Analisa Hashtag Yang Sesuai Dengan Tema Postingan Dan Cara Mengecek Hashtag Yang Di Banned

October 24, 2017

Analisa Hashtag Yang Sesuai Dengan Tema Postingan Dan Cara Mengecek Hashtag Yang Di Banned



Analyze Hashtag Instagram


Kemarin, saat saya membahas tentang Like for Like, banyak orang mengira pembahasan tersebut ada kaitannya dengan hashtag serupa. Betul, bagi pengguna kanal sosial Instagram, tentu sudah mengetahui hashtag tersebut yang sudah populer.

Menurut para pakar sosial media, penggunaan hashtag itu tidak bisa sembarangan, harus sesuai dengan gambar dan isi deskripsi yang kita unggah. Ini untuk menghindari Instagram menganggap akun kita sebagai spammer. Itulah sebabnya mereka selalu mewanti-wanti banyak para pengguna Instagram agar menyematkan hashtag yang sesuai dan aman.

Aman? Maksudnya? Jadi, ada beberapa hashtag yang cukup populer namun ternyata statusnya akan segera dihapus. Dan bisa berakibat juga foto-foto yang kita unggah ikut kehapus, ini ada sebagian kasus yang mengalami hal serupa. Namun, bisa juga hashtag tersebut jadi eror dan tidak bisa dicek. 

Itulah kenapa penting sekali untuk tidak asal-asalan dalam menyematkan hashtag. Selain untuk mencegah akun kita dianggap spammer juga untuk mencegah foto kita terkena dampak penghapusan otomatis dari Instagram. 


Terus bagaimana caranya agar bisa mengetahui apakah hashtag tersebut aman atau tidak?


Cek Hashtag Tersebut Melalui Fitur Pencarian Di Instagram


Saat senggang, cobalah untuk menyempatkan waktu mengecek beberapa hashtag yang sering kita gunakan. Entah itu langsung meng-klik dari hashtag yang ada, atau justru mencarinya melalui kolom pencarian di Instagram.

Jika hashtag yang kita cari melalui mesin pencarian hasilnya "No Found" berarti hashtag tersebut sudah di-banned oleh pihak Instagram. Konon, meski beberapa hashtag sudah di-banned tapi tetap masih bisa digunakan, namun itu tadi, resikonya sangat tinggi.

Tapi, belum tentu juga ketika hashtag tersebut muncul di mesin pencarian Instagram. Karena tetap harus dicek kembali apakah menampilkan pesan "Recent Post from (nama hashtag) are currentyly hidden because the community has reported some content that may not meet Instagram's guideliness" atau tidak. Bisa dilihat ketika kita membuka hashtag #BeautyBlogger kemudian scroll ke bawah, tampak catatan khusus bahwa hashtag ini sedang dalam pengawasan pihak Instagram.

Analyze Hashtag Instagram




Kalau begitu, bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan hashtag pada foto di Instagram?


Tentukan Terlebih Dahulu Tema Foto Atau Akun Instagram


Cara terbaik untuk menganalisa hashtag sebelum digunakan tentunya dengan mengetahui terlebih dahulu tema utama dari akun atau foto yang akan diunggah. Jika foto tersebut mengunggah kegiatan Ibu dan Anak, tentunya ini berkaitan dengan Parenting. Berarti Tema Utama dari foto yang akan diunggah adalah Parenting.


Cek Hashtag Sejenis Dengan Kata Kunci Menggunakan Tema Utama


Setelah mengetahui apa tema utama dari foto yang akan diunggah, setelah itu cari beberapa tema sejenis yang aman dan relevan pada mesin pencarian di Instagram. Gunakan tab TAGS untuk mempermudah, seperti beberapa hasil dari pencarian tema utama "Parenting" yang menghasilkan beberapa tema sejenis di bawah ini.


Analyze Hashtag Instagram


Buatlah Sub Tema Yang Berkaitan Dengan Tema Utama


Karena tadi tema utamanya adalah Parenting, kemudian bisa ditentukan sub-tema terkait Parenting, semisalnya Sub-Tema yang akan dibahas pada foto terkait mengenai "Breastfeeding" aka menyusui, karena Anda ingin mengampanyekan kegiatan menyusui dan kebaikan-kebaikannya. Dengan begitu, kita kembali mencari tema tersebut di pencarian Instagram. 

Anda bisa menggunakan beberapa hashtag sejenis yang sesuai dengan sub tema yang Anda pilih. Ini bermanfaat sebagai pendukung topik yang tengah Anda bahas sehingga bisa disesuaikan dengan pembaca.


Analyze Hashtag Instagram


Maksimalkan Penempatan Hashtag Pada Akun Instagram


Sebenarnya berapa banyak sih hashtag ideal untuk kita sematkan di satu postingan Instagram? Melalui beberapa topik yang saya baca dari eksplorasi Pinterest, kebanyakan mereka mengatakan 20 hashtag itu jumlah yang ideal. Sudah termasuk hashtag tema utama dan sub-tema tentunya. 

Selain itu, karena adanya perubahan alogaritma pada Instagram (yang membuat saya sebal bukan main karena sortir update teman-teman di Instagram tidak berurutan), disarankan untuk meletakkan hashtag tersebut di dalam kolom deksripsi. Beberapa tidak menyarankan menyematkan hashtag di kolom komentar (meski saya masih nakal dan bandel menyematkan hashtag di kolom komentar).

Juga, jangan lupa, penyematan hashtag itu lebih baik ketika akan menekan tombol post. Karena, jika gambar sudah dipost, kemudian baru menyematkan hashtag melalui editing deskrispi, ini akan mengakibatkan hashtag yang kita sematkan tidak akan muncul. Memang demikian alogaritmanya. Jadi, usahakan agar sebelum menekan tombol post, hashtag sudah tersemat dengan baik di badan deskripsi.


***

Jika Anda membutuhkan rekomendasi terkait hashtag yang tengah popular sebagai ide untuk postingan. Bisa meluncur langsung ke website http://hashtagify.me/popular , di website ini memuat beberapa hashtag yang tengah popular dan banyak digunakan. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau di antara hashtag tersebut tidak aman untuk digunakan. 

Tetap harus dicek ulang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti foto terhapus otomatis atau akun kita dianggap spammer.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah baru tau. Makasih ilmu barunya Kak Ipeh.
    Aku jarang pakai hashtag, kecuali kalo lagi ikutan giveaway xD

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih