Ingin Investasi Dalam Bentuk Emas Yang Terjangkau? Simak Pengalaman Menjadi Nasabah Tabungan Emas Di Pegadaian

November 09, 2017

Ingin Investasi Dalam Bentuk Emas Yang Terjangkau? Simak Pengalaman Menjadi Nasabah Tabungan Emas Di Pegadaian






Ada yang penasaran ingin menabung dalam bentuk emas, tapi masih belum mampu langsung membeli dalam bentuk emas utuh? Sudah tahu tentang Tabungan Emas dari Pegadaian? Tenang, saya bukan cuma sekadar menulis tanpa punya pengalaman. Justru saya ingin berbagi, karena saya sudah menjadi nasabah Tabungan Emas meski baru sedikit sih isinya.

Sejak saya memutuskan untuk menabung pendapatan yang saya terima dari tulis-menulis. Saya dihadapi dengan beberapa kali dilema. Menabung dalam bentuk tabungan biasa di rekening milik pribadi, sering membuat saya tak tahan untuk menggunakannya, apalagi kalau dihadapkan pada buku-buku bagus yang baru saja terbit. Kemudian, saya putuskan untuk membuka tabungan berjangka, yang lagi dan lagi kalah, karena memang digunakan untuk hal pribadi yang memang sifatnya urgent.

Tapi, saya berpikir lagi, seharusnya investasi ini tidak terganggu oleh segala macam yang sifatnya pribadi. Karena sudah semestinya saya memiliki pos tersendiri untuk penggunaan pribadi yang sifatnya urgent. Ini juga setelah saya membaca beberapa postingan teman-teman saya yang mengikuti seminar perencanaan keuangan. Alhasil, saya mencari tahu investasi yang aman tanpa pusing tapi masih bisa terima dalam jumlah uang yang tidak besar.


Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, saya ingin memberi informasi kalau tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi.



Lebih Mudah Dan Terjangkau 



Dan saya memutuskan membuka Tabungan Emas. Dengan menabung uang tunai, berapa saja, sesuai minimal harga emas paling rendah, nanti akan dikonversi langsung kira-kira dapat berapa gram emasnya. Saya membuka tabungan ini pada bulan Juli lalu. Melalui beragam pertimbangan tentunya, sampai bisa memutuskan membuka tabungan ini pastinya setelah saya bertanya-tanya pada beberapa teman dan bertanya langsung ke Pegadaian terdekat.

Betul, Tabungan Emas yang memang merupakan produk dari Pegadaian ini mempermudah saya, karena lokasi kantor Pegadaian yang dekat serta konsepnya yang memang cocok untuk investasi buat yang memiliki pendapatan tak menentu seperti saya.

Yang pasti, dengan nominal mengikuti harga per 0,01 gram emas, cukup memudahkan bagi mereka yang ingin investasi dalam bentuk emas namun masih belum mampu jika harus langsung membeli dalam jumlah yang besar. Misalnya, hari ini tanggal 9 November 2017, harga beli emas per 0,01 gram senilai Rp 5.640, jadi jika Anda ingin menabung 1 gram emas, berarti Anda harus memberikan kepada petugas Pegadaian sebesar Rp 56.400.



Cocok Sebagai Investasi Untuk Pemula



Jujur saja, saya sendiri masih belum paham dengan investasi seperti saham atau reksadana. Sudah membaca-baca di beberapa artikel di website yang terpercaya, masih juga masih belum paham dengan cara kerjanya. Meski beberapa kawan blogger saya sudah banyak yang masuk ke dalam dunia investasi ini. Tapi, justru bentuk Tabungan Emas inilah yang sesuai dengan hati saya.

Karena termasuk ragam investasi yang juga direkomendasikan, pembukaan Tabungan Emas ini juga cukup mudah. Waktu itu saya cukup membawa foto copy KTP/SIM/Paspor, beserta biaya sekitar Rp 50.000 kalau enggak salah ingat, dimana biaya ini digunakan untuk biaya administrasi dan biaya fasilitas titipan. Selain itu saya juga menyertakan kembali uang sebesar Rp 50.000 untuk langsung setoran awal.

Oiya, perlu diketahui juga, ada beberapa kantor cabang Pegadaian yang tidak bisa online untuk Tabungan Emas ini. Jadi, dia harus menyetor ke kantor utama di daerah tersebut, barulah keesokan harinya buku tabungan kita bisa diserahkan. Karena di kantor Pegadaian dekat rumah seperti itu, hari ini saya menyerahkan uang untuk ditabung, baru keesokan harinya bisa saya ambil kembali tabungannya. Bahkan pernah saya kelupaan selama sebulan menginap di kantor cabang tersebut, hehehe.

Kalau ingin yang bisa segera cetak, bisa ditanyakan langsung ke petugas dimana lokasi kantor yang bisa langsung online menerima setoran. Dengan begitu Anda tidak perlu bolak-balik untuk mengambil buku. Buku Tabungan emas ini juga berbeda, berisi nominal dan juga saldo emas. Jadi, kita bisa tahu kira-kira jumlah saldo emas sudah berapa. Untuk minimal saldo rekening sebesar 0,1 gram. Selain itu, untuk biaya titipannya juga ada ya, bisa ditanya langsung di kantor Pegadaian terdekat.



Jangan Lupa Kewajiban Zakat Para Investor Emas 



Sebagai muslim, kita mengenal yang namanya Zakat Emas. Nah, bagi Anda yang tertarik membuka Tabungan Emas, perlu diketahui terlebih dahulu, kalau nantinya Emas yang kita tabung di sini, jika sudah mencapai nishobnya harus dikeluarkan zakatnya, ya.

Saya tulis kembali dari website rumaysho [1], bahwa nishob penyimpanan emas selama satu tahun hijriyah itu seberat 85 gram. Dengan besar zakat yang dikeluarkan 2,5% atau 1/40, maka jika besaran investasi emas Anda 85gram x 1/40 maka total zakat Anda 2,125 gram. Dari total 2,125 gram ini dikonversi lagi ke nilai emas yang berlaku pada hari itu.

Diingat lagi ya, zakat ini dihitungnya per satu tahun hijriyah. Jadi, jangan sampai terlewat, jadual untuk membayar zakat emas jika sudah mencapai nishob jumlah emasnya. Untuk lebih jelasnya, bisa bertanya langsung ke ustaz yang dekat dengan Anda, agar ilmunya juga bisa didapat serta berkah dan jauh dari kebatilan.



Ingin Mengecek Saldo Tabungan Emas



Setelah membuka Tabungan Emas, saya langsung mengunduh dan memasang aplikasi Pegadaian di perangkat Android yang saya miliki. Dari sini saya bisa tetap up to date besaran harga jual dan beli emas per 0,01 gramnya dari antam. Selain itu, saya juga bisa mengetahui beragam produk yang ditawarkan oleh Pegadaian, setidaknya untuk informasi tambahan siapa tahu berguna untuk teman-teman terdekat saya.

Juga bisa mengecek berapa banyak poin yang saya dapat, dimana poin ini bisa ditukar dengan beragam produk lainnya persembahan dari Pegadaian. Untuk mengetahui nomor rekening Tabungan, Anda bisa lihat pada buku yang sudah dicetak, terletak pada halaman awal buku Tabungan.


Bagaimana cara melihat saldo investasi emas?



1. Unduh dan pasang aplikasi Sahabat Pegadaian. Kemudian jalankan aplikasi setelah selesai dipasang.

2. Jika Anda sudah membuka Tabungan Emas, pilih menu Registrasi. Jika sudah pernah mendaftar pada aplikasi ini, Anda cukup Login dengan username dan password yang telah Anda daftarkan.






3. Ini tampilan utama aplikasi Pegadaian, dimana ini merupakan informasi terbaru harga emas perhari.





4. Untuk mengecek saldo, silakan pilih Menu (Ikon yang berada di pojok kanan atas)  > Portfolio > Tabungan Emas









5. Untuk Mengetahui Jumlah Poin pilih Menu > Pointku




6. Untuk mengetahui kantor Pegadaian terdekat silakan pilih Menu > Cabang Pegadaian > Masukkan nama Kota atau Kecamatan atau Kelurahan.





7. Untuk keluar dari Aplikasi pilih Menu > Pengaturan > Logout






Pada Menu Pengaturan, ada beberapa keunikan yang sejujurnya masih belum saya pahami dengan betul, yaitu Pengajuan Menjadi Sales dan Pengajuan Menjadi Agen Pemasar. Ini bisa dibilang sebagai peluang bagi mereka yang sedang ingin memiliki usaha, ya. Tapi, karena saya masih belum memiliki informasi yang memadai, ada baiknya Anda langsung bertanya ke petugas di kantor Pegadaian terdekat.


Menambah Saldo Tabungan Emas Melalui Mobile Bank BNI


Jangan salah, sekarang ini layanan Pegadaian juga sudah menerima penambahan saldo Tabungan Emas melalui ATM atau Mobile Application bank BRI, Mandiri dan BCA. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi website Pegadaian [2].


Saya menggunakan aplikasi Mobil Banking BNI. Untuk yang ingin tahu bagaimana cara menambah saldo melalui Bank BNI disimak dengan baik ya.


1. Jalankan aplikasi Mobile Banking BNI.

2. Masuk ke dalam aplikasi menggunakan UserID dan MPIN yang sudah didaftarkan serta diaktivasi di kantor Bank BNI Terdekat.

3. Pilih menu PEMBAYARAN > kemudian PILIH PEGADAIAN.

4. Setelah muncul, pastikan Anda memilih INPUT BARU jika nomor rekening Tabungan belum tersimpan.

5. Tuliskan nominal setoran Anda. Kemudian MASUKKAN PASSWORD TRANSAKSI. Klik LANJUT.

6. Tunggu sampai muncul notifikasi TRANSAKSI BERHASIL. Setelah selesai jangan lupa LOGOUT atau KELUAR dari aplikasi dengan menekan tombol yang tersedia.


Pertimbangan Lain Sebelum Membuka Tabungan Emas



Hal yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan investasi tentunya harus tahu dulu dong ya, resiko apa saja yang akan didapat dari investasi tersebut. Resiko ini buat saya termasuk kekurangan, mungkin berbeda dengan pemahaman orang-orang yang paham dengan masalah investasi.

Bagi saya, hal yang paling terasa itu, harga emas sering tidak stabil, kadang naik kadang turun. Ini yang membuat investasi berbentuk Emas memang cukup meresahkan. Tapi, saya kembali lagi dari latar belakang saya sebagai muslim, kalau investasi emas ini cukup direkomendasikan juga.

Sama halnya dengan investasi lain, investasi berbentuk emas juga tidak mudah untuk dicairkan. Bahkan dalam bentuk Tabungan Emas sekalipun. Karena harus menunggu beberapa hari sebelum mendapat persetujuan. Jadi, ketika ada hal yang urgent dan harus saat itu juga harus cair tabungannya, tentu tidak bisa.

*Tapi kesulitan untuk pencairan ini justru menguntungkan karena saya sering khilap kalau lihat punya duit sedikit. Hehehe.*

Keuntungan yang tidak seberapa besar jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Karena itu tadi, nilainya yang tidak begitu stabil. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, yang lalu banget, dimana harga emas selalu naik. Selain itu, kalau tidak ditambah-tambah saldonya, bisa saja berkurang akibat potongan biaya titipan.

Sebenarnya saya rasa masih banyak mungkin kekurangan dari investasi emas ini. Namun, hanya itu yang paling saya ingat. Untuk itu, sebelum membuka Tabungan Emas, sudah sepatutnya Anda mencari tahu terlebih dahulu, apakah investasi ini sesuai dengan ekspektasi Anda atau tidak. [Ipeh Alena]



Sumber :

[1] Panduan Zakat Emas Perak https://rumaysho.com/1159-panduan-zakat-emas-perak.html diakses pada 9 November 2017.

[2] Tabungan Emas Pegadaian http://www.pegadaian.co.id/pegadaian-tabungan-emas.php diakses pada 9 November 2017

  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. aku tertarik nih mb Ipeh cuman belum diskusi sama suami pngen banget investasi emas soalnya :) semoga bisa terealisasi

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, aku dah nabung emas jg di pegadaian syariah mbak tahun lalu. Aku sukanya gak perlu dicetak, jd gk ngumpulin emas di rumah. Maklum kalau nyimpen emas di rumah malah khawatir hehe.

    ReplyDelete
  3. waahh udah bisa transfer utk nambah saldo emasnya ya.. ini yang aku tunggu-tunggu...

    ReplyDelete
  4. Kalau aku nggak salah, tabungan emas ini nggak bisa otomatis pindah kalau kitanya pindah domisili ya, Peh? Soalnya aku rutin juga beli emas ke pegadaian, sering ditawarin tabungan emas ini. Tapi pas ngobrol-ngobrol sama petugasnya, katanya nggak bisa kalau suatu saat aku pindah, nabungnya juga pindah ke domisili yang baru. Makanya aku nggak jadi buka.

    Bener gitu nggak Peh? Soalnya kalau dipikir seharusnya kan sama kayak tabungan lain. Atau karena ini bentuknya emas? Koreksi kalau aku salah ya, Peh.

    ReplyDelete
  5. Kalau pindahnya jauh apalagi beda pulau, iya Nyak. Tapi pas saya nanya, bisa gak pindah ke beda kecamatan. Masih bisa.

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih