26 March, 2018

Plugins Wordpress Membuat Saya Ingin Beralih Platform Blog

Plugins Wordpress Membuat Saya Ingin Beralih Platform Blog



Hosting Murah Wordpress


Belakangan ini, saya mulai merasa mupeng dengan rumput tetangga :D. Maksudnya, saya jadi kepikiran ingin berganti platform blog ke Wordpress sejak mencoba mengenal betapa mudahnya penggunaan WP karena memiliki plugins yang banyak dan beragam. Bahkan untuk menyortir komentar-komentar yang masuk pun bisa melalui pengaturan dasar. Sementara di blogspot, setiap komentar tetap harus dimoderasi demi mengantisipasi masuknya komentar spam.

Selain itu, untuk media penyimpanannya karena memang tidak gratis alias harus membayar hosting. Alhasil setiap media yang disimpan akan otomatis tersimpan juga ke tempat penyimpanan yang tersedia sesuai pembelian. Enaknya, karena berbayar dan sesuai kapasitas, foto-foto yang disimpan untuk postingan tidak akan habis masa berlakunya.

Begini, ini pengalaman saya selama menggunakan blogspot, beberapa postingan yang terpasang gambar di dalamnya, dimana gambar tersebut diunggah langsung dari harddisk saya, mengalami seperti kadaluarsa sehingga gambarnya tidak tampil. Awalnya saya pikir ada masalah dengan postingan tersebut, tapi teranyata di banyak postingan yang lumayan cukup lama mengalami hal serupa. Akhirnya saya mencari jawabannya via google.

Dari kunjungan ke beberapa website baik itu blog maupun website mengatakan kalau storage atau media penyimpanan di blogspot itu ditempatkan di satu wadah yang sama dengan media penyimpanan seperti surat elektronik, Google Drive, Google Photos dan aplikasi lain dari Google. Otomatis, jika salah satu media penyimpanan sudah penuh justru akan memengaruhi media penyimpanan lainnya. Nah, pemikiran saya, ada kemungkinan foto-foto yang sudah tayang ini tak lagi berlaku karena media penyimpanan saya di Google sudah penuh. Itulah kenapa saya tengah asik melirik platform sebelah dan ada keinginan untuk pindah.

Selain Plugin dan Storage untuk penyimpanan yang disediakan satu paket dengan penyedia Hosting, hal yang membuat saya suka yaitu WP memiliki tema yang cenderung lebih beragam dan responsive, meski untuk blogspot sekarang pun sudah banyak tema yang responsive dan ringan, tapi entah kenapa saya masih saja melirik WP. Apalagi karena bentuk kotak komentarnya yang beragam tapi tidak menyulitkan dengan pilihan-pilihan ingin memasukkan komentar dengan menggunakan profile yang mana dan bagaimana. Jadilah semakin mupeng ingin pindah. Tapi... ada juga beberapa hal yang membuat saya sedikit ragu untuk melangkah.



Perlu Membuat Anggaran Untuk Domain Dan Juga Hosting



Jika sebelumnya saya cukup mengingat tanggal berapa jatuh tempo pembayaran Domain, mungkin saya juga harus bersiap menyiapkan dana untuk keperluan Hosting. Karena, jika ingin menggunakan Wordpress dengan fitur yang komplit dan lengkap, tentunya harus bersedia juga menggunakan jasa Hostingnya.

Untuk biaya Hosting Murah saya direkomendasikan layanan Niagahoster yang ternyata sudah berdiri sejak tahun 2013. Jadi, tidak diragukan lagi untuk masalah profesionalitas layanannya. Belum lagi, tersedia juga Paket Murah yang cocok untuk orang-orang seperti saya yang ingin belajar beradaptasi dulu dengan Wordpress. Nah, paket murahnya ini, per tanggal 26 Maret 2018 tersedia Paket Bayi yang harganya murah banget, cuma Rp 19.800 !!

Tersedia juga sih paket lainnya yang harganya juga tidak mahal, tapi untuk media penyimpanannya unlimited alias tidak terbatas. Cuma Rp 67.800 per bulan! Murah kan? Beli kuota internet aja segitu belum tentu bisa dapet unlimited, jadi sudah terbukti memang murah sangat, huahahahaha. Maka dari itu saya mulai menyiapkan diri, kira-kira apa saja yang harus saya persiapkan sebelum pindah platform.



Niagahoster



Backup Keseluruhan Data Di Blogspot 



Sebelum memulai langkah, saya tidak mau tergesa, oleh karena itu saya berusaha memastikan kalau semua konten yang ada di blogspot sudah ter-backup semuanya. Karena saya ada rencana untuk menutup tulisan di blogspot agar tidak terjadi duplikat konten. Meski ada juga yang menyarankan agar tetap mengaktifkannya sehingga tidak menjadi broken link. Tapi, saya masih bingung untuk hal ini, jadilah masih harus dipertimbangkan lagi.

Tapi, kalau masih ada yang bingung bagaimana caranya untuk backup dan restore data dari Blogspot ke Wordpress, jangan khawatir karena di Niagahoster tuh pelayanannya ramah dan mereka bisa cukup informatif dalam memberikan bantuan kepada pelanggannya. Jadi, meski saya kudet, mereka dengan sabar menjelaskan langkah demi langkah yang harus saya lakukan saat ingin Backup dan Restore data.

Kan, sayang aja gitu, sudah capek-capek nulis, tapi ternyata enggak semua konten dan kode widget ter-backup sepenuhnya. Tapi, sudah dihapus blognya, jadi susah deh ingin mengecek beberapa hal yang harus diangkut ke WP sebelum diaktifkan. Dan ternyata, pindahan platform juga membutuhkan usaha yang tidak mudah. Persis seperti pindahan rumah.



***

Jika masih sedikit ragu dengan Niagahoster, Anda perlu juga mengetahui kira-kira apa saja yang ditawarkan di penyedia Web Hosting ini serta hal lainnya termasuk penggunaan data centernya. Dilansir dari web Niagahoster, saat ini Niagahoster menggunakan Green Data Center Tier-4 DCI Indonesia berstandar internasional. Data center yang digunakan merupakan bagian dari Equinix, penyedia data center berkualitas tinggi terbaik di dunia dengan jaminan uptime hingga 99,999%.

Selain itu, di Niagahoster juga menjamin media penyimpanan yang kita miliki ini benar-benar terjamin keamanannya. Juga, bukan sekadar janji saja, dimana dikatakan tanpa batas tapi ternyata baru berisi beberapa mega byte saja sudah penuh. Niagahoster tetap menjamin kenyamanan para penggunanya sehingga tidak mengganggu aktivitas dan kinerja website mereka, karena itulah terdapat Fair Usage Policy atau kebijakan yang harus dipahami oleh pengguna dimana limit batas media penyimpanan yang tanpa batas ini, selama digunakan dalam batas wajar. 

Untuk layanan yang disediakan oleh Niagahoster ada banyak, seperti :
  • Domain
  • Shared Hosting
  • Cloud VPS Hosting
  • Transfer Hosting
  • Web Builder
  • Keamanan SSL / HTTPS
  • Program Afiliasi
  • Whois

Bagi yang tertarik mau mencari tambahan pendapatan, bisa gabung di program afiliasinya. Cukup mudah, kok. Dan termasuk adil dalam sistem kerjanya. Sementara untuk produk yang ditawarkan pun cukup beragam dengan harga paket yang lumayan murah. Apalagi bagi Anda yang ingin membangun toko online, portfolio website atau ingin membuat blog dengan platform wordpress, di Niagahoster ada beberapa pilihan produk lain yang patut dicoba, seperti :

  • Pembelian Domain : selain tersedia pembelian domain, juga tersedia layanan untuk mengubah tautan sosial media kita menjadi alamat website. Seperti : https://facebook.com/ipehalenanew diubah menjadi ipehalena.com, misalnya.
  • Pembelian Hosting Indonesia : ini seperti yang tadi saya sebutkan di atas, terdapat beberapa pilihan layanan dengan harga mulai dari Rp 19.000-an.
  • Layanan Hosting Wordpress : nah ini cocok buat yang ingin punya website dengan platform Wordpress, karena tinggal digunakan tanpa harus repot instalasi.
  • Email Hosting : layanan ini khusus untuk Anda yang ingin punya nama email dengan nama yang berbeda. Biasanya kalau kita membuat email gratisan di Gmail, tentunya akan ada embel-embel [at]gmail[dot]com, nah kalau menggunakan layanan ini, alamat emailmu bisa dicustom dengan nama domain atau nama bisnis, seperti kontaksaya@ipehalena.com, misalnya.


Kenapa Harus Pilih Niagahoster?


Webhosting di Niagahoster ini sudah dioptimasi dengan baik sehingga memiliki performa website dengan platform Wordpress yang baik.

Terdapat fasilitas CPanel yang dilengkapi dengan CloudLinux dan SpamExperts juga beberapa aplikasi yang bisa diunduh sehingga memudahkan pengguna dalam mengembangkan websitenya.

- Servernya cepat dan terpercaya karena menggunakan Green Data Center Tier-4 berstandar internasional milik DCI Indonesia dan menjadi bagian dari Equinix.

- Tim Supportnya siap selama 24 jam. Jadi, memudahkan Anda yang terbiasa kerja di malam hari, karena bisa menghubungi tim Niagahoster dengan media seperti Live Chat, Email serta Tiket Bantuan kapan pun dibutuhkan.

- Harganya memang lebih murah, bisa dicek paket hostingnya tersedia dari harga Rp 19.000-an. Dengan layanan yang cukup sesuai dengan yang ditawarkan.


***

Sebenarnya, saya pun memulai pindahan dan berpikir untuk serius ngeblog baru-baru ini saja. Setelah sebelumnya ngeblog di Multiply kemudian pindah ke Blogspot kemudian pindah lagi ke Tumbr dan setelahnya kembali lagi ke Blogspot bahkan sekarang ada keinginan untuk pindah ke Wordpress. Membuat saya berpikir sejenak, dimana pun platformnya tentunya memiliki tujuan yang ingin saya raih.

Kenapa saya mupeng ingin pindah ke platform Wordpress? Tentunya agar tidak ribet harus otak-atik koding, karena di WP sudah ada plugins yang membantu untuk mengatur semuanya menjadi lebih mudah. Setidaknya jadi lebih efisien dalam mengatur waktu. Apalagi belakangan ini saya sudah mulai semakin jarang bisa menulis untuk blog melalui komputer, seringnya melalui handphone.

Sepertinya, saya akan mencari-cari template yang murah meriah di Etsy, biar nanti tidak mengulur-ulur waktu saat ingin pindahan platform. Meski dari Niagahoster sudah disediakan pilihan template premium yang bagus, tapi tetap saja saya masih kepengen belanja, ahahaha. Oiya, kenapa saya memutuskan untuk membeli hostingan di Niagahoster? Karena harganya murah dan ada garansinya, sehingga kalau semisalnya ada banyak kendala yang membuat kepala pening, bisa diselesaikan dengan baik karena ada garansinya.



Niagahoster


Buat yang lagi mencari hostingan murah, segera kunjungi website Niagahoster. Mumpung lagi ada diskon untuk langganan selama setahun. Ada juga kok, diskon lainnya jika ingin mencoba layanan selama sebulan. Bebas. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung aja buka website Niagahoster https://www.niagahoster.co.id/ dan temukan layanan yang sesuai dengan keinginan dan budget.

Jika Anda seorang pengguna Wordpress, boleh tahu enggak apa saja yang kenyamanan yang dirasakan selama menggunakan platform ini? Silakan berbagi di kolom komentar, soalnya saya butuh juga masukan untuk persiapan pindahan, nih.

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar :) [Ipeh Alena].



HUBUNGI NIAGAHOSTER DI :

Telp : 0274-2920443
Senin - Minggu
24 Jam Non Stop

Jl. Selokan Mataram Monjali
Karangjati MT I/304
RT019 RW 042
Sinduadi, Mlati, Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55284

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih