Anggapan Tentang Pekerja Paruh Waktu Dari Orang Di Sekitar Saya

September 26, 2017

Anggapan Tentang Pekerja Paruh Waktu Dari Orang Di Sekitar Saya


Bekerja Freelance


Ternyata, menulis setiap hari di blog itu tidak semudah teorinya. Dan saya merasakan juga akhirnya, dimana semula saya hendak menjalankan keinginan untuk mengisi blog setiap hari. Hingga kemudian bertemu dengan hari libur kemarin dan pada akhirnya saya terkena efek mager alias malas gerak. Bahkan untuk membuka dashboard blog pun rasanya berat.

Jadi, untuk memulai kembali, anggap saja sebagai pemanasan, saya ingin menulis hal yang ringan. Terkait pekerjaan saya sebagai Pekerja Paruh Waktu. Saya yakin, karena memang beberapa kali mendapati teman-teman saya sesama pekerja paruh waktu mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan dengan orang-orang di sekitar. Intinya bukan saya saja yang mendapat pengalaman seperti ini.

Anggap saja, sekali-kali saya curhat di blog ini. Tentang suka dan duka saya sebagai Pekerja Paruh Waktu.


1. Kamu Diam Saja Di Rumah Tidak Bosan?


Sebenarnya pertanyaan ini saya ubah dengan bahasa yang sedikit enak dibaca. Hihihi, faktanya tentu dengan kalimat tanya yang menggunakan bahasa yang kurang bisa saya terima secara langsung. Sempat membuat saya sempat ingin menangis. Pasalnya, ini bukan pertama kalinya saya mendapat pertanyaan kenapa saya lebih sering di rumah - meski beberapa kali ke luar rumah untuk ikutan event - tanpa melakukan aktivitas apa-apa.

Terkadang saya menjelaskan dengan singkat kalau saya pekerja paruh waktu di rumah. Terkadang pula saya jelaskan dengan sedikit saja, kalau saya penulis lepas, blogger, buzzer dan masih menjalankan bisnis memotret produk dari beberapa online shop. Sisanya, sering saya jawab dengan cengiran sebagai jawaban andalan saya kalau sudah terlalu capek menjawab pertanyaan tersebut.


2. Kerja Di Rumah Berarti Punya Banyak Waktu Luang


Bahkan, ketika saya mendapati kenyataan bahwa waktu luang saya seringnya digunakan untuk research sejumlah materi yang digunakan untuk tulisan. Saya merasa kalau waktu luang saya sebenarnya tidak ada. Hihihihihi, tapi saya tidak menyesal sih, karena berarti waktu yang saya punya dalam sehari digunakan dengan baik - insya allah.

Tapi, tetap saja, ada banyak orang yang salah kaprah hingga menganggap orang yang bekerjanya dari rumah itu jobless. Sampai-sampai sering saya mendapati orang yang menganggap kalau saya di rumah kerjanya tidak ada. Wuih, sungguh saya cuma bisa geleng-geleng kepala karena tidak tahu lagi mau menjelaskan bagaimana.

Saya malah pernah menyodorkan Bullet Journal milik saya yang isinya kegiatan setiap hari. Dari mulai aktivias harian sampai pekerjaan. Tapi, tetap saja, mereka anggap itu hanya tulisan belaka. Fiuh...rasanya terkadang saya berpikir kalau waktu saya terbuang percuma untuk menjelaskan hal tersebut.


3. Nonton Film Itu Bukan Bekerja


Ini yang sering saya alami, apalagi ketika mendapat pekerjaan untuk merangkum tayangan dokumenter atau menulis rangkuman video dari client dianggap bukan pekerjaan. Sampai-sampai saya ingin sekali mengatakan kalau ini bukan hal yang mudah. Lah saya sering banget mendapati video yang harus saya rangkum itu isinya enggak jelas, sulit seperti kualitas videonya kurang baik hingga suara dari narasumber atau pidato seseorang tidak cukup terdengar. Ini saja membutuhkan usaha dan energi yang tidak sedikit karena harus diulang-ulang sampai dapat menangkap topik yang dibahas.

Senangnya, tentu kalau disuruh menonton tayangan dokumenter kemudian diminta diulas atau dirangkum. Terkadang justru bisa menambah pengetahuan. Dan hal ini semacam bayaran yang setimpal dari penilaian kalau saya tidak sedang bekerja tapi hanya duduk diam menonton, tapi bisa dapat duit sampai dikira simpenan om-om (ini komen yang paling nyelekit).



4. Baca Buku - Motret - Kok Bisa Kayak Gitu Doang Dapat Duit?



Serius, saya suka ketawa kalau ditanya seperti ini. Rasanya ingin sekali menyerahkan tanggung jawab ke orang tersebut ketika saya dihadapi pada bacaan yang sungguh membuat saya ingin menangis karena kualitasnya kurang sampai ide ceritanya yang terlalu umum, hingga saya mengernyit, "ini tuh tentang apa sih ceritanya."

Membaca buku itu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan kalau buku yang dibaca juga sesuai dengan selera. Tapi, bagaimana kalau buku yang ditawarkan tidak sesuai dengan selera atau ekspektasi. Apalagi saya pernah mendapati isi buku tersebut mirip dengan beberapa artikel yang saya baca di google. Hingga saya berpikir, "ngapain nyuruh orang beli buku kayak gini, lahyawong bisa browsing di internet."

Tapi, ini pekerjaan, ketika saya mengatakan bersedia pada pekerjaan, berarti saya harus melakukan yang terbaik. Mengeluh? Pernah kok, sampai mangkel rasanya pun pernah. Tapi life goes on lah.



5. Freelance Itu Bukan Pekerjaan



Dan, sampailah di titik dimana saya merasa lebih entah dengan pemikiran orang-orang di sekitaran saya. Hingga kemudian saya diberikan pencerahan bahwa, "orang-orang yang ada di sekitar kita terkadang tidak tahu apa yang tengah terjadi di dunia secara luas. Anggap saja mereka masih baru keluar dari kotak kemudian melihat dunia yang luas hingga mereka tidak tahu apa yang mereka lihat."

Begitulah, hingga akhirnya saya memutuskan untuk menjawab dengan senyuman atau cengiran. Karena itu menghemat energi. Sampai sekarang, saya memang cukup tertutup dengan pekerjaan apa saja yang saya kerjakan selama di rumah. Mulai dari menulis, memotret, buzzer sampai sosial media, hal-hal tersebut yang saya kerjakan dan allhamdulillah mendapat penghasilan.

Memang, menjadi Pekerja Paruh Waktu tampak seperti bukan orang yang bekerja secara nyata, tapi sebenarnya saya justru tidak memiliki waktu libur atau cuti seperti orang pada umumnya. Hehehe, jadi alih-alih saya ngomel, lebih baik saya melanjutkan kehidupan.

Hmm...menulis curhatan itu lumayan sulit juga bagi saya :D.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Curhatan aja enak kayak gini lho, dibacanya hehe.
    Whatever somebody talk about us, life must go on. That's all :)
    Lakukan saja yang terbaik.

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih