Jalan-Jalan Menjelajah Wisata Hits Kota Pontianak


Jalan-Jalan Menjelajah Wisata Hits Kota Pontianak



Wisata Kota Pontianak






Saat saya kebetulan ditugaskan oleh big boss, untuk urusan administrasi kantor ke Pontianak, saya lalu browsing di internet. Pertama adalah memesan tiket pesawat Citilink murah di Website Airy. Lalu mengecek lokasi serta membuat jadwal pertemuan di kota ini.


Nah setelah urusan pekerjaan selesai, ada beberapa tempat yang sempat saya kunjungi saat kunjungan kerja selama 3 hari di Kota Khatulistiwa ini. Tempat wisata tersebut saat ini menjadi hits sebagai tempat wisata favorit. Nah, langsung kita simak bersama.


1. Taman Alun-Alun Kapuas



Wisata kota pontianak
Source : amazing-sights

Kata orang rasanya belum lengkap mengunjungi Pontianak bila belum mampir ke Taman Alun-Alun Kapuas. Lokasinya yang berada di tepi Sungai Kapuas ini, memang cocok sebagai salah satu tempat nongkrong anak muda Pontianak menjelang senja hingga tengah malam.


Saya pun menikmati embusan angin Alun-Alun Kapuas di sore hari, lalu menunggu terbenamnya matahari. Setelah itu melihat-lihat aktivitas di sekitar Sungai Kapuas, ada yang bersampan atau naik kapal ferry menyeberang ke Pontianak Utara. Selain itu, di taman ini juga menjadi tempat pelaksanaan berbagai acara seperti Lomba Layang-Layang, Lomba Meriam Karbit, Festival Budaya Bumi Khatulistiwa.


2. Kampung Beting



Wisata kota pontianak
Source : flickriver



Kampung Beting adalah sebuah kampung dari peradaban Kota Pontianak di masa lalu yang masih dijaga hingga kini. Kampung Beting berlokasi di daerah pertemuan antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak, Kecamatan Pontianak Timur. Kampung ini dibangun di atas sungai dan rumah-rumah dihubungkan dengan jembatan kayu.


Pemandangan tersebut justru terlihat bagaikan lukisan yang eksotis. Kehidupan keseharian masyarakat yang tinggal di kampung tepi sungai ini banyak melibatkan sungai, seperti mandi, mencuci hingga transportasi menggunakan sampan untuk menyeberang ke Kota Pontianak.


Saya pun menggunakan sampan umum untuk melihat Kampung Beting ini, melintasi Sungai Kapuas. Memang benar kata orang bila belum melihat Kampung Beting ini, berarti belum melihat Kota Pontianak. Ini karena Kampung Beting mempunyai nilai sejarah. Meskipun keberadaannya bagi warga saat ini abu-abu, banyak orang melihat Kampung Beting ini dari sisi gelap dan terangnya.


Sebagai kampung tertua di Pontianak, pemerintah berusaha melakukan penataan sehingga kawasan ini tidak kumuh. Selain itu bisa membuat kawasan pinggir sungai ini menjadi tempat wisata, agar dapat memberi nilai ekonomis pada warga setempat.



3. Rumah Betang dan Radakng


Wisata kota pontianak
Source : borneochannel


Saya penasaran ingin menyaksikan dua rumah adat Suku Dayak yang ada di Kota Pontianak. Rumah adat pertama adalah Rumah Betang yang berada di Jalan Sutoyo Pontianak Selatan, serta yang lainnya adalah Rumah Radakng terletak di Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru Pontianak.


Replika Rumah Betang Pontianak di Jalan Sutoyo yang dibangun sekitar tahun 1977 merupakan aset pemerintah Kalimantan Barat. Rumah Betang ini berfungsi sebagai pengembangan budaya dan tempat menyalurkan aspirasi seni dan budaya kreatif masyarakat. Rumah ini pun dimanfaatkan sebagai tempat latihan tari dan olah suara oleh banyak sanggar kesenian Dayak.


Sedangkan Rumah Radakng dibangun karena ukuran Rumah Betang dianggap kurang mencukupi. Rumah adat Dayak ini berlokasi di kawasan perkampungan budaya, Jalan Sutan Syahrir. Dengan ukuran 138 meter dengan tinggi 7 meter, Rumah Radakng dianggap sebagai replika rumah adat terbesar di Indonesia.


Itulah 3 tempat yang menjadi hits di Kota Pontianak sebagai rekomendasi Anda saat berkunjung ke kota ini. Selain murah dan dapat dijadikan wisata pendidikan, tempat wisata tersebut juga sangat instagramable loh. Jadi sepertinya tidak ada alasan untuk tidak pergi kesana kan? Jangan lupa cek harga tiket pesawat ke Pontianak di website Airy sekarang juga!

2 comments:

  1. kalo main ke Kalbar pengen juga berkunjung ke perbatasan, Tapi berkunjung kerumah ada juga seru apalagi sampai bisa melihat rumah Radakng yang ukuran nya besar bisa di jadikan alternatif buat trip singkat ke Pontianak

    ReplyDelete
  2. Yeay, Pontianak! Tahun lalu sempet mampir ke kota itu, cuman seharian aja gegara nunggu flight malam.
    Tapi lumayan, sempet ke Tugu Khatulistiwa, Rumah Radakh dan Istana Kadariyah.
    Dan kulinernya? Aduuh endes semua! Harus punya space yg banyak di perut, haha!

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.