Aktivitas Selama Menunggu Waktu Buka Puasa


Aktivitas Selama Menunggu Waktu Buka Puasa


Buka Puasa



Bulan puasa tahun 2018 ini, cuaca tampaknya sedang asyik-asyiknya untuk menjemur pakaian atau kasur. Meski terkadang diselingi hujan sekali atau mendung beberapa kali. Tentu ada efek yang sering dikeluhkan orang yang ada di sekitar saya : gerah. Mau bagaimana pun kondisi dan keadaan cuaca hari ini di tempatmu, memang sepatutnya tidak dimaki apalagi dicaci, sih. Baiknya disyukuri, meski sedikit ada keluhan “duh, gerah.”

Kali ini, saya melewati bulan Ramadan di tempat yang baru. Dengan wajah-wajah baru dan suasana yang baru. Apa yang dirindukan dari tempat tinggal yang lama? Posisi rumahnya, yang dekat dengan jalan utama dan tinggal lima langkah sudah sampai jika ingin membeli aneka makanan untuk berbuka puasa. Sementara di tempat tinggal sekarang ini, harus menggunakan kendaraan dulu untuk menuju tempat yang menyediakan aneka makanan untuk berbuka.

Tapi, rindu tinggallah rindu, dimana pun saya tinggal memang ada kondisi enak dan tidak enaknya. Tidak ada kondisi sempurna di dunia ini, betul? Hehehe. Itulah kenapa, aktivitas saya menjelang buka puasa juga sedikit berbeda. Yang sebelumnya jalan kaki berkunjung dari satu pedagang ke pedagang lain. Sekarang bisa sambil muter-muter dari satu perumahan ke perumahan lain sambil jalan-jalan dengan kendaraan bermotor.

Pun jalan-jalan dengan kendaraan, saya lakukan kalau sedang bebas waktunya. Kalau tidak, saya menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas lain yang setidaknya enggak begitu menguras tenaga.



1. Membaca Buku


Apalagi sih ya yang saya lakukan kalau sedang free time? Pastinya saya menghabiskan waktu dengan menikmati bacaan, apalagi karena saya punya target membaca tahunan, jadi membaca buku adalah pilihan tepat dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Saya bukan tipe pembaca yang hanya akan membaca buku-buku tertentu saja. Meski saat ini sedang berpuasa, saya tetap membaca buku-buku yang sesuai dengan selera saya. Kebetulan sedang tertarik menuntaskan beberapa buku klasik dan serial anak-anaknya Enid Blyton. Ada yang suka karyanya Eyang Enid? Toss...kita samaan.


2. Food Preparation



Sejak mengintip ide ini melalui Pinterest, saya sempat terpengaruh ingin ikut mempraktekkan ide-ide tersebut segera. Tapi, nyatanya saya menundanya terlalu lama hingga baru-baru ini saja saya memulai praktek agar kulkas di rumah lebih rapi dan juga saat memasak lebih efisien. Pun karena beberapa blogger sudah mulai melakukannya sehingga saya seperti terpecut semangatnya untuk ikut mempraktekkan Food Preparation ini.

Namun, saya tidak langsung mempersiapkan kotak-kotak yang digunakan untuk menyimpan sayur mayur atau bahan mentah untuk memasak lainnya. Karena sebenarnya, tanpa saya sadari, saya memiliki banyak sekali kotak makan plastik yang saya dapat setiap membungkus makanan dari tempat makan. Kebanyakan dari mereka menggunakan kotak makan plastik yang masih bisa digunakan kembali. Inilah yang membuat saya tambah semangat, tidak perlu membeli lagi, cukup menggunakan yang ada di rumah.

Karena itulah, saat menunggu waktu berbuka, saya manfaatkan waktu luang untuk membersihkan sayur mayur, bumbu dapur sampai ayam atau daging dan telur yang saya beli hari itu. Pun, karena saya tidak ingin ada bahan mentah yang terbuang akibat terlalu lama mengendap di lemari es, saya menjadualkan pembelian bahan mentah setiap tiga hari sekali. Itu pun harus dipastikan semua bahan diolah agar tidak ada yang terbuang dengan percuma. Selain membuat kulkas lebih rapi, nyatanya, menerapkan Foor Preparation ini memberi kemudahan untuk saya saat harus menyiapkan hidangan untuk makan sahur. Karena saya tinggal mengolah bahan yang sudah bersih dan siap untuk langsung dimasak tanpa perlu mengiris atau memotongnya lagi. Jadi, benar-benar efisien dan menghemat waktu.



3. Ngeblog, dong!



Biar selama Ramadan ini blog saya enggak sepi dan nanti usai lebaran tidak banyak sarang laba-laba yang menghuni. Ngeblog menjadi salah satu aktivitas yang juga bermanfaat untuk mengisi waktu luang, loh. Seperti mencari ide kira-kira apa yang ingin ditulis atau melakukan riset untuk tulisan agar tidak berisi informasi yang tidak valid. Dengan memanfaatkan waktu luang, apalagi untuk menulis atau ngeblog, rasanya menunggu waktu berbuka tidak akan terasa berat, terutama karena saat ini cuaca sedang panas-panasnya, bisa saja bayangan akan es buah atau bahkan sekadar air putih dingin bisa begitu menggoda, hehehe. Karena itu, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, insya allah bisa membawa energi positif untuk diri kita sendiri.


Kalau Anda, apa yang dilakukan selama mengisi waktu luang atau waktu senggang di bulan Ramadan? [Ipeh Alena]

2 comments:

  1. Ngeblog sambil dengerin musik kayaknya cocok nih mba buat nunggu waktu buka

    ReplyDelete
  2. hahhaa iye bener banget gan, ane biasanya sering ngelakuin poin 1 dan 3 hehhe

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.