5 Hal Ini Untuk Meningkatkan Produktivitas Selama Sebulan

5 Hal Ini Untuk Meningkatkan Produktivitas Selama Sebulan



Lakukan Hal Ini Untuk Tingkatkan Produktivitas



Saya sudah memiliki buku agenda sejak lama, berawal dari membaca sebuah buku dimana tokoh utamanya memiliki jadual yang rutin untuk aktivitas hariannya. Setelah itu saya kemudian mencoba membuatnya juga. Dulu saya menulisnya di atas secarik kertas yang saya tempel di dinding dekat meja belajar saya. Tapi, semenjak kuliah, saya memiliki buku khusus yang berisi segala hal di dalam agenda tersebut. Meski bukan coretan yang berisi curahan hati.

Anda pernah menonton film berjudul A Walk To Remember? Masih ingat momen dimana Jamie Sullivan membagikan isi di dalam buku jurnalnya di dalam mobil kepada Landon Carter? Nah, dari film ini saya jadi terinspirasi untuk ikutan menulis di dalam buku agenda beberapa tempat impian yang ingin saya kunjungi, buku-buku yang ingin saya miliki hingga film yang ingin saya tonton. Setelah itu, buku agenda saya isinya lebih bervariasi lagi.

Bagi Anda yang sedang ingin memulai menulis di buku agenda atau mengisi buku jurnalnya. Saya menyimpan beberapa hal yang cukup bagus juga kalau dimasukkan ke dalam jurnal. Apalagi tujuannya bisa untuk meningkatkan produktivitas, dimana saya juga sedang membutuhkan hal ini karena waktu ngeblog saya sedang terganggu dengan banyak hal jadi jarang menulis di sini. 


Hal-hal Yang Bisa Dimasukkan Ke Dalam Buku Jurnal Agar Semakin Produktif



1. Buat Monthly Goal Atau Target Untuk Sebulan


Ancang-ancang untuk target jangka pendek untuk sebulan, bisa membantu kita agar tetap fokus. Apalagi kalau ada hubungannya dengan kegiatan atau pekerjaan yang tengah dilakukan. Sehingga, pencapaian ini bisa menjadi pemicu agar tetap semangat dan ketika berhasil bisa membuat kita semakin bersyukur dan bangga dengan diri kita sendiri.

Semisalnya, bagi yang tengah ingin produktif menulis di blog. Saya ambil contoh seperti teman saya di grup whatsapp bernama Mugniar (narablog www.mugniar.com) yang memiliki Goal menulis 18 tulisan selama sebulan! Ini pernah dikatakan oleh beliau yang kemudian membuat saya tercengang. Pantas saja, beliau begitu produktif menulis sehingga blognya jarang sepi seperti blog saya. 

Untuk yang takut kebingungan mengisi blognya jika sudah punya target ingin rajin menulis selama sebulan. Bisa diatasi dengan mencari kata kunci atau tema yang ingin dibahas sebanyak-banyaknya. Semisalnya, ingin menulis sebulan sebanyak 15 tulisan, berarti mencari ide temanya harus lebih banyak dari 15, bisa 20 atau 25. Jadi, ketika sedang tidak mood untuk menulis tema A, bisa berlanjut ke tema D, begitu.


2. Buat Daftar Tugas Untuk Setiap Target


Persis sama seperti yang saya jelaskan di poin nomor 1. Dimana setiap target harus memiliki tugas-tugas yang jelas. Misal ingin punya target menulis 15 tulisan di blog, maka tugasnya selain mencari bahan ide tema, juga bisa mencari sumber di beberapa tempat. Sehingga, ketika sudah harus memulai progres pencapaian, Anda tidak bingung apalagi ribet mencari sumber yang sesuai untuk artikel. Karena sudah tercatat dengan baik tautan atau dimana bisa mendapat sumber yang valid. Jadi tinggal membaca, merangkum catatan penting kemudian mengolahnya menjadi artikel.

Kalau punya target ingin mengoptimasi sosial medianya, juga bisa dengan menentukan berapa banyak target unggah foto dalam sebulan? Semisalnya 30 foto, dalam artian sehari satu foto. Nah, untuk tugasnya, bisa dikombinasikan dengan mengikuti tantangan harian dari komunitas fotografi atau membuat daftar tema sendiri, misalnya hari pertama membahas tentang makanan, hari kedua membahas tentang gizi, dst. 


3. Buat Jadual Yang Teratur



Sebaiknya, setelah menuliskan beberapa target selama sebulan dengan daftar tugasnya masing-masing. Pisahkan setiap target tersebut ke dalam agenda mingguan. Tentunya ini untuk mempermudah dalam pencapaian hingga Anda bisa fokus dan tidak over-work. Apalagi biasanya kalau tengah terobsesi ingin meraih pencapaian agar sempurna, kita akan terlalu bersemangat sehingga lupa untuk melakukan hal lain yang tidak kalah pentingnya.

Itulah fungsinya untuk memisahkan setiap tugas tersebut dan membagikan ke dalam jadual mingguan. Agar Anda tetap bisa membagi dan mengatur waktu sehingga tidak kelelahan.


4. Gunakan Waktu Libur Dengan Baik



Kalau targetnya ingin bisa mempublikasikan tulisannya meski hari Sabtu atau Ahad, sebaiknya Anda gunakan sistem auto post yang tersedia di platform blog Anda. Ini memungkinkan Anda agar tetap bisa menikmati hari libur tanpa diganggu dengan target bulanan. Dengan menggunakan waktu libur dengan baik, justru bisa membuat semangat Anda kembali lagi dan Anda tetap bisa fokus. Dilansir dari buku Teach Like Finland, bahwa otak juga butuh istirahat sehingga waktu istirahat jangan digunakan untuk mengerjakan tugas agar otak bisa kembali berfungsi dengan baik dan mampu meningkatkan fokus dan produktivitas.


5. Atur Ulang Jadual Dan Buatlah Se-fleksibel Mungkin



Semisalnya saja Anda sudah membuat jadual yang rutin selama sebulan, kemudian ada kegiatan atau sesuatu yang dadakan, tenang.... Anda bisa mengatur ulang jadualnya. Sehingga setiap jadual yang Anda buat bisa fleksibel dengan kegiatan Anda dan aktivitas lain yang membutuhkan perhatian. 


***


Meski saya menggunakan buku agenda atau buku jurnal untuk memantau aktivitas saya selama sebulan. Tapi, saya masih sering lalai dan tidak terlalu ingin sama dengan jadual yang saya tulis, hehehe. Maklum, saya termasuk orang yang bosenan, jadi semisalnya hari ini dijadualkan untuk melakukan hal A, akan saya lakukan esok hari hal A tersebut. Hehehe, tapi menulis di buku agenda bagus untuk membantu saya mengenal diri saya dan mimpi-mimpi yang memang selama ini saya simpan. 

Apalagi bagi yang sering lupa seperti saya, menulis di buku agenda juga penting. Seperti menulis daftar pengeluaran wajib setiap bulan dari mulai membayar tagihan telpon genggam (karena saya pakai Halo) sampai membayar tagihan internet agar tidak lupa. Oiya, saya memang kurang begitu senang menggunakan aplikasi di handphone untuk pengingat seperti ini, karena saya tidak bisa mendesainnya sesuai keinginan, jadilah saya lebih nyaman menuliskannya di buku agenda.

Kalau Anda, kira-kira sering menulis atau menyimpan tempat yang ingin dikunjungi atau impian-impian yang ingin diraih dimana? Silakan berbagi di kolom komentar, siapa tahu bermanfaat untuk pembaca lainnya. [Ipeh Alena]




4 comments:

  1. Buat jabwal udh tapi kadang yang sulit itu supaya dawam dan gak males itu mba, hehe

    ReplyDelete
  2. wow hebat banget mba Mugniar bisa tentuin target 18 post dalam sebulan aku masih susah e mba hahaha..masih mood-mood'an banget

    ReplyDelete
  3. jarang nulis impian di note, lebih sering di hape nulis jadwal atau note2 lainnya..kalo hape hang udah deh hilang vcatatannya ya ><

    ReplyDelete
  4. Terkadang aku masih suka nulis di buku catatan yang tidak cuma 1, dan kadang lupa juga naruh. Pernah juga bikin jadwal ngeblog tiap hari beda tema. Tapi belum bisa jadi onsisten. Hiks

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.