Ingin Mutasi Motor ? Bisa Urus Sendiri Loh Caranya Juga Gampang Kok


Ingin Mutasi Motor ? Bisa Urus Sendiri Loh Caranya Juga Gampang Kok





Ipehalena.com - Beberapa hari yang lalu, saya sempat merasa galau karena baru sadar harus mengganti plat nomor motor dan memperpanjang STNK. Apalagi waktu itu saya baru ingat saat beberapa hari setelah lebaran, langsung saya kebingungan. Tapi, setelah dicek ternyata terakhir saya harus mengurusnya sekitar tanggal 20. Allhamdulillah, masih ada waktu. Sekarang masalahnya adalah motor ini yang harus saya urus perpanjangan surat-suratnya, berplat F. Sementara saya tinggal di Bekasi dengan plat motor B.

Masalahnya terletak pada tempat mengurus surat-surat untuk motor-motor plat F. Yaitu di Cibinong. Huahahahahaha. Ini sempat membuat saya dan partner berpikir dengan keras sambil mempertimbangkan jarak yang lumayan jauh dari Bekasi ke Cibinong jika harus mengurus ganti plat nomor. Akhirnya keputusan kami sudah bulat. Harus balik nama saat ini juga, agar tidak perlu jauh-jauh mengurus suratnya.

Dengan bantuan dari Google Map, akhirnya kami sampai di Samsat Cibinong dengan menggunakan sepeda motor. Saat di lihat sih, berangkatnya saja sudah menempuh jarak 30 Km. Sungguh, tidak bohong kalau tubuh saya seperti kaku semua. Maklum, sudah terlalu lama saya tidak berkendara motor dengan jarak yang jauh. Kalau dulu, saat masih unyu-unyu, ke Karawang naik motor pun tidak jadi masalah, sekarang setelah unyu-unyunya memudar, saya harus mengakui kalau fisik saya sudah menurun dan hasilnya kaku seluruh tubuh saya.

Samsat Cibinong ini lokasinya memang cukup membingungkan karena di Google Map menunjukkan arah yang sedikit kacau. Kami sempat memutari lingkungan Kantor Pemerintahan tanpa tahu dimana letak pintu masuknya, ahahahahaha, serius sampai muter-muter di situ karena petunjuk arah di gadget membuat kami bingung. Meski kemudian akhirnya ada juga yang memberi kami jalan yang benar, siapakah bapak yang baik hati itu? Beliau adalah calo yang tengah menunggu orang untuk menjadi pelanggannya.

Oh tidak, tentu tidak, saya tidak menggunakan jasa calo. Karena saat ini, informasi mengenai alur mengurus ini dan itu sudah tidak sesulit jaman dahulu kala. Benar saja, saat saya sampai di kantor Samsat, kami bertanya ke dalam kantor. Di sana ada Customer Service yang bersedia memberikan jawaban. Dan inilah alurnya jika ingin mengganti plat nomor aka mutasi surat morot.


Syarat Yang Harus Dibawa Jika Ingin Mutasi Motor



Jangan lupa sebelum berangkat, Anda harus membawa beberapa hal yang menjadi syarat untuk melakukan perpindahan lokasi motor. Terutama jika memang sekalian ingin membayar pajak motor juga. Berikut ini syaratnya :


  1. Membawa surat STNK motor Anda, yang asli ya.
  2. Membawa surat BPKB kendaraan motor, sebaiknya faktur kendaraannya tidak hilang dan jangan sampai hilang. Biasanya itu akan dibutuhkan saat membayar pajak kendaraan.
  3. Membawa Kartu Identitas atau Kartu Tanda Pengenal Anda.
  4. Membawa kendaraan yang akan dimutasi atau dipindah lokasi.


Untuk Caranya akan saya sedikit ceritakan menggunakan bahasa saya dan daya tangkap saya. Ini dikhususnya untuk Mengurus Mutasi Keluar karena kita ingin surat-surat motor yang kita ingin pindah lokasi diambil dari kantor Samsat daerah.


Tata Cara Mutasi Motor Di Kantor Samsat Cibinong


  • Saat sampai, segeralah menuju ke loket Cek Fisik Kendaraan dan mintalah blangko pada petugas di sana. Nanti akan ditanya kok, keperluannya apa dan nanti akan diberikan blangkonya.
  • Untuk lokasi Cek Fisik di Samsat Cibinong tahun 2018 bulan Juli ini, berada di ujung sebelah kanan gedung. Paling ujung, jadi silakan bawa motor Anda ke tempat tersebut untuk dicatat nomor rangka dan difoto fisik motornya.
  • Setelah Cek Fisik selesai, bawalah surat tersebut kembali ke Loket Cek Fisik untuk disahkan. Ingat disahkan dulu, ya di loket sebelumnya saat meminta blangko.
  • Kalau sudah disahkan, jangan langsung buru-buru diserahkan ke mutasi keluar. Tapi silakan foto copy STNK dan BPKB Anda. 
  • Langsung menuju Kantor Arsip yang berada di dekat tempat foto copy (Samsat Cibinong). Serahkan pada petugas agar dibantu untuk pengurusan arsipnya.
  • Belum selesai, kalau sudah mendapat surat pengantar dari Kantor Arsip. Anda harus keluar dari kantor Samsat untuk menuju Kantor Polres Cibinong yang letaknya berada di sebrang lingkungan Kantor Pemerintahan. Anda cukup keluar dari lingkungan kantor tersebut dan tempat Kantor Polresnya berada di sebrangnya, sebelahan dengan Gedung Kesenian yang tampak tak digunakan lagi.
  • Di Polres Cibinong, anda silakan datang ke loket khusus STNK. Kemudian sampaikan bahwa Anda ingin mengurus mutasi keluar
  • Anda akan mendapat informasi kalau surat-surat Anda sedang diproses. Waktunya selama 1 minggu baru akan keluar surat tersebut.

Jadi, sampai hari ini saya sedang menanti waktu selama 1 minggu yang akan jatuh beberapa hari lagi. Bagi saya tidak masalah karena memang alur prosesnya ini cukup memudahkan dan tidak membuat pusing harus kesana dan ke sini. Kalau bertanya kenapa bisa memakan waktu yang lama? Kok biasanya dulu cepat hanya satu hari bisa selesai. Jawaban saya mudah, mungkin memang jatah saya begitu, harus menunggu selama 1 minggu. Atau memang peraturannya sudah diubah menjadi 1 minggu, saya masih belum tahu. Tapi, yang jelas saya memang diminta untuk kembali lagi ke Polres Cibinong untuk mengambil surat-suratnya setelah 1 minggu.

Sepemahaman saya, waktu 1 Minggu ini tentu digunakan untuk memverifikasi kepemilikan motor agar menghindari Mutasi Keluar bagi motor-motor curian. Jadi, diusut dulu bagaiman statusnya dan bagaimana kondisinya. Itu sepemahaman orang awam seperti saya. Bagi yang ingin mengurus Mutasi Keluar sendiri, caranya mudah, kok. Yang harus dipersiapkan memang mental, karena harus kembali lagi setelah seminggu kemudian, hehehe.

Untuk sementara tulisan ini saya akhiri dulu, nanti akan saya ubah kembali perkembangan sampai mengurusnya di Kantor Samsat Bekasi. Biarkan saya menikmati masa tunggu ini dulu, ya. Hehehehe. Oiya, sambil nanti mungkin saya akan menyematkan beberapa foto agar lebih lengkap. Kebetulan, kemarin saya belum sempat foto lokasinya karena terburu-buru, takut tutup loketnya.

Sampai jumpa beberapa hari lagi, ya :).



UPDATE

***

Seminggu Kemudian....


Duh, terasa seperti novel-novel, ya. Bisa menyematkan dua kata di atas, rasanya itu tak bisa digambarkan. Kenapa? Jadi, saya sudah kembali ke Kantor Samsat Cibinong beberapa hari yang lalu demi mengurus surat mutasi motor ke Bekasi. Berangkat pukul tujuh dari Bekasi tapi ternyata kondisi jalan tidak mendukung sehingga kami baru bisa sampai pukul sembilan di Cibinong. Tentunya, situasi di sana sudah sangat teramat ramai. Eh, tapi saya tidak langsung datang ke kantor Samsat Cibinong.


Mengurus Surat Mutasi Keluar Kendaraan Motor Langkah Kedua :


  1. Sampai di Cibinong sebelum saya ke kantor Samsat, saya harus mengambil berkas ke Kantor Polres Cibinong yang terletak di depan kawasan pemerintahan daerah. Ingat, Anda sudah harus mengurus beberapa surat keluar sebelumnya seperti yang saya tulis di atas. Untuk langkah ini adalah langkah selanjutnya.
  2. Setelah menerima berkas dari Kantor Polres Cibinong, barulah saya bertolak ke Kantor Samsat Cibinong. Itupun Anda sebaiknya langsung menuju Ruang Arsip Kantor Samsat Cibinong untuk meminta dokumen surat keluar.
  3. Kalau sudah selesai dan dokumen Anda diserahkan, map yang Anda terima bentuknya akan berbeda dari map yang Anda serahkan. Kemudian, Anda bisa langsung menuju loket Mutasi Keluar dan menyerahkan map tersebut di sana.
  4. Lalu Anda akan diminta untuk mengurus pajak yang tempatnya berada di dalam ruangan sebelah kiri dari loket Mutasi Keluar. Anda bisa langsung masuk ke dalam gedung, tempat loket mengurus pajaknya berada di sebelah kanan. Tertera tulisan Mutasi Keluar Pajak. Di sana Anda tinggal menyerahkan kembali map yang Anda miliki.
  5. Jika sudah, Anda langsung serahkan berkas yang sudah diproses oleh pihak Pajak ke loket yang tertera tulisan Penyerahan Berkas yang berada di dalam gedung. Ingat, serahin berkasnya ke loket Mutasi Keluar yang berada di dalam gedung, ya. Jangan sampai salah, karena kemarin saya sempat menunggu di loket Mutasi Keluar yang berada di luar, ternyata saya salah. 
  6. Anda akan mendapatkan resi yang berisi nominal pajak yang harus Anda bayarkan sebelumnya. Silakan meletakkan resi tersebut ke loket khusus Pembayaran yang juga berada di dalam gedung.
  7. Kalau sudah selesai, Anda bisa langsung menyerahkan kembali bukti pembayarannya ke loket Penyerahan Berkas Mutasi Keluar tadi yang berada di dalam gedung.
  8. Nantinya Anda akan mendapatkan resi sebagai tanda bukti bahwa Anda sudah berhasil melewati tahap dua pengurusan mutasi keluar kendaraan motor. 

Hah? Tahap dua? Iya, ini baru tahap dua. Karena, selanjutnya Anda akan diminta untuk datang kembali ke Kantor Samsat Cibinong sebulan kemudian. Ingat, sebulan kemudian, jangan sampai kelebihan hari terlalu banyak. Mengingat berkas-berkas yang mereka miliki ini sangat banyak, bagi saya memang wajar harus menghabiskan banyak waktu bolak-balik mengurus segala macamnya. Terlebih, saat ini di Bekasi sedang ada program pemutihan. Jadi, sepertinya juga berpengaruh dengan menumpuknya pekerjaan di kantor samsat beberapa daerah.

Sekadar informasi, BPKB Anda akan ditahan di kantor Samsat Cibinong. Guna mengecek apakah kendaraan bermotor yang Anda miliki ini aman dari kasus-kasus kriminal atau tidak. Jangan keburu emosi karena tak sabar menanti, toh hitung-hitung bisa sambil jalan-jalan menyusuri Cibinong yang jarang saya jejaki, hehe.


Oke, saya akan kembali lagi sebulan kemudian, ya. Jangan kangen #ehapah.



No comments:

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.