Ketika Hidup Tengah Diterpa Badai. Coba Tuliskan Beberapa Hal Ini

Ketika Hidup Tengah Diterpa Badai. Coba Tuliskan Beberapa Hal Ini





Yang namanya hidup, wajar saja kalau ada grafik naik dan turun selama kita menjalani kehidupan sehari-hari. Terkadang ada saja hal-hal kecil yang kemudian bertumpuk menjadi hal besar dan bisa dipastikan menyita banyak pikiran serta waktu dalam hidup kita untuk berpikir dan mencari solusi. Meski tidak menutup kemungkinan juga, bahwa usai tumpukan kesedihan tersebut terlewati, muncullah hal lain yang membahagiakan.

Etapi, enggak selalu, sih. Justru terkadang di tengah badai yang tengah melanda. Ada sedikit kebahagiaan yang kita rasakan. Dan itu terkadang bisa mengingatkan kita untuk menarik napas dalam dan mengembuskannya perlahan. Tersenyum kembali meski urusan lain belum selesai. Yah, Tuhan sedang ingin melihat kita tersenyum dan menyapa dunia dengan wajah yang tetap bersemangat.

Kerap terjadi, ketika kita tengah berada dalam kesedihan, kebingungan, kegundahan dan kegalauan. Kita bahkan tak tahu harus melakukan apa, sampai-sampai hobi yang sebelumnya bisa membantu kita melepas stress dan penat sejenak, tak lagi mampu mendatangkan kesenangan, apalagi kebahagiaan. Kalau sudah seperti ini, coba deh lakukan beberapa hal di bawah ini. Siapa tahu bisa meringankan sedikit...sedikit saja, beban yang tengah dipikul agar bisa bernapas lebih tenang.



Tuliskan Lagu-lagu Favoritmu Atau Lagu Yang Membawa Kenangan Untukmu



Betul. Sekarang, siapkan kertas dan pulpen. Tuliskan tanpa berpikir terlalu keras, kecuali untuk mengingat-ingat judul atau mungkin potongan lirik atau nama penyanyi. Yang lagunya membuat Anda teringat masa lampau. Atau lagunya sering Anda putar di masa-masa ketika Anda tengah berada dalam kehidupan yang jungkir-balik.

Tuliskan saja di atas kertas. Apa yang Anda ingat. Seperti apa rasanya ketika mengingat hal itu. Momen terbaik apa yang Anda alami saat mendengat lantunan lagu tersebut.



Tuliskan Tempat Atau Keahlian Atau Impian Yang Ingin Dikunjungi Atau Diwujudkan



Punya tempat yang sering kita lihat fotonya atau kita simpan dan berharap bisa menjejakkan kaki ke tempat tersebut? Nah, sudah waktunya Anda menuliskannya. Yang pasti agar tidak lagi lupa. Atau siapa tahu bisa mendatangkan rasa nyaman meski sedikit. Apalagi jika ditambah kenangan apa yang membuat Anda ingin berkunjung ke sana.

Bisa juga menuliskan impian yang ingin diwujudkan. Misalnya ingin kuliah, ingin kursus bahasa atau ikut kursus mengemudi. Atau apa saja, yang merupakan impian yang kita simpan sejak lama tapi belum terwujud. Bahkan, impian untuk menurunkan berat badan juga boleh loh ditulis :). Karena itu juga termasuk impian, kan.



Tuliskan Nama Orang-orang Yang Ingin Sekali Anda Kirimkan Kartu Ucapan Terima Kasih



Dalam proses kehidupan kita dari kecil sampai saat ini. Pasti kita punya beberapa nama dan pengalaman dari orang-orang yang pernah menuliskan jejaknya dalam lembar kehidupan kita. Ada yang masih hidup, ada juga yang sudah meninggal. Coba, tuliskan siapa saja mereka dan mengapa Anda ingin sekali mengirimkan ucapan terima kasih kepada mereka.

Kalau saya, ingin sekali mengirimkan ucapan terima kasih pada mendiang nenek saya rahimahallah. Karena dulu, sewaktu saya masih SD, beliau pernah mengajarkan saya mencuci piring. Dan selalu mengingatkan saya untuk membantu mencuci piring di rumah sahabat atau saudara yang saya kunjungi. Dan, hal itu masih saya lakukan setiap berkunjung ke rumah saudara meski terbilang saudara jauh.


Tuliskan Pujian Atau Ucapan Baik Yang Membuat Anda Terkenang Hingga Saat Ini


Jika Anda pernah mendengar seseorang berbicara dengan Anda dan mengatakan bahwa, “kamu orang dengan talenta luar biasa.” Atau kalimat semacamnya yang membuat Anda terkenang hingga saat ini. Tuliskan saja. Kalimat pujian dan pengakuan akan diri Anda, itulah hal yang baik yang bisa kita ingat lagi dan lagi.

Tidak perlu menyertakan kejadian yang buruk atau menyedihkan setelahnya. Jika tidak diperlukan. Karena, ini saatnya kita memuji diri kita sendiri melalui ucapan atau pujian yang pernah kita dengar secara langsung atau tidak.



Tuliskan Apa Yang Sering Membuat Anda Sangat Mensyukuri Sesuatu Tapi Mungkin Bagi Orang Lain Tidaklah Seistimewa Yang Kita Rasakan



Pernah mengalami jatuh dan tercebur ke selokan tapi Anda selamat dari kecelakaan fatal? Ini yang dimaksud dengan hal kecil yang kita syukuri padahal bagi orang lain hal tersebut tidaklah istimewa. Sesuatu yang entah itu lucu atau justru memalukan, tapi membuat kita terhindar dari hal buruk tentunya membuat kita bersyukur saat itu.

Saya teramat bersyukur, ketika saya telah lulus dari sekolah dasar negeri, dimana sekolahnya ini terletak di Bekasi. Pada masa itu, sekolah SD ini termasuk sekolah yang bagi saya tidak layak. Memiliki atap yang bocor parah kala hujan turun. Tidak ada lampu, sehingga saya pernah ebtanas menggunakan lilin sebagai pencahayaannya.

Sekolah yang dahulu terletak di desa Rawa Lumbu tapi sekarang sudah berubah menjadi Kecamatan Rawa Lumbu. Dimana letaknya persis di bawah sutet. Dan saya teramat bersyukur usai menonton film Laskar Pelangi. Karena, sepanjang menonton saya sampai berteriak, “ih, kok sama sih. Saya pernah ngalamin juga!” Inilah hal kecil yang saya simpan dan saya syukuri hingga saat ini. Meski ini bukan prestasi yang WAH.



***


Dari lima hal di atas. Semuanya berkaitan dengan menulis. Kenapa? Dari banyaknya buku baik itu novel, memoir, biografi hingga science. Mengungkapkan bahwa menulis, dengan menggunakan pena atau pulpen atau pensil, di atas kertas atau buku. Merupakan sebuah terapi yang sangat baik. Terapi ini bukan hanya bagi mereka yang sakit. Tapi untuk semua orang dari semua kalangan.

Karena dengan menulis, otak kita bisa bekerja dengan maksimal dan mencegah pikun dini. Percaya atau tidak, bahkan terdapat perbedaan antara menulis dengan keyboard atau menulis dengan menggunakan tangan kita. Tentunya menulis dengan tangan kita sendirilah yang memegang peranan dan manfaat yang besar bagi diri kita sendiri. Jadi, tuliskan saja semuanya di atas kertas. Tanpa peduli apakah tulisan kita jelek atau bagus.


Kalau Anda, apakah punya beberapa hal yang sering Anda tulis setiap kali berada di titik terendah dalam hidup? Silakan berbagi di kolom komentar, jika berkenan. Siapa tahu bisa bermanfaat bagi yang lain. [Ipeh Alena]

No comments:

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.