mikirnya ya. Tapi ternyata saya salah.

Google Allo adalah aplikasi messanger yang dikembangkan oleh Google. Tentunya fungsinya sama dengan Whatsapp dan Telegram. Namun, untuk fasilitasnya lebih lengkap, hampir sama dengan Telegram yang bisa mengirim sticker, meme sampai doodle tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Seru sih, apalagi ada juga fasilitas untuk membuat sticker sendiri!! Tenang, buat yang enggak bisa desain, sticker yang dibikin sendiri ini hanya berbekal foto selfie yang kemudian nanti diconvert oleh Google Allo menjadi animasi yang lucu-lucu.

Saya mencoba aplikasi ini dengan teman saya, Iyas, karena namanya berada di deretan awal. Saya pikir, ini Google Allo ngeri juga, ya. Bisa mengetahui kontak mana saja yang sering berhubungan dengan saya. Hehehe, tapi ternyata enggak kok, karena tampilan di layarnya Iyas cukup berbeda pilihan rekomendasi kontaknya. Sebelumnya, saya pikir Iyas memiliki aplikasinya juga, karena itu kontaknya muncul di layar rekomendasi, tapi ternyata sewaktu saya mengirim pesan kepadanya, dia masih belum memiliki aplikasi ini.

Kalau dari sepemahaman saya, jadi kenapa Google Allo bisa mendeteksi kontak yang ada di gawai kita namun ada yang bisa dikirim pesan dengan Google Allo ada juga yang tidak bisa. Begini, kalau Anda menyambungkan nomor telpon yang Anda pakai saat ini ke akun Google. Entah itu di Gmail atau ke akun lainnya di Google, ini akan otomatis terdaftar sebagai nomor yang bisa dikirimkan pesan menggunakan Google Allo. Tampilan untuk yang belum memasang aplikasi ini seperti tampilan pesan biasa. Namun, interfacenya berbeda.


Meski bisa menerima pesan dari orang lain tanpa memasang Google Allo, tapi tetap ada kekurangan yang tidak bisa didapat.

  • Tidak bisa melihat sticker secara otomatis.
  • Tidak bisa mengirim gambar, berkas atau video.
  • Tidak bisa membuat sticker sendiri.
  • Tidak bisa mengganti latar.
  • Tidak bisa menelpon suara atau video.

Nah, sekarang kira-kira apa saja yang membuat saya betah dan nyaman menggunakan Google Allo? 


1. Bisa Membuat Sticker Sendiri

Seperti yang tadi saya bisikin sebelumnya. Untuk membuat sticker lucu, cukup pilih ikon Sticker - kemudian klik tombol {+} di pojok kanan - pilih New Stickers inspired by you - klik Create - akan muncul layar untuk foto selfie, pastikan ikon kacamatanya sesuai dengan posisi mata Anda - tunggu hingga selesai - DONE!! Anda bisa menyimpan sticker dengan menekan tombol SAVE! 


2. Bisa Ditampilkan Di Browser

Caranya cukup mudah, kok. Kunjungi https://allo.google.com/web kemudian pada gawai Anda, pilih Menu - Allo for Web - pindai barcode yang tampil di laman situs Allo di browser Anda. Selesai. Bisa langsung dipakai. Tapi, sayangnya Google Allo ini mirip sekali dengan Whatsapp, ketika gawai Anda tidak mendapat sinyal internet, maka mengirim atau menerima pesan dari browser pun tidak bisa dilakukan. 

Untuk hal ini kemenangan masih dipegang oleh Telegram yang bahkan masih bisa menerima dan mengirim pesan meski gawainya sedang tidak terkoneksi jaringan internet.


Read More : Aplikasi Telegram
Read More Click Image Above



3. Bisa Menggunakan Gambar Latar

Mengubah gambar latar di Google Allo ini cukup mudah, namun ini hanya berlaku di beberapa kontak berbeda. Jadi, beda kontak bisa berbeda tampilan latarnya. Caranya : Pilih kontak yang ingin Anda ubah latar ruang obrolannya (background chat) - klik Gambar atau Foto kontak di pojok kanan atas - pilih Chat Details - pada bagian bawah pilih Change Chat Theme - pilih Theme / Tema yang diinginkan dengan menggeser ikon bulat di bagian bawah - kemudian klik tombol Apply.

Tampilan latar ruang obrol ini berlaku dua arah. Jadi, kalau Anda mengubah Background Chat Anda di kontak A, maka tampilan yang sama akan tampil di layar A.


4. Bisa Membuat Grup Chat

Apalah artinya aplikasi Messanger kalau tidak bisa membuat group chat, iya kan? Untuk yang ingin membuat grup dengan beberapa orang, silakan klik ikon Foto / Gambar kontak di pojok kanan atas - pilih Add People - pilih kontak yang ingin Anda tambahkan - pilih ikon yang Anda inginkan - pilih warna latar sesuai keinginan Anda - Selesai.

Grup chat ini juga sama seperti mengirim chat pribadi. Beberapa kontak yang belum memiliki aplikasi Google Allo tetap bisa menerima pesan dari grup chat yang Anda buat.

Di grup chat ini juga bisa :

  • Add by name or number : untuk menambah kontak baru ke dalam grup chat.
  • Add with QR code : Anda bisa menambah kontak dengan memindai QR Code secara langsung.
  • Share invite link : menambah kontak dengan menggunakan tautan khusus yang bisa dibagikan dari pilihan menu di grup chat.
  • Remove people : pada bagian People - klik nama kontak - pilih Remove from Group


5. Bisa Backup Chat


Agar percakapan Anda di Google Allo tidak hilang saat aplikasi atau gawai ter-reset. Pastikan Anda mengaturnya dengan benar di Menu - Settings - Chat - Chat Backup. Pastikan alamat email Anda benar dimana nantinya saat terhubung kembali ke aplikasi, bisa langsung ke restore otomatis. Dan tentukan Frequency Backup Chat sesuai kebutuhan Anda. Atau bisa langsung klik Backup Now jika ingin mengunggah history chat saat itu juga.



*** Bonus ***

Ada hiburan lain yang bisa dikatakan bonus bagi Anda yang sudah memasang aplikasi Google Allo di gawai Anda. Yaitu mengobrol dengan Google Assistant. Huahahahahahaha. Eh ini serius. Temannya si Iyas ini, kemarin mengobrol dengan si Google Assistant ini, loh. Dari obrolan random sampai hal-hal yang menyebalkan pun bisa. Siapa tahu lagi kebingungan ingin mengganggu siapa, cukup ganggu si Google Assistant aja! Hehehe.

Google Allo Sticker



***

Sayangnya, menurut berita terbaru, Google tidak akan melanjutkan aplikasi Messanger ini ke tingkat yang lebih serius lagi. Bisa dikatakan usianya tidak akan lama. Sebelum aplikasi ini ditutup seperti aplikasi Google Reader, ada baiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Lumayan, untuk pengalaman.




Jadi, sudah coba kirim pesan dengan Google Allo? Kalau belum, kira-kira apa yang membuat Anda memilih aplikasi Messanger tertentu dan setia menggunakannya? Silakan berbagi di kolom komentar.

No comments:

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.