Pesona dan drama para produsen kain batik nusantara

Pesona dan drama para produsen kain batik nusantara




Kain batik merupakan karya pengrajin lokal yang disukai banyak orang. Selain unik karena dibuat satu per satu, batik memiliki motif bervariasi. Bahan ini juga dapat dijahit menjadi beragam model pakaian menarik.


Potensi kain batik di beragam daerah di Indonesia



Setiap daerah di Indonesia memiliki karakter dan budayanya sendiri. Kain batik adalah salah satu produk budaya kesenian yang hampir dimiliki setiap daerah. Motif dan cara penulisannya beragam di tiap tempat. Hal ini dikarenakan motif yang dibuat merupakan simbol sejarah dan karakter masyarakat setempat.


Cirebon terkenal dengan motif mega mendung yang dijadikan lambang kota. Motif tersebut berupa garis-garis awan berbentuknya lancip, lonjong, dan segitita. Mega mendung terinspirasi dari budaya Cina. Garis-garis pada motif itu melukiskan simbol perjalanan hidup manusia dari akhir hayat. Coraknya menggambarkan kepemimpinan dan kesuburan.


Betawi memiliki khas berwarna cerah. Banten terinspirasi dari artefak. Solo terkenal dengan Sidoluruh dan Sidomukti. Pekalongan membuat batik yang memiliki nilai sejarah, berkaitan dengan zaman kolonial Belanda. Keberagaman kain batik dari beragam daerah ini merupakan potensi yang perlu dikembangkan.




Meski kain batik populer, pengrajin asli tetap sulit memasarkan barang



Bila kita perhatikan gaya fashion modern, banyak desainer memadukan batik dengan model karyanya. Ini menunjukkan popularitas batik tidak pernah surut. Dengan begini, pengrajin seringkali diasumsikan tidak punya masalah dalam memasarkan produknya.


Namun, kenyataannya pengrajin asli yang berada di daerah tetap kesulitan memasarkan barang. Kenapa? Pertama, banyak reseller produk memenuhi pasar. Pengrajin menjadi sulit bersaing. Sekalipun barangnya dibeli oleh reseller, harga yang didapat pengrajin akan lebih kecil dibandingkan harga jual.


Diperlukan pemotongan rantai pemasaran supaya pengrajin bisa langsung bertemu konsumen. Namun, kendala utamanya adalah jarak. Biasanya pengrajin tinggal di daerah masing-masing, sementara konsumen dapat berada di daerah manapun.





Kelebihan belanja kain batik di pasar ecommerce




Berkaca dari masalah di atas, salah satu solusinya adalah toko online. Jarak bukan lagi jadi masalah dan pengrajin bisa memasarkan barangnya dengan leluasa. Pembeli juga pendapat banyak keuntungan dari belanja online. Apa aja sih?


1. Tidak perlu repot keluar rumah karena barang dikirim lewat jasa pengiriman barang. Akan ada ongkos kirim, namun anggap saja seperti ongkos yang dibutuhkan kalau belanja langsung. Barang akan langsung dikirim ke depan rumah.


2. Seringkali toko online memberikan promo pada pelanggan. Untuk mengetahuinya, gak perlu jauh-jauh ke toko, cukup menyalakan notifikasi pada ponsel.


3. Seringkali konsumen toko online lebih bijak berbelanja. Biasanya sebelum membayar, akan ada pertimbangan kedua sebelum benar-benar membeli.


4. Waktu jadi lebih hemat karena belanja bisa dilakukan di manapun.


5. Dapat membandingkan harga antar toko online dengan lebih praktis. Kalau di toko offline, kita perlu berkeliling dulu.


6. Beberapa toko sering memberikan kupon atau point reward, jadi untuk perbelanjaan selanjutnya bisa lebih hemat.


7. Ada toko online yang memberikan voucher pada pengguna baru.




Belanja kain batik di Qlapa dengan mudah dan untung



Qlapa adalah inovasi ecommerce yang menghubungkan pengrajin dan pembeli secara online. Barang yang dijual di sini semuanya handmade. Barang dikirim langsung dari pengrajin, tidak melalui reseller. Jadi, harganya relatif lebih terjangkau.


Ada ribuan barang tersedia di sini. Beragam kain batik di qlapa.com dari beragam daerah dan model juga tersedia. Bila ingin punya batik satu satunya di dunia, tersedia fitur kustomisasi. Pembeli bisa memesan produk sesuai keinginannya pada pengrajin.


Jangan khawatir soal kualitas. Situs ini menyeleksi barang yang dijualnya. Jadi kemungkinan terjadinya pembelian mengecewakan akan sangat kecil. Bila masih ragu, situs menyediakan fitur rating dan ulasan dari pembeli sebelumnya pada setiap item barang. Fitur ini dapat dicek setiap kali hendak membeli produk.


Proses pembayaran juga sangat aman. Uang yang dikirim konsumen gak langsung masuk ke kantong pengrajin. Situs menyimpan uang selagi menunggu konfirmasi penerimaan barang dari pembeli. Bila barang telah sampai, situs meneruskan uang tersebut ke pengrajin.







Kisah sukses pengrajin kain batik


Salah satu pengrajin yang sukses memperluas market melalui Qlapa yaitu Ria Rose Batik. Merek kain batik asal Yogyakarta ini sukses meniti bisnisnya hingga seperti saat ini. Brand ini didirikan oleh Ria, putri dari Bapak dan Ibu Rusli, pasangan pioneer batik kontemporer Yogyakarta.


Rusli dan istrinya telah menjadi pengrajin batik selama 35 tahun. Selama itu, beliau telah mengembangkan berbagai teknik membatik. Salah taunya adalah dengan membentangkan kain dalam melukis. Fokus beliau memang pada batik tulis. Objek yang dilukisnya berasal dari memorinya akan pemandangan daerah Yogyakarta. Hal ini menjadi salah satu khas batiknya.


Ria sendiri mulai tertarik akan apa yang dikerjakan orangtuanya sejak SMP. Kemudian dia mulai belajar di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) membangun brand ini tahun 2008. Nama bisnisnya awalnya Ray’s Batik, kemudian diubah jadi Ria Rose Batik. Gak cuma produksi kain, tapi juga tas dan jaket. Ada banyak teknik yang digunakan, sehingga produk yang dihasilkan menjadi unik.

3 comments:

  1. Batik Pekalongan? Iya bener sekali, pengrajin lokal harus perlahan 'go public'

    ReplyDelete
  2. Jadi sekarang lebih gampang ya kalau mau beli batik

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.