LFL : Like For Like Instagram Untuk Menaikkan Konversi Dan Engagement

September 28, 2017

LFL : Like For Like Instagram Untuk Menaikkan Konversi Dan Engagement


LFL Like For Like Instagram



LFL event atau Like For Like memang sudah ada sejak sekitar tahun 2013. Pada mulanya dibuat kelompok ini demi membantu meningkatkan jumlah like dalam setiap foto di akun Instagram para Online Shop. Kemudian, seiring berjalannya waktu, event ini tidak hanya diikuti oleh para online shop saja, tapi juga akun pribadi hingga komunitas dan akun publik lainnya.

Tujuan mengikuti LFL ini memang sederhana yaitu meningkatkan konversi dan engagement di Instagram. Saya pribadi masih sering mengikuti ajang ini karena memang tidak ada ruginya bagi saya. Selain bisa menambah jumlah like juga bisa menambah nilai engagement. Ini menjadi keuntungan juga ketika saya tengah diminta untuk mengendorse sesuatu atau malah ikut dalam sebuah campaign.

Awal saya mengikuti LFL pun saya masih belum paham dengan tata caranya. Sampai kemudian saya mencari tahu informasi ini melalui pencarian di Instagram. Kemudian bergabung di salah satunya, setelah itu justru ketagihan!

Karena dari mengikuti LFL inilah, beberapa online shop pernah memercayakan saya untuk membantu memotret produk mereka. Atau meminta bantuan saya menulis artikel tentang produk yang mereka tawarkan. Inilah yang sering membuat saya ketagihan, ternyata apa yang awalnya saya niatkan untuk sekadar ikut-ikutan, justru bisa menjadi peluang yang baik untuk menambah uang saku, allhamdulillah.

Bagi yang penasaran dan ingin bergabung di kegiatan LFL ini, saya akan memberikan informasi penyelenggara LFL, namun perlu diketahui bahwa yang saya ikuti ini merupakan MIX LFL yang diikuti oleh akun komunitas, pribadi bahkan online shop. Bagi yang membutuhkan informasi LFL khusus pribadi, bisa mencarinya melalui fitur pencarian di Instagram.

Berikut beberapa penyelenggara LFL yang saya ikuti : @lfl.dots.reborn , @blessed.lfl , @lfllolipop , @esm.project . Nah, sebelum ikut serta bergabung dalam event LFL ini, ada baiknya mempelajari dahulu beberapa aturan mengikuti LFL ini. Disimak ya.


Baca Peraturan Pada Notes Line



Biasanya grup event yang digunakan itu memang grup Line, jadi jangan heran kalau kontak informasi mereka menggunakan Line. Setelah menghubungi pihak narahubung, nantinya kita akan diundang ke dalam grup mereka. Di grup inilah segala event yang berkaitan dengan LFL berlangsung.


LFL Like for Like Instagram


Perlu diketahui setelah bergabung di dalam grup, untuk segera cek fitur Notes pada Line grup. Biasanya berisi peraturan khusus seperti :

LFL MIX IG OlShop, Pribadi, Dll = Berarti event ini bisa untuk akun instagram pribadi atau komunitas.

Nominfol  = Maksudnya untuk ikut serta dalam LFL ini, follower Instagram kita tidak menjadi patokan boleh atau tidaknya ikutan.

Minfol 3K = Tandanya akun Instagram kita setidaknya harus memiliki follower berjumlah 3 ribu.

No Hashtag = Ini maksudnya saat ikutan LFL yang harus didaftarkan adalah akunnya, bukan hashtag tertentu.

3 Likes / 6 Likes = Merupakan jumlah foto yang wajib kita like dari akun-akun LFL lainnya. Jangan sampai salah hitung, kalau tidak nanti kena denda.

Tanggal = catat tanggal dan jam berlangsungnya LFL. Ada yang berjalan seharian penuh ada juga yang sampai beberapa hari, biasanya yang memakan waktu beberapa hari itu termasuk BIG LFL dimana slot atau jatah akun yang ikut serta bisa berjumlah ratusan.



Ikut Daftar Dan Cara Mendaftar



Jika sudah memahami perihal peraturan dalam grup tersebut. Kita bisa tunggu chat terbaru yang muncul. Kalau tulisannya masih dibuka biasanya tulisan pada chatnya itu Open Absen. Beda jika tulisannya ABSEN Done berarti LFL tersebut sedang berjalan dan usahakan jangan mendaftar dahulu.


LFL Like for Like Instagram


Kalau di grup sudah Open Absen, kita bisa ikut mendaftarkan akun Instagram kita. Dengan cara, cek nomor terakhir pada list akun Instagram. Kemudian bisa ketik “Otw (sebutkan nomor yang masih kosong)”. Usahakan untuk tidak menyela jika sudah ada yang menyebut OTW Nomor sekian. Karena sama saja menyela antrian. Kalau sudah kadung terjadi, bisa ketik “Ralat OTW (nomor yang kosong)”.



Memulai LFL Dan Caranya



Kalau akun yang kita daftarkan sudah tertera dalam list. Kemudian LFL sudah dimulai, bisa langsung kita kerjakan. Biasanya mereka mengunggah daftar akun yang ikut serta dalam LFL di akun tertentu.

LFL Like for Like Instagram


- Kunjungi akun tersebut
- Cek apakah akun kita sudah sesuai dengan nomor yang kita daftarkan dan tertera dalam list
- Bisa memulai dari nomor berapa saja tapi harus semua akun Instagram yang ikut serta pada hari tersebut kita like fotonya
- Like foto setiap akun Instagram sesuai dengan peraturan, entah itu 3 foto yang dilike atau 6 foto. Dicek dahulu ketentuannya
- Perlu diingat untuk MELIKE SEMUA FOTO PADA AKUN INSTAGRAM yang diikutsertakan, ya. Untuk menghindari akun IG dan Line kita dikenai denda
- Jika sudah jangan lupa absen done



Sudah Selesai Mengikuti LFL Jangan Lupa Absen



Meskipun sudah mengikuti peraturan dan me-like semua foto pada akun Instagram. Merupakan hal yang wajib juga untuk absen sebagai tanda sudah selesai. Beberapa grup LFL menuliskan absen done aka absen selesai di notes grupnya. Beberapa ada di kolom chat. Harus dibaca dengan seksama, jangan sampai kelewat.

Karena, kalau kelewat bisa jadi kita akan dikenai denda. Juga, kalau mangkir dari denda akan dibanned dan informasinya dikirim ke banyak grup LFL. Apalagi kalau alasannya lupa, duh, jangan sampai deh.

Jika absen selesai berada di notes grup, dibaca terlebih dahulu. Biasanya ada skema tertentu untuk absennya. Misalnya : 33. @Blogipehalena DAP Senin 11.00. Maksudnya saya admin dari nomor 33, akun instagram saya @blogipehalena, sudah me-like semua list akun IG dalam event LFL pada hari Senin jam 11 siang.

Atau beberapa ada pula yang harus absen selesai di chat, biasanya kita harus menghapus nomor akun kita sendiri. Semisalnya akun saya berada pada nomor 33, saya akan chat dulu dengan format “OTW Done 33” Kemudian mengutip daftar list yang berada pada chat sebelumnya, baru kemudian dihapus. Ingat, chat yang kita kutip bukan chat awal tapi chat sebelum chat kita. Agar tidak menimpa absen dari anggota lainnya. Jadi cukup dilanjutkan saja.


***

Suka duka mengikuti Event LFL ini memang banyak, saya pernah sampai kelelahan jemari saya karena mengikuti banyak LFL sekaligus. Apalagi kalau jaringan internet mulai LOLA, duh itu semua like bisa mental aka tidak selesai. Sampai saya harus mengulanginya dari awal.

Tapi, dari banyaknya kesulitan yang saya hadapi, bobot suka saya pada event LFL ini lebih banyak. Salah satunya, mereka sudah memiliki peraturan yang WAJIB dipatuhi semua yang ingin ikut dalam event ini. Jadi enggak ada tuh namanya drama pakai acara lupa, mengurus anak, repot dan segala macamnya.


LFL Like for Like Instagram


Meski tetap ada beberapa yang terkadang akhirnya dikenakan denda. Banyak dari mereka yang tetap mengerjakan denda sesuai dengan komitmen. Iya, semua yang ikut serta meski mereka itu OL Shop atau akun publik lainnya, mereka selalu komitmen mengerjakan apa yang mereka mulai.

Berbeda dengan beberapa list yang pernah saya ikuti di Facebook. Ada yang minta dilike dan berjanji akan me-like semua yang berkenan, tapi pada akhirnya berakhir menjadi janji palsu. Bukan masalah baper atau drama sih, tapi lebih ke komitmen memenuhi janji. Itu yang sering membuat saya tidak percaya dengan hal-hal tersebut.

Dengan komitmen dan sistem yang dijalankan dengan teratur, saya malah melihat ternyata sebenarnya banyak kok masyarakat Indonesia yang patuh pada peraturan. Terbukti dengan minimnya jumlah anggota yang mangkir dari tugas. Itu pertanda, kalau peraturannya jelas serta adminnya tegas, setidaknya ini menjadi kunci sukses dari event LFL yang terus berjalan hingga saat ini.

Mengikuti LFL itu seperti simbiosis mutualisme, tidak ada yang dirugikan di sini, meski kita me-like akun yang mangkir dari tugas. Karena tentunya ada punishment tersendiri yang bisa jadi lebih heboh dari yang kita kira. So, saya merasa diperlakukan adil setiap mengikuti event ini. 

Bagi Anda yang ingin belajar cara ikut LFL bisa tanya-tanya juga ke saya. Selamat beraktivitas buat semuanya :).

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. ooh harus absen juga ya... saya blm pernah sih ikutan LFL ini

    ReplyDelete
  2. mb Ipeh seriusan baru tau loh LFL ini, kebayang jempol kondean ngelikein foto bejibun yang ada didaftar..hehehe
    pengen ikutan ih tapi takut ga komit LFL kesian yang daftarnya nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah kasihan Tetehnya kalau sampai gak komit. Soalnya hukuman dan dendanya ga terbayangkan. Bisa dipermalukan se dunia maya :D. Ini mah seriusan, kalo kena admin yang sangar bakalan terus ditagih plus ditambah hukumannya :D.

      Tapi di situ enaknya. Berani memulai berani menyelesaikan. Jadi ada unsur komitmen di sini, gak sekadar minta di like aja :)

      Delete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih