Apa Yang Saya Tulis Dalam Bullet Journal Serta Ide Yang Mungkin Menarik Buatmu

September 27, 2017

Apa Yang Saya Tulis Dalam Bullet Journal Serta Ide Yang Mungkin Menarik Buatmu


Bullet Journal Ideas


Sebelum mengenal istilah Bullet Journal, sebenarnya saya sudah memiliki buku khusus yang berisi rancangan aktivitas harian, saya menyebutnya agenda. Isinya seperti biasa, aktivitas harian saya dari bangun tidur sampai tidur lagi. Mengenal agenda ini sejak kelas 5 SD. Ada sejarah yang melatarbelakangi perkenalan saya dengan buku agenda.

Suatu ketika saya membaca sebuah buku Pendidikan Moral Pancasila, ini buku sekolah yang kalau sekarang diubah namanya menjadi PKN. Di dalam buku tersebut dikisahkan seorang anak yang sudah mampu mengatur waktu, namun memang fokus utamanya bukan mengatur waktu tapi pada toleransi dan tenggang rasa. Tapi hanya satu hal tersebut yang membuat saya tertarik, yaitu gambar seorang anak yang tengah duduk di meja belajarnya sementara di dinding dekat meja belajar tertulis jadual hariannya.

Seperti ini contohnya :

Bangun Jam 05.00
Menyapu Halaman Jam 05.30
Mandi Jam 06.00
Sarapan Jam 06.30
Berangkat Sekolah Jam 06.45
Pulang Sekolah Jam 12.00
dst


Dari jadual tersebut, saya tiba-tiba ingin juga mempraktekkannya. Kemudian saya tulislah jadual yang sama dengan yang ada di buku, kemudian saya tempel di meja belajar. Seiring berjalannya waktu, saya mulai memiliki banyak kegiatan ketika duduk di bangku SMP. Apalagi karena saya sekolah di SMP IT jadi waktu di sekolah lebih lama dari biasanya. Saat SMP inilah saya mulai memiliki buku agenda khusus untuk kegiatan saya, isinya hampir mirip seperti ingin bangun jam berapa dan apa saja yang ingin saya lakukan. Namun ada penambahan kolom ceklis yang saya gunakan jika hal tersebut memang saya lakukan.

Kegemaran saya menulis agenda terus berlangsung hingga saat ini, detik ini. Dari awalnya tertarik karena ingin ikutan seperti di buku, sampai kemudian merasa terbantu sekali dengan buku agenda. Selain itu, menulis buku agenda merupakan upaya melatih kejujuran diri saya sendiri. Seperti kolom checklist yang saya buat ketika SMP, masih saya gunakan hingga saat ini, dimana saya harus jujur pada diri saya sendiri terkait aktivitas yang saya lakukan dan yang tidak saya lakukan.

Terkadang saya tidak menggunakan agenda, jika memang rutinitasnya sama. Tapi, karena saat kuliah hingga bekerja, isi agenda saya mulai banyak dan tidak selalu berisi aktivitas saja. Akhirnya fungsi agenda ini sangat banyak. Apalagi sekarang, saya menulis mind mapping blog post juga di Bullet Journal. Sampai mencoba beberapa hal yang dilihat di pinterest. 

Ada beberapa ide yang menarik dan sudah saya lakukan sekitar tiga tahun belakangan ini, ide yang saya dapat dari pinterest. Siapa tahu bermanfaat untuk Anda. Beberapa ide ada juga yang baru saya aplikasikan baru-baru ini.


Habbit Tracker
Sumber : Pinterest


1. Habbit Tracker



Ini cenderung baru saya aplikasikan di Bullet Journal sekitar beberapa bulan, tahun 2017 ini. Fungsinya tentu untuk melihat seberapa jauh saya berkomitmen membantun kebiasaan baik. Salah satunya adalah olahraga, ini yang paling sulit apalagi meniatkan agar olahraga itu sesuatu yang lumayan butuh perjuangan. Jadilah saya menggunakan alat bantu ini. 

Sebenarnya di beberapa aplikasi android sudah tersedia juga Habbit Tracker seperti ini, tapi entah kenapa saya memang lebih senang menuliskannya secara manual di Bullet Journal. Selain melatih tangan saya agar tulisannya tidak berubah, juga melatih tangan saya agar tidak lupa cara menulis, hehehe. Juga lebih nyaman menggunakan Bullet Journal karena bisa di desain sesuai kehendak saya.



2. Daily Routines



Hampir sama dengan agenda harian, sih. Tapi isinya memang tidak sama seperti ketika saya membuat jadual semasa SD. Isinya kegiatan harian yang sering saya lupa seperti membuang sampah sampai membaca buku. Betul, saya memang menuliskan juga di jurnal hal-hal sepele yang ternyata sering juga saya lewatkan. Apalagi kalau sudah keasyikan dengan hal-hal unfaedah, haha.


Daily Routine
Sumber : Pinterest



3. Bank Ide Blog


Nah, ini yang menjadi favorit saya, menuliskan apa saja ide yang tiba-tiba terlintas dalam benak dan pikiran saya terkait blogging. Entah itu saya dapat setelah mampir ke blog lain, atau justru ketika saya tengah menonton televisi. Semua saya tulis dan catat, setidaknya membantu sekali kalau saya tengah kekurangan ide.


4. Mind Mapping Blog Post


Saya senang menuliskan sesuatu sebelum mempublikasikannya, dalam hal ini blog post. Jadi, sebelum saya menulis di blog, biasanya saya tulis dulu strukturnya yang berisi hal apa saja sih yang ingin saya bahas di blog. Awalnya saya membuat ini untuk tujuan review buku. Dimana terkadang saya ingin mengelompokkan tragedi atau aksi-aksi serta karakter dalam sebuah buku terpisah. Sehingga lebih mudah untuk merangkum isi buku.

Dan ternyata, setelah saya ikut mempraktekkannya untuk blog personal ini, akhirnya terasa sangat membantu juga. Semacam kerangka karangan yang bisa membantu penulis mengembangkan ide sehingga masih bisa tetap fokus pada ide utama.


5. Wishlist Book, Movie, Anything


Menuliskan impian atau keinginan dalam buku jurnal juga memberi kemudahan untuk saya melihat seberapa banyak sih hal yang saya inginkan dan hal yang saya butuhkan. Sambil belajar menentukan prioritas yang sampai sekarang masih saja suka ketukar, hehehe. Bahkan daftar keinginan terhadap buku-buku yang membuat saya mupeng, pun berakhir tetap dalam daftar karena saya justru membeli buku yang lain. Padahal sudah ditulis, ya. 

Tapi, lumayan membantu untuk banyak hal terutama menghitung nikmat untuk belajar rasa syukur, meski tidak akan pernah bisa dihitung nikmat yang saya dapat. Namun, dari tercapai atau terwujudnya impian dan harapan yang saya tulis, membuat saya belajar untuk terus menghargai kehidupan dan tidak lupa bersyukur akan hal kecil dan besar.


Ada beberapa ide lain yang bisa diadopsi untuk mengisi jurnal Anda. Ini saya dapat dari pinterest. Atau kalau mau langsung meluncur ke pinterest sambil melihat kreativitas para Bullet Journal Addict, dipersilakan.


Bullet Journal Ideas

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih