Aksi #BukuUntukIndonesia Bukan Sekadar Penggalangan Dana Tapi Juga Dukungan Gerakan Literasi Di Indonesia



Buku untuk indonesia




Sudah sejak setahun yang lalu saya melihat aksi Literasi gencar dilaksanakan di berbagai daerah. Di Jawa Barat sendiri, tepatnya di Bekasi, beberapa sekolah sudah mulai giat untuk ikut serta dalam kegiatan Literasi. Dari mulai menyediakan perpustakaan yang layak serta menyenangkan untuk murid-murid di sekolah. Serta menyediakan buku bacaan yang membuat antusias mereka terpenuhi. Selain itu, di bulan literasi, sering mereka mengadakan acara khusus seperti story telling, bahkan mendatangkan tamu para penulis buku.

Kebetulan, di Sekolah tempat saya mengajar ekstrakurikurer, tahun kemarin juga ikut memeriahkan bulan literasi dengan mengikut-sertakan muridnya pada acara kompetisi membaca buku. Selain berapa banyak buku yang mereka baca, juga disertai pelatihan membuat ulasan dari buku-buku yang sudah mereka baca. Bahkan di puncak acara, ada serah terima pohon literasi yang membuktikan bahwa sekolah sangat mendukung gerakan literasi ini, agar anak-anak gemar membaca.

Di bulan maret yang lalu, saya pernah ikut juga dalam kegiatan Launching Buku Untuk Indonesia. Bertempat di menara BCA, Jakarta. Dihadiri oleh banyak blogger dan bintang tamu Andy F. Noya. Beliau ini bukan sekadar maskot saja, tapi memang penggerak literasi yang ingin juga mewujudkan generasi muda Indonesia yang gemar membaca. Bisa disaksikan juga pada setiap tayangan acara Kick Andy, sering loh beliau ini membagikan buku gratis untuk para penontonnya. Terus, sering juga hadiah kuis di twitter berupa buku. Jadi, bukan sekadar omong kosong belaka kalau Bang Andy ini penggerak literasi.




Kabar baiknya, tanggal 21 Juli kemarin, BCA dalam aksi #BukuUntukIndonesia berkesempatan mengunjungi kota Bandar Lampung. Total ada 7 Sekolah Dasar yang mendapatkan buku bacaan gratis...tis...tis.. dari #BukuUntukIndonesia. Yap, sesuai dengan visi dan misi aksi sosial ini, penggalangan dana yang nantinya digunakan untuk menyalurkan buku-buku bacaan yang bagus untuk anak-anak di seluruh pelosok Indonesia.



Buku untuk indonesia
Direktur BCA Santoso (ketiga kiri), Nidji 'Giring' Ganesha (kiri), manajemen BCA dan perwakilan dinas pendidikan kota Lampung berbincang dengan para siswa SD Negeri 7 Gadingrejo, usai menyerahkan donasi buku dalam rangka Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Lampung, Jumat (21/7). 



Apa Sih Buku Untuk Indonesia Itu?


Ini merupakan aksi sosial yang merupakan hasil kerja sama BCA dan Bliblidotcom dalam rangka mengajak anak-anak Indonesia agar gemar membaca. Faktanya, banyak juga loh anak-anak yang tinggal di pelosok Indonesia, terutama di luar pulau Jawa, kekurangan bahan bacaan. Bukan mereka tidak mau membaca, ternyata mereka justru bingung, apa yang mau dibaca? Karena buku-buku bagus di tempat mereka tinggal termasuk jarang ada.

Itulah kenapa, aksi ini diselenggarakan, untuk membantu kakak-kakak yang ingin memberikan bacaan yang berkualitas buat adek-adek kita di selurun Indonesia, namun memiliki kendala. Kendala di sini bisa, stok buku yang ingin dikirim kurang sesuai buat adik-adik di sana, atau enggak sempat untuk membeli buku langsung dan bisa jadi bingung mau kirim kemana.




Nah, atas dasar inilah, aksi Buku Untuk Indonesia tercetus. Dengan menggalangkan donasi dalam bentuk tunai yang nantinya distribusinya bukan berbentuk uang tapi buku-buku yang bagus untuk dibaca adik-adik kita di seluruh daerah Indonesia. Total sudah ada sekitar 104 sekolah dari 60 titik wilayah di Indonesia yang sudah menerima buku hasil donasi dari kakak-kakak semua loh.



“Terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia dan mempercayakan BCA sebagai perpanjangan tangan dalam berbagi kebaikan. Mari kita terus ciptakan akses yang luas kepada anak-anak di daerah untuk memperoleh buku bacaan yang dapat membuka wawasan mereka terhadap dunia yang tanpa batas dan menuju kehidupan yang sejahtera,” ~ Santoso.



A post shared by Ipeh Alena (@blogipehalena) on


Gerakan Literasi Itu Seperti Apa Sih?


Gerakan ini memang memfokuskan diri pada pergerakan kegiatan di Sekolah Dasar, meski tidak menutup kemungkinan beberapa Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Umum juga memiliki gerakan seperti ini. Tapi, agar kegiatan gemar membaca bisa tumbuh sejak dini, inilah yang menjadi tujuan utama mengapa gerakan literasi giat diadakan di sekolah-sekolah dasar.

Tidak hanya kegiatan membaca buku, gerakan literasi juga meliputi menulis, memahami bacaan, berkenalan dengan adat dan budaya serta menumbuhkan kebiasaan berpikir dari proses membaca dan menulis pada gerakan literasi ini.

Selain itu, dari proses kegiatan literasi ini, diharapkan dapat membantu anak-anak untuk mendorong mereka dalam berkarya di setiap bidang. Mengenalkan mereka pada banyak hal justru bisa membuat anak-anak memiliki kesiapan mental yang baik.


Dengan membaca kita bisa mengetahui banyak hal dan perspektif. Membaca disini juga termasuk membaca pikiran dalam diri kita. Dengan membaca kita tidak lagi jumud alias kaku dan keukeuh hanya pada satu perspektif tanpa mau membuka diri terhadap pendapat berbeda. Membaca juga dapat memperkaya imajinasi dan menjadikan kita lebih kreatif.  ~ Literasi.jabarprov.go.id



Yang Menarik Dari Acara Penyerahan Buku Dari Aksi Buku Untuk Indonesia



Siapa sih yang enggak kenal dengan Om Giring Nidji? Duh, anak-anak antusias ketika melihat Om yang satu ini membacakan buku Sahabat Bumi. Iya, ada sesi story telling juga di sini, yang termasuk dalam kegiatan literasi. Dengan khidmat, anak-anak memerhatikan Om Nidji yang tengah serius membacakan cerita.

Nah, yang paling menarik lagi adalah SAYA SUDAH BACA BUKU SAHABAT BUMI LOH! Serius, ini memang buku yang saya rekomendasikan buat dibaca anak-anak. Karena isinya tidak menggurui, tapi tetap memiliki pesan moral yang tersampaikan dengan cara halus. Pernah saya tulis juga di Mini Review beberapa waktu yang lalu. Apalagi isi dalam buku tersebut terdapat gambar-gambar yang membuat kegiatan membaca tidak lagi membosankan.




Apa sih isi buku Sahabat Bumi? Isinya tentang banyak hal. Seperti penggerak listrik tenaga sepeda, atau anak-anak yang cinta lingkungan yang kemudian memanfaatkan botol bekas untuk tanaman gantung karena tidak memiliki lahan untuk ditanam. Dan masih banyak lagi.



Bumi semakin tua. Polusi udara, pencemaran air, dan banyaknya sampah membuat bumi mengalami kerusakan.
Apakah kita bisa melakukan sesuatu untuk mengatasinya? Tentu! ~ Kutipan Sahabat Bumi




A post shared by Ipeh Alena (@blogipehalena) on



Terus Gimana Caranya Kalau Mau Ikutan Donasi?



Gerakan ini akan terus berlanjut hingga akhir 2017, it means kakak semua masih bisa ikutan untuk mengirimkan donasinya melalui aksi #BukuUntukIndonesia. Caranya cukup mudah kok :


1. Kunjungi Laman https://bukuuntukindonesia.bca.co.id/

2. Klik tombol BERBAGI

3. Silakan Masukkan Jumlah Donasinya


Selain melalui website #bukuuntukindonesia , bisa juga melalui cabang BCA terdekat. Biar bisa langsung tanya-tanya sama customer service-nya.


***


Kegiatan penyerahan buku ini tidak hanya diadakan di Lampung, loh. Tapi juga diadakan di Makassar pada tanggal 23 Juli dan pada tanggal 25 Juli nanti, Aksi Berbagi ini juga akan serempak diadakan di 3 kota dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Ketiga kota tersebut adalah Garut mewakili Jawa, Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur. Kemudian penyerahan akan dilakukan di Aceh mewakili Sumatera dan Singkawang mewakili Kalimantan. Selanjutnya buku-buku akan didistribusikan ke sekolah-sekolah lain di berbagai daerah di Indonesia.






“Kami berharap Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia dapat berkontribusi menumbuhkan minat baca sejak dini, terutama pada tunas-tunas bangsa yang kelak akan mewarisi negeri ini,” ~ Pak Susanto






Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
  BCA Grand Indonesia Lt. 20
 Jakarta Pusat 
Telepon : (021) 2358-8000

Fax         :  (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id




Comments

  1. makasih infonyanya mbak.. bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya, Mbak. Saya penggila buku dan sangat mendukung gerakan ini. :)

    ReplyDelete
  3. ya nih di sekolah ,anakku juga ikutan kepilih program literasi :)

    ReplyDelete
  4. keren programnya y mba semoga berjalan terus dan banyak yg tergerak untuk mendukung dan berdonasi. tadinya aku kira berdonasinya pake buku lagi mb xixxi ternyata mudah cukup masuk ke webnya 👍🙏🏻

    ReplyDelete
  5. Keren banget program CSR BCA, semoga virus buku makin nular di Indonesia aamiin

    ReplyDelete
  6. kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat. semoga kegiatan ini bisa berlanjut ke daerah-daerah lain di ndonesia ya..

    ReplyDelete
  7. Met kenal...
    Yukk berbagi buku 😊😄

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah