07 February, 2018

Cara Mematikan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu Di Handphone Xiaomi

Cara Mematikan Koneksi Internet Aplikasi Tertentu Di Handphone Xiaomi



Mematikan koneksi internet aplikasi tertentu


Ingin memperpanjang langganan kuota internet tanpa harus menonaktifkan jaringan internetnya?
Bisa kok. Bermula dari pengalaman saya, saat hendak memperpanjang langganan internet sebuah provider berujung pulsa saya berkurang padahal aplikasi provider di handphone yang saya gunakan sama sekali belum terbuka, hingga akhirnya pulsa saya kurang untuk biaya perpanjang. Pernah mengalami hal serupa? Kesal tentunya, apalagi terkadang untuk melakukan perpanjang langganan melalui sistem toolkit bawaan provider sering eror. Alhasil kesalnya bertambah.

Konon, jawaban yang sering saya dapat dari Customer Services di kanal sosial yang disediakan oleh provider tersebut, selalu sama. Yaitu : Lakukan perpanjang masa berlaku dengan kondisi paket data dimatikan. Sementara promo di sistem toolkit dengan promo di aplikasi, sering berbeda dan lebih murah jika melakukan perpanjangan melalui aplikasi. Sedangkan, untuk membuka aplikasinya saja harus menggunakan akses internet. Nah, akhirnya saya bingung dan pusing.

Mau tidak mau, akhirnya saya sering membeli paket data langsung dari internet banking. Daripada kesal bukan main. Nah, beberapa waktu yang lalu, saya sempat tergoda ingin menikmati promo menarik paket data internet dan nelpon serta sms yang cukup murah. Tapi, karena pengalaman sebelumnya membuat saya trauma, akhirnya saya cukup lama menimbang-nimbang apakah ingin membeli paket tersebut atau tidak.

Akhirnya saya membeli paket tersebut, namun dengan kondisi mematikan akses internet untuk aplikasi-aplikasi lain selain aplikasi provider. Hah? Gimana maksudnya? 

Begini, dalam handphone yang saya gunakan yaitu Xiaomi Mi Note Bamboo, terdapat aplikasi untuk mengatur apakah aplikasi-aplikasi tertentu bisa menggunakan akses internet atau tidak. Fitur ini terdapat pada aplikasi Security, ikon aplikasi ini berwarna hijau dengan tanda plus ' + '.

Bagaimana cara membatasi akses internet pada aplikasi tertentu? Silakan ikuti beberapa langkah berikut :



1. Buka Aplikasi Security

Mematikan koneksi internet aplikasi tertentu


2. Pilih menu Data Usage

Mematikan koneksi internet aplikasi tertentu


3. Pilih lagi menu Restrict Data Usage

Mematikan koneksi internet aplikasi tertentu


4. Akan muncul layar yang menampilkan daftar nama aplikasi yang terpasang di gadget Anda. Sebelum memulai, pastikan Anda bisa membedakan antara akses internet melalui Data dengan WLAN.

5. Anda bisa langsung meng-klik ikon centang hijau di atas tulisan Data jika ingin menon-aktifkan akses internet di semua aplikasi. 

Mematikan koneksi internet aplikasi tertentu


6. Jika ingin membeli paket langganan dengan aplikasi provider, berarti Anda cukup pilih aplikasi provider tersebut agar bisa mengakses internet.

7. Tanda centang hijau berarti aplikasi tersebut dapat mengakses internet. Sementara tanda silang merah, berarti aplikasi tersebut tidak bisa mengakses internet.

Mematikan koneksi internet aplikasi tertentu


8. Jika ingin menon-aktifkan penggunaan internet aplikasi jika tersambung dengan Wifi, maka yang diklik ikon centang pada tulisan WLAN (ini untuk internet menggunakan sambungan Wifi).

9. Kalau Anda ingin kembali memberikan akses internet pada semua aplikasi, Anda cukup memberi tanda centang pada tulisan di atas Data atau WLAN hingga daftar aplikasi yang tertera berubah menjadi ikon centang hijau.

10. Bila Anda ingin menonaktifkan jaringan internet pada sistem gadget Anda, bisa pilih menu System di bagian atas, persis di sebelah tulisan Installed. Namun, perlu diketahui, jika sistem gadget Anda dinonaktifkan dari internet, mungkin akan berpengaruh pada kinerjanya. Jadi, pastikan Anda mengetahui apa yang ingin Anda batasi penggunaannya.

***

Selain menon-aktifkan akses aplikasi ke internet, pada fitur Security di handphone Xiaomi Mi Note Bamboo ini juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi handphone apakah stabil atau tidak, apakah memory yang terpakai berlebihan atau tidak, apakah cache-nya sudah penuh atau belum. Ini bisa di optimasi juga setelah tekan Scan > kemudian tunggu hingga selesai > Tekan tombol Optimatize.

Setelah mengetahui fitur Restrict Data Usage ini, sekarang saya tidak lagi memiliki keluhan terkait pulsa yang bisa tiba-tiba berkurang padahal hanya menjalankan aplikasi provider di gadget. Karena, sudah saya batasi aplikasi apa saja yang bisa menerima akses internet dan mana yang tidak bisa. Kalau sudah sukses mendaftarkan paket internet dengan harga promo, biasanya saya akan mengembalikan pengaturannya seperti semula.

Jika nanti pembaca mengalami hal yang sama dengan saya, kebetulan juga menggunakan gawai yang sama dengan saya dan terdapat aplikasi Security yang sama. Silakan mencoba tahap demi tahap yang saya jabarkan di atas. Semoga bermanfaat :) [Ipeh Alena]

2 comments:

  1. nambah pengetahuan, semoga nanti terbeli hp Xiominya sudah tahu caranya

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih