19 February, 2018

Eksplorasi Jurnal Secara Bebas Dan Legal Di Google Scholar

Eksplorasi Jurnal Secara Bebas Dan Legal Di Google Scholar


How to use Google Scholar



Ipehalena.com - Ada yang sedang membutuhkan referensi bacaan jurnal yang banyak untuk kebutuhan menulis? Sudah pernah cari referensi bacaan di Google Scholar? Jadi, Google Scholar ini sudah ada sejak lama, saya bahkan tidak ingat kapan pertama kali menjelajah menggunakan Google Scholar. Seingat saya, dulu untuk mencari beberapa hal yang saya butuhkan masih sangat terbatas. Sehingga saya pernah meninggalkan lokasi harta karun ini beberapa tahun kemudian kembali lagi.

Awal-awal kembalinya ketika saya mencari bahan bacaan terkait penelitian Maslow. Seperti apa dan bagaimana, semua saya cari melalui Google Scholar dan voila.....saya mendapat banyak jurnal yang membahas mengenai hal ini. Baik yang pro bahkan yang sedikit kontra dengan analisa yang membuat kepala saya berdenyut. Maklum, ini memang bukan bidang keahlian saya, sehingga dibutuhkan banyak waktu untuk menelaah karena saya belum banyak belajar mengenai disiplin ilmu yang satu ini.

Sebenarnya di Google Scholar ini sendiri terdapat banyak hal, bukan hanya sekadar jurnal saja. Tapi ada juga referensi buku terkait, tesis, artikel sampai beberapa tulisan opini yang menarik dari banyak penulis. Entah itu ditulis dari tahun 70-an sampai saat ini. Itu pun bekerja sama dengan penyedia penyimpanan artikel, tesis, jurnal lainnya. Itulah kenapa dengan menggunakan Google Scholar tentunya bisa mempermudah dalam mencari yang dibutuhkan.


How to use Google Scholar



Apakah Bisa Membaca Jurnal Secara Bebas Melalui Google Scholar?


Jika dibanding seperti website-website penyimpan jurnal-jurnal, memang Google Scholar tidak memungkinkan kita sebagai pencari referensi untuk bisa langsung mendapatkan jurnal yang kita butuhkan. Ini letak kelemahannya memang, karena Google Scholar itu sendiri hanya memfokuskan teknologinya pada mesin pencarian khusus, bukan seperti Google search engine yang biasa kita gunakan.

Dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi mereka yang mencari bahan bacaan sebagai referensi tulisan, nantinya hasil dari pencarian tetap akan menuju website-website terkait yang menyediakan jurnal. Jika beruntung, terkadang ada beberapa website yang mengunggah jurnal tersebut ke dalam bentuk tulisan di website yang bisa kita baca secara gratis.

Jika dibandingkan mencari melalui Google Search Engine biasa, memang sedikit sulit karena bercampur dengan tulisan lainnya. Apalagi artikel yang ditampilkan di Google Scholar bukan sembarangan artikel, memang benar-benar sesuai untuk referensi bacaan.



How to use Google Scholar


Mengenal DOI Tulisan Penulis Di Internet



Kalau sudah mencoba mencari tesis atau jurnal di sini, mungkin sering melihat tulisan DOI yang kemudian berisi urutan nomor. Nah, DOI ini merupakan digital object identifier, sebuah nomor yang digunakan untuk memberi identitas lokasi publikasi tulisan tersebut di Internet. Persis seperti nomor buku atau nomor surat yang pernah kita lihat di perpustakaan.

Penomoran ini berfungsi agar tulisan-tulisan yang diunggah, meski memiliki judul yang sama, namun memiliki identitas yang berbeda. Dan ini penting untuk membedakan tulisan dari penulis yang satu dengan yang lainnya serta membedakan isi dari tulisan tersebut meski memiliki judul yang sama. Jadi, kalau sudah ketemu judul yang pas, kemudian membaca abstrak yang sesuai, jangan lupa dicatat nomor DOI-nya, agar nanti lebih mudah dicari kembali.



Apa Sebenarnya Fungsi Dari Citation?



Saat mencari referensi, tentu akan kita temui tulisan Cited by atau Citation. Sesuai dengan pengertiannya, bahwa Citation ini merupakan sekumpulan jejak yang memuat sebuah tulisan dengan tema atau judul yang sama. Semisalnya, Anda mengunggah jurnal di website A, kemudian ada beberapa penyedia website khusus jejak tulisan Anda sehingga tidak kehilangan sumber awalnya.

Meski sudah memiliki nomor DOI tentunya sebagai pencari referensi seperti kita akan membutuhkan juga sumber-sumber awal tempat sang penulis mengunggah tulisan mereka. Dari sinilah, kita juga akan tahu berapa banyak website yang menyimpan tulisan tersebut.


Bagaimana Mendaftar Di Google Scholar?


Tentunya, bagi Anda yang ingin mendaftar di layanan Google Scholar, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki akun Google. Baik itu akun Gmail atau akun fitur dari Google lainnya. Karena biasanya akan otomatis tersinkron sehingga kita bisa langsung menjelajah di sini. Kalau belum memiliki akun di layanan Google, silakan mendaftar di website Google.


How to use Google Scholar



Cara Menyimpan Jejak Dari Tulisan Yang Kita Sukai 



Setelah menemukan sumber yang sesuai, terkadang kita tidak ingin langsung membaca atau mengeksekusinya. Dan takut kehilangan sumber bacaan tersebut, maka Google Scholar memberikan fitur Save yang bisa kita akses melalui menu My Library. Dengan mengklik ikon bintang di bawah tulisan, hingga berubah menjadi warna biru. Kalau sudah, Anda bisa mengaksesnya kapanpun Anda inginkan. Lebih mudah dan menghemat waktu serta tanpa takut kehilangan catatan.


***

Bagaimana? Tertarik ingin mencoba eksplorasi dengan Google Scholar? Bisa diakses melalui https://scholar.google.com/ atau https://scholar.google.co.id. Sama saja, kok. Dan bagi saya, kalau sudah mencapai tingkat kebosanan paling tinggi, biasanya saya jalan-jalan ke berbagai tulisan di sini, entah itu untuk mencari referensi atau memilih bacaan yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir, menggunakan layanan ini bebas biaya, loh. Alias GRATIS. Sama seperti kita menggunakan Google Search Engine yang seperti biasanya.

Jangan lupa untuk merekomendasikan tempat ini kepada teman-teman atau keponakan atau justru anak Anda sendiri yang sedang membutuhkan bacaan terkait tulisan atau tugas dari tempat belajar mereka. Sehingga mereka mendapat banyak referensi yang menarik dan bisa menambah bacaan. Semoga bermanfaat!

4 comments:

  1. Terimakasih mba atas rekomendasi dan referensinya tentang jurnal,
    Saya malah baru tahu kalo ada google scholar :)

    ReplyDelete
  2. Layanan ini aku pakai waktu S2 dulu. Menbantu...

    ReplyDelete
  3. Waduh, saya kok baru tau ya ada google scholar ini, padahal saya termasuk orang yang update info, terutama tentang teknologi.........Terima kasih informasinya Mba

    ReplyDelete
  4. Ipeh di akun Gmail jg bs dikoneksikan ke Google Scholar. Klu ada artikel dg keyword yg kita butuh, ada alert di akun gmail

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih