20 November, 2017

3 Hal Sederhana Untuk Hidup Sehat Yang Sering Dilupakan





3 Hal Sederhana Untuk Hidup Sehat Yang Sering Dilupakan - Sudah masuk tanggal 20 November, sementara postingan di blog ini terakhir itu tanggal 9 November. Woohooo, time goes so fast. Belakangan ini memang saya tengah merasakan kesibukan yang luar biasa dalam masalah pekerjaan sampai kehidupan pribadi. Terlebih beberapa hari yang lalu saya harus ikut menginap di rumah sakit karena ada kepentingan yang tidak bisa diceritakan.

Singkatnya, memasuki musim penghujan, banyak tetangga dan kerabat yang juga harus menginap di rumah sakit karena terserang virus. Bahkan, ketika saya bertanya dengan beberapa pasien lainnya, penyakit mereka kebanyakan Batuk dan Pilek hingga ruang Fisioterapi setiap harinya ramai oleh pasien yang mengantri untuk di-uap.

Dari pengalaman menginap selama 5 hari di Rumah Sakit sambil mendengarkan nasihat dokter yang berkunjung ke pasien lainnya. Saya merangkum ada beberapa hal yang tampaknya sederhana tapi ternyata masih belum diterapkan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.


1. Makanan Dengan Kombinasi Sempurna


Ketika saya mendengar beberapa pasien dengan jujur mengatakan, kalau mereka jarang mengonsumsi secara rutin baik sayur dan buah-buahan setiap hari, lantas saya berpikir sejenak. Memang, kalau saya pikir-pikir kembali, saya sendiri pun pernah beberapa kali makan dengan kombinasi yang kurang sempurna. 

Ternyata makanan sehari-hari yang sempurna dengan gizi yang bisa mencukupi kebutuhan tubuh itu sebenarnya tidak sulit. Tapi, memang dalam penerapannya tidak mudah. Apalagi kalau setiap pagi sudah tergiur sarapan nasi uduk, sungguh itu nikmat yang tak terelakkan. Namun, sarapan dengan pilihan menu yang tidak menyertakan sayur dan buah serta susu ternyata memang bisa mengakibatkan imunitas tubuh kita menurun.

Jadi,, penting untuk kita catat, agar tubuh kita tidak kekurangan gizi serta zat-zat yang membantu tubuh kita tetap sehat. Jangan lupa juga, untuk makan tepat pada waktunya, agar tidak mendatangkan penyakit. Ternyata, menjadi adil bagi tubuh sendiri itu bukan hal yang mudah, ya. 









2. Minum Air Putih Yang Mencukupi Kebutuhan Tubuh




Kenyataannya, banyak anak-anak sampai orang dewasa yang jarang mengingat : apakah kebutuhan cairan perharinya sudah terpenuhi atau belum? Beberapa pekerja kantoran yang sering saya temui, mengakui kalau mereka jarang mengingat berapa gelas air yang sudah mereka minum dalam sehari. Alasannya selalu sama, tidak sempat untuk minum atau terkadang tidak sempat kalau harus buang air kecil.

Sebenarnya, memang saya sendiri juga beberapa kali menyadari, jarang menghitung berapa banyak air putih yang sudah saya minum dalam sehari. Apalagi kalau sudah musim penghujan seperti ini, rasanya malas untuk minum karena nanti akan sering BAK. Karena udara akan terasa dingin seolah kota Bekasi sedang musim dingin :D.

Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak juga sering lupa untuk minum air putih yang cukup. Alasannya tentu karena mereka sedang main dan kalau capek atau kelelahan, cukup duduk dan lupa untuk minum. Itulah sebabnya, ketika saya mendengar nasihat dokter yang berkunjung, rata-rata sama hasilnya : Minum Air Putih Yang Cukup!




3. Cuci Tangan Yang Benar Setiap Hari



Saya masih ingat ketika dokter bertanya pada salah seorang pasien yang masih anak-anak, "Adek sudah tau belum cara cuci tangan?" Dan adik yang manis ini dengan santai menjabarkan, cuci tangan itu cukup kucek-kucek pakai air. Kemudian saat ditanya kapan waktu cuci tangan, jawabannya "pas abis main masak-masakan sama main kotor-kotoran."

Jawabannya ada benarnya memang, karena biasanya dalam kehidupan sehari-hari yang saya lihat seperti itu. Anak dan orang dewasa akan cuci tangan kalau melihat tangannya lumayan kotor, kalau tidak, cukup di-peper-in di celana atau rok atau serbet :D.

Ternyata, cuci tangan itu ada aturannya, jangan sampai salah. Bahkan kalau sudah selesai BAK atau BAB juga diwajibkan untuk cuci tangan, meski tangan kita sudah basah terkena air sehabis istinja. Selain itu, aturan mencuci tangan juga tidak sembarangan asal kucek sana-sini. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, seperti membersihkan sela-sela jemari, sampai membersihkan bagian bawah kuku. Apalagi kalau kukunya panjang-panjang, sudah wajib sekali untuk dibersihkan dengan sangat teliti, karena kuman bisa saja bersembunyi di dalamnya.







***

Menerapkan kebiasaan hidup sehat itu memang tidak mudah. Biasanya, baru akan diingat ketika sudah jatuh sakit dan mendapat nasihat dari dokter untuk melakukan 3 hal yang sering dilupakan ini. Untuk poin 1 dan 2 sudah diterapkan secara rutin oleh beberapa orang yang memang sedang beralih ke gaya hidup lebih sehat. Bisa dicek dengan hashtag #BeraniMakanBeraniOlahraga atau hashtag lainnya tentang hidup sehat. 

Dari mereka, terlihat memang dampak yang besar usai menerapkan poin nomor 1 dan 2, apalagi kalau ketiga poin di atas diterapkan juga. Ditambah dengan rutin bergerak dan berolahraga setiap hari, tentu akan semakin baik untuk tubuh kita. Ah, saya juga menuliskan ini untuk mengingatkan diri saya, agar mulai dari hal yang kecil demi perubahan yang besar pada diri saya.

Jadi, sudahkah Anda menerapkan pola hidup sehat? Sudah rutinkah Anda menerapkan poin 1 sampai 3 dalam kehidupan sehari-hari? Kalau sudah, SELAMAT! Berarti kehidupan Anda sudah baik dan semoga sehat selalu. Kalau belum, yuk bareng-bareng menerapkan hal mudah ini untuk dijadikan kebiasaan dalam sehari-hari bersama saya. Semoga kita bisa konsisten :). [Ipeh Alena]


2 comments:

  1. Saya yang masih kurang itu minum air putih mba. Padahal air putih penting banget ya buat tubuh. Btw, thanks for sharing infonya ya mba. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Sama, Mba. Saya juga kalau diingat-ingat sering kurang dalam sehari konsumsi air putihnya.

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih