Gejala Vertigo Kembali Menyapa Dilarang Panik Dan Tarik Napas Panjang

October 09, 2017

Gejala Vertigo Kembali Menyapa Dilarang Panik Dan Tarik Napas Panjang


Vertigo Positional


Ada yang tahu apa itu Vertigo? Dilansir dari situs alodokter.com Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba-tiba. Ada kondisi vertigo yang ringan serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas.

Serangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama.  Serangan yang parah bisa terus berlangsung selama beberapa hari sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Beberapa bulan ini saya sempat mengalami gejala Vertigo yang lumayan mengganggu aktivitas. Awalnya saya masih bisa menahannya, sampai kemudian saya memeriksa ke dokter. Dan diketahui tipe gejala yang saya alami ini merupakan Vertigo Positional. Jadi kalau kepala saya atau tubuh saya menghadap ke posisi tertentu langsung muncul kondisi berputar di ruangan yang hanya terjadi pada saya.

Pada kasus yang saya alami ini, setiap saya menghadap ke arah kanan, khususnya kepala saya, seketika ruangan saya langsung berputar. Beberapa bulan lalu saya sempat hampir di rawat agar bisa istirahat dengan total. Tapi, saya masih meminta agar masih bisa rawat jalan. Setelah itu sudah lumayan dan membaik.

Eh, hari Sabtu kemarin, gejala ini muncul lagi. Sempat parah karena dua posisi tertentu membuat ruangan di sekitar saya berputar hebat. Akhirnya saya seperti robot hanya bisa menggerakkan kepala satu arah saja. Tentunya semua ini ada penyebabnya, dimana memang tipe Vertigo yang saya alami ini termasuk Positional dan tidak ada keluhan lain, jadi saya hanya butuh satu hal BED REST.

Gejala Vertigo setiap orang itu berbeda, baik saya taupun mungkin Anda. Nah kalau di saya ada beberapa hal yang harus saya catat baik-baik, agar Vertigo tidak sering muncul.


1. Kurang Tidur



Ini penyebab yang saya sadari menjadi gejala Vertigo saya sejak hari Sabtu hingga hari ini. Akibat begadang karena baru bisa pulang dari rumah Mamah sekitar jam 12.30 pagi, alhasil waktu tidur saya semakin sempit. Dan akhirnya gejala ini kembali menyapa.

Problem yang kerap saya alami kalau kemudian Vertigo menyapa itu yaa sulit tidur. Itulah kenapa setiap diberikan resep obat, saya pasti diberi obat tidur. Kalaupun tidak tersedia obat tidur, saya minum Antimo. Tapi tidak saya konsumsi setiap Vertigo, hanya kalau parah seperti saat ini.



2. Menghindari Konsumsi Kafein Berlebih



Dulu, sudah beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 2008 atau 2009, saya pernah mengalami gejala Vertigo ini. Akibat terlalu sering begadang mengerjakan pekerjaan kemudian mengonsumsi kopi yang banyak, ternyata bisa menjadi penyebab gejala Vertigo ini menyapa.

Tapi tetap dibolehkan selama jumlah kafein yang masuk tidak berlebihan. Itupun kalau tidak bisa sama sekali, namun saya memang sudah berhasil mengurangi konsumsi kopi. Yang biasanya setiap pagi kalau enggak ngopi rasanya masih ngantuk, sekarang meski pagi hari tidak ngopi, saya baik-baik saja ternyata, hehe.

Namun, saya masih beberapa kali rindu menyesap kopi dan saya balas dendam dengan mengopi dalam batasan yang wajar.



3. Bangun Tidur Langsung Berdiri



Ternyata, ini juga yang saya rasakan, kalau bangun tidur langsung bangkit dari tempat tidur tanpa melewati proses membuka mata sebentar, kemudian duduk sebentar, barulah berdiri, biasanya gejala Vertigo langsung menyapa saya.

Tidak enak sekali memang, itulah kenapa setiap bangun tidur memang sebaiknya melalui beberapa proses seperti Membuka Mata tanpa langsung duduk atau berdiri selama beberapa menit, kemudian barulah Duduk sambil meregangkan otot leher selama beberapa menit, setelah itu turunkan kaki dari tempat tidur selama beberapa menit, barulah bisa langsung berdiri dan berjalan.

Proses ini ternyata cara bangun tidur yang sehat. Agar mencegah Vertigo dan penyakit lainnya, karena ternyata dapat membuat kinerja jantung tidak tergesa.


***

Yang pasti memang benar, penyakit apa saja itu rasanya tidak enak kalau tengah menghampiri kita. Tapi, saya masih bersyukur ALLHAMDULILLAH karena penjelasan dari dokter langganan terkait gejala Vertigo Positional yang saya alami ini, sehingga ketika saya tengah merasa tidak enak badan, saya tahu apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya. 

Bahkan saya pernah jatuh karena ruangan di sekitar saya tiba-tiba berputar hebat dan saya bahkan tidak bisa mengontrol tubuh saya. Seketika saja jatuh tanpa saya tahu posisinya bagaimana. Nah, kalau sedang mengalami seperti ini, saya harus menenangkan diri saya kemudian mengambil napas yang dalam, barulah gejala itu mereda.

Semakin panik penderita gejala Vertigo maka kondisi ruangan berputar akan semakin lama redanya. Itulah kenapa kita diminta agar tidak panik sehingga gejala ini segera mereda. [Ipeh Alena]

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Ketika di pesantren dulu, awal-awal masuk pesantren, aku kena vertigo. Entah apa namanya. Ingat betul, sampai dibopong bapak ke RS krn kalau dibuat jalan, langsung lemas dan terjatuh. Mungkin benar, begadang itu. Namanya anak pesantren, begadang sudah jadi catatan sehari-hari

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih