15 February, 2018

6 Pemandangan Pantai Paling Istimewa di Jawa Tengah, Yuk Kita Jelajahi!

6 Pemandangan Pantai Paling Istimewa di Jawa Tengah, Yuk Kita Jelajahi!



Yang lagi butuh piknik karena merasa capek dengan rutinitas kerja, apa salahnya untuk menjajalkan waktu menikmati semilir angin laut yang selalu kompak bersama suara debur ombak? Ya, maksudnya pemandangan pantai!


Jenuh akibat aktivitas kerja kamu sangat bisa diganti dengan hangatnya pasir pantai yang selalu menyambut telapak kaki kamu.


Oleh karena itu, saya akan memberi alasan kenapa kamu harus datang ke 5 pantai di Jawa Tengah ini. Mari kita simak satu per satu!


1. Pantai Menganti di Kebumen

via kesiniaja.com


Pantai Menganti ini sudah dikenal sebagai suasana New Zeland.


Bagaimana tidak? Pemandangan pantai di sini akan menyuguhkan bukit hijau yang terasa asri. Maka kamu nggak perlu jauh-jauh datang ke Selandia Baru.


Cukuplah kamu pergi ke Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Di situlah Pantai Menganti menyambutmu.


Memang sih kamu harus melewati jalanan terjal dan berkelok terlebih dahulu sebelum menuju Pantai Menganti.


Namun, sesampainya kamu di Pantai Menganti, jalanan terjal dan berkelok tadi bukanlah masalah. Karena kamu akan berdecak kagum ketika Pantai Menganti sudah berada di depan mata.


Apalagi jika kamu melihat pemandangan pantai dari atas bukit. Serius, kamu nggak akan menyangkal keistimewaan yang disuguhkan! Malah kamu nggak akan berhenti untuk berdecak kagum.


Tapi jangan lupa! Mumpung lagi di Pantai Menganti, alangkah baiknya kamu menjajal salah satu perahu yang siap mengubah suasana tambah menyenangkan karena menikmati santapan laut segar khas Pantai Penganti.


2. Pantai Pecaron di Kebumen

via suarakebumen.com



Masih Pemandangan Pantai di Kebumen nih. Karena ternyata Kebumen punya banyak opsi Pantai yang perlu didatangi siapa saja, termasuk kamu.


Tapi apa bedanya dengan Pantai Menganti?


Yaitu Pantai Pecaron nggak seasri Pantai Menganti.


Namun, suasana beda satu ini hanya bisa kamu dapatkan di Pantai Pecaron. Yaitu keheningan. Hanya ada suara deburan ombak yang bisa kamu dengarkan.


Ini akan menjadi suasan menenangkan ketika kamu berada di Pantai Pecaron. Sebab suasana heningnya sangat bisa menghilangkan isi kepala kamu yang selama ini berkecamuk akibat perkerjaan atau hiruk-pikuknya suasana kota.


Suara debur ombak yang bergulungan di sini nggak akan membuat kamu takut kok! Malah bikin kamu ingin menatap gulungan ombak tersebut lebih lama.


Apalagi di sekeliling pantai terdapat pemandangan bukit hijau yang ditumbuhi pohon kelapa. Pemandangan terasa menyejukkan hati kamu.


Kenapa Pantai Pecaron sangat nyaman dan tenang? Karena letaknya tersembunyi dari Kebumen. Bisa dibilang masih jarang didatangi oleh wisatawan. Mungkin bisa jadi kamu baru tahu kalau di Kebumen ada Pantai Pecaron.


Oleh karena itu, yuk datang ke ke Desa Srati, Kecamatan Ayah, untuk menuju Pantai Pecaron!

3. Pantai Karang Pandan di Nusa Kambangan

via Job-Like.com



Yang katanya Nusa Kambangan hanya berisi tempat persakitan, ternyata enggak kok! Buktinya ada Pantai Karang Pandan yang siap menyambut kedatanganmu.


Potensi wisatawan di Pantai Karang Pandan nggak perlu kamu ragukan lagi. Karena Pantai Karang Pandan sudah terbilang menawan di hati para wisatawan yang datang.


Pantai ini memiliki pasir putih yang dikenal hangat. Gemuruh ombaknya juga dijamin tenang. Apalagi di sini terdapat dua pulau karang yang disebut sebagai Pulau Majethi yang sering digunakan untuk melakukan larung sesaji. Semacam ritual untuk upacara laut gitu.


Pulau Majethi beserta kegiatan budaya adat Jawa inilah yang menambah cantik pemandangan Pantai Karang Pandan.


Yuk, datang ke Cilacap, tepatnya di Nusakambangan!


4. Pantai Widarapayung di Cilacap
via bolehtanya.com



Masih di Cilacap. Tapi kali ini beda Pantai, dan beda juga suasananya dong!


Di Pantai Widarapayung, kamu bisa menjajal untuk lebih akrab dengan ombak pantai. Malah bisa dibilang kamu akan menaklukkan ombak!


Sebab kamu bisa bermain papan selancar yang bisa kamu sewa ke operator penyewaan papan selancar.


Di Pantai Widarapayung juga kamu bisa menyaksikan sisa-sisa dari bencana tsunami yang pernah terjadi di tahun 2006. Kamu tinggal datang saja ke sebuah tugu peringatan yang di bangun di sekitar Pantai.


5. Pantai Nampu di Wonogiri
via indonesia-tourism.com



Pemandangan Pantai Nampu juga terkenal menawan. Pasirnya putih, bersih, dan masih terjaga kealamiannya.


Ketika memasuki bibir pantai, kamu juga akan dipamerkan gugusan batu-batu karang yang cantik.


Bukan hanya itu, gulungan ombak yang akhirnya pecah di karang juga akan menyisakan buih-buih berwarna putih. Sangat terasa keelokan pantai Nampu di mata wisatawan.


Saran saya untuk kamu yang mau datang ke Pantai Nampu, bawalah camping untuk mendirikan tenda kecil supaya bisa puas ketika bermain seharian. Ajak juga keluarga untuk datang bersama.


6. Pantai Pailus di Jepara
via yukpiknik.com



Letak persisnya di Karimunjawa. Siapa coba yang meragukan pemandangan pantai-pantai di Karimunjawa?


Oleh karena itu, datanglah ke Pantai Pailus yang dikenal masih asri.


Serius loh! Pemandangan pantai di Pantai Pailus masih asri banget! Ini karena adanya peraturan dari pemerintah setempat yang melarang adanya bangunan yang didirikan di sekitar pantai. Ini yang membuat keaslian Pantai Pailus masih terjaga. Tak ada sampah di pasir putih atau di laut. Maka bisa dibilang Pantai Pailus dijamin masih perawan.


Kamu datang aja ke Pantai Pailus. Di sana kamu bisa sekalian menginap kok. Dan jangan salahkan saya ya ketika akhirnya kamu enggan pulang!






Itulah keenam pemandangan pantai di Jawa Tengah yang bisa kamu datangi sekaligus nikmati. Semoga selalu menjadi pengunjung yang baik dengan selalu menjaga lingkungan pantai supaya tetap alami.

3 comments:

  1. Kebumen beriman, Kebumen keren, Kebumen kucinta padamuu, uwuwuwuwuw.
    Hayuk Peh pan-kapan ke kampungku, jalan-jalan bareng. Aku yang orang Kebumen juga belum sempat menjelajah wisata di sana. Dulu masih nggak keurus, ternyata sekarang semakin bagus dan terkenal :)

    ReplyDelete
  2. Wah lengkap mba penjelasan tentang pantainya :D
    Yang paling deket sama tempat saya paling Widarapayung ,hehe

    ReplyDelete
  3. Kapan ya kesampaian mantai bareng Ipeh?

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih