Earthquake Survival Guide : Hal Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa

Earthquake Survival Guide : Hal Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa



Earthquake Survival Guide


Seminggu ini, sudah tiga kali gempa mengguncang kota Jakarta hingga ke Bekasi, dimana pusatnya terletak di Banten. Kondisi ini cukup mengejutkan banyak orang, hingga karyawan yang berada dalam gedung, sampai pengunjung pusat perbelanjaan spontan segera keluar dari gedung. Bencana alam ini, bukan hanya ramai diperbincangkan, tapi juga ramai dengan berita hoax aka berita bohong.

Pasalnya, belum ada satu alat pun yang mampu mendeteksi apakah akan ada gempa susulan atau gempa yang lebih besar. Ini semua benar-benar rahasia alam yang hanya diketahui oleh Sang Maha Pencipta. Tidak percaya? Silakan bertanya pada para ahli. Karena alat yang ada saat ini, baru bisa merekam terjadinya pergeseran kerak bumi justru di saat yang sama. Bukan sebelumnya. Jadi, kalau ada berita tersebar bahwa akan terjadi gempa dan tsunami endebla endeble, sebaiknya tidak perlu dipercaya.

Fasilitas Internet dan keberadaan kanal sosial saat ini sudah benar-benar digunakan dengan sangat optimal oleh pemerintah. Dalam hal ini, jika ingin mengetahui terkait bencana baik itu banjir, gempa bumi sampai hujan, bisa langsung mengunjungi twitter @InfoBMKG karena akurat dan benar-benar dari sumber terpercaya.

Tanggal 26 Januari 2018 ini, sempat terjadi guncangan sebentar yang ternyata memang terjadi gempa dimana pusatnya sama yaitu di Banten. Dan ternyata, di wilayah California juga terjadi gempa dengan skala yang lebih besar yaitu 8.2. Ada banyak korban akibat bencana alam ini, hingga peringatan akan bencana lainnya yaitu Tsunami.


Jadi, apa yang harus kita lakukan saat terjadi gempa? 



Earthquake Survival Guide


Earthquake Survival Guide



1. Tetap Tenang Saat Terjadi Gempa



Di Jepang, sebagai wilayah yang cukup sering dilanda gempa hingga beberapa tahun yang lalu sempat dilanda tsunami. Membuat para warganya cukup paham dengan apa yang harus mereka lakukan jika terjadi gempa. Bahkan, semenjak tragedi Tsunami di Aceh beberapa tahun silam, ini pun membuat pemerintah daerah mengadakan pelatihan bagi warganya agar mampu menolong diri mereka sendiri saat terjadi gempa.

Pelatihan saat terjadinya bencana ini sebenarnya penting sekali. Untuk meminimalisir terjadinya hal yang justru menimbulkan sesuatu yang tidak kita inginkan. Jika Anda ingin mengetahui seberapa besar guncangan gempa, bisa mengunjungi museum di Taman Mini Indonesia Indah. Di salah satu museumnya (Iptek) terdapat wahana simulasi gempa yang bisa membuat kita berlatih jika terjadi gempa.

Namun, ada satu hal yang memang wajib kita lakukan saat terjadi bencana yaitu TETAP TENANG. Kepanikan dapat membuat nyawa Anda melayang. Begini, misalnya terjadi gempa di saat Anda berada di lantai tiga. Kondisi seperti ini biasanya menuntut semua orang yang berada di lantai tiga untuk turun menggunakan tangga darurat. Jika Anda panik, maka serangan panik ini akan menular pada orang lain yang juga tengah berusaha menyelamatkan diri mereka.



Ini dinamakan Pengaruh Keramaian. Jika kepanikan melanda hampir semua orang yang tengah berusaha menyelamatkan diri mereka, bisa didapati banyak insiden yang tidak mengenakan. Salah satunya dimulai dari dorong mendorong agar bisa cepat sampai ke luar gedung. Dari mendorong satu orang, tentunya bisa menyebabkan orang lain terjatuh dan menimpa orang yang lainnya lagi. Sehingga timbul kegaduhan yang justru menjadi penghalang orang-orang yang ada dalam gedung untuk bisa menyelamatkan diri mereka, keluar dari gedung, tepat pada waktunya.

Hal di atas sebagai contoh, bahwa satu saja orang Panik dan berbuat sesuatu yang menyebabkan kegaduhan hingga mampu menyelakai orang lain. Mampu membuat penularan kepanikan yang sama. Kadar histeria ini bahkan bisa menyebabkan orang meninggal karena serangan panik. Jadi, tetaplah berusaha tenang, fokus pada instruksi dan tujuan.



2. Tetap Berada Di Dalam Ruangan



Saat terjadi gempa, selain harus tetap tenang, jika Anda berada di dalam ruangan atau gedung. Sebaiknya tetap berada di dalam selama guncangan. Posisikan tubuh Anda dengan posisi Merangkak. Ini guna menstabilkan tubuh Anda agar tidak terjatuh. Kemudian jauhi pintu, benda-benda yang dapat terjatuh dan mengenai kepala Anda (seperti lampu gantung), juga lindungi kepala dan leher Anda. Ada baiknya juga untuk bersembunyi di bawah meja yang cukup kuat selama guncangan.


3. Jika Berada Di Luar Ruangan Atau Gedung


Ketika terjadi guncangan gempa, saat Anda berada di luar ruangan atau gedung, sebaiknya tetap pada posisi Anda. Namun, jauhi jendela, pintu atau benda-benda seperti tiang listrik dan pohon yang rapuh. Carilah tempat yang cukup luas sehingga Anda bisa berlindung di tempat tersebut selama guncangan. Posisi saat terjadi gempa di luar ruangan yaitu Telungkup atau merebahkan tubuh Anda ke tanah. Ini merupakan posisi yang disarankan oleh Livescience yang bekerja sama dengan Center for Disease Control And Prevention.


4. Saat Berada Di Dalam Kendaraan


Jika Anda tengah berada di dalam kendaraan saat terjadi gempa. Parkirkan mobil Anda di tempat yang jauh dari rambu-rambu. Juga jangan sampai Anda memarkirkan mobil di tempat mobil lain melaju. Posisikan mobil Anda agar benar-benar aman dan juga tidak mengganggu kendaraan lain yang bisa saja pengendaranya tengah mengalami panik.

Tetaplah berada di dalam mobil selama guncangan. Kalau bisa, jauhkan juga dari tiang listrik, namun jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan pernah mencoba untuk keluar apalagi menyalakan barang atau benda yang berpotensi mengantarkan listrik. Karena bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Sebisa mungkin, saat terjadi guncangan, tetaplah di tempat Anda di lokasi yang cukup lapang.

Namun, ketika Anda tetap harus menjalankan kendaraan Anda, untuk menepi misalnya. Pastikan jalanan yang Anda lewati bukanlah jalur retakan. Hindari juga melewati jembatan selama guncangan terjadi.


5. Usahakan Meletakkan Pakaian Tambahan Di Dekat Anda


Ini khusus untuk yang mengenakan jilbab. Sewaktu terjadi gempa di Bali, seorang penulis buku bernama Valiant Budi, beliau menyeritakan bahwa ada baiknya untuk menaruh baju atau jilbab atau gamis di tempat terdekat yang mudah dijangkau. Kejadian saat terjadi gempa, yang membuat Vabyo - demikian akrab disapa - harus keluar dari rumah dalam keadaan tanpa mengenakan baju.

Dari pengalaman itulah dirinya menyarankan agar kita menyiapkan pakaian dalam jangkauan yang mudah, agar saat terjadi hal yang mendadak, Anda akan mudah mengambilnya. Terutama untuk para muslimah, bisa dengan meletakkan mukena atau gamis lengkap dengan jilbabnya di tempat terdekat. Sehingga saat Anda harus keluar dari ruangan, Anda sudah siap tanpa merasa malu.


***


Yang namanya bencana alam, kita sebagai manusia memang tidak dapat mengetahui kapan tepatnya hal itu terjadi. Bahkan alat-alat yang canggih seperti yang ada saat ini, digunakan untuk mengetahui apa saja potensi yang dapat terjadi saat terjadinya gejala awal. Jadi, tanda-tanda peringatan baru akan disiarkan sesudah para tim riset mendapatkan data tentang gejala tersebut.

Sama halnya dengan prakiraan cuaca. Mereka memang memiliki sistem yang canggih, karena melihat pergerakan awan dan arah angin, sehingga mereka mampu membuat sebuah perkiraan akan cuaca di sebuah daerah. Namun, mereka bukanlah tim yang bisa menentukan apakah bencana atau hujan badai akan benar-benar terjadi di suatu tempat.

Dengan begini, Anda tidak perlu memaki apalagi memarahi tim BMKG ketika terjadi gempa. Karena bukan kehendak mereka akan terjadinya Gempa. Namun, sudah semestinya pula, kita mempersiapkan diri dengan banyak hal yang terjadi secara mendadak. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah.

Be Safe and Stay Safe.


1 comment:

  1. Merasakan gempa, sudah 9 tahun yang lalu ketika KKN. Itupun lgsg keluar dari rumah terus dengar banyak suara kentongan pertanda ada gempa.

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup, Spam dan anonymous akan dihapus ya :)


Terima kasih

Powered by Blogger.