Kubo And The Two Strings Sebuah Animasi Yang Mengagumkan Dan Sarat Akan Pesan Moral

October 12, 2017

Kubo And The Two Strings Sebuah Animasi Yang Mengagumkan Dan Sarat Akan Pesan Moral



Kubo Movie



Ada yang sudah menonton Kubo Movie? Jadi, film yang tayang di tahun 2016 ini berkisah tentang seorang anak yang mencari jati dirinya melalui sosok sang Ayah. Dimana keadaan saat itu, dia tinggal bersama sang Ibu yang pada waktu-waktu tertentu hanya menghabiskan waktu berdiam diri sambil menatap ke luar. Namun, setelah malam beranjak, barulah dia seolah tersadar, tapi ingatannya bercampur-aduk seakan dirinya mengalami amnesia.

Kubo sendiri memiliki keahlian memainkan gitar, dia mengamen di pasar sambil bermusik diiringi drama yang dia tunjukkan melalui gerakan kertas origami. Banyak orang desa yang sangat menyukai keberadaan Kubo. Dia sosok bocah lelaki yang lucu, pintar, juga pemberani. Setiap penampilannya selalu membuat banyak orang tertarik.

Hal yang selalu ingin diketahui oleh Kubo adalah siapakah Ayahnya? Dimana dirinya berada? Pertanyaan itu tidak pernah mendapat jawaban setiap ditanyakan pada Ibunya. Bahkan yang ada, bisa membuat sang Ibu seketika seperti patung yang terdiam tiba-tiba.

Kemampuan Kubo menggerakkan origami ini diturunkan dari sang Ibu. Yang saat mengalami mimpi buruk, bisa menerbangkan kertas-kertas menjadi tidak beraturan. Mimpi buruk yang membuatnya selalu bertanya, "kemana matamu, Kubo?" Dan setelah itu dia tenang kembali seolah tidak ada sesuatu yang membuatnya panik.


Suatu ketika sang Ibu mulai bercerita dengan antusias, ketika dirinya melarikan diri bersama Kubo. Bagaimana sosok sang Ayah yang pemberani. Namun, cerita itu sempat terhenti dan masih meninggalkan tanda tanya yang besar bagi Kubo.

Hingga suatu ketika, pada sebuah perayaan, Kubo melanggar aturan yang ditetapkan sang Ibu. Bahwa dirinya tidak boleh pulang sebelum malam datang. Benar saja, ketika dia sampai di sebuah makam, dua sosok bertopeng mengenalnya, mengincarnya dan berusaha mengambil matanya. Kubo ketakutan dan berlari sekuat tenaga.

Tidak lama kemudian, sang Ibu datang untuk menyelamatkannya. Namun, tanpa disangka sang Ibu yang sangat sayang kepada anaknya itu, mengorbankan nyawanya dan mengirim Kubo untuk menemukan sesuatu yang bisa menyelamatkannya.



Kubo Movie
Source : theverge.com


Dalam perjalanan pencariannya, dia ditemani dengan sosok Monkey yang ternyata adalah boneka kayu berbentuk Monyet yang selalu diminta sang Ibu untuk dibawa. Bersama sang Monkey inilah Kubo mencari dimana letak Perlengkapan Ajaib, dia tak lagi merasa sendirian. Bahkan dirinya sangat dimanja dan dididik juga dilindungi oleh sang Monkey.

Sosok Monkey ini termasuk betina yang lembut, tegas juga sangat perhatian pada Kubo. Meski beberapa kali Kubo berbuat iseng padanya, tapi dia tetap menunjukkan rasa kasih sayang. Satu yang cukup lucu dari karakter si Monkey ini, sosoknya jarang memuji dan sering menyindir serta menganggap dirinya serba bisa.

Ketika mereka tiba di sebuah tempat, Kubo diculik! Sang Monkey mengejarnya dan masuklah mereka ke dalam sebuah lorong yang menuju tempat persembunyian sosok serangga. Serangganya ini bentuknya besar dan tinggi. Yang saya suka mata si serangga ini sangat lucu. Dia mengaku sebagai pengikut seorang samurai, tapi dia lupa akan masa lalunya. Siapa dirinya dan bagaimana sang Masternya itu. 

Namun yang dia sadari hanya satu : dirinya memiliki bakat menggunakan pedang dan pandai memanah. Kepercayaan dirinya pun tidak tanggung-tanggung, bahkan yang menarik lagi, dia punya sesuatu yang dahulu pernah dimiliki oleh Ayahnya Kubo.


Kubo Movie
Source : VcinemaShow

***



Apa yang menjadi daya tarik tersendiri pada animasi anak-anak berjudul Kubo and the Two Strings ini? 


1. Animasi dibuat dengan teknologi yang dikombinasi dengan seni. Pembuatan tengkorak raksasa dalam animasi ini disematkan dalam bagian akhir film. 


Kubo Movie
Source : CGMeetup

2. Detil animasi yang memanjakan mata penonton seperti saya. Sehingga hasilnya sangat halus. Sampai-sampai gerakan setiap tokohnya terlihat cukup lembut.


Kubo Movie
Source : CGMeetup


3. Original Soundtrack yang dinyanyikan oleh Regina dengan suara khasnya. Membawakan lagu Beatles yang diaransemen ulang sehingga semakin enak didengar. Apalagi ketika saya mendengar suara Regina pertama kali, seketika teringat OST Narnia ketika terakhir kali dua anak tertua keluarga Pevensie mengunjungi Narnia.



Kubo Movie
Source : Shock Mansion



4. Sarat akan pesan moral. Sesuai dengan elemen-elemen dalam story telling, dimana peranan pesan moral merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dalam cerita. Untuk anak-anak, pesan moral ini sangatlah penting dan mendalam. Terkait hubungan antar orangtua, bagaimana kata maaf itu memiliki posisi istimewa sampai bagaimana bersikap dengan orang yang pernah menyakiti hati.


5. Karakter tokoh yang kuat, meski berupa animasi movie, tetap saja karakter setiap tokoh memiliki posisi tersendiri dan masing-masing tokoh sangat berpengaruh terhadap jalannya cerita. 



***


Beberapa momen yang saya ingat sepanjang menonton film ini yaitu hubungan Kubo dengan Ibu dan Ayahnya. Selain itu ada beberapa hal yang terus melekat dalam ingatan saya selepas menonton film ini :

* Bahwa terkadang seorang anak mencari jati diri mereka melalui figur orangtua atau orang terdekat mereka.

* Kubo menjadi anak yang mandiri di tengah kesulitan dalam hidupnya.

* Betapa harunya saya saat menyaksikan Kubo masih setia merawat sang Ibu meski dia pun membutuhkan kasih sayang yang lebih.

* Selain itu, Kubo merupakan pendengar yang baik, dia tetap mendengarkan dengan setia setiap cerita Ibunya meski itu sudah diulang ratusan kali.

* Satu momen yang lebih mengharukan adalah ketika warga desa menyebutkan kebaikan pada seorang Kakek. Anda harus menyaksikannya sendiri untuk mengetahui, apa yang ada di balik peristiwa yang membuat para warga di desa membicarakan sesuatu yang bahkan sepertinya tidak terjadi.

* Dari film ini, Kubo meyakinkan bahwa setiap anak memiliki keahlian dan bagaimana pun keterbatasan yang dimiliki setiap orang, tidak ada usaha yang akan sia-sia.



***

Setelah menonton film ini, rasa haru yang masih menyisa kemudian bercampur menjadi satu dalam rasa takjub saat melihat behind the scene animasi ini. Film yang saya rekomendasikan untuk ditonton bersama keluarga Anda, boleh juga sih nonton sendiri bebas saja. 

Bagi yang penasaran, film ini sudah lama ditayangkan di layar lebar, namun DVD originalnya sudah terbit dan bisa dibeli di toko buku atau toko DVD original. [Ipeh Alena]





  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. aku uda nonton mb Ipeh iya emang bagus filmnya part yg bikin deg2an yg langgar aturan ibunya itu pulang malem xixixi

    ReplyDelete
  2. Setuju aku, emag bagus banget filmnya, rata rata film animasi luar emang sarat pesan moralnya dalam :)

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih