Ingin Mengubah Lokasi Faskes Tanpa Datang Ke Kantor BPJS? Mobile JKN Solusinya



Mobile JKN


Program BPJS saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Entah itu untuk pengobatan rawat jalan, periksa gigi atau untuk melahirkan. Jika belum mengeatahui prosedurnya, memang tampak sulit alur penggunaan BPJS ini. Jadi, ada baiknya untuk memperhatikan dengan seksama, alur penggunaan kartu BPJS agar Anda tidak perlu lagi bolak-balik dari puskesmas ke rumah sakit karena belum mengetahui apa saja yang harus diurus sebelumnya.

Biasanya memang surat rujukan sangat diperlukan bagi pasien BPJS sebelum langsung berobat ke rumah sakit. Tapi, ada juga yang melalui alur dari dokter di rumah sakit yang menerima BPJS baru dilakukan tindakan lanjutan. Masing-masing memiliki prosedur yang berbeda, itulah mengapa saya mengingatkan untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum menggunakan BPJS agar tidak ribet nantinya.

Kebetulan, saya termasuk pasien yang baru menggunakan BPJS, setelah sebelumnya kebingungan bagaimana caranya. Ini terkait dengan pemeriksaan gigi, hehehe, masalah yang sudah beberapa kali saya alami. Oke, setelah waktu itu saya mencabut gigi geraham di Klinik Imani Medika. Saya penasaran bagaimana cara menggunakan BPJS di klinik tersebut. Akhirnya saya tanyakan saja pada pegawai di sana. Yang perlu saya lakukan hanya mengubah lokasi faskes BPJS yang saya miliki.


Sebentar, menggunakan layanan BPJS saja saya enggak pernah. Karena memang ini fasilitas langsung dari kantor, sampai saya enggak tahu-menahu proses pembuatannya. Terus, harus mengubah lokasi faskes? Duh, kebayang waktu itu saya harus datang ke kantor BPJS pagi hari sekali demi mengambil nomor antrian. Dimana memang antriannya sangat teramat membuat sakit kepala, kalau yang belum terbiasa seperti saya. Alhasil, saya enggak pernah berkeinginan untuk mengubah data apalagi menggunakan layanan BPJS.

Tak lama kemudian, ketika saya tengah iseng nongkrong di Playstore. Saya menemukan satu aplikasi yang menarik. Namanya Mobile JKN - ini setelah diupdate - yang ternyata fungsinya banyak sekali bagi pengguna kartu BPJS. Apa saja fungsinya? Silakan simak penjabaran selanjutnya di bawah ini.






Bagaimana Cara Mendapatkan Mobile JKN



Aplikasi ini disediakan untuk pengguna Android, sehingga tersedia di Playstore. Anda bisa mengunduhnya melalui Playstore dengan mengetik kata kunci 'Mobile JKN' dan temukan aplikasi yang bersumber dari BPJS seperti tertera di gambar di bawah ini.




aplikasi bpjs


Setelah menemukan aplikasi ini, Anda bisa langsung menekan tombol 'Instal' atau 'Pasang' untuk memasang aplikasi ini pada perangkat pintar Anda. Tunggu sampai selesai, setelah selesai Aplikasi ini bisa Anda buka.

Sebelum bisa menggunakannya, Anda akan diminta untuk mendaftar. Ada dua jenis pendaftarannya yaitu Pendaftaran Baru (bagi yang belum memiliki layanan BPJS) atau Pendaftaran Pengguna Mobile (bagi yang sudah memiliki kartu BPJS). Karena saya sudah memiliki kartu BPJS, jadi saya mendaftar dengan pilihan ke dua. Setelah itu saya diminta untuk mengisi kolom yang terkait dengan data seperti :

- Alamat Email
- Password
- Nomor Kartu BPJS
- Nomor KTP 
- Nomor Handphone



aplikasi bpjs



Perlu diingat! Setelah mendaftar dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, sebaiknya untuk menyimpan alamat Email dan Password dengan baik. Agar Anda bisa "Login" / "Masuk" setiap ingin menggunakan aplikasi ini tanpa kesulitan. Sebaiknya simpan data terkait informasi untuk Login di tempat terpisah sehingga ketika perangkat Anda rusak, Anda masih bisa mengakses informasi untuk Login/Masuk.




Apa Saja Fitur Mobile JKN?


Setelah Anda berhasil masuk ke dalam aplikasi, Anda akan menemukan beragam pilihan di dalamnya.


Mobile JKN


1. Info JKN

Ini merupakan layanan berupa artikel yang berisi informasi seputar Jaminan Kesehatan. Mulai dari terkait pendaftaran, manfaat dan kewajiban peserta dan informasi lainnya.



2. Lokasi

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui informasi terkait lokasi Kantor Regional, Kantor Cabang, Faskes Tingkat Lanjut serta Faskes Tingkat Pertama melalui handphone Anda. Cukup mengaktifkan GPS, maka Anda bisa segera mendapat layanan yang memadai jika ingin menggunakan layanan BPJS ini di tempat yang direkomendasikan.


3. Pembayaran


Bingung ingin tahu cara membayar premi BPJS? Silakan buka menu Pembayaran. Di sini terdapat informasi pembayaran melalui Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN dan Tokopedia.



4. Cek VA


VA (Virtual Account) merupakan untuk mengecek informasi terkait pembayaran kolektif tagihan iuran peserta mandiri. Menurut website BPJS, "Sistem tagihan iuran VA Keluarga adalah tagihan iuran yang bersifat kolektif untuk seluruh anggota keluarga atau menggabungkan masing-masing tagihan peserta sebagaimana yang terdaftar pada Kartu Keluarga (KK) dan atau yang sudah didaftarkan sebagai anggota keluarga."


5. Skrining Riwayat Kesehatan

Berisi data pribadi terkait peserta BPJS. Seperti informasi tinggi badan, berat badan dan informasi lainnya. Untuk peserta yang baru menggunakan aplikasi ini, Anda akan diminta untuk mengisi 44 pertanyaan terkait data diri. Ini bermanfaat untuk menginformasikan terkait kesehatan Anda.


6. Pengaduan Keluhan

Terdapat informasi nomor yang bisa dihubungi jika peserta BPJS memiliki keluhan atau pertanyaan seputar BPJS.


7. Peserta


Jika layanan BPJS Anda terhubung dengan anggota keluarga yang lain, yang masih satu Kartu Keluarga, biasanya informasi terkait keluarga Anda akan muncul di menu ini. Sehingga untuk melakukan perubahan data terkait anggota keluarga Anda, bisa dilakukan melalui satu akun saja. Tanpa harus mengubah satu-satu dengan email yang berbeda. Cukup mudah.


8. Premi

Menu ini berisi informasi terkait premi layanan BPJS Anda.

9. Catatan Pembayaran

Menu ini berisi informasi riwayat Pembayaran Premi atau Pembayaran Denda.


10. Ubah Data Peserta


Seperti informasi yang saya berikan sebelumnya, bahwa, dalam aplikasi ini jika layanan BPJS Anda terhubung dengan kartu BPJS Anggota keluarga Anda yang lain maka akan sangat mudah mengubah informasi terkait kontak, data lahir atau lokasi faskes. Sebelum mengubah informasi terkait data peserta, pastikan sebelumnya pilihan Anda adalah benar.

Karena terhubung dengan informasi data peserta anggota keluarga Anda, maka tentunya pilihan data peserta yang akan diubah ada banyak. Jangan lupa untuk memilih nama data peserta yang ingin diubah terlebih dahulu. Kemudian baru bisa mengubah Tanggal lahir, kontak telpon, alamat rumah, alamat email sampai Lokasi Faskes.

Untuk mengubah lokasi faskes ke tempat terdekat, jangan lupa juga untuk mengetahui nama rumah sakit atau klinik dengan baik. Sehingga mempermudah proses pencariannya. Atau bisa juga menggunakan fitur rekomendasi dari aplikasi ini.


11. Kartu Peserta


Butuh screenshot kartu BPJS Anda? Bisa menggunakan fitur ini. Sangat mudah bagi Anda yang mungkin lupa membawa kartu BPJS. Juga bisa digunakan sebagai bukti perubahan data keanggotaan Anda di JKN.



12. Pengaturan


Berisi informasi terkait Notifikasi aplikasi, mengubah kata kunci/password, serta menu untuk keluar dari aplikasi ini.



***


Sejauh ini, keluhan mengenai antrian pengguna layanan BPJS di instalasi kesehatan umum sering mencuat. Saya pribadi sering juga bimbang untuk menggunakan layanan ini. Tapi, meski sering ragu untuk masalah pembayaran memang tidak ada masalah. Karena memang langsung kolektif dipotong dari kantor, jadi tidak pusing dengan masalah denda dan segala macamnya.

Anda pernah memiliki pengalaman menggunakan layanan BPJS? Mungkin bisa berbagi kira-kira prosedur awal bagi calon pengguna BPJS apa saja yang harus dilakukan? Silakan berbagi informasinya entah itu menggunakan BPJS untuk melahirkan, untuk berobat atau untuk tindakan lainnya seperti operasi, di kolom komentar. Karena informasi dari Anda tentu akan sangat berharga bagi pembaca lainnya.



Note : Bagi peserta yang mendaftar BPJS dan pembayarannya otomatis dari kantor biasanya beberapa fitur seperti tagihan dan premi akan muncul pesan khusus fitur tersebut hanya tersedia bagi peserta BPJS Mandiri/perorangan.



Terima kasih.


Comments

  1. Fyuhhh...aku pakai kantor bpjsnya. Kudu urus ke HO dll xD.
    Jadi sudahlah pasrah aja ga usah ganti tempat

    ReplyDelete
  2. BPJS aku pernah menggunakannya sekali, buat kaca mata, iseng doank katanya bisa. Ternyata gampang, kami sekeluarga ber3 ngikutin prosedurnya. Alhamdulillah dapet, lumayan dapet voucher sesuai dengan ketentuannya. Tapi mesti "sabar" kalo pake bPJS yaa. Belon sempet aku post,masih nyangut di draft tulisannya hiihii *blogger angin2an

    Btw,sekarang lebih dipermudah yaa, ada mobile nya, kereen!! MAkasih BPJS

    ReplyDelete
  3. Wah...baru tau ada aplikasi JKN...mau do nlot ah. makasih infonya yaaa...

    ReplyDelete
  4. Aku abis cabut gigi geraham bungsu alias odontektomi pake bpjs mbak. Alhamdulillah, walau lama berhasil juga operasi odontektomi dengan bebas biaya tambahan.

    ReplyDelete
  5. Wah terimakasih mba infonya. Saya baru tahu soalnya dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Wah terimakasih mba infonya. Saya baru tahu soalnya dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  7. Wah asik, nih. Belum pernah pake kartu BPJSnya. Kirain kalau mau ganti faskes 1 harus ke kantornya. Malesin bayangin antriannya. Aku bookmark ah postingannya. Makasih ya, Peh.

    ReplyDelete
  8. Setiap berobat aku selalu pakaii bpjs mbk..kan rugii tiap bulan dibayariin kantor klo gak kepake :D
    Tapi baru tauu ini ada aplikasi mobile nya, cuss donlot ahh....makasii infonya mb :)

    ReplyDelete
  9. Save this. Saya jg mau ubah faskes nih Mbak, thanks infony ya Mbak 😊

    ReplyDelete
  10. Makasih mba artikelnya manfaat banget nih buat saya ... Saya lagi pengen mindahin faskes nih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah