Wisata Edukasi Bersama Keluarga Yang Murah Meriah Tapi Tetap Menyenangkan

Wisata Edukasi Bersama Keluarga Yang Murah Meriah Tapi Tetap Menyenangkan





Pernah terlintas keinginan untuk eksplorasi wilayah pulau Jawa bersama dengan keluarga? Tentunya jika itu harus mengikut-sertakan anak-anak Anda yang mungkin masih kecil, memang dibutuhkan informasi yang sangat lengkap demi mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Semisalnya tempat yang terlalu curam sehingga berbahaya jika membawa anak-anak, atau sistem perlindungan untuk mencapai tempat tersebut tidak terawat dengan baik. Tentu akan mengkhawatirkan dan membuat suasana liburan menjadi tidak menarik lagi.

Saya mengenal seorang blogger, beliau tinggal di Tuban, Jawa Timur. Seorang Ibu dari 3 anak lelaki, bernama Nur Rochma. Hal yang senantiasa membuat saya teringat oleh beliau adalah Rekreasi Alam Dengan Keluarganya. Apalagi, Mba Rochma ini termasuk yang sering membagikan foto-foto hasil perjalanannya di beberapa kanal sosial yang saya ikuti.

Foto yang Mba Rochma ambil selalu tampak unik di mata saya. Bahkan terkesan dramatis dan mampu menyampaikan sebuah cerita yang mungkin tidak disadari jika hanya memandangnya sekilas. Selain membagikan foto-foto hasil perjalanannya bersama keluarga. Beliau juga kerap membagikan foto makanan. Jadi, ada dua hal yang beliau senangi sekali : Makanan dan Jalan-jalan. Siapa yang tidak suka??? Saya juga suka. Betul...betul...betul.


Wisata Ke Museum Selain Mengasyikkan Juga Memberi Edukasi Pada Anak-anak



Saya termasuk orang yang senang sekali kalau diajak ke museum. Bahkan, sekitar tahun 2014 / 2015, memutuskan untuk mengunjungi museum di Taman Mini Indonesia Indah satu hari satu museum. Keinginan ini demi menikmati dengan tenang dan santai apa saja yang ada di dalam museum, jadi benar-benar tereksplorasi dengan optimal.

Selain mengunjungi beberapa museum di TMII, tentunya saya juga menyempatkan diri berkunjung ke Museum di dekat Kota Tua. Meski sayangnya, tidak semua museum saya kunjungi. Bahkan bangunan gedung POS di Kota Tua saja baru saya masuki ketika acara Asean Literary Festival diadakan. Kalau tidak, mungkin saya tidak pernah masuk ke gedung tersebut.



Ternyata, kegemaran mengunjungi museum juga dilakukan oleh Mba Rochma dengan mengajak anak-anaknya. Dalam tulisannya berjudul "Ada Gerbong Maut di Museum Brawijaya ", mba Rochma menyeritakan pengalamannya mengunjungi museum ini. Menurutnya, meski mengunjungi museum yang berisi barang-barang peninggalan sejarah dan tidak tersedia taman bermain. Tetap saja, merupakan wisata edukasi yang dapat meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak.

Ada satu pesan yang beliau sampaikan dalam tulisannya, ini penting setiap kali mengajak anak-anak mengunjungi museum : Membawa anak-anak ke ruang pajang benda-benda sejarah ini mesti hati-hati. Anak-anak bisa saja penasaran dan tiba-tiba memegang benda yang dipajang. Padahal sudah jelas ada tulisan yang melarang pengunjung untuk memegangnya. 



Mengunjungi Pelabuhan Dengan Anak-anak Tetap Menyenangkan



Boleh jujur? Saya loh belum pernah sama sekali mengunjungi pelabuhan. Sewaktu hendak pergi ke Anyer, saya pernah melewati beberapa pelabuhan kecil yang terletak di pinggir pantai di sepanjang jalan menuju hotel di Anyer. Itu pun tidak ada Kapal Lautnya, hanya tempat yang cukup besar seperti jalanan yang lebar. 

Sepanjang perjalanan menuju Hotel, saya menyenandungkan lagu anak-anak. "Lihatlah sebuah titik jauh di tengah laut. Makin lama makin jelas bentuk rupanya. Itulah Kapal Api yang sedang berlayar...." Baiklah, saya tidak sedang mempromosikan sebuah merk kopi, tapi benar-benar tengah senandung karena teringat dengan ke-kudet-an saya yang tak pernah menjejakkan kaki di pelabuhan.

Di tulisan Mba Rochma berjudul "Ada Apa di Surabaya North Quay ", beliau merekam kunjungannya ke pelabuhan tempat bersandarnya kapal pesiar internasional. Astaga, semenjak saya dibolehkan menonton film Titanic, sampai sekarang, saya hanya mampu melihat kapal pesiar dari layar televisi atau layar kamera (dalam bentuk foto) saja. Huwah! 

Tentu saja, tulisan mba Rochma yang satu ini membuat saya berkedut-kedut. Ah, betul juga, mengajak anak-anak untuk mengunjungi pelabuhan tentunya bisa membuat mereka tidak kudet. Minimal ketika besar nanti mereka ditanya, apakah sudah pernah melihat kapal pesiar dan berkunjung ke pelabuhan, mereka bisa menjawab dengan percaya diri : PERNAH DONG! 

Wisata edukasi dengan mengunjungi pelabuhan juga mengenalkan anak-anak pada ragam profesi yang ada di sana. Tentunya dengan begitu mereka bisa terbuka pikirannya pada banyak hal yang ada di sekitar mereka. Ternyata perihal tentang "Orang Kurang Piknik" itu ada. Karena saya termasuk salah satunya, yang kurang piknik, pikniknya kurang jauh dan kurang berfaedah, sampai-sampai melihat foto-foto hasil kunjungan mba Rochma saja sudah excited!

Jadi... ada yang mau ngajak saya melihat bentuk pelabuhan???


Tips berkunjung ke pelabuhan dari Mba Rochma : Agar lebih menyenangkan, sebaiknya memilih hari libur saja. Suasana di jalan menuju pelabuhan cukup lenggang karena truk libur juga. Lalu, di SNQ, saya tidak tahu di hari-hari biasa lebih padat atau sebaliknya.  Namun, di hari libur seperti ini membuat saya dan anak-anak merasa leluasa saja.



Rekreasi Sederhana Tapi Tetap Menyenangkan Bersama Keluarga



Saat saya mampir ke tulisan " Sejenak, di Balaikota Among Tani, Batu ", seketika saya berpikir, Mba Rochma ini benar-benar kreatif, ya. Baginya eksplorasi tempat itu tidak harus merogoh dompet yang dalam, sedalam samudera #eeaa. Bahkan Balaikota pun tidak luput darinya, sampai-sampai tulisan ini membuat saya berpikir lagi dan lagi. Sudah seberapa banyak saya mengenalkan kota Bekasi dan tempat-tempatnya selama ini? Sedikit sekali tentunya, bahkan tidak ada seujung kuku dari mba Rochma.

Tentunya, berkunjung ke Malang memang impian saya. Karena saya baru sekali menginjak kaki di Malang, itu juga hanya beberapa jam saja. Dan baru melihat gedung kampus Muhammadiyah yang kemudian membuat saya melongo dan terasa sekali kurang pikniknya, ahahahaha. Bagaimana enggak? Lah itu gedungnya ada bagus banget, sampai saya ingin sekali saat itu, turun dari mobil dan masuk ke pekarangannya demi menjeprat-jepret di sini. Sambil ingin juga mengelilingi kampus ini.

Nah, yang menurut mba Rochma itu menarik dari Balaikota ini tuh :  melihat taman cantik seperti ini, mata yang capek karena perjalalanan jauh jadi seger kembali. Ada sepeda yang dipenuhi dengan sekelompok bunga warna-warni. Juga gerobak yang penuh bunga. Spot seperti ini yang sering dipakai untuk selfie. 


Jadi, kira-kira kalau ke Malang nanti, Anda ingin mengunjungi Balaikota Among Tani di Batu juga kah? Saya mau banget!



***

Jadi, setelah blogwalking ke blog Mba Rochma, apa yang saya dapat? Tentunya perasaan semakin ingin PIKNIK itu membesar. Ahahaha. Tapi, hal lainnya yang kemudian saya sadari, ternyata tempat yang mungkin bagi orang lain bukan hal yang menarik. Namun, tempat tersebut justru memberikan banyak manfaat bagi pengunjungnya. Salah satunya Pelabuhan yang mungkin tampak tidak menari, tapi ternyata banyak hal yang bisa diceritakan bagi anak-anak.

Bagi yang ingin mengetahui tempat-tempat rekreasi lain, bisa langsung mengunjungi blog mba Rochma. Atau mungkin ingin mengikuti akun kanal sosialnya, silakan di cek informasinya di bawah ini.


Nur Rochma

Blog : https://www.nurrochma.com
Instagram : http://instagram.com/nurrochmaningrum
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC0nzuJNjb0znTWSIIl_0wBw




4 comments:

  1. Kalo blognya Mbak Rochma memang saya jadikan acuan Mbak..Soalnya bisa saya jadikan referensi jalan saat mudik ke Jawa Timur. Pokoknya info travelingnya t o p b g t... dah...

    ReplyDelete
  2. setuju :) aku juga suka jadiin pedoman buat jalan-jalan pas lebaran :D

    ReplyDelete
  3. Museum TMII belom pernah terakhir ke TMII aja pas TK wkwkwk lahdalah :P

    uda lama ni ga berkunjung ke blog mb Rochma jadi diingetin nih mba :)

    ReplyDelete
  4. Makasih banget mba Ipeh. Sampai aku kehabisan kata2. Sukses terus ngeblognya.

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.