5 Hal Ini Adalah Keinginan Untuk Upgrade Skill Dan Ilmu. Ada Poin Yang Sama Dengan Saya?

November 01, 2017

5 Hal Ini Adalah Keinginan Untuk Upgrade Skill Dan Ilmu. Ada Poin Yang Sama Dengan Saya?



upgrade skills



Sudah masuk bulan November, waktu cepat sekali berlalu. Belakangan ini saya sedang menghadapi situasi kebanyakan pekerjaan dan tugas yang menumpuk. Sampai-sampai beberapa akun sosial saya telantarkan sementara. Tapi, khusus akun buku, masih tetap berjalan karena masih ada kerjasama dengan penerbit.

Sebagai blogger yang jarang sekali ikut acara semacam event yang diadakan oleh brand atau pemerintah, saya sadar kalau ini merupakan keterbatasan yang saya hadapi. Beberapa selebblog meyakini kalau menghadiri event itu selain memperluas networking juga menambah banyak kesempatan untuk kerjasama di blognya. Saya percaya akan hal itu, tapi saya lebih percaya kalau usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Seberapa pun keterbatasan yang kita punya, selama masih terus mau diasah dan pandai melihat peluang, saya yakin kita tetap bisa akan sukses dengan pencapaian yang sama namun cara yang berbeda. Nah, ini juga berlaku untuk blogger yang sering mengeluh karena di daerahnya jarang diadakan event yang mengikut-sertakan blogger. Tetap semangat untuk menulis dan semangat berkarya, karena ketenaran Pramoedya, Ibu Kartini sampai Anne Frank tidak pernah luput dari keterbatasan. Mereka tenar karena karya mereka, meski mereka tetap menghadapi keterbatasan yang luar biasa.

Nah, sebagai tulisan di awal November ini, saya ingin menuliskan apa-apa saja yang hendak saya ingin upgrade. Tentunya ini semacam wishing list dimana saya banyak berharap bisa mencapai apa yang saya impikan.


1. Ingin Ikut Kelas Online Tentang Copywriting Dan Branding

Saya yakin, banyak orang yang bersedia untuk berbagi ilmunya melalui Kelas Online seperti ini. Untuk itulah, ilmu terkait Copywriting dan Branding menjadi keinginan pertama saya. Karena, ini berkaitan juga dengan cara penulisan serta bagaimana saya menarik pembaca melalui rangkaian kata-kata yang saya bagikan melalui kanal sosial.


2. Belajar Cara Menulis Biografi

Keinginan saya ini mulai muncul usai membaca buku karya Mba Alberthiene Endah. Dari caranya bercerita, membuat saya memiliki keinginan untuk menuliskan riwayat perjalanan hidup orang-orang yang menginspirasi saya. Langkah awal yang pernah saya tempuh yaitu ikut serta dalam program yang pernah diadakan Blogger Perempuan, Arisan Link. Dimana pada program inilah saya kemudian belajar cara menuliskan sesuatu terkait sosok personal blogger.

Dengan tujuan agar orang lain mengenal mereka, tanpa harus menunggu mereka terkenal seperti selebblog. Dari hal ini pula saya terus berusaha mengasah, namun tetap saja, ilmu yang saya dapat masih sangat sedikit sehingga saya merasa masih banyak kekurangan. Itulah kenapa saya ingin sekali bisa ikut dalam Kelas Online Menulis Biografi.


3. Ingin Tahu Seluk Beluk Dunia Jahit Menjahit

Kalau yang ini tentunya tidak bisa melalui online, dong. Saya sudah mencari beberapa Lembaga Kursus khusus menjahit yang berada di Bekasi Timur. Karena memang sedang sibuk mengurus pindahan rumah, akhirnya saya juga mencari lokasi kursus yang letaknya di sekitaran Mutiara Gading. Sudah ketemu, tinggal datang ke tempatnya sekalian mendaftar.

Kenapa saya ingin belajar jahit? Gampang, karena saya ingin menjahit jilbab sendiri. Meski sudah diajari Ibu saya bagaimana cara membuat pola, tetap saja saya masih belum memahami bagaimana cara mengeluarkan ide yang ada di kepala dalam bentuk pola dan kemudian menjadi bentuk fisik. Jadi, lebih baik saya langsung ikut kursus saja, toh nanti bisa belajar bersama dengan kawan lainnya yang masih pemula juga.

Kalau ditanya apa hubungannya antara blogging dengan kursus menjahit? Tentu ada. Saya ingin sekali membuat tutorial membuat barang-barang yang bermanfaat lagi mudah di blog ini. Karena saya cukup tergiur dengan aktivitas beberapa blogger yang juga suka nge-craft, sering mereka memamerkan hasil karya sekaligus tutorial di blog mereka. Sayangnya, saya sama sekali tidak mengerti. Jadilah saya memutuskan untuk ikut kursus menjahit terlebih dahulu.


4. Ikutan Workshop Photography

Ini dia nih, padahal Kompakers Bekasi sudah beberapa kali mengadakan WS, tapi sayangnya lokasinya lumayan dan waktunya masih belum ketemu yang pas. Akhirnya saya cuma bisa gigit jari karena masih terus kepengen ikutan. Apalagi waktu itu yang menjadi mentor khusus anggota Kompakers Bekasi adalah Mba Winda yang memang hasil fotonya sangat teramat keren.


5. Mengasah Kemampuan Menulis Essay Dengan Bahasa Inggris

Menulis essay ini yang memang sudah saya cari-cari, beberapa blogger ada yang sudah memulai bersama teman-teman seperjuangannya. Mereka sering muncul dengan tulisan terbaru dengan bahasa Inggris. Nah, saya benar-benar ingin sekali ikut program online atau mungkin kelas online khusus untuk menulis essay atau artikel dalam bahasa Inggris. Karena saya ingin terbiasa menulis dalam bahasa inggris.



Lima poin di atas memang keinginan saya yang selalu saya harapkan semoga bisa terwujud. Kalau Anda, punya keinginan apa terkait keahlian atau bidang yang saat ini digeluti? Silakan berbagi di kolom komentar, siapa tahu ada teman seperjuangan yang ingin mengasah skills yang sama :).

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. suka kalimat ini mba Ipeh "karena ketenaran Pramoedya, Ibu Kartini sampai Anne Frank tidak pernah luput dari keterbatasan. Mereka tenar karena karya mereka, meski mereka tetap menghadapi keterbatasan yang luar biasa" aku juga jarang banget ikutan event :p
    keinginanku sederhana pengen bisa ngeluarin buku dan sama kayak mb ipeh jahit menjahit :D semoga bisa tercapai y mba aamiin

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih