Meningkatkan Ketajaman Gambar Dan Mengurangi Noise Pada Foto Dengan Photoshop Express


Meningkatkan Ketajaman Gambar Dan Mengurangi Noise Pada Foto Dengan Photoshop Express



Photoshop Express



Saya sering mendapati pengalaman foto yang saya ambil kurang tajam dan tampak pecah-pecah saat ditambah kecerahannya. Terutama pada foto-foto Macro dan foto yang pencahayaannya kurang. Sehingga, sangat menganggu jika ingin diunggah ke Instagram. Mau tidak mau, bantuan dari aplikasi untuk edit gambar sangat diperlukan. Agar foto yang diunggah memiliki tampilan yang mumpuni dan cukup.

Tentunya dalam mengubah foto menjadi sesuai selera itu memang tidak bisa diberi patokan begini dan begitu. Karena semua sudah berdasarkan selera masing-masing. Namun, ada baiknya agar dalam mengedit foto, disesuaikan sehingga justru tidak merusak tampilan foto aslinya, kecuali ingin menampilkan keunikan dan kreativitas tersendiri melalui editing gambar.

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang keunggulan aplikasi Photoshop Express ini yang memang diperuntukkan para pengguna gawai pintar. Kalau dahulu Photoshop hanya tersedia untuk tampilan dekstop, sekarang sudah menjangkau para pengguna telpon genggam sehingga mempermudah juga bagi mereka yang ingin menedit foto tanpa harus ribet memindahkannya ke Laptop atau Komputer terlebih dahulu.

Walaupun Photoshop Express sudah memiliki fitur yang mumpuni tapi saya tetap menggunakan Snapseed sebagai aplikasi penunjang jika dibutuhkan. Kedua aplikasi ini saya gunakan juga bersamaan dengan Phonto. Jadi saya selalu memakai tiga aplikasi ini secara bersamaan.


  • Snapseed saya gunakan jika butuh untuk memfokuskan objek tertentu sehingga tools Blur pada aplikasi ini sangat berguna.
  • Photoshop Express memiliki fitur Reduce Luminance yang mampu mengurangi noise pada foto.
  • Phonto saya gunakan untuk memberikan watermark atau sekadar menuliskan judul foto.


Kali ini saya ingin membagikan bagaimana langkah agar foto yang tampak kurang tajam dan sedikit ada noise bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi Photoshop Express. Silakan disimak hingga selesai, ya.



1. Siapkan foto yang ingin diedit dengan menggunakan aplikasi Photoshop Express. Pastikan juga kalau aplikasi ini sudah tersedia di gawai pintar Anda.

Photoshop Express


2. Buka aplikasi Photoshop Express, kemudian pilih foto yang ingin diedit.

Photoshop Express


3. Pada menu bagian bawah, klik ikon Tools

Photoshop Express


4. Pilih menu Sharpen, naikkan pengaturannya sampai maksimal. Saya mengaturnya hingga angka 150.


Photoshop Express


5. Pilih menu Reduce Luminance, ini berfungsi untuk mengurangi noise yang akan muncul jika over editing. Saya mengaturnya ke angka 27.

Photoshop Express


6. Setelah selesai, jangan lupa untuk menyimpannya melalui ikon Share kemudian Save Photo.


Photoshop Express



Kenapa saya memilih menggunakan Photoshop Express?


  1. Tentunya karena ada fitur untuk mengurangi noise pada foto.
  2. Fitur Sharpen-nya buat saya pribadi masih lebih halus dan lebih baik dari Snapseed yang menurut saya lebih kasar dan cenderung over.
  3. Ada dua pilihan untuk meningkatkan kecerahan yaitu Exposure yang meningkatkan kecerahan foto secara menyeluruh dan fitur Whites yang menonjolkan kesan putih pada foto.
  4. Banyak tersedia ragam filter yang bisa digunakan seperti Black & White filter, Potrait hingga Nature.
  5. Menyediakan kolase foto yang menarik dan unik.


Kalau Anda bagaimana? Lebih senang menggunakan aplikasi untuk mengedit foto yang mana? Siapa tahu nanti saya bisa mencoba juga, silakan dibagikan di kolom komentar. [Ipeh Alena]

4 comments:

  1. cakep euy hasilnya. aku baru tahu ada apps photoshop express ini, mba. hehe

    ReplyDelete
  2. Andalan saya masih Snapseed, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu, daku pun masih belum bisa pindah ke lain Snapseed. Eh pas ada, Snapseed dipake dan Photoshop dipake juga

      Delete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.