Acara Vida Festival Di Bekasi 2017

September 30, 2017

Acara Vida Festival Di Bekasi 2017






Ada yang pernah datang ke acara Vida Festival Bekasi? Ini kali pertama saya hadir di acara ini. Padahal lokasinya dekat dengan rumah orangtua saya di Rawa Lumbu. Tapi, adanya acara ini justru baru saya tahu sekarang. Saat datang ke lokasi acara yaitu di Vida Bekasi. sudah banyak orang yang hadir di sana, serunya ada beberapa anak Sekolah Dasar yang hadir di tempat ini untuk mendapatkan seminar tentang lingkungan hidup.


Vida Festival 2017


Vida Festival ini sendiri diadakan untuk mengajak tamu berkenalan dengan sinergi antara alam dan tempat hunian. Bagaimana cara agar pembangunan tempat tinggal tidak mengganggu lingkungan dan tetap berusaha menjaga melestarikannya.



Vida Festival 2017



Bekerjasama dengan beberapa komunitas yang ada di Kota Bekasi. Selain itu diadakan juga beberapa acara seperti workshop, pameran hingga acara musik dan food cort.


Vida Festival 2017

Vida Festival 2017

Vida Festival 2017


Pengenalan Tata Ruang Kota Yang Baik



Workshop yang diadakan kali ini yaitu pengenalan tentang permasalahan yang sering terjadi di kota besar. Dengan acara pengenalan terkait lingkungan hidup dan masalah yang dihadapi. Sehingga anak-anak bisa belajar apa saja yang menjadi penyebab banyaknya masalah seperti banjir hingga penumpukan sampah di mana-mana. Anak-anak ini diperkenalkan agar bisa belajar mencegah melalui pemahaman penyebab masalah.

Selain itu ada juga pengenalan terhadap peranan di kota. Anak-anak ini akan diajak bermain peran. Ada 5 peran yang akan dimainkan oleh anak-anak ini. Kelima profesi ini sebagai pengenalan akan peranan akan walikota, ahli lingkungan, ahli budaya, insinyur dan tata kota. Mereka didampingi dengan para mentor yang akan membantu menjelaskan, bagaimana sih struktur tata kota yang baik itu?


Vida Festival 2017

Vida Festival 2017

Vida Festival 2017

Vida Festival 2017


Antusiasme anak-anak sangat terlihat, mereka langsung berebut memilih kelompok sesuai peran yang mereka inginkan. Setelah itu mereka diajak playing pretend, melalui game board yang disertai elemen seperti kereta api, rumah dan hal lain yang biasa ada di kota. Kreatif juga sih kakak-kakak ini, karena elemen-elemennya ini dibuat dari kertas yang bisa ditempel.


Vida Festival 2017

Vida Festival 2017

Vida Festival 2017

Vida Festival 2017


Tempat Para Komunitas Unjuk Diri



Meski memang tidak ada panggung khusus untuk memperkenalkan keahlian masing-masing komunitas. Tapi, tersedia booth-booth yang digunakan sebagai tempat komunitas memperkenalkan kegiatan mereka. 

Ada komunitas skateboard yang sejak siang hari sudah unjuk kemampuan di dekat gedung Insitu Lakeside Experience. Selain itu, ada juga pertunjukan tari dari sanggar tari. Di sore harinya, ada acara pertunjukan musik.


Vida Festival 2017

Vida Festival 2017

Vida Festival 2017


Tempat favorit saya itu, lapangan di dekat Little Talk Coffee, di situ ada pertunjukkan komunitas drone dan pesawat control. Di depannya ada pertunjukkan dari komunitas perahu air remote control. Cukup seru, namun sayangnya saya sampai lupa untuk mengabadikan foto di sini. Hiks.



Tata Ruang Kota Dan Hunian Yang Baik Itu Seperti Apa?



Kalau ada yang pernah menonton tayangan Anime di Jepang. Tentunya tahu, kalau penataan ruang kota di Jepang selalu menyediakan lahan-lahan hijau yang memang diperuntukkan agar jumlah oksigen bisa diproduksi lebih banyak demi kelangsungan hidup manusia.

Oleh sebab itu, penting juga menyadari bahwasannya ruang kosong di kota sebaiknya dimanfaatkan dengan baik dan dijaga agar tidak rusak. Di Kota Bekasi sendiri ada beberapa tempat yang memang enak dan adem untuk dijadikan tempat kumpul komunitas. Yaitu di alun-alun Bekasi dan juga GOR Bekasi. Saya sih berharap semoga semakin banyak ruang hijau yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berkumpul atau rekreasi bersama teman dan keluarga.

Selain penyediaan Ruang Hijau, tentunya penyediaan fasilitas umum juga merupakan hal yang penting. Seperti lokasi Rumah Sakit atau Klinik, transportasi umum, pasar sampai sekolah. Dengan mudahnya akses fasilitas umum dari tempat tinggal, bisa memepermudah setiap warga yang tinggal di tempat tersebut. Tentunya, lebih enak dekat dengan fasilitas umum, dekat dengan pusat kota terutama dekat dengan jalan tol.

Kemudian saluran air yang baik serta pendistribusian ke rumah-rumah penduduk tertata dengan baik. Serta penataan air yang bisa mencegah terjadinya banjir juga sangat penting. Hal inilah yang juga disampaikan dalam ajang seminar untuk anak-anak di acara Vida Festival Bekasi.


***

Tentang Vida Bekasi


Vida Bekasi (www.vidabekasi.com) adalah kawasan hunian baru di Kota Bekasi yang hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan hidup yang lebih berkualitas. Master plan Vida Bekasi dibangun dalam konsep tropical urbanism yang dirancang oleh arsitek Andra Matin. Tropical urbanism adalah konsep kehidupan yang sadar dan responsif terhadap iklim tropis dan diwujudkan pada kawasan urban berdesain kontemporer dengan fasilitas lengkap yang akan menunjang kebutuhan para penghuninya. Vida Bekasi diluncurkan pada Oktober 2013, dan hingga kini telah dihuni oleh lebih dari 9.000 jiwa.


Tentang Gunas Land


Gunas Land (www.gunasland.com) merupakan pengembang Vida Bekasi yang didukung oleh investor yang berkomitmen kuat dalam pengembangan real estat. Proyek yang sudah berjalan antara lain ; menara perkantoran, pusat ritel, kondominium high-end dan pengembangan kota yang beroperasi di Jakarta, Bekasi dan Jambi. 

Proyek tersebut diantaranya adalah Citra Raya Jambi, Mixed used Development di Jl. Budi Utomo, Lapangan Banteng, Jakarta. Super high-end kondominium di Menteng; Mixed Used 6 tower develompent di Jl Raya Fatmawati yang kino tersambung dengan mass rapid transit MRT di stasiun Cipete.

Komitmen Gunas Land untuk meningkatkan standar kualitas pembangunan properti di Indonesia dengan mengusung konsep eco-living-tren gaya hidup yang menekankan terciptanya konsep pengembangan berkelanjutan. Sebagai bentuk apresiasi pada kebudayaan Indonesia, Gunas Land juga mengintegrasikan cita rasa Indonesia melalui bangunan dan segala kegiatan yang dilaksanakan.



***


Karena lokasi Vida Bekasi yang dekat dengan rumah saya, ada satu tempat yang saya nantikan dan harapkan segera selesai. Yaitu Insitu Lakeside Experience. Tempat ini didesain sebagai ruang publik yang ramah lingkungan dan diharapkan dapat menjadi pembentukan habitat baru bagi spesies binatang kecil seperti serangga, burung dan ikan di dalam danau.

Kenapa saya tertarik? Tentunya karena saya tak sabar ingin hunting serangga untuk difoto. Semoga saja bisa terwujud, jadi saya bisa langsung nyemak di sini. Bagi yang tinggal di Bekasi dan ingin tahu keseruan Vida Festival bisa cek di informasi tambahan yang saya sertakan. 





Selamat Berakhir Pekan!



Informasi Lebih Lanjut

Vida Bekasi
Irma Tjandra
Head of Sales and Marketing
Contact No. 081310614106
Email : irma.tjandra@gunasland.com

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih