Aktif Bergerak Dan Berolahraga Setiap Hari? Catat Riwayatnya Di Google Fit

Aktif Bergerak Dan Berolahraga Setiap Hari? Catat Riwayatnya Di Google Fit


Google Fit Apps


Belakangan ini banyak saya temui orang-orang yang mengunggah foto Body Transform-nya di Instagram. Dengan tujuan sebagai jejak dan juga penyemangat bagi mereka yang membutuhkan Buddy Workout aka teman yang bisa saling mengingatkan terkait aktivitas olahraga dalam mempraktekkan pola hidup sehat. Sederhananya, memang Buddy Workout ini memiliki pengaruh yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada beberapa orang yang memang membutuhkan semangat dari orang lain untuk menjaga komitmennya terkait mengubah pola hidup agar lebih sehat.

Sebagai contoh hashtag #pertemanansehat yang digaungkan oleh artis ternama Dian Sastro. Hal ini juga membuat banyak orang terinspirasi sehingga ikut ke dalam komunitas penyuka olahraga. Saya sendiri merasakan juga pentingnya berkomunitas sebagai penjaga dan juga pengingat agar terus komitmen dalam meraih tujuan saya. Misal ikut tergabung dalam komunitas Blogger, sehingga ilmu yang saya dapat tidak hanya di situ-situ saja, tapi justru bertambah. Serta menjadi penyemangat kala melihat blogger lain rajin membuat tulisan meski tengah repot mengurus rumah.

Selain berkomunitas, ada baiknya juga untuk mencatat progress hari demi hari aktivitas olahraga. Dengan begitu bisa kita analisa, jenis olahraga seperti apa yang sesuai dengan minat dan membuat kita bisa terus berkomitmen hingga bisa mewujudkan goal yang kita inginkan. Kalau ingin mencatat rekam jejak aktivitas olahraga harian, bisa loh menggunakan aplikasi dari Google bernama Google Fit. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore. Gratis...tis..tis.





Pick Your Goal And Make It Happen


Goal atau tujuan itu berfungsi sebagai sesuatu yang akan kita raih. Sesuatu yang membuat kita berusaha untuk meraihnya serta bersyukur ketika bisa meraih tujuan tersebut. Dalam hal ini, bisa saja fungsi Goal menentukan strategi yang ingin kita gunakan. Oke, Google Fit ternyata menampilkan menu Pick A Goal pada urutan pertama di menu aplikasi.


Google Fit


Jika bingung ingin menentukan Goal seperti apa, tenang saja, karena Google Fit memberikan rekomendasi penentuan tujuan yang bisa kita ikuti. Seperti Take 10.000 steps, Active for 30 minutes, Run 3 times every week. Ini sebagai contoh yang bisa menuntun kita menentukan Goal kita sendiri.

Perlu diketahui, faktanya, untuk membakar 100 kalori kita harus melangkah sebanyak 2000 langkah. Jadi, kenali juga ingin seperti apa metode aktivitas yang bisa membantu kita mencapai apa yang menjadi tujuan.



Jangan Malu Mencatat Berat Badan



Ada loh, orang yang malu mencatat berapa berat badannya. Nah, di aplikasi ini juga dibutuhkan informasi berapa berat badan kita. Bagi Anda yang malu, jangan khawatir, informasi terkait berat badan Anda akan tetap aman selama Anda tidak membagikan informasi dalam aplikasi ini kepada orang lain. Jadi, catat saja, sebagai pengingat siapa tahu punya Goal ingin menurunkan berat badan sebanyak 5 kilo misalnya, jadi bisa terlihat progressnya.


Pada aplikasi ini juga bisa kita lihat grafik yang telah kita buat selama beraktivitas setiap harinya. Bagusnya sih kalau rutin dan dikombinasikan jenis olahraganya agar tidak jenuh. Ini buat yang sering jenuh seperti saya, sih. Tapi, ada juga tipe orang yang kalau sudah nyaman dengan satu olahraga, dia akan bahagia melakukannya. Jadi enggak masalah dengan tipikal orang seperti ini untuk berolahraga satu jenis saja.


So, setiap orang punya perbedaan, jangan malu untuk memulai. Tak mengapa kok kalau sering bosenan dengan satu jenis olahraga tertentu, asal terus rutin bergerak dan berolahraga, insya allah usaha keras tak akan membohongi hasil.



Beraktivitas Seru Tapi Tetap Sehat Dan Bugar



Selain aktif bergerak, untuk menjalankan pola hidup sehat juga butuh faktor lain termasuk asupan sehat. Nah, jenis asupan yang sehat ini adalah makanan yang seimbang baik dari asupan vitamin, karbohidrat, serat dan lemak. Ada banyak fakta dan mitos terkait diet yang banyak beredar, ada baiknya untuk menjalani metode diet tertentu tanyakan terlebih dahulu dengan pakar gizi. Agar metabolisme tubuh tidak terganggu.


Jangan lupa, selain asupan makanan, kualitas tidur juga memiliki pengaruh dalam Pola Hidup Sehat. Karena, kurang tidur dapat membuat fungsi kerja organ tubuh kurang optimal sehingga asupan makanan yang dicerna tidak bisa maksimal penyerapannya. Dan lagi, kurang tidur atau kelebihan tidur bisa menyebabkan banyak penyakit yang membuat usaha kita nantinya tidak optimal.


Tetap berusaha untuk menjaga keseimbangan antara pikiran dan tubuh. Dengan cara senantiasa berpikir positif dan memulai hari dengan banyak bersyukur. Sebisa mungkin jauh-jauh deh dari pikiran negatif yang akan berpengaruh juga pada kondisi tubuh. Masih ingat kan, senam kesehatan yang selalu mengusung motto "kesehatan Jasmani dan Rohani". Nah, dengan berpikiran positif insya allah kesehatan rohani kita akan tetap terjaga dengan baik sehingga tubuh bisa sehat secara optimal.




Jangan lupa juga untuk mengonsumsi multivitamin yang bisa membantu tubuh tetap sehat dan bugar meski cuaca tidak menentu. Karena jika tubuh kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit. Dengan konsumsi vitamin secara rutin dan sesuai dosis yang ditetapkan, bisa bantu tubuh tetap sehat dan bugar serta enggak loyo.



Penuhi Asupan Vitamin Dan Mineral Dengan Theragran-M



Theragran-M ini merupakan merk yang sudah dikenal sejak tahun 1976, sudah 40 tahun diresepkan oleh para dokter. Memiliki kombinasi beberapa vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, juga Mineral esensial seperti Magnesium dan Zinc. Yang berfungsi untuk meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan.

Karena komposisinya yang komplit ini, Theragran-M juga diperuntukkan bukan saja untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan, sehingga bisa memulihkan kondisi tubuh paska sakit. Apalagi kondisi tubuh setelah sakit itu memang rentan terhadap penyakit, jadi sangat membutuhkan dukungan daya tahan tubuh yang maksimal.





Selain itu, dengan mengonsumsi multivitamin, maka asupan vitamin dan mineral yang masih kurang di dalam tubuh bisa terpenuhi. Jadi, enggak perlu khawatir dengan keseimbangan antara vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga agar daya tahan tubuh bisa optimal.


Dosis yang disarankan selama konsumsi Theragran-M yaitu Sehari 1 kaplet, sewaktu atau sesudah makan, atau sesuai dengan anjuran dokter.




Ada Banyak Jenis Activities Yang Bisa Dipilih Di Google Fit


Selain mengetahui faktor apa saja yang bisa mendukung agar tubuh kita bisa sehat. Ada bagusnya juga untuk mengetahui jenis activities apa saja yang ternyata bisa membakar kalori dan membuat kita tetap bergerak dan tetap have fun.

Google Fit


Google Fit menyediakan banyak activities yang bisa kita pilih sesuai dengan apa yang kita lakukan saat itu. Meski memang ada 3 activities favorites seperti Walking, Running dan Biking. Nah, activities apa saja nih yang sudah tersedia di Google Fit? Silakan dicek di daftar ini :

1. Aerobics
2. Australian Football
3. Backcountry Skiing
4. Badminton
5. Baseball

6. Basketball
7. Beach Volleyball
8. Biathlon
9. Boxing
10. Calisthenics

11. Circuit Training
12. Cricket
13. Cross Skating
14. Cross-Country Skiing
15. CrossFit

16. Curling
17. Dancing
18. Diving
19. Downhill Skiing
20. Elliptical

21. Ergometer
22. Fencing
23. Fitness Walking
24. Football
25. Frisbee

26. Gardening
27. Golf
28. Gymnastics
29. Handball
30. Handcycling

31. High Intensity Interval Training
32. Hiking
33. Hockey
34. Horseback Riding
35. Ice Skating

36. Indoor Skating
37. Indoor Volleball
38. Intine Skating
39. Interval Training
40. Jogging

41. Jumping Rope
42. Kayaking
43. Kettlebell
44. Kick Scooter
45. Kickboxing

46. Kite Skiing
47. Kitesurfing
48. Martial arts
49. Meditating
50. Mixed Martial arts

51. Mountain Biking
52. Nordic Walking
53. Open Water Swimming
54. Other
55. P90x

56. Paragliding
57. Pilates
58. Polo
59. Polo Swimming
60. Racquetball

61. Road Biking
62. Rock Climbing
63. Roller Skiing
64. Rowing
65. Rowing Machine

66. Rugby
67. Sand Running
68. Scuba Diving
69. Skateboarding
70. Skating

71. Skiing
72. Sledding
73. Snowboarding
74. Snowshoeing
75. Soccer

76. Spinning
77. Squash
78. Stair Climbing
79. Stair Climbing Machine
80. Stand-up Paddle Boarding


81. Stationary Biking
82. Strength Training
83. Stroller Walking
84. Surfing
85. Swimming

86. Table Tennis
87. Tennis
88. Treadmill Running
89. Treadmill Walking
90. Utility Biking

91. Volleyball
92. Wakeboarding
93. Water Polo
94. Weight Lifting
95. Wheelchair

96. Windsurfing
97. Yoga
98. Zumba




Untuk beberapa kegiatan yang membutuhkan penghitungan berdasarkan jarak, akan tercatat otomatis dengan menggunakan perhitungan melalui GPS. Dari jenis kegiatan di atas, Google Fit mengukur berapa banyak kalori yang terbuang melalui perhitungan umum lamanya activities dan jenisnya. Bagi Anda pengguna Android Smartwatch biasanya penghitungan kalori bisa terhitung otomatis melalui deteksi dari perangkat Smartwatch.





***




Iyes, penggunaan Google Fit untuk merekam aktivitas harian untuk menerapkan pola hidup sehat dengan aktif bergerak, memang membutuhkan kejujuran tingkat tinggi terutama pada diri sendiri. Karena catatan ini, bisa saja dibagikan ke sosial media yang kemudian berisi data palsu dari aktivitas yang dilakukan. Ini demi mengejar popularitas semata. Jadi, sebisa mungkin, jika memang tengah melakukan aktivitas seperti Gardening, sebaiknya benar-benar memanfaatkan waktu untuk fokus pada tujuan.

Karena, usaha yang keras, fokus pada tujuan maka hasilnya akan maksimal dan tidak mengecewakan. Jadi, mulailah dengan jujur pada diri sendiri, lakukan dengan cara yang benar dan tetaplah bahagia.


Semoga tulisan ini bermanfaat :).


Terima kasih

Comments

  1. lega deh kalo aman info berat badan jadi pengen nyobain :D

    ReplyDelete
  2. oh, tp apps ini harus terhubung via bluetooh ke smart watch terlebih dahulu ya... *beli lagi dong smart watch-nyaaah*

    ReplyDelete
  3. Download ahhh biar semangat olahraganya

    ReplyDelete
  4. daku baru tahu Google Fit ini.
    Sekarang serba aplikasi ya, sehat pun butuh aplikasi :)

    ReplyDelete
  5. Boleh nih saya mau coba Google Fit, karena suka olah raga juga.

    ReplyDelete
  6. Eh, di explore instagramku juga sering wira-wiri doto hasil work out. Memang kudu seperti itu kali ya, biar termotivasi. Hm, aplikasi ini membantu sepertinya. Bolehlah dicoba, supaya ngga kendor pas niat buat work out

    ReplyDelete
  7. Doh, kapanlah sempat olahraga ya. Bangun pagi, anak melek. Sore hari anak ngekor :p Siang? Bobo berjamaah... *nikmayi yiii*

    ReplyDelete
  8. Kamu kayak masku Peh, suka make google fit :-D
    aku aja baru tahu dari dia, hahaha ... makin canggih aja nih aplikasi.
    Theragran apalagi, bikin kita makin sehat.

    ReplyDelete
  9. Hashtag #jangankasihkendor nya ketinggalan, Peh. Hahaha.
    Aku biasanya workout di rumah, di depan TV dan nyontek Youtube. Terus di wiken lari di lapangan deket rumah. Cuma ini udah dua bulan lapangannya lagi dipugar, mau digabung sama kantor walikota yang baru. Berasa banget butuhnya, huhu. Mudah-mudahan cepet kelaarr.

    ReplyDelete
  10. Mba...ajakin aku olahraga dong. So far mentok di lari-lari ngejar anak yang main sepeda. Hahaha

    ReplyDelete
  11. Bagus yah sekarang ada aplikasi pengingat spt Google Fit. Tinggal diaktifkan saja, kayak punya asisten pribadi.

    ReplyDelete
  12. Google fit ya, harus download neh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah