Ingin Menjadi Pebisnis Profesional? Coba Pelajari Cara Bisnis Lettering Emak Gaoel

October 04, 2017

Ingin Menjadi Pebisnis Profesional? Coba Pelajari Cara Bisnis Lettering Emak Gaoel


Tips bisnis dari dewa eka prayoga


Ada yang ingin membangun bisnis atau menjual jasa melalui blogging? Kalau di luar negeri, sudah banyak orang yang menjual jasa atau produknya melalui blog mereka. Bahkan, terkadang penawaran mereka pada jasa atau produk yang dijual tidak tampak, benar-benar softselling. Beberapa kali malah saya baru sadar kalau apa yang dilakukan narablog tersebut merupakan penawaran yang tidak memaksa.

Tentunya, memiliki usaha itu bukan hal yang mudah. Entah menjual jasa atau produk, pastinya perlu tenaga yang lebih serta perjuangan ekstra dan kesabaran. Apalagi kalau ingin menawarkan apa yang dijual melalui kegiatan blogging atau di kanal sosial, tentunya bukan hal yang mudah. Kalau tidak terlalu terkenal seperti kebanyakan selebgram, tentu harus berjuang penuh demi mengenalkan produk atau jasa yang dijual.

Sebelum serius mengenal dunia blogging, saya sudah mempelajari terlebih dahulu dunia jual-menjual. Mengenal Jaya EA sampai Dewa Eka Prayoga sejak dirinya masih menggunakan BBM Sebagai sarana pengenalan jasa yang dijualnya. Sampai hari ini, beliau masih sibuk wara-wiri menjadi pembicara dalam bidang bisnis. Ada beberapa hal yang saya pelajari sewaktu masih mendapatkan ilmunya secara gratis melalui broadcast BBM. 

Beberapa ilmu, justru saya temui pada prakteknya pada sosok blogger yang dikenal dengan Emak Gaoel (http://www.emakgaoel.com/). Awal mengenalnya saat mengikuti kegiatan dari Kampus Fiksi, entah waktu itu bagaimana, kalau tidak salah ingat sebagai syarat mengikuti kompetisi (lupa kompetisi apa) diharuskan mengikuti kanal sosial twitter dan facebook Emak Gaoel. Dari sinilah saya masih betah jadi followernya.

Nah, setelah menjadi followernya, kemudian tak lama, muncullah tampilan baru dari sosok penulis ini. Yaitu bisnis mural dan lettering yang membuat mata saya terbinar-binar, karena memang kurang pandai meliuk-liukkan jemari layaknya Mak yang satu ini, alhasil saya jadi penonton saja. Bisnisnya ini setelah saya amati, ternyata mirip sekali dengan beberapa Tips yang pernah saya dapat. Apa saja tipsnya? Simak ya!


Tips Bisnis Untuk Para Pebisnis Online




1. Miliki Ciri Khas


Kalau buat saya, Emak Gaoel ini sudah memiliki ciri khas dalam setiap karyanya. Kenapa? Saya membuktikannya dari marchandise yang saya terima. Waktu itu saya mendapat kenang-kenangan dari sebuah komunitas yang mengundang saya, ketika saya terima ternyata cangkir yang memiliki desain lettering di permukaannya. 

Dari liuk-liukannya, saya langsung melihat adanya sisi "Emak Gaoel" di sini. Seperti karya lukisan atau karya seni lainnya, yang tentu memiliki ciri khas dari kreatornya, karyanya Mak yang satu ini juga identik. Bisa dilihat di feed IGnya, kalau ingin mengamati apa sih ciri khasnya.


Bisnis Mural


2. Membangun Interaksi Dengan Pengikut


Sejalan juga dengan ilmu yang pernah saya dapat dari Mba Indari - pendiri Sekolah Perempuan - yang pernah dibahas pada kelas online beberapa waktu yang lalu. Di bahasan Heart Selling, beliau menekankan agar pelaku bisnis tidak hanya menjadikan pengikut di kana sosial sebagai calon pembeli atau orang yang akan diprospek saja. 

Tapi, perlakukan juga mereka seperti tetangga yang baik, teman yang baik, dimana pelaku bisnis ditekankan untuk membangun interaksi yang tidak hanya berkaitan dengan penawaran produk. Namun dalam hal lain, seperti jajak pendapat yang umum. Mengajak komunikasi dalam wacana atau tajuk yang sedang tren. Atau apa saja, seperti keseharian Mak Gaoel yang selalu menuai komentar dan interaksi dari teman-teman di Facebooknya.

Cek deh, seperti apa beliau membangun interaksi. Dari status-status facebooknya saja sudah terlihat banyaknya like sampai komentar dari teman-temannya. Dengan membangun interaksi dan kedekatan bersama teman-teman atau pengikut, ini bisa membuat mereka tidak jenuh jika suatu ketika Anda menawarkan jasa atau produk yang dijual. Karena bagaimanapun mereka pasti jenuh kalau dicekoki penawaran setiap hari, yang ada interaksi akan sulit untuk dibangun dan networkingnya hanya akan segitu-segitu saja.


3. Softselling Itu Tidak Sulit Asal Mau Rutin Dipraktekkan


Maksud dari softselling ini akan saya jelaskan berdasarkan tips dari Kang Dewa Eka Prayoga. Beliau mengatakan pembagian antara jualan dengan postingan lainnya di kanal sosial itu : 30% produk atau jasa yang dijual dan 70% postingan yang menginspirasi atau postingan umum yang lucu atau apa saja terlepas dari penawaran produk atau jasa.

Sekarang, mari kita tengok feed IG Mak Gaoel (@emakgaoel). Meski kita akan disapa dengan gambar-gambar dan lettering karya beliau, tapi coba dicek lagi, adakah postingan yang benar-benar menawarkan jasa atau produk yang dijualnya? Ada, tapi sedikit dan itu perlu dicek satu-persatu. 

Selebihnya postingan beliau bertema umum, atau bahkan membagikan kalimat inspiratif, kutipan dari Al-quran, sampai tutorial yang tentunya banyak bermanfaat bagi followernya. Ini yang harus digaris-bawahi, seberapa besarkah manfaat yang sudah dibagikan selama ini? Jangan-jangan isi feed kanal sosial Anda kebanyakan jualan saja, coba diubah cara penawarannya menjadi lebih halus dan perhatikan bagaimana interaksi para pengikut Anda di kanal sosial.


Tutorial Lettering


***



Banyak pelaku bisnis yang saya temui justru sangat pelit dengan informasi yang bermanfaat untuk pengikutnya. Ini karena mereka pikir akan membuat bisnis mereka justru bangkrut. Padahal dengan berbagi informasi, tutorial atau hal-hal bermanfaat lainnya untuk pengikut di kanal sosial, justru semakin memudahkan agar bisnisnya berjalan lancar. 

Hal ini pula yang sudah banyak dipraktekkan oleh para pebisnis di mancanegara. Silakan coba dicek seperti pengembang-pengembang aplikasi untuk gadget, mereka memberikan gratis layanan tertentu namun meminta bayaran untuk layanan khusus. Apakah ini membuat mereka bangkrut? Ternyata tidak. Karena pada akhirnya justru bisnis mereka tetap berjalan dan sukses.

Ingin mengubah pola jualan dan mengenalkan bisnisnya di kanal sosial? Coba belajar dari Mak Gaoel, siapa tahu bisa ketularan jadi blogger dan pebisnis profesional juga. [Ipeh Alena]

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Alhamdulillah punya teman blogger yang juga pengusaha

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih